Cara Mengawinkan Musang Pandan | Drh. Fira Sovica

Meski tergolong mudah,

mengawinkan musang pandan

dan menernakkan musang pandan ( cara breeding musang pandan) memang dibutuhkan ketelatenan dan perhatian lebih dalam menternakkan musang pandan. Ada beberapa syarat dan prasyarat khusus yang harus dipenuhi calon breeder musang pandan.

Cara Mengawinkan Musang Pandan
Induk musang pandan yang sedang menyusui anaknya
Image taken from facebook.com
Dan berikut adalah cara mengawinkan musang pandan dan cara menernakkan musang pandan yang disusun berdasarkan pengalaman pasien penulis:

1. Sebelum proses mengawinkan musang pandan dan menernakkan musang pandan dimulai, pastikan calon induk musang jantan dan musang betina yang dikawinkan mendapatkan asupan gizi yang seimbang. Asupan gizi yang tidak seimbang pada musang jantan akan membuat proses mengawinkan musang tidak akan berjalan lancar dan asupan gizi yang tidak seimbang pada musang betina akan membuat musang betina susah hamil.

2. Usia ideal musang jantan yang akan dikawinkan diatas 1 tahun 2 bulan, dan usia ideal musang betina yang akan dikawinkan diatas 1,5 tahun. Sebaiknya jangan mengawinkan musang yang usianya dibawah itu.

Sebelum menyatukan musang pandan jantan dan musang pandan betina pada kandang perkawinan, hendaknya musang jantan dan musang betina "dikenalkan" terlebih dahulu dengan menempatkan kandang masing-masing secara berdekatan selama beberapa minggu. Pastikan musang jantan dan musang betina tidak saling serang saat disatukan dalam satu kandang.

3. Cara mengawinkan musang pandan adalah dengan menempatkan musang pandan jantan dan musang pandan betina di kandang perkawinan. Gunakan kandang yang luas sebagai kandang perkawinan, dan tempatkan kandang perkawinan di ruangan yang tenang. Tetap berikan makan dan minum kepada musang yang dikawinkan secara teratur. Observasi perilaku musang saat proses perkawinan dimulai.

4. Ciri musang betina yang sedang hamil adalah sifatnya yang berubah menjadi defensif, baik kepada manusia maupun kepada musang jantan pasangannya.
Saat anda melihat perubahan perilaku ini pada musang betina, segera pisahkan musang pejantan ke kandang lain, dan pindahkan kandang perkawinan ke ruangan sunyi dan bebas dari kebisingan. Sebaiknya, jangan mengganggu musang betina yang sedang hamil. Musang betina yang sedang hamil sebaiknya jangan diajak jalan-jalan atau dimandikan. Meski nafsu makan musang betina akan menurun saat masa kehamilan, pastikan musang betina mendapatkan asupan gizi yang seimbang saat hamil. Dan anda bisa menempatkan kain tebal di dalam kandang sebagai alas melahirkannya.

5. Lama masa kehamilan musang pandan adalah selama 60 hingga 70 hari. Selama masa observasi tersebut, lihatlah terus perkembangan kehamilan musang. Selain mengalami perubahan psikis berupa defensif kepada manusia, musang yang hamil juga mengalami perubahan secara fisik yaitu perutnya terlihat membesar serta tumbuhnya puting susu di perutnya. Bisa dikatakan, ciri kehamilan musang pandan berupa perut yang membesar serta puting susu yang mulai tumbuh adalah ciri musang pandan yang hamil yang paling terlihat secara fisik.

6. Setelah melewati masa kehamilan, musang betina akan melahirkan bayi musang (puppies).
Jumlah anak musang yang dilahirkan induk musang biasanya berjumlah 2 sampai 5 ekor bayi musang. Jangan memegang bayi musang hingga si bayi musang lepas sapih (tidak lagi disusui induknya). Lamanya waktu menyusui induk musang ke bayi musang adalah selama 2 hingga 3 bulan.

7. Bayi musang dilahirkan induknya dengan mata tertutup. Mata bayi musang mulai terbuka saat usia bayi musang menginjak 3 minggu. Bayi musang bisa dipindahkan ke kandang lain saat bayi musang tidak lagi menyusui ke induknya dan bayi musang sudah belajar makan makanan sendiri. Anda bisa memberikan makanan berupa bubur bayi kental kepada bayi musang yang baru belajar makan sendiri.

Demikian adalah

cara mengawinkan musang pandan

dan cara menernakkan musang pandan. Dengan artikel cara mengawinkan musang tersebut, penulis berharap banyak orang yang terbantu dalam menernakkan musang. Saran, kritik, serta komentar bisa disampaikan di kolom dibawah ini. Terima kasih. (FS).

197 Responses to "Cara Mengawinkan Musang Pandan"

  1. Assakamu'alaikum dok, dok saya mau nanya nih, menurut dokter tentang musang yang dikebiri itu bagaimana ? answer please, thanks before bu dokter salam kenal ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alaikum salam. salam kenal.
      menurut saya pribadi, musang tidak perlu disterilisasi karena musang hanya melahirkan anak paling banyak 2 hingga 3 ekor. musang juga tidak seaktif kucing atau anjing dalam reproduksi. faktor keberhasilan reproduksi musang dipengaruhi oleh banyak variable, tidak seperti kucing dan anjing yang lebih sedikit variable reproduksinya hingga bisa lebih mudah berkembang biak... :)

      Delete
    2. wa alaikum salam. salam kenal.
      menurut saya pribadi, musang tidak perlu disterilisasi karena musang hanya melahirkan anak paling banyak 2 hingga 3 ekor. musang juga tidak seaktif kucing atau anjing dalam reproduksi. faktor keberhasilan reproduksi musang dipengaruhi oleh banyak variable, tidak seperti kucing dan anjing yang lebih sedikit variable reproduksinya hingga bisa lebih mudah berkembang biak... :)

      Delete
    3. Dok saya mau tanya kalau mengawinkan musang jantan yg 9 bulan,betina 1,7 tahun

      Delete
    4. Tapi dok musangnya berantem yg betinanya galak,jantanya takut itu ga apa2 kan dok

      Delete
    5. silakan baca artikel di atas. udah ada solusinya.

