Cara Memelihara Kalajengking | Drh. Fira Sovica

Memelihara kalajengking

memang tengah menjadi tren di kalangan pecinta hewan eksotis karena kalajengking atau scorpio dianggap "keren" untuk dipelihara. Secara prinsip, kalajengking tidaklah susah untuk dipelihara, baik oleh pemula maupun yang sudah berpengalaman. Berikut ini saya akan memberikan beberapa tips cara memelihara kalajengking yang saya kutip dari berbagai sumber. Oh ya, bagi anda yang berniat memelihara hewan eksotis lain, anda bisa membaca artikel saya cara memelihara tarantula atau cara memelihara gurita.
Cara Memelihara Kalajengking

1. Siapkan sebuah wadah kaca, lebih baik jika menggunakan akuarium atau terrarium, sebagai media kandang kalajengking.
Alasi kandang dengan cocopeat yang bisa dibeli di penjual tanaman hias dan tambahkan aksesories lain seperti potongan kayu berbentuk eksotis dan tambahkan hiding part, bisa berupa tempurung kelapa berukuran besar atau lainnya.

2. Beri makan kalajengking secara teratur.
Makanan kalajengking adalah serangga seperti jangkrik. Beri air minum dalam wadah yang ditaruh di pojok kandang.

3. Bersihkan kandang jika kandang sudah mulai berbau.
Akan lebih baik jika kandang dibersihkan secara total maksimal 3 minggu sekali.

Kalajengking adalah jenis hewan yang mudah dalam cara perawatan. Hal terpenting dalam

memelihara kalajengking

adalah kebersihan kandang dan pemberian pakan. Semoga tips diatas bisa menjadi acuan bagi anda dalam memelihara kalajengking. Saran, komentar, dan kritik bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

23 Responses to "Cara Memelihara Kalajengking"

  1. gan, saya punya serangga mirip kalajeng tapi juga mirip laba-laba, kurang lebih penampakannya seperti ini http://www.kaskus.co.id/post/5650439d642eb65a1a8b4571#post5650439d642eb65a1a8b4571
    nah, saya mau tanya itu namanya serangga apa yya ? termasuk kalajengking bukan ?

    ReplyDelete
  2. TeriMakasih gan
    Info nya
    Ane nemu kalajengking besar keren lg
    Tsr gak tau makanan nya apa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. baca artikel di atas, hihihi...

      sukses untuk peliharaan barunya.. :)

      Delete
  3. assalamualaikum,
    mau tanya Dok, ini kalajengking jenis apa yah https://www.instagram.com/p/BNqiSTZhgaC/ ??? berbisa atau tdk. saya boleh nemu waktu bersihin rumah, ukuran panjangnya 0.5cm, masih kecil. dan kira2 makanannya apa kalo masih bayi?
    terima kasih atas jawabannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuma setengah senti meter? kecil banget.... :)
      kalau masih baby gitu, agak susah sih makanannya. tapi mbak bisa kasih potongan ulat hongkong kecil2...

      Delete
  4. Dok mau nanya, binatang ini kalajengking bukan ya? Nemu dikamar mandi saya... Apakah berbahaya? https://twitter.com/unggulsetiawan/status/827092355530452992?s=01

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo nemu kalajengking, kita samakan aja bahwa semua kalajengking itu berbahaya. tapi jangan dibunuh, mas. usir atau buang aja ke tempat lain.

      Delete
  5. Dok saya baru dapet lychas 6 ekor baru turun dari gendongan induknya nah kalo kesengat itu efeknya apa ya? Sama makananya dikasih berapa kali perminggu??
    Makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dan racun kalajengking lychas mucronatus tergolong bisa yang kuat, namun tidak membahayakan. setidaknya bagi manusia. itupun kalau kalajengkingnya sudah dewasa. kalau masih anakan kayaknya masih gak berbahaya samasekali. CMIIW....

      kalau untuk dewasa biasanya sekali atau dua hari sekali kasih makannya. kalau untuk anakan, jujur saya kurang tahu. namun sepengetahuan saya, sehari sekali cukup.

      Delete
  6. Bahaya atau tidak scorpion ini Dr? Adakah bisa nya mampu membawa maut? Sy dari malaysia :)
    http://i.imgur.com/9TGIcN0.jpg

    ReplyDelete
  7. Dok mauu tanyaa sayaa abiss belii kalajengking saya udaa kasihh air dipojok kandang saya udaa kasih diaa tempatt sembunyii tapii kenapa sii kalajengking malahh tidurr kayaa lemess gituu yaa dokk disentuhh diaa baruu responn. Minta saran dan informasinya

    ReplyDelete
  8. Dok mauu tanyaa sayaa abiss belii kalajengking saya udaa kasihh air dipojok kandang saya udaa kasih diaa tempatt sembunyii tapii kenapa sii kalajengking malahh tidurr kayaa lemess gituu yaa dokk disentuhh diaa baruu responn. Minta saran dan informasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kayaknya problemnya. mas sentuh terus.
      apalagi, dia lagi stress. mending jangan disentuh dan pindahin kandangnya ke ruangan yang sepi suara dan agak gelap... :)

      Delete
  9. Kalajengking naik daun nih gara-gara pidatonya Pa Jokowi :). Dok tahu ga cara ambil bisa kalajengking? apakah mirip/sama dengan cara ambil bisa ular?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok. bisa/venom kalajengking bisa diperah. tapi caranya agak sedikit lebih susah dibandingkan memerah bisa ular. pake aliran listrik lemah yang merangsang keluarnya bisa kalajengking...

      Delete
  10. Maaf dok agak melenceng. Minggu lalu, saya nemuin 4 ular di rumah saya, dalam 1 hari itu dok. Nah barusan ibu saya nemuin kulit ular, si ular yg ganti kulitnya sih gak tau udah kemana, cuma nemu kulitnya aja dok. Yg mau saya tanya, gimana cara ngusir ular dari rumah ya dok, dan jg mencegah ular biar gak masuk rumah. Takutnya ularnya berbisa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. di sekitar rumah mas ada kebun atau rumput yang agak tinggi? karena biasanya kalau rumah mas deket padang rumput atau tegalan yang agak luas, ular dari situ suka masuk rumah....

      dan terus, ular biasanya bersarang atau ada di rumah kita karena ada makanannya di rumah kita. jadi pastikan nggak ada tikus yang bersarang di rumah kita. karena biasanya anakan/bayi tikus adalah makanan ular. mending cek dulu rumah mas... :)

      selain itu, makanan ular adalah jangkrik, kecoa, dan belalang.

      Semoga membantu

      Delete
  11. Bu dlm 1 kandang yag dianjurkan brp ekor + btina brp jantan brp
    Afs heterometrus cyaneus yag sy miliki,,, thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kalajengking yang emang bersifat kanibal (suka makan jenis kalajengking lain), ada yang nggak. dan setau saya, heterometrus cyaneus nggak termasuk kanibal, jadi aman buat disatukan. CMIIW.

      tapi coba mas cari referensi dulu. saya juga lagi riset mengenai heterometrus cyaneus kok. nanti saya publish artikelnya...

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.