Mengobati Mogok Makan Pada Musang | Drh. Fira Sovica

Cara

mengobati mogok makan pada musang

bisa dilakukan jika kita tahu penyebab mogok makan pada musang itu sendiri. Maka, di artikel ini saya akan membahas penyebab mogok makan pada musang dan cara mengobati mogok makan pada musang. Artikel cara mengobati musang yang tidak mau makan berikut diharapkan bisa membantu para pecinta musang dalam merawat musangnya.
Mengobati Mogok Makan Pada Musang
Image taken from animalsadda.com
Penyebab mogok makan pada musang dan cara mengobati mogok makan pada musang adalah sebagai berikut:
  1. Penyebab musang mogok makan karena sembelit.
  2. Musang yang mengalami sembelit biasanya memang berkurang nafsu makannya. Seperti ditulis di cara mengobati ambeien pada musang, musang yang sembelit biasanya mengalami penurunan nafsu makan karena rasa sakit di perut. Anda bisa mengetahui cara mengobati sembelit pada musang dengan membaca artikel cara mengobati sembelit pada musang
  3. Penyebab mogok makan pada musang karena sakit.
  4. Penyakit pada musang biasanya didominasi akibat cuaca yang buruk dan terlalu gemuk atau musang obesitas. Seperti yang saya tulis di artikel kenapa musang obesitas rentan mati, musang obesitas amat rentan mati mendadak akibat kegagalan fungsi jantung.
  5. Musang mogok makan karena jenuh terhadap makanan yang diberikan.
  6. Dalam beberapa kasus, musang mengalami mogok makan karena dia bosan dengan makanan yang diberikan. Cara mengobati musang yang mogok makan akibat jenuh dengan makanannya adalah dengan mengganti-ganti makanan yang diberikan secara teratur. Saya sendiri, memberikan makanan berupa buah-buahan seperti pisang dan pepaya matang kepada musang peliharaan saya setiap hari senin hingga jumat, memberikan kepala ayam rebus setiap hari sabtu, dan memberikan nasi dengan kecap setiap hari minggu.
Demikian adalah beberapa sebab musang menjadi mogok makan dan

cara mengobati mogok makan pada musang

. Anda juga bisa membaca tentang cara menambah nafsu makan musang dengan membaca artikel cara menggemukkan musang. Saran dan komentar atas artikel ini bisa ditulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

497 Responses to "Mengobati Mogok Makan Pada Musang"

  1. bu dokter untuk ukuran umur musang 3-4 bulan apa boleh di kasi kepala ayam rebus..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dia mau, kasih aja. untuk 'latihan' bisa kasih ati ayam rebus yang dicacah... :)

      Delete
  2. Bu dokter musang saya umur 1,5 bulan baru tadi.siang tidak.nafsu makan sun pisang di mix dengan susu dancow,lalu dia BAB nya susah itu,pas keluar bewarna kuning encerr,apa dia mencret? Lalu apa yg saya lakukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih susu dancow. Kalo toh mau dikasih susu, kasih SGM LLM.
      kasih jus pepaya aja mas. jangan dikasih makan selain jus pepaya dulu selama 2 hingga 4 hari, lalu lapor lagi ke saya via chat di blog ini ya... saya tunggu... :)

      Delete
    2. Jus pepaya? Ngga apa2 umur 1,5 bulan dok?

      Delete
    3. Pepaya mateng nya di jus apa hanya di hancurkàn saja dok? Selama 3-4 hari ini dia hanya di kasih jus pepaya saja? Ngga dikasih sun dan susu?

      Delete
    4. iya. kasih jus pepaya aja. kalau dia bisa makan pepaya cacahan (gak dijus), kasih aja cacah aja... :)
      pastikan pepayanya pepaya matang...

      Delete
    5. Dok PUP nya kalau lagi mencret bau banget,tadi dia abis saya kasih jus pepaya,tapi dia harus di paksa,mulut nya susah ngebuka,matanya sayu,dan tidak mau bersuara,saya bingung apa yang harus saya lakukan selain memberi jus pepaya sesuai saran bu dokter? ;(

      Delete
    6. iya. sementara kasih aja pepaya dulu sampe 3 hari. kalau dia gak mau makan sendiri, kasih pake suntikan atau pipet. pelan2 aja kasihnya...

      saya tunggu 3 hari lagi ya mas... :)

      Delete
    7. Kasian banget dok,saya gatega liat nya..udah di kasih pepaya ko tapi masih gini aja apa emang belum bereaksi aja.y,pupnya pepaya juga tau dok,itu ngga apa?

      Delete
  3. Dok saya mau nanya.
    Sebulan yg lalu saya kasih mkn musang saya pisang rutin tiap hari kadang buah lain. Cuma belakangan ini saya ganti menunya pake kepala ayam, itu pun rutin tiap hari
    Permasalahannya knp skrg kalau saya kasih pisang itu ga terlalu lahap makannya ya? Padahal dulu sehari pisang bisa habis 5 . Kalu skrg paling di makan cuma 1
    Tapi kalau saya kasih kepala ayam itu rakus dok . Ada yg bilang kalau menunya tiap hari kepala ayam itu ga bagus jg ya dok? Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dia masih mau makan buah (pisang) meski cuma 1 atau 2, gak apa2. lanjutkan saja pakannya.
      kalau mas mau puasakan juga bisa agar dia mau makan pisang lagi. saran saya sih puasakan agar dia mau makan buah lagi karena pakan terbaik untuk musang tetap buah2an... :)

      Delete
  4. Apa harus di puasakan musang saya?