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Maksih dok udah mau jawab pertanyaan aku, jadi gini dok..musang aku umur 1 tahun up sepertinya lg dalam masa birahi. Dia jd agresif banget sampesampe aku digigit dikaki sampe kena tulang aku dok, karna itu aku kepikiran dengan kebiri. Masa birahi musang berapa lama ya dok kirakira? Makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau menurut saya sih, memelihara musang yang sedang birahi memang seperti itu. harus siap digigit. masa birahi biasanya berlangsung antara 3 sampe 6 bulan atau tergantung apakah si musang sudah punya pasangan atau belum.... :)

      bisa coba carikan pasangan untuk dia mbak.... kan bagus tuh bisa breeding musang... :)

      Delete
  4. Gitu ya dok, oke makasih lagi buat jawabannya dok...anyway, ku bukan cewe dok namanya aja yg cewe hhehe..okelah semangat ya dok buat blognya,berguna banget..lanjutkan hhee :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh maaf. huehehehe.
      terima kasih, bisa kembali kemari jika ada problem... saya tunggu.. :)

      Delete
  5. ass dok, muspan saya sedang dikawinkan. skrg sudah mulai bisa berada di satu kandang yg sama. dan saya sudah melihat sekali musang sayang kawin. pertanyaannya saya ingin tanya ciri2 secara percisnya musang yg sedang hamil itu bagaimana? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya perutnya agak membesar. lebih besar dari biasanya. selengkapnya mas bisa search mengawinkan musang di bagian cari artikel. baca artikel lain yang ada hubungannya dengan mengawinkan musang. saya pernah tulis di beberapa artikel... :)

      Delete
    2. Dok bagaimana bila muspan betina normal di kawinkan dengan muspan jantan ekput,,apa bisa dok anak nya jadi ekput semua???trims

      Delete
  6. Assalamualikum dokter...mw tanya dok hal positif dan negatif setelah musang d kebiri ap y dok...dampak besar terhadap si musang setelah d kebiri ap y..
    Mksh dok..

    ReplyDelete
  7. Assalamualikum dokter...mw tanya dok hal positif dan negatif setelah musang d kebiri ap y dok...dampak besar terhadap si musang setelah d kebiri ap y..
    Mksh dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya sendiri secara pribadi sih berpendapat sah-sah aja sterilisasi dilakukan pada musang. dampak positif dan negatifnya sebenarnya balik lagi ke tujuan si owner melakukan pengebirian terhadap musangnya. jadi, balik lagi ke individu masing2... :)

      Delete
  8. Dr cantik, aku mau tanya' musang pandan bisa hamil 2x dlm setahun atau tidak? Tanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. meski bisa, tapi lebih baik jangan....
      rentan stress soalnya mas...

      Delete
  9. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 H dok.
    Tanya: apakah benar musang sedarah tidak bisa dikawinkan. Maksudnya gini... bisa dikawinkan tapi ga bisa hamil. Trus klo bisa memberikan keturunan, anaknya bisa cacat. Makasih dok.... mohon maaf lahir dan batin

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dikawinkan, dan bisa punya keturunan. tapi kemungkinan anak yang dihasilkan cacat atau cacat secara mental (buas, dll)... ada kemungkinan juga mati muda...

      sebaiknya hindari pernikahan sedarah musang...

      mohon maaf lahir batin juga mas.. :D

      Delete
  10. asslamualaikum mau tanya dok musang yang umur nya 6 bln kira kira bsa trkna rabies gak...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan sih ada aja. namun selama mas menjaga kebersihan kandang dan musangnya dengan baik, kayaknya aman2 aja... :)

      yang penting kebersihannya dan ketersediaan makanan serta cara memelihara yang benar... :)

      Delete
  11. asslmualakum dok sya mau tnya dok kalo musang taring nya di potong bsa tajam spti dmula gk dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. gigi musang mengalami pergantian, biasanya pergantiannya saat peralihan dari remaja ke dewasa, dan dari dewasa ke usia tua. gigi yang lama akan copot dengan sendirinya. jadi bisa saja taring musang yang sudah dipotong nantinya terganti dengan taring yang baru. bukan tumbuh lagi ya mas, namun terganti dengan yang baru... :)

      Delete
  12. kalo muspan betina sudah dalam keadaan hamil, apakah muspan jantan harus di pisahkan dari muspan betina ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya pisahkan, mas. musang betina yang sudah positif hamil biasanya mendadak galak sama pejantan dan sama manusia, jadi sebaiknya pisahkan dulu... :)

      Delete
  13. Mba dokter saya mau tnya...musang sy d kwinkn dlm 1 kndang sling strike...trus ga mau sling berdekatan...biasanya knp y dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah berapa lama disatukan dalam kandang?
      emang awal2 emang gitu. harusnya sebelum disatukan dalam kandang, waktu mereka masih belum disatukan, kandang keduanya harus didekatkan (ditaruh berdampingan) dulu agar mereka saling kenal....

      coba aja observasi dulu. kalau takut ada luka fisik, lebih baik pisahkan. kalau keduanya aman2 aja, gak usah... :)

      Delete
  14. Kalo musang pandan atau bulan usianya sama diatas 1 tahun 5 bulan apa bisa dikawinkan? Atau memang betina bagus lebih tua?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa aja mas. coba aja jodohkan.
      kalau 22nya udah siap kawin, kayaknya gak masalah keduanya berusia sama. yang penting sama2 udah masuk usia kawin.. :)

      Delete
  15. Maksudnya saya bukan "bagus" tapi "harus" dok. Maaf typo.

    ReplyDelete
  16. Mau tanya dok.
    1. Apa dampak negatif hdikawinkan dibawah usia tsb?
    2. Apa bisa 1 jantan : 2 betina ato bahkan lebih? Kaya binatang lain. Dan kalo bisa apa disatuin gitu aja dlm satu kandang sekaligus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas.
      1. kemungkinan yang bisa saja terjadi kalau mengawinkan musang dibawah usia yang disarankan antaralain bayi musang mati saat dilahirkan, mas. bisa juga terjadi cacat fisik (jarang, namun bisa saja terjadi).
      2. kalau untuk mengawinkan, sebaiknya 1 jantan dan 1 betina saja. jangan lebih. apalagi musang yang hamil atau sedang birahi kadang lebih agresif dibandingkan musang yang tidak sedang hamil atau birahi, jadi sebaiknya dihindari

      Delete
  17. Di inet lbh banyak info yg mengarah ke cara yg benar. Tp apa salahnya cari tau 'dampak dr cara yg salah.
    Oke mba, makasih banyak infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mas, saya setuju dengan pandangan mas. gak ada salahnya cari second opinion, emang. :)

      moga bermanfaat ya mas... :)

      Delete
  18. assalamu alaikum dok.
    Saya udah coba breding musang.
    Udah hampir satu tahun dan ganti pejantan udah hampir 4x dan musang saya gak hamil juga.
    selalu ada penolakan saat bentina ingin dikawinkan.
    Umur musang sudah mencukupi 2th up semua.
    Pertanyaan nya?
    apa harus dikasih obt perangsang hewan supaya yg betina mau dikawinkan?
    ditunggu dok jawabanya.
    Syukron katsiron.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya boleh tanya, berapa lama si musang disatukan dengan pejantannya? soalnya kadang untuk betina, mereka butuh waktu untuk bareng2 dulu dengan pejantannya. kasus yang paling lama yang pernah saya tahu adalah 1 tahun 5 bulan, musang betina baru mau kawin dengan musang jantannya.

      jadi musang gak kayak ayam yang disatuin dalam satu kandang langsung kawin, hihihihi. mereka butuh 'pdkt' dulu mas.....

      jangan dikasih obat perangsang. akibatnya fatal. selain membuat musang hiperaktif hingga bisa membunuh pasangannya, juga bisa membuat anakan musang yang dihasilkan cacat....

      Delete
  19. Assallamu'alaikum mba dokter.
    Gini mba, musang saya jantan dan betina usianya diatas 1,7 tahunan..dari kecil udah barengan terus ya, tp sekitar 8 bulan yg lalu (februari) musang jantan saya jd agresif banget (sampesampe kakiku digigit) dia kayanya lagi birahi dan mau kawinin si betina tp sibetina gak mau..singkatnya setelah insiden saya digigit saya pisahkan si jantan dan betina dikandang yg berbeda sampai sekarang ( oktober)..sekitar seminggu yg lalu saya satuin lagi mreka...si jantan sepertinya mau kawin tp betinanya selalu terjerit..seperti diserang. Itu kenapa ya mba, mohon sarannya. Makasih mba dokter :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang kadang begitu. si jantan pengen kawin, tapi si betina belum siap. kadang juga sebaliknya. si betina sudah 'pasang posisi' (ehem!), si jantannya yang ogah2an. :)
      emang harus tepat timingnya, hehehe.....

      kalau disatuin, kira2 bahaya gak? kalau emang gak bahaya (gak nyelakain satu sama lain), bisa coba satuin ajah... :)

      saya tunggu kabarnya.. :)

      Delete
  20. Assallamu'alaikum mba dokter.
    Gini mba, musang saya jantan dan betina usianya diatas 1,7 tahunan..dari kecil udah barengan terus ya, tp sekitar 8 bulan yg lalu (februari) musang jantan saya jd agresif banget (sampesampe kakiku digigit) dia kayanya lagi birahi dan mau kawinin si betina tp sibetina gak mau..singkatnya setelah insiden saya digigit saya pisahkan si jantan dan betina dikandang yg berbeda sampai sekarang ( oktober)..sekitar seminggu yg lalu saya satuin lagi mreka...si jantan sepertinya mau kawin tp betinanya selalu terjerit..seperti diserang. Itu kenapa ya mba, mohon sarannya. Makasih mba dokter :)

    ReplyDelete
  21. Assalamualaikum dok.
    Maaf komen d artikel ini, pdhl pertanyaan saya beda bahasan.
    Ini barusan banget musang saya, buang urin, warna kuning bgt, selang bbrp detik keluar kororan, kotorannya cair, dan waranya pink, begitu saya perhatikan, bbrp detik kemudian dia kaya cegukan sekitar belasan kali trs muntah warna putih, itu kenapa yaa?

    *Usia musang sekitar 7-8 bln, kelamin betina, makanan paling sering pisang, selingannya daging2an. Oiyah, dan baru hari ini kotorannya banyak d kerumunin laler, biasanya enggak.
    Barangkali detail yg saya jelaskan bisa jd bahan buat identifikasi.
    Makasih dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya dikasih makan apa?
      ada 'something' yang terjadi di sistem pencernaannya, saya menyarankan mas/mbak baca artikel saya cara mengobati musang keracunan secara alami....
      untuk makanannya, saya sarankan kasih pepaya matang agar membersihkan sistem pencernaannya.
      good luck...

      Delete
  22. Ass... dok saya mao nanya... proses perkawinan brp lama? Dan misalnya sudah selesai masa perkawinan... apakah musang jantan msih jinak apa udh kga?... dan mkanan seperti apa yg harus saya kasih ke musang betina(contohnya) yg sedang hamil ? Dan ketika betina selesai menyusui anaknya.. apakah dia msh jinak? Dan yg harus dipisangkan dri kandang musangnya induknya apa anaknya? Dan selesai dipisahkan apa yg hrus saya lakukan terhadap musang betina biar kga defensif lgi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. proses lamanya perkawinan bisa dibaca di atas. setelah masa perkawinan, kedua musang biasanya masih jinak.
      silakan mas baca artikel saya yang judulnya sebagai berikut:
      Cara Merawat Musang Yang Sedang Hamil
      Cara Ternak Musang

      Delete
  23. Dok saya mau tanya,saya punya musang pandan sepasang dari usia 5 bulan,tapi bukan sedarah dok apakah bisa dikawinkan dok?
    Mohon sarannya ya dok;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau baru 5 bulan, jangan.
      tunggu usia pas buat dikawinkan. :)

      Delete
    2. Pernikahan dini dong entar jadi.a ....hehehehe

      Delete
    3. iya, hehehe. pisahin aja dlu mas. :)

      Delete
  24. Kalo muspan mau di kebiri umur berapa baru bisa dikebiri dok? Makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. saat musangnya udah dewasa. :)
      silakan baca artikel saya siklus hidup musang.

      Delete
  25. Malam dok..maaf sblmnya dok..saya newbie dalam hal breeding..tadi sore saya bru beli musang sepasang...kata ownernya usia kurleb 1th...saya lihat kelamin si jantan pun dah lumayan gede..dan dalam satu kandang mereka dah akur...tapi masih galak semua...yang harus saya lakukan pertama apa dok?menjinakkan mereka atau biarkan mereka kawin aja?dan makanan apa yg bsa menunjang agar mereka bs lebih cepet kawinnya...apa yg mengandung protein tinggi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pisahkan keduanya di kandang yang berbeda, tapi berdekatan biar saling kenal. lakukan selama beberapa minggu ke depan, lalu satukan.

      selanjutnya, silakan baca artikel di atas. :)

      banyak artikel mengenai mengawinkan mudang dan ternak musang di blog ini. silakan baca2 aja dlu.. :)

      Delete
  26. Ass,wr.wb
    Saya mau tanya nih dok??
    Kemarin senin musang saya di kawinkan dengan musang teman saya.
    Kalau musang yg saya kawinkan langsung saya 1 kan dlm 1 kandang,lalu musang pejantan saya seperti di galakin dengan musang teman saya yg betina..selang beberapa hari,saya melihat siang hari,musang yg saya kawinkan tidurnya berduanan,saling kelonan gitu hehe,apa itu tandanya musang yg saya kawinkan sudah merasa cocok atau belum dong??
    Mohon infonya dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau udah cocok, mungkin saja. kalau jodoh (bahkan kawin), belum tentu. karena kadang musang suka pilih2 juga. jodoh atau nggak.

      optimis aja, mas. :)

      silakan baca2 artikel saya lainnya... :)

      Delete
  27. dok musang saya habis lahiran tgl 19 des 15,apakah sibayi musang belum bsa dpgang dlu?indukanya biar sehat makananya menunya apa dok biar susunya lncar jga?helmi kendal jateng

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. jangan dipegang dlu. nanti gak mau diurusin ama induknya. sama aja kayak kucing. karena udah bau tangan manusia....

      semua bayi mamalia begitu...

      kasih asupan protein lebih aja buat induknya. seminggu 2x kasih buah (pepaya)...

