Monday, January 20, 2014

Cara Memelihara Retic | Drh. Fira Sovica

Sebenarnya, cara memelihara ular retic (phyton reticulatus) tidak jauh beda dengan memelihara jenis ular yang lain seperti memelihara ballphyton atau lainnya. Memelihara retic membutuhkan beberapa tips dan trik tersendiri yang membedakannya dengan memelihara ular jenis lain.
Berikut adalah beberapa tips cara memelihara retic:

Cara Memelihara Retic
Image taken from exoticreptiles.org
  • Siapkan kandang yang melebar ke samping, bukan meninggi ke atas.
  • Kandang yang tepat untuk ular retic biasanya berupa container box yang dibolongi dengan alat las atau solder. Gunakan container box yang besar, gunakan bidder (alas kandang) berupa kertas koran yang bersih. Tempatkan kandang di ruangan berventilasi bagus karena air kencing ular retic biasanya agak berbau menyengat.
  • Makanan ular retic adalah berbagai macam daging, baik hidup maupun yang sudah dipotong.
  • Para penghobi ular retic biasanya memberikan tikus putih untuk pakan ular retic, tentunya dengan ukuran yang disesuaikan dengan berat, usia, dan besarnya tubuh ularnya. Selain tikus putih, makanan ular retic bisa berupa hamster, marmut, kelinci, ayam, bahkan ada juga owner ular retic yang memberikan potongan daging sapi kepada ular reticnya.
  • Habitat asli ular retic.
  • Habitat asli ular retik adalah lingkungan tangan. Mereka menyukai tempat yang lembab namun tetap hangat. Ular retic hidup dimana-mana, bahkan mungkin masih banyak ular retic liar yang tinggal di sekitar rumah anda. Ular retic liar biasanya hidup di gorong-gorong di pemukiman manusia serta pinggir sungai yang terdapat sinar matahari.
  • Ular retic hasil tangkapan liar.
  • Sama seperti sugar glider hasil tangkapan liar (WC), ular retic hasil tangkapan liar biasanya memiliki tempramen yang gampang marah, bahkan galak. Ular retic hasil tangkapan liar juga rentan stress dan gampang mogok makan dalam jangka waktu yang lama sehingga mudah mati.
  • Ular retic tidak cocok untuk pemula.
  • Meski tergolong mudah dalam pemeliharaannya, memelihara retic hendaknya tidak dilakukan untuk mereka yang masih pemula dalam memelihara ular. Ular retic adalah jenis ular yang tumbuh dalam jangka waktu singkat, dan hewan ini membunuh mangsanya dengan cara memelilitkan tubuh ke mangsa. Diperluka ketelatenan dan tenaga untuk memelihara retic.
Demikian adalah cara memelihara retic. Semoga tips cara memelihara ular retic diatas bisa menjadi acuan bagi anda yang ingin memelihara retic. Saran, kritik, serta komentar bisa ditinggalkan di kolom komentar. terima kasih. (FS)

64 comments

ular yang cocok dipelihara untuk pemula ular jenis apa ya? makasi

retic dan ballphyton termasuk ular yang cocok untuk pemula.
cara memelihara ballphyton bisa dibaca di http://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com/2013/08/cara-merawat-ular-ball-phyton.html

selamat malam Dok.. :)
Dok,menurut penjelasan di atas alas kandang ular itu di beri kertas koran.. nah biasanya ada yg pakai air,tidak koran.
nah itu gmn Dok, bagusnya pakai air apa kertas koran untuk alasnya?

tidak. retic membutuhkan lingkungan kandang yang lembab, namun tidak terlalu basah. air hanya dibutuhkan saat si retic merasa haus (untuk minum) dan saat udara panas (untuk berendam). selain dalam kondisi di atas, sebaiknya jaga agar kandang selalu hangat.
mas bisa menempatkan wadah minum sekaligus tempat berendam di dalam kandangnya.... hingga saat si ular merasa haus atau panas, dia bisa menggunakan air dalam wadah itu untuk minum atau berendam.... tetap gunakan alas kering untuk retic, beri wadah berisi air di dalam kandang, dan jaga agar kondisi kandang selalu hangat karena kandang yang terlalu dingin kadang membuat retic pilek... mas bisa membaca mengobati pilek pada ular sebagai penambah wawasan.... :)
salam...

iya Dok.. terima kasih banyak atas penjelasan dan wawasannya ..
oh iya Dok.. ular sy yg pucuk mati Dok :'( , kmrn pas sy angkat,mau sy jemur itu masih gerak Dok,tidak ada tanda2 sakit,nah waktu sy jemur trs sy tinggal kemudian sy tengok,badannya sudah kaku dan mulutnya ke buka ternyata sudah tidak bernyawa :'(
kenapa ya Dok?

hiks, saya pikir masih ada..... :(

iya sy juga kaget Dok.. kenapa tiba-tiba spt itu..

Permisi nie Dok.

Saya Mau bertanya,
Tentang Ular Retic Ya Masih Kecil Sie ya Bisa Di Bilang Baby,

Ko Punya saya Ngga Mau makan.makan ituh tikus putih kecil nya, padahal, dh saya pancing, 2 / 3.Hari Saya Pancing tetap jh masih utuh / Sehat Waal fiat ituh tikusnya,,
Dan 1. Bulan nie bulan makan, sebelum ini sie dh pernah makan tapi 1. Bulan ngga mau makan, kenapa ya dok,

Tolong di balas ya dok..

kata pemilik sebelumnya, jadwal makannya gmn mas?
setau saya sih retic cukup dikasih makan satu hingga 2 minggu sekali, tergantung ukuran dan kebiasaannya dia. baby biasanya cukup dikasih potongan daging kecil2....
lebih tepat sih kalau mas gabung ke grup pecinta retic di facebook... :)

Mbak katanya retic dikasih makan tikus liar rumah aman yah?

saya tidak menyarankan meski ada yang melakukannya. resikonya besar, mas.... :)

Resikonya apa mbak??mohon pencerahanya

yang pertama tentu bakteri. kita kan tidak tahu apa makanan dan darimana saja si tikus, mas. alias secara kebersihan, tikus liar/tikus rumah jelas tidak terjaga. maka resiko sakit akibat bakteri dari makanannya kemungkinan besar bisa terjadi.
kedua, kita tidak tahu si tikus bebas racun atau tidak. misalnya begini. mas menemukan tikus rumah, tapi mas kan tidak tahu apa yang dimakannya sebelumnya. bisa saja dia habis memakan racun tikus. kalau mas kasih tikus ini ke retic, maka kemungkin retic juga akan mati akibat racun.

kalau memang mau ngasih makan retic pakai tikus rumah, usahakan yang masih bayi. cari aja di loteng2 atau tempat dimana dia bersarang. :)

semoga membantu

Makasih mbak, mbak klo tikus rumah ga bisa menyebabkan cacingan kan? Trus tikus itu proteinya tinggi yah??

iya, tikus termasuk tinggi protein.. :)

Dok mau tanya beberapa pertanyaan (PEMULA)
1 Apakah tidak baik untuk pemula?
2 Kenapa?
3 Bolehkah pemula memelihara retic?
4 Ada syaratnya gak?
5 Berapa kali kasih makan retik ukuran 1M kebawah,1M keatas 3M lebih?
Maaf kepo dok [{}]

1 Apakah retic tidak baik untuk pemula?

Oooh ya lupa
6 Hewan apa aja yg bisa diberikan kepada retic?

terima kasih atas pertanyaannya. saya akan coba jawab:
1. iya, retic tidak cocok dipelihara untuk pemula.
2. alasan kenapa retic tidak cocok untuk pemula karena tingkat stress dan penanganan yang tidak sembarangan. retic juga kerap mogok makan.
3. sebenarnya balik lagi ke kitanya. kalau siap dengan segala resikonya dan sudah belajar memelihara retic serta mengetahui apa saja yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan dalam memelihara retic, boleh aja pemula memelihara retic. :)
4. syarat memelihara retic bisa dilihat di atas...
5. retic cukup diberi makan satu minggu sekali atau 9 hari sekali... semakin besar reticnya biasanya semakin banyak juga porsi makannya dan semakin lama juga rentang waktu antara makan... :)
6. makanan retic bisa dibaca di artikel di atas,,,,

mas juga bisa membaca artikel JENIS ULAR YANG TEPAT UNTUK PEMULA. silakan search di bagian cari artikel...

semoga membantu...

mau tanya dok?
ular saya uk baby wc knpa gak mau makan ya ?
katanya sih kata seller nya udh test makan 1x
gimana ya dok supaya bisa makan ?
soalnya takut mati nih retic baby nya

Terimakasih

kalo baby retic emang begitu mas...
coba tanya ke sellernya biasanya dikasih makan tiap berapa hari sekali dan biasanya dikasih makan apa.....