    ReplyDelete
  5. Yang bner dan...

    Dok musang saya melarikan diri... gmana ya cara nya biar balik lagi..

    Owya..musang saya yang kecil knapa lebih suka makan cicak di banding makanan yang lain..
    Mhon pencerahannya dok...
    Trimakasih.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak susah sebenarnya kalau musang sudah melepaskan diri (escape) mas. kecuali kalau musangnya sudah IMPRINT dengan mas...

      sebaiknya jangan dibiasakan makan cicak liar. kita kan tidak tau si cicak kena bakteri atau kotoran apa, takutnya malah membahayakan musangnya nantinya... :)

      Delete
  6. VERSAILLES ERUL katanya lu baru adopt musang marteen ? pengen bgt tuh musang martenn hahaha

    dok sudah saya puasakan musang saya selama sehari semalam , saya kasih minum aja , kemaren pas saya kasih pisang lagi tetep aja dok abis pisang 1 doang selama 1 hari , apa menurut saya musang saya bosan ya makanannya pisang terus ? sempet saya kasih peppaya juga ga begitu doyan dok , minta pencerahannya dok thx :)
    saya mau puasakan lebih lama lagi saya malah ga tega dok :"(

    ReplyDelete
  7. doyannya di kasih daging , kalau kebanyakan musang makan daging emang ga bagus ya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas. coba aja kasih buah lain atau coba kasih bubur bayi kental....
      pisangnya coba ganti pisang berdaging lunak seperti pisang sunpride dan lainnya....

      pisangnya bisa dikasih scott emulsion.... potong2, taruh di wadah, lalu dikasih scott emulsion 3 sendok makan... :)

      daging hanya boleh sesekali aja mas. yah, seminggu 2 kali kasih daging gak apa2... :)

      Delete
  8. misi dok saya baru dapat anakan musang,umur kayakanya sekitar 1-2 bulan.ini lesu,ngga mau makan,kadang kepalanya di sembunyiin,itu kenapa ya dok? solusinya gimana?pengen serius miara mussang ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kasih makan pake bubur bayi promina. kalau belum bisa makan sendiri, bisa kasih makan pakai pipet/suntikan yang ada selangnya.... :)

      Delete
  9. Fast response..

    assallamua'laikum dok
    dok saya mau tanya, musang saya dari kemarin ga mau makan,dia laper tp ga mau makan, kukasih susu,pisang,pepaya air putih,teh dia ga mau juga...fasesnya normal normal aja dok,dia juga lincah lincah aja suka main...trus baru sore ini aku liat di kepalanya ada semacam jamur dok ukuran sekitar 1 mm..padahal kandang kubersihin sehari sekali,tiap abis dimandiin kujemur dan ku keringkan pake hairdryer (kering sempurna) tp kok masih bisa ada jamur ya ? Apa itu penyebab musang aku mogok makan dok ? Mohon solusinya dok..terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kasih minum air gula. kalau usia musang dibawah 2 bulan, makanan cukup kasih bubur bayi. mengeringkan musang setelah dimandikan sebaiknya jangan pakai hairdryer. bisa menyebabkan kulit kering dan dalam beberapa kasus bisa kmenyebabkan jamur juga. .....

      2 hari sekali coba kasih air kelapa muda campur gula sedikit.... jangan terlalu manis....

      maaf saya tidak bsa fast respond mas karena lagi banyak pasien di klinik dan rs. namun saya usahakan secepat mungkin dalam menjawab.... :)

      sehat selalu buat musangnya....

      Delete
    2. dia ga mau makan apa apa dok,ga mau ada makanan masuk kemulutnya (include air gula) tp aku sedikit paksain makan pisang dan kasih minumnya lewat dot dok..apa itu diperbolehkan ya ? Dan apakah nanti musangku bisa makan lagi tanpa dipaksa menurut pengalaman dokter ?
      Trus air kelapanya itu boleh diganti air kelapa kotak yg dijual dimini market ga dok ?

      gapapa dok,pasien dokter lebih penting kok. udh maksih sekali dokter mau bls pertanyaan aku hhehe
      Salam juga dok dari 'Oreo' ^_^

      Delete
    3. kalau memang seperti itu, mas bisa kasih jus pepaya pakai suntikan yang ada selangnya. biasanya dijual di abang2 depan sd impres. hehehe... tujuannya agar membersihkan sistem pencernaannya..... lakukan sehari sekali. dan taruh juga makanan di kandangnya untuk 'ngetes' apakah dia udah mau makan apa gak.... kasih aja pisang sunpride, biar ada aromanya dan mudah dimakan....