      Delete
  28. dok musang saya habis lahiran tgl 19 des 15,apakah sibayi musang belum bsa dpgang dlu?indukanya biar sehat makananya menunya apa dok biar susunya lncar jga?helmi kendal jateng

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah saya balas di komentar di atas... :)

      iya. jangan dipegang dlu. nanti gak mau diurusin ama induknya. sama aja kayak kucing. karena udah bau tangan manusia....

      semua bayi mamalia begitu...

      kasih asupan protein lebih aja buat induknya. seminggu 2x kasih buah (pepaya)...

      Delete
  29. Assalamualaikum dok,saya mau tanya..saya udh beberapa hari yang lalu beli musang akar sepasang,dari kecil udh disatukan sama penjualnya, sampai sekarang pun masih saya satukan,umur musangnya 8 bulan up, apakah sebaiknya musangnya saya pisahkan dahulu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk tujuan apa dia dipisahkan?
      agar nantinya bisa disatukan kembali dan bisa 'kawin', begitu mas?

      gak usah. gak usah dipisahkan. kalau memang udah masa birahi, nanti juga akan kawin dengan sendirinya. memang, tergantung 'jodoh' atau tidaknya, namun biasanya berhasil kok... :)

      Delete
  30. Ya dok,terima kasih banyak udh mau di jawab dok...:) kapan kapan saya bertanya lagi 😁

    ReplyDelete
  31. Ya dok,terima kasih banyak udh mau di jawab dok...:) kapan kapan saya bertanya lagi 😁

    ReplyDelete
  32. Dok,saya mau tanya lagi, musang jantan saya matanya luka gara gara kata yang jual kena cakar yang betina, obatnya apa kira kira apa y?matanya timbul lingkaran putih, saya kurang tahu itu katarak atau bukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena bru saya balas, mas. saya baru sakit kemarin.. :(

      jangan dikasih asupan protein apapun agar lukanya tetap kering. kasih aja buah2an. itu yang paling bagus.
      untuk matanya, silakan baca artikel saya cara mengobati katarak pada musang...

      Delete
  33. Terima kasih udh balas lagi dok,bolehkah mata musangnya saya kasi salep gentamicin? Terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mang kenapa mata musangnya mas?
      sebenernya gak perlu kalau gak terdesak.

      kalau matanya sakit, sebenernya mudah. jangan dikasih asupan protein dulu. daging2an, serangga, bubur bayi, dan sebagainya yang mengandung protein jangan dikasih dulu. kasih buah aja...

      Delete
  34. Kena cakar musang yang perempuan dok ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh. kalo cuma luka akibat kena cakar, cukup batasi asupan protein aja, mas... jangan dikasih gentamicin...

      Delete
  35. Ok lah,apakah bisa sembuh dengan sendirinya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya yakin bisa kalau asupan proteinnya dibatasi... :)

      Delete
  36. Dok saya mau nanya ni musang saya kn cowo sama cewe kyknya udh siam kawin trus kalo saya lepas keduanya,saling peluk tp yg musang ceweny teriak2 gitu dok,tp musang cowo nya langsung masukin alat kelaminnya kealat kelamin cewenya dok,tp sya herannya kok kawinnya ga begitu ya dok yg cowo ngadep kecewenya yg cewenya ngadep kecowonya seperti pelukan gitu dok,tolong sarannya dok makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. musang ceweknya berhasil dibuahi nggak? setelah perkawinan selesai, (maaf) ada sisa sperma mungkin?

      gak wajar, tapi bisa aja terjadi. kucing juga kadang begitu meski sangat jarang terjadi...

      selama si musang betina bisa dibuahi, kayaknya normal2 aja.... :)

      Delete
  37. assalamualaikum bu dokter, mau bertanya musang indukan yang baik untuk breeding ciri cirinya seperti apa ? terus misal untuk keunikan lahirnya biar bisa ekor putih atau bulu badanya ada yang putih indukan nya mesti seperti apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada hal khusus sih mas buat memilih indukan. yang penting dia sehat dan udah cukup umurnya... :)

      kalau mau menghasilkan anakan yang ekor putih, pilih indukan yang emang ekor putih. karena dari genetik nantinya kemungkinan nurun bisa aja.... :)

      Delete
  38. Terimakasih buk atas jawabnya. Ciri2 badan indukan yang sehat seperti apa ? Bobot nya mempengaruhi ndak. ? Kandang musang yang baik seperti apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. musang yang sehat bisa dilihat dari fesesnya.
      silakan baca artikel saya cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya.

      soal bobot atau berat badannya, gak mempengaruhi tuh...

      satu lagi faktor keberhasilan dalam mengawinkan musang: lucky. :)

      Delete
    2. soal kandangnya seperti apa? ukuran, bahan kandangnya dan model kandangnya ?

      #terimakasih buk

      Delete
    3. soal model dan bahan kandangnya, terserah yang penting aman buat musang. besarnya yang penting si musang bisa bebas bergerak di dalam kandang, alias gak sempit.

      pake kandang kucing ukuran besar juga bisa, mas. kasih karung goni sebagai alasnya...

      Delete
  39. dok mau tanya nih hehe.
    musang saya umur 9bln udh terpantau kawin.tpi ada lukanya dok 2.
    dan skrg jadi defend.badan jadi bongsor bgt.lalu makannya berkurang.keluar puting susunya tpi kecil kecil dok.

    apakah itu bsa di katakan HAMIL.
    lalu klo sudah melahirkan bsa jitot lgi.soale dulunya full jitot


    thx dox anda sangat membantu seperti rasenya aku hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi emang hamil, mas.
      observasi aja dlu.

      iya, nanti setelah melahirkan dia akan jitot lagi kok. coba mas baca artikel saya cara merawat musang hamil.

      Delete
  40. lalu ini kandanya cma yg ukuran sedang.

    ReplyDelete
  41. Assalamualaikum dok,saya mau bertanya, musang akar saya yang betina terlihat malas dan sering tidur,padahal biasanya nggk, apakah itu hamil?musangnya dari kecil udh memang sepasang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung musangnya umur berapa. kemungkinan hamil sih ada aja, meski kecil kemungkinannya kecuali mas sering liat mereka kawin....

      si betina keliatan galak ama pejantannya?

      Delete
  42. Umurnya sekitar 9+ ,saya tidak pernah melihat mereka kawin tapi saya lihat dulu jantan nya birahi, betina nya nggk galak, cuman laki lakinya ngelindungi betinanya,perut agak membuncit dari sebelumnya,yang perempuan sih masih jitot

    ReplyDelete
    Replies
    1. observasi aja dlu selama 2 hingga 4 minggu ke depan, mas.
      kabari saya terus ya perkembangannya... :)

      Delete
  43. selamat sore dok,,, saya kan melihara musang jantan dan betina... skrg sih bru umur 3 bulan dok.... nah itu boleh ga dok kalo dikandangin dalam satu kandang? soalnya selama ini sih saya tempatin di satu kandang dok..... makasih dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama ini mereka kelihatan berantem gak?

      kalau nggak, satukan aja gak apa2... :)

      Delete
  44. kalo lagi dalem kandang sii baik2 aja dok... akur gitu... tapi kadang2 kalo saya keluarin mereka saling mau gigit gitu satu sama lain.. itu bercanda apa gmn yaa dok? oia saya juga mau nanya nih... musang sya yg jantan si reo mau untuk makan pepaya dok lahap banget tapi kalo si betina cira nih gamau dok... Harus dia mangap dulu baru kalo saya kasih ke dalem mulutnya kalo dia lagi coba gigit2 sesuatu gitu baru mau ditelen dok tapi kalo disodorin handsfeed ato ditaroh ditempat gtu gamau samasekali.... Itupun kalo disuapin susah banget dok gmna yaa cara ngatasinnya?? Oia dok,, menu makanan yg baik pagi siang malem untuk musang umur segini apa ya?? Kalo saya pagi pepaya siang dan malem bubur sun campur susu sgm llm. Terimakasih dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih atas pertanyaannya. saya coba jawab ya... :)
      1. kalau emang mereka di dalam kandang anteng, gak apa2 satuin aja. kalau dikeluarkan dari kandang kadang mereka saling serang, memang adakalanya musang seperti itu.... :)
      2. soal si cira yang gak mau makan kecuali disodorkan makanan ke mulutnya yang menganga, hmm, mungkin emang kebiasaan kayak gitu. tapi coba mas baca artikel saya cara agar musang mau makan apa saja. di sana ada caranya... :)
      dan lagi, coba kasih sari kurma biar nafsu makannya bagus.
      3. soal jenis makanan yang bagus untuk sehari2, sebenernya kembali lagi ke kebiasaan makan si musang. namun minimal seminggu sekali atau seminggu 2x dikasih buah biar sistem pencernaannya bagus... Kalo pagi pepaya siang dan malem bubur sun campur susu sgm llm itu dah bagus kok
      4. soal fesesnya yang mencret, coba aja observasi dulu sampe 2 atau 3 hari. kalau sampe 3 hari belum ada perubahaan, cukup kasih buah aja biar sistem pencernaannya bagus. tebakan saya sih karena mas kasih susu. bagusnya, coba mas ganti susu dengan sari kurma aja mas... :)
      5. soal si reo yang sekarang suka gigit, nah sekarang saya tanya sama mas. kalau abis digigit si reo, mas suka takut ama dia? suka ragu2 buat pegang lagi? bener? kalau iya, itulah sebabnya si reo suka gigit. musang selalu tau kalau kita takut atau ragu2, dan karena itulah dia makin sering gigit kita. bersikap biasa aja, jangan takut kalau digigit.
      karena kalau kita takut, dia malah makin sering gigit.. :)
      6. resiko musang yang disatukan dalam kandang, selama mereka berdua kalem dan anteng aja, saya rasa aman. yang penting, masnya juga harus waspada. namanya juga hewan kan? kita gak tau mereka kayak gimana. kalau mereka keliatan mulai strike dan sebagainya, mending pisahkan :)

      saya tunggu kabar selanjutnya. salam. :)

      Delete
  45. oia dok,,,dari tadi malem tuh kok musang saya mencret yaa dok?? jd fesesnya cair gitu warna kuning muda gitu dok... padahal sebelumnya saya kasih makan seperti diatas itu ga kenapa2 dok... baik2 aja,, tp knpa hari ini jd mencret gitu yaa dok fesesnya??
    oia dok sama saya mau tanya lagi, kok skrg si reo susah yaa kalo mau saya gendong ato saya pegang gitu dok... dia kayak nolak terus minta turun bahkan gigit kasar tangan saya dok,, biasanya gak gitu dok... gimana yaa solusinya dok?? emm,, dok mengenai kandang yang disatukan tadi ga bakal ada resikonya kan yaa dok buat si musang?? makasih dok, maaf banyak nanya banget....:)

    ReplyDelete
  46. Dok. Sy pemula nich. Sy pnya musang yg sy pelihara dr msh merem. Skrg sdh besar. Dulu ada 4 tp mati 2. Terus 1 ny d pelihara temen. Dan sayang smuany betina. Sy ingin skali beterrnak musang. Selain di kawinkan dengan pejantan, apa tdk ada cara lain seperti kawin suntik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya dengan menyuntikkan sperma dari musang jantan ke rahimnya, gitu mas?
      hmm, saya gak tahu bisa atau tidak dengan metode kayak gitu. namun tebakan saya, kecil kemungkinan bakal berhasil. :)

      Delete
  47. makasih banyak dok,, btw saya mbak2 bukan mas2 dok :)
    oia dok kalo misalnya buah yg dikasih ke musang bagusnya buah apa aja ya? dan apakah boleh kalo dikonsumsi setiap hari?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh hahaha. maaf, maaf.. :D
      untuk jenis buahnya, bisa pisang atau pepaya. kalau musangnya mencret, bisa kasih salah yang manis (jangan yang sepet atau asam). itu juga kalau musangnya mencret doang ya dikasih salak. kalau tidak mencret, jangan dikasih salak... :)

      Delete
  48. oh... okeee brrti gpp kan yaa kasiih buah tiap hari dok?? oia dok sya mau nanya lagi nih kalo misalnya musang saya dikasih hair lotion itu gpp kan yaa dok?? tapi saya takutnya kalo hbs dikasih hair lotion dia jilat2 badannya gitu ga bahaya yaa dok?? makasih banyak udh jawab pertanyaan2 sya yg bejibun.... hehe 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2 kasih buah2an aja... :)

      soal hair lotion, gak apa2 kok dijilatin asalkan gak terlalu banyak ngasihnya. bagusnya sih pake minyak kemiri aja. silakan baca artikel saya cara memakaikan minyak kemiri pada musang.... :)

      Delete
  49. Ass dok
    3 hari yang lalu saya beli musang betina tapi di kelamin btina nya kaya keluar cairan gitu gatau nanah atau bukan soalnya warna nya putih kehijauan dan agak bau amis.tapi kondisi musang sehat sehat aja dok dan makannya juga lahap.kata owner pertama dia hamil karna udh sering kawin .musang saya umur 6 bulan dok.mohob masukannya dok.terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wass....
      makasih banyak atas pertanyaannya. agak susah untuk memastikan apa penyakitnya, atau bisa juga bukan penyakit. gini aja. kita asumsikan musangnya sudah hamil. jadi, lakukan treatment cara mengawinkan musang pandan di atas....

      coba kasih air kelapa muda campur sari kurma aja, minumkan ke musangnya. buat daya tahan tubuh dan membersihkan saluran cernanya aja....

      coba infokan saya mengenai fesesnya.... baca juga artikel saya cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya....

      Delete
  50. Kalo feses nya mah biasa ajh dok ga mencret cuma dikelaminnya suka kluar cairan

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan kasih air kelapa dan sari kurma seperti yang saya sarankan. sambil terus diobservasi selama 2 minggu ke depan. kalau masih terus berlanjut, mending hubungi dokter hewan terdekat... :)

      oh ya, untuk referensi, silakan baca artikel saya ciri musang hamil..

      Delete
    2. Dok sepertinya musang saya kluar cairan itu keputihan kali ya soalnya sekarang jadi keluar darah.kira kira dia mens atau bukan ya dok ?

      Delete
    3. kemungkinan sih kayak gitu, tapi saya agak kurang yakin karena sebelumnya mbak bilang dia udah dikawinkan (hamil), makanya sempet saya gak utarakan...

      mending mbak baca artikel menstruasi pada musang... :)

      kabari saya ya mbak. dan kalo urgent, silakan chat aja... :)

      Delete
  51. Tapi tadi keluar darah dok .
    Kata owner sblm nya si emang hamil karna udh sering kawin tapi saya masih ragu.emang musang umur 6 bulan udh bisa hamil dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa aja musang umur 6 bulan hamil, meski sangat rentan keguguran....
      sekarang gimana keadaan musangnya? saya tunggu kabarnya ya mbak. kalau urgent, chat me... :)

      Delete
  52. Musangnya sehat sehat aja ko dok .tapi perutnya juga agak gede kalo menurut saya dan putingnya juga udh tumbuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan praktekkan artikel saya cara merawat musang hamil... :)

      semoga emang benar2 hamil.. :)

      Delete
  53. Assakamu'alaikum selamat malam dok. Dok saya mau tanya klo musang hamil bisa di tesfek ka air seni nya? Trimakasih.

    ReplyDelete
  54. Mlm dok ...maaf mau nnya dok?Dok musang saya lgi birahi cwo,klo setelah di kawinkan itu dia bakal berhenti engga dok birahinya dengan sekli kawin .. Atau harus berkali2 di kawinkan biar birahinya tuntas..trimkasih

    ReplyDelete
  55. Mlm dok ...maaf mau nnya dok?Dok musang saya lgi birahi cwo,klo setelah di kawinkan itu dia bakal berhenti engga dok birahinya dengan sekli kawin .. Atau harus berkali2 di kawinkan biar birahinya tuntas..trimkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepengalaman saya sih biasanya dalam sekali kawin, dia akan lebih tenang. tapi sebentar, paling dua tiga hari. setelah itu 'tinggi' lagi... :)

      CMIIW.... :)

      Delete
    2. Dok mau tanya cara menjodohkan musang pandan dengan musang bali gimana dok,,,terima kasih

      Delete
    3. udah ada artikelnya. cara kawin silang musang. :)

      Delete
  56. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  57. Dok knapa ya musang saya setelah di kawinin malah jadi males malesan tidur mulu kelamin nya betina

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang kadang ada yang kayak gitu, mas. tergantung karakternya sih. :)

      udah berapa lama dikawinkan? :)

      Delete
  58. Sekitar satu minggu yang lalu dok kurang lebih
    Trus sekarang di kelamin nya suka keluar cairan, warna nya bening dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan diajak main dlu, dan coba kasih kain di kandangnya. semoga aja beneran hamil. :)
      nafsu makan gimana? fesesnya normal? 2 hal itu yang harus mas perhatikan.
      coba kasih sari kurma biar daya tahan tubuhnya bagus.
      kasih saya kabar terus...

      Delete
  59. Nafsu makan nya normal . Fesesnya agk bsar beda dari sebelumnya . Ya dok,udah dikasih kain kok dikandangnya.

    ReplyDelete
  60. Trus jadi kagetan dok jalan nya juga agak beda kadang kaya ngesot gitu dok galak lagi

    ReplyDelete
  61. dok apa bila musang betina yg sedang mengandung cuman di kasih buah2an apakah akan mempengaruhi kandungannya atau malah menyehatkannya.
    mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena saya baru balas.... :(
      kalau musangnya lagi mengandung, pastikan gizinya seimbang antara protein vitamin dan serat. jadi, sebaiknya kasih pala ayam rebus sebagai makanan sehari2, seminggu sekali kasih buah.... minumnya kasih sari kurma dikit... :)

      Delete
  62. dok pengen nanya lagi nih kalo musang PDKT nya berapa lama sih dan cara pemberian sari kurmanya digimana kan dok...???
    maaf dok masih pemula..!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. sampe keduanya gak saling serang lagi. berapa lamanya, bervariasi. tergantung karakter kedua musangnya.

      sari kurmanya bisa dicampur ke minumannya, bisa juga diminumkan langsung... :)

      Delete
  63. Dok mau tanya, kalau fases musang saya biasa ada ulat nya (kisaran 2-3 hari) padahal makanan dan minuman bersih. Normal apa nggak ya dok ? Biasa saya kasi wiskas.
    Satu lagi dok, berkaitan sm artikel di atas, cukup membantu. Tapi ad yang ingin saya tanyakan tentang artikel di atas. Di sana tertulis larangan untuk tidak memegang bayi musang hingga dia lepas nyusu. Apa malah nggak garang nti nya dok ?
    Terima kasih
    Sekian
    Septyanto

    ReplyDelete
  64. Dok mau tanya, kalau fases musang saya biasa ada ulat nya (kisaran 2-3 hari) padahal makanan dan minuman bersih. Normal apa nggak ya dok ? Biasa saya kasi wiskas.
    Satu lagi dok, berkaitan sm artikel di atas, cukup membantu. Tapi ad yang ingin saya tanyakan tentang artikel di atas. Di sana tertulis larangan untuk tidak memegang bayi musang hingga dia lepas nyusu. Apa malah nggak garang nti nya dok ?
    Terima kasih
    Sekian
    Septyanto
    Maaf re-post td lupa klik notify me 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba jangan dikasih wishkash, mas. kemungkinan karena itu. cukup kasih buah aja, pepaya atau pisang, lakukan selama seminggu. lalu liat, apakah fesesnya masih ada ulatnya atau nggak... :)
      mas bisa kasih ramuan kesehatan musang juga, silakan baca cara buatnya di artikel ramuan kesehatan musang....

      hampir semua hewan akan membuang anaknya kalau anaknya udah dipegang sama manusia. istilahnya, udah bau tangan manusia. kadang induknya gak mau ngurusin lagi kalau anaknya udah dipegang2 sama manusia. itulah alasan kenapa saya melarang anakan musang dipegang dulu sama manusia setidaknya sampai dia lepas susu induknya.

      apakah nanti bakalan galak? nggak. secara prinsip, musang captive breed (ternakan manusia) akan lebih kalem sifatnya dibandingkan musang yang liar (wild caught) karena musang captive breed lebih sering melihat dan berinteraksi sama manusia... :)

      Delete
    2. Oke dok, ntar saya coba ganti mknn ny.

      Brarti kurang lebih seperti kucing ya dok ?

      Mau tny lg dok, umur brp kira ny musang mulai menstruasi
      Terima kasih
      Septyanto

      Delete
    3. soal musang menstruasi, udah ada artikelnya di blog ini.. :)

      Delete
  65. Assakamu'alaikum dok. Mau tanya, kalau musang betina yang sudah melahirkan kira-kira bisa dikawinkan lagi dengan jarak waktu/interval berapa lama dari waktu melahirkan ya dok? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sampe bayinya independent alias tidak menyusui lagi. setelah bayinya independent dan udah tidak menyusui lagi, tunggu minimal 2 bulan, baru bisa dikawinkan lagi... :)

      Delete
  66. Replies
    1. bisa kok, musang juga bisa di steril atau dikebiri. artikelnya menyusul. :)

      Delete
  67. Assalamu'alaikum Dok, apakah masa kawin pada musang sama dengan anjing ? yaitu pada saat si betina sedang loop...terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alaikum salam
      kalau siklusnya, bisa dikatakan mirip (meski gak bener2 sama). kalau dari waktunya, beda. :)

      cmiiw...

      Delete
    2. Maaf Dok, maksud saya, apakah perkawinan pada musang itu dilakukan pada saat si musang betina sedang mens, spt yg terjadi pada anjing, kalau memang demikian, berarti waktu yg tepat untuk mempertemukan kedua musang yg akan diternakkan adalah pada saat si betina sedang mens....maaf Dok, terima kasih

      Delete
    3. oh. sorry. saya salah mengerti.
      loop itu sebenernya ada 4 tahapan mas: proestrus, estrus, diestrus, dan anestrus. mungkin nanti saya jelaskan di artikel baru saya. yang biasanya kita sebut menstruasi sebenernya terjadi di tahap pertama, yaitu proestrus. nah musang biasanya kawin di tahap kedua, yaitu estrus.

      jadi sebenernya, gak tepat juga dikatakan bahwa doggy kawin saat dia sedang mens. karena secara fisik dan hormon, dia belum siap menerima sperma dari penjantan. :)

      kira-kira seperti itu. :)

      Delete
  68. thx Dok...ditunggu artikel barunya...

    ReplyDelete
  69. Assalamualaikum wr. Wb dok...
    Saya maua nanya:
    1.saya memelihara muspan betina tapi suka gigit2 kandang dok, itu knpa ya? Dan akhirnya lepas. Padahal lubangnya tidak sebesar kepalanya.
    2.apakah musang yang dibawah 1thn tapi lagi birahi bisa dikawinkan dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. musangnya umur berapa mas? kalo soal gigit2 kandang sebenernya wajar. dia jinak nggak? kalau mas ajak main di luar kandang, dia mau? maksudnya masih di dalam ruangan... :)
      mungkin karena kebiasaan diluar kandang, jadi pas dimasukkan ke kandang, dia gak betah....
      2. bisa kok. coba mas baca artikel saya CARA MENGAWINKAN MUSANG dan artikel CIRI MUSANG BIRAHI

      Delete
  70. Selamat pagi dokter, musang bulan sy apa lg hamil ya...soalnya perilaku si kulian berubah lebih banyak tiduran dan deffen ke saya dan baron pasangannya
    Perubahan lainnya puting susunya mulai membesar dan memerah dan nafsu makannya jauh berkurang, mereka disatukan dalam kandang sdh 3 bulan dok, tp si baron belum sy pisahkan apa sebaiknya dipisah ...? Trus vitamin apa kira2 ug boleh sy berikan disamping makanannya selamabini buah, disrling tulang ayam rebus, sy tadinya menyangka si betina julian terkena penyakit, tp su perhatikan kotorannya normal saja hsnya perilsku yg berubah

    Trimskasoh dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, saya juga berpendapat demikian, mbak. Coba mbak baca artikel saya Ciri Musang Hamil dan artikel Cara Merawat Musang Hamil

      Delete
    2. Ya, saya juga berpendapat demikian, mbak. Coba mbak baca artikel saya Ciri Musang Hamil dan artikel Cara Merawat Musang Hamil

      Delete
  71. Assalamualaikum wr. Wb dok...
    Saya maua nanya:
    1.apakah asupan gizi musang yang ingin di kawinkan hanya memakan buah buahan saja terpenuhi dok? (untuk si jantan) dan untuk si betina hanya makan nasi saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanan yang biasa aja, mas. Gak usah diubah dulu. Mungkin tambah sari kurma aja di minuman nya, selebihnya kyk biasa aja

      Delete
    2. Makanan yang biasa aja, mas. Gak usah diubah dulu. Mungkin tambah sari kurma aja di minuman nya, selebihnya kyk biasa aja

      Delete
  72. Assalamualaikum wr. Wb dok...
    Saya maua nanya:
    1.apakah asupan gizi musang yang ingin di kawinkan hanya memakan buah buahan saja terpenuhi dok? (untuk si jantan) dan untuk si betina hanya makan nasi saja?

    ReplyDelete
  73. Assalamualaikum dok, musang saya knpa ga bsa diem klw d taro d pundak
    Mohon jawaban nya dok
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu artinya dia belum begitu kenal sama masnya. mending jinakkan dulu. setidaknya biar dia kenal sama masnya. silakan baca artikel di atas...

      Delete
    2. maksudnya artikel CARA AGAR MUSANG ANTENG :D

      Delete
  74. Dok kalo musang dari kecil digabungin gedenya berantem ga?

    ReplyDelete
  75. Lam likum Dok,sya mo tnya.sy pnya muspand 2ekor laki sma cwe,adik kaka umr lbih dr 1th sy gabungin satu kandang dr mseh umur kurang 1bln.yg sya mo tanyakan kira2 bisa kawin & hamil ga ya dok soalnya yg laki maunya naik mulu ke yg cewe,tp yg cewe ga mo brontak terus,apakah krna adik kaka ya dok cewenya ga mau.tu ja dok yg mo sya tnyakan makaseh sblomnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, bisa aja mereka kawin.
      pindahkan kandangnya ke tempat yang tenang (sepi suara) dan sediakan makanan yang mencukupi.... :)

      kabari lagi

      Delete
  76. Assalamualaikum dok,saya newbie breding musang, saya punya 2 musang yg jantan usianya 1,7 bulan dan yg betina umur 1,5 bulan. Yg jantan sudah birahi sekali, tp knp yg betina anteng2 aja ya dok, tiap di satukan malah strike, kayaknya yg betina belum mau kawin. Bgmn solusinya dok? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja satuin dulu, mas. gak apa2. sambil diawasi aja. jangan sampe saling melukai...

      atau gini aja. mas pisahin di kandang terpisah, tapi mas taro sebelahan.... :)

      maaf karena baru balas. kabari lagi

      Delete
  77. dok saya mau nanya dong,sy baru dapat musang 5 hari yg lalu di hri ke 4 saya lihat dibagian ekor botak setelah saya mandikan terlihat lagi dibagian kaki depan botak dan ada luka putih sperti nanah itu knp yah?
    trus saya mau mangkur gigi nya,sebelom memangkur saya ingin memberi Ketamine boleh gak dok biar dia lebih tenang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia suka garuk2 bagian yang botak itu?
      kayak gatel gitu?

      atau mas bisa kirim gambarnya kemari nggak? caranya ada di bagian atas tulis komentar (PERHATIAN)....

      soal pangkur, saya sarankan mending bawa ke dokter hewan aja mas. kasian kalo mas pangkur sendiri. takutnya tekniknya salah... :(

      Delete
  78. mau tanya dok
    Apakah musang pandan usia kurang lebih 9 bln apakah bisa di kawinkan
    Mohon infonya terimakasih

    ReplyDelete
  79. mau tanya dok
    Apakah musang pandan usia kurang lebih 9 bln apakah bisa di kawinkan
    Mohon infonya terimakasih

    ReplyDelete
  80. assalamualaikum..
    BU dokter kalo musang matanya berubah warna kebiru-biruan itu kenapa?
    dan gimana solusinya?

    ReplyDelete
  81. assalamualaikum bu dokter, bu saya mau beli sepasang musang saya bener-bener ingin ternak, dengan kandang standart kucing apa bisa berhasil ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alaikum salam.
      bisa mas. tapi usahakan taro di ruangan yang tenang, aka nggak banyak suara2 mengagetkan. terutama kalo pas mereka mau kawin.

      lebih gede kandangnya, sebenernya lebih bagus. mas bisa pake kandang kucing yang besar.

      Delete
  82. Salam bu dokter, entah ibu dokter masih ingat / tidak dgn si jana yg saudaranya si jono mati dgn tragis, sudah lama sijana mulai birahi, kurleb 6 bulan yg lalu saya adopsi betina untuk dikawinkan dgn sijana, selama 6 bulan itu baru 3 minggu yg lalu mereka kawiin tapi hanya 2 malam saja, malam2 berikutnya sijana tdk mau lagi kawin sampai2 betinanya stress gigitin buntutnya sendiri karena sijana agak galak & tidak mau lagi kawin, tapi sijana bila disatukan dgn betina umur 4 bulan malah mau ngawini, mohon solusinys bu dikter, & tak lupa saya ucapkan kebahagiaan selalu bersama bu dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. inget kok. :D
      coba pisahin jantan dan betinanya. kemudian kedua kandangnya taro di ruangan yang agak sepi suara... biar mereka tenang dan nggak stress...

      makannya gimana?

      Delete
  83. Makan seperti biasanya tdk ada yg berubah, selama 6 bulan itu sering saya pisain, disatuin berantem sy pisain lagi, begitu dst, -+ 3 minggu yg lalu selams 2 malam mereka kawin, kalau tidak salah ngitung 10x kawin, malam selanjutnya kembali lagi seperti semula, distuin akur2 berantem, pisain lagi

    ReplyDelete
  84. Maksud akur2 berantem,setelah dipisahkan lalu disatukan akurnya hanya beberapa jam saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang kita liat aja ke depannya, mas.
      saran saya, mending pisahin dulu jantan dan betina. tapi taro kandangnya bersebelahan. kasih kain di kandang yang betinanya.... :)

      ada perubahan perilaku dari si betina? mungkin jadi galak atau perutnya membesar?

      kasih asupan protein tinggi. daging ayam rebus yang dicacah oke... :)

      sementara jangan diajak main dulu yang betina...

      Delete
  85. Dok mau nanya, dapat info katanya musang itu kanibal jadi setelah melahirkan anaknya harus dipisah dengan induknya biar aman, terus anaknya bisa di spet. apa itu benar dok? terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak.
      selama ini nggak ada catatan atau kasus musang makan anak sendiri, mas. setidaknya belum ada. :)

      Delete
  86. Hai dok..saya baru adop musbul udah melek tapi untuk berdiri atau berjalan mash belum lancar dan msh bergetar.kira kira umur berapa ya musang saya.trims

    ReplyDelete
  87. Assalamualikum dok saya mau nanyak...kalau muspan betina normal di kawinkan muspan jantan ekput...apa bisa anak nya jadi ekput semua dok???trims

    ReplyDelete
  88. Dok, sy mau tanya. Sy punya musang betina yang umurnya sdh cukup untuk kawin tp keadaannya buta. Itu bagaimana dok? Apakah berpengaruh untuk prosesi perkawinan? Kalau ada seberapa besar pengaruh ya dan solusinya gmn agar sy bisa mengembang biakan musang dgn keadaan seperti itu? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih bisa kok dikembangbiakkan, mas...
      coba aja kawinkan... :)

      Delete
  89. Aslm. Wr. Wb selamat malam dok saya mau tanya kenapa pada saat proses breeding jantan malah strike ketika d satukan padahal proses pendekatan berbulan2 saat si betina belum masuk usia..

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah sering diajak main bareng diluar kandang?
      kalau belum, coba aja ajak main bareng di luar kandang.

      emang kalo belum kenal suka gitu sih, suka strike...

      Delete
  90. Permisi dok. Mau nanya... kalo 1 pejantan buat 2 betina jinak total semua... apakah bisa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, mas. :)
      tapi jangan satu waktu ya. artinya, satu2 dikawininnya.

      Delete
    2. Dok musang q betina umur 2thnan uda hbs saya kawin kan dan uda saya pisah sekitar 3minggua.kg di area kelamin si betina kg berlendir putih gitu y penyebab y apa dok ?

      Delete
    3. banyak sebab. bisa jadi tanda kehamilan, atau keputihan. sementara ini observasi aja dulu mas. ada tanda kehamilan nggak?

      cek artikel ciri musang hamil

      Delete
  91. Permisi dok mau tanya saya punya musang betina umur 9 bulan tapi sudah menunjukkan tanda birahi, baiknya saya menjodohkannya atau menunggu sampai Cukup Umur
    Terima kasih

    ReplyDelete
  92. Assalamualaikum dok sy mau nanya bolehkah musang dikahwini dengan kucing

    ReplyDelete
  93. Apakah boleh di kasih telur rebus+nasi setiap hari..?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.