Dok mau tanya, untuk retic seukuran 1m apa boleh sekali2 kita kasih makan marmut? Di alam liar ular juga biasanya makan yg 8- 10 x lipat dari kepalanya. Apakah baik ngasih makan yg lbih gde dari ukuran kepala dok? Trims

jangan dikasih marmut (guinea pig), mas...
terlalu berat buat sistem pencernaan retic. emang, masih banyak perdebatan mengenai hal ini, dan banyak owner retic yang memberi makan retic mereka dengan marmut, namun saya sendiri berpendapat sebaiknya jangan....

salahsatu alasannya adalah tengkorak dan tulang marmut memiliki dinding sangat tebal dengan sedikit rongga di dalamnya. marmut juga memiliki kadar lemak dalam darahnya yang agak lumayan tinggi. kedua hal ini membuat marmut agak lama dicerna oleh retic... :)

keputusannya kembali lagi ke mas, sebenernya, hehehe... :)

DOK mau tanya nih, ko retic saya abis di kasih makan ko malah agresif ya? disentuh aja langsung mau gigit

bloodphyton juga aman untuk pemula

Maaf mau tnya sdkit..retic sya knp ya klo d mandiin kdang" mau gigit trs..pdhl jinak aj..klo kena air.ska sdkt agresif..

Klo retic d kasih mkn jgn d sentuh mas slma 24 jam..slx klo hbs mkn sensitif..entr mknan yg d mknx bisa d muntahinx jg..

memang kadang ada yang seperti itu. balik lagi ke karakter reticnya mas... :)
sama kayak kita, ada retic yang suka mandi ada juga yang gak doyan mandi, hihihi. tapi kalau dibiasakan, nanti terbiasa kok... :)

Dok, maaf sebelumnya. Saya agak kebingungan. Di artikelnya dokter bilang ular retic kurang cocok bagi pemula. Tapi di kolom jawaban pada komentar dokter katakan cocok untuk pemula. Jadi sebetulnya cocok atau tidak ya dok?

Trims sebelumnya.

pemula di sini harus digaris bawahi pemula yang seperti apa. maksudnya seperti itu. apakah benar2 pemula alias belum pernah pelihara ular samasekali ataukah pemula yang baru mau pelihara retic (tapi udah pernah pelihara ular jenis lain). maksudnya pemula seperti itu, mas... :)

secara garis besar, saya tetap berpedoman bahwa retic cenderung tidak cocok untuk orang yang baru akan memelihara ular (belum pernah pelihara ular). kembali lagi ke pengalaman. kalau udah pernah pelihara ular sebelumnya, boleh coba retic... :)

semoga membantu. :)

mba fira retic ku msh kecil , makanan yg tepat apa ya ??? (mencit/tikus,susah nyarinya) , kpala ayam blum muat, apkah bsa dberi pala ayam yg sdh dipotong" atw mngkin ada saran lain ??? ditunggu mba :D

Dok saya mau tanya.. rmang ratic harus di mandiin pake air daun sirih.? Kalo betul.. dalam seminggu brapa kali.. ada juga yg bilang pake body lotion....
Tlg bales ya dok

Dok saya mau tanya.. rmang ratic harus di mandiin pake air daun sirih.? Kalo betul.. dalam seminggu brapa kali.. ada juga yg bilang pake body lotion....
Tlg bales ya dok

Dok saya mau tanya.. rmang ratic harus di mandiin pake air daun sirih.? Kalo betul.. dalam seminggu brapa kali.. ada juga yg bilang pake body lotion....
Tlg bales ya dok

Dok gimana caranya agar retic cepat besar dan badannya kelihatan gemuk ? Terimakasih :)

nah kalo cepat besar, itu agak susah. kalau besar (tapi gak cepat, heheh), itu masih bisa. pastikan aja makanannya tepat.

hati2 loh mas, kegemukan bahaya buat ular.. :)

Dok, saya punya retic baru beli, 70cm, kira2 makanan hidup selain tkus apa? Geli saya sm tikus, klo diganti dengan anak ayam bisa tidak? Terima kasih.. Ditungu jawabannya ya dooksebelumnya.

tergantung kebiasaan. coba tanya ke yang jual, apakah biasa dikasih anak ayam? kalau gak biasa atau belum pernah, mending jangan. kalau udah pernah atau bahkan sering, boleh kasih anak ayam... :)

Dok, saya mau tanya, kalo ular retic panjang 1,5 meter, di bawa ke tempat yang suhu udaranya dingin seperti di pegunungan apakah aman?

yang penting suhunya stabil, mas.
kalo dingin, ya dingin terus. kalo hangat, ya hangat terus. jangan fluktuatif.

yang bahaya sebenernya kalau suhunya fluktuatif atau gak stabil. :)

Dok saya punya baby retic dia sudah seding pertama tapi ko belum mau makan ya gimana cara penanganannya

biasa dikasih makan apa? coba tanya sama owner lamanya biasa dikasih makan apa?
terus pindahkan kandangnya ke ruangan yang agak sepi, jangan ada suara2 mengagetkan. saya sih takutnya dia stress pasca shedding... fesesnya gimana mas? mencret?

maaf baru balas. kabari lagi.

Dok, saya ada retic +-90 cm kata owner sebelumnya, cara supaya dia sehat sama bisa di keep gimana yah dok biar ga ilang nafs makan. Soalnya masih baby dok trima kasih

kalau emang masih baby sih sebenernya syarat utamanya suhu, gak naik turun. alias stabil. itu yang paling utama. setelah itu, jadwal makan teratur dan kandang yang bersih...

Oh yah dok, sama ini retic butuh di jemur ga ?, kalo iya seminggu berapa kali ? Terima kasih

iya, mas. seminggu sekali atau 2x aja. dan jangan kelamaan. cukup 10 sampe 15 menit aja. 10 menitlah... :)

Kalo di rendem dok, retic butuh ga ?, kalo iya waktunya sama kah kaya ngejemur si retic ?

saya kira kalo reticnya sehat2 aja, gak perlu mas. :)

Dok saya baru adopt dipong, dia habis makan di seller sebelumnya. Dia juga baru sampai hari ini, apakah saya biarin dulu dok di kandang sampe berapa lama yah ?, trus minta tips sama triknya dong dok cara memelihara ular dipong, terma kasih

iya, didiamkan dulu di ruangan yang agak sepi suara, biar dia adaptasi dulu... yah, sekitar 2 hari. hari ini sampe besok.

mas udah dikasih tau jadwal makannya berapa hari sekali? :)
jaga kebersihan kandang dan suhu kandangnya. namanya reptil, mereka sensitif sama perubahan suhu kandang...

Kata sellernya seminggu sekali dok kadang di kasih 2 mencit, terus pas saya beli dia juga baru makan

oh ya udah mas, sementara biarin aja... :)
udah dikarantina kan? lanjut aja.. :)

udah mau dielus?

Udah dok, udah saya baru handle tadi pagi plus jemur hehehe, oh yah dok cara memeliharanya sama ga yah kaya retic ?, dan suhunya berapa yah buat melihara dipong ?

secara prinsip sih sebenernya sama, poin2nya sama. soal suhu exactnya, ya suhu ruangan aja. antara 23 sampe 27 celcius. :)

Dok mau tanya kalau kandang ular harus pake lampu? Atau ga perlu? Makasih

sebenernya, semua jenis reptil bisa diberi lampu.
terutama kalau cuaca lagi gak bagus.

namun menurut saya, selama suhu kandangnya stabil dan asupan kalsium buat ularnya bagus, dijemur aja pagi2 seminggu sekali itu udah cukup kok... :)

maaf karena baru balas. kabari lagi

Dok sya punya ular retic baby CH. Setiap 2 hari sekali saya kasi makan pake burung empirit kadang 1 sampe 2 ekor, menurut dokter apa jadwal pemberian makanan kepada ular saya ini baik untuk ular peliharaan saya dok ? Terimakasih.

http://i.imgur.com/sujXYc4.jpg,

kalau emang jadwalnya emang segitu, lanjut aja mas. :)
maaf karena baru balas...

kabari lagi ya...

doc, kandang yang bagus buat retic apa yah


Silakan upload gambar.