      bisa kok, biasanya ada yang dia rasa. air kalapanya boleh pake air kelapa dalam kemasan... :)

      iya, salam juga buat oreo... :D

      Delete
  10. dok saya baru beli musang rase umur 3bulan, musang saya dikasih makan nasi+ati ayam tapi makan'a sedikit. musang saya gak mau makan buah dok trus musang saya juga gamau poop dok. gmna cara'a biar musang saya nafsu makan dan mau makan buah dok ?
    Thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kasih makan bubur bayi aja mas.
      atau ati ayam mentah. coba aja kasih ke dia. cacah dulu ati ayamnya... :)

      Delete
    2. Tapi dari hari kamis malem pas saya beli musang saya gamau pup dok ? Ini karna makan'a sedikit apa gmna dok ?

      Delete
    3. sekarang udah pup?
      bisa jadi juga begitu. coba mas liat fesesnya ya mas, lalu infokan kepada saya bentuknya seperti apa... :)

      Delete
    4. Udah dok, warna'a hitam ke hijauan tapi tidak cair dok

      Delete
    5. oh gak apa2. itu masih sehat. sekarang udah mau makan?
      kalo rase emang gitu. jangan sampe telat kasih makan, fatal akibatnya. silakan baca artikel cara memelihara musang rase di blog saya ini....

      Delete
    6. Udah kok dok, oiya dok kalo musang saya dikasih bubur bayi campuran'a apa aja ya dok ?

      Delete
    7. cukup bubur bayi aja kasih air. bisa kasih scott emulsion tapi cukup SEDIKIT SEKALI. Satu sendok teh aja.... :)

      Delete
    8. Bubur bayi yg manis itu dok ? Kalo dikasih ati ayam dan pisang setiap hari gapapa kan dok ?

      Delete
    9. iya, bubur bayi promina aja.
      hati ayam aja mas, jangan pisang... :)

      Delete
    10. Bubur bayi yg manis itu dok ? Kalo dikasih ati ayam dan pisang setiap hari gapapa kan dok ?

      Delete
    11. iya, bubur bayi itu.
      ati ayam aja. pisang boleh diberi HANYA seminggu sekali. jangan keseringan... :)

      Delete
    12. Tapi tadi saya kasih bubur bayi cerelac yg merah gamau dok, jadi setiap hari saya kasih makan'a pisang aja dok. Mau saya suapin tapi musang'a susah bngt dipaksa buat buka mulut. Jadi gmna dok ?

      Delete
    13. This comment has been removed by the author.

      Delete
    14. This comment has been removed by the author.

      Delete
    15. sekarang gimana keadaannya?
      seperti yang saya katakan di artikel cara memelihara rase, rase memang cenderung lebih "manja" dan lebih mudah untuk mogok makan dibandingkan jenis musang lain....

      coba terus kasih makan. biasanya, jika lapar dia akan makan dengan sendirinya. semoga musangnya sehat-sehat saja... :)

      Delete
    16. Masih aktif bergerak dok, sekarang saya kasih ati ayam setiap hari dok. Makan'a banyak tapi pup'a sedikit dok. Apa ada gangguan pencernaan'a dok ?

      Delete
    17. kalau dia masih mau makan (dan saya tilik warna fesesnya sih normal, di komen mas di post lain), saya kira dia masih sehat.... coba sesekali kasih jus pepaya tanpa gula. taruh saja di kandangnya.... :)

      sehat terus buat rasenya... :)

      Delete
    18. Okee, terima kasih dok atas masukan'a ..

      Delete
  11. Dok blh tau alamat prakteknya ngga?
    Saya mau bawa musang saya ke dokter hewan , karna kondisi musang saya semakin memburuk :"(

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya mas telepon dulu dokter hewan terdekat.
      saya pernah bikin daftar nomor telepon dan alamat dokter hewan terdekat dengan lokasi rumah mas.... :)

      Delete
  12. Musang saya ga mau makan apapun sudah hampir seminggu dok, tp masih aktif gerak , awalnya dia muntah putih berbusa gitu, terus pup cair, menurut saya musamg saya trkena diatemper, sudah saya rawat dan sudah di kasih obat juga, tp sampe skrg blm mau makan jg dok , padahal menu makannya sudah saya variasi dari menu makan yg biasanya.
    Gmn y dok minta pencerahannya dong :"(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo boleh saya tanya, mas kasih obat apa ke dia? memang dikasih dokter atau gmn?
      kalau memang suspect distemper, saya pernah membahas tentang distemper pada musang di artikel cara mengobati musang yang kena distemper. untuk obat sendiri, sebaiknya jangan diberikan secara semena-mena tanpa resep dokter mas, saya takutnya malah akan membawa dampak buruk... :)

      Delete
    2. saya kasih cefixime 100mg 1/2 kapsul sehari , dan bicombion drops 2 tetes dok , sama vitamin scot emolsion dan madu , settiap hari saya kasih itu tapi belum ada perubahan dok , fesesnya hitam tapi udah gak cair , gmn dok minta pencerahan lebih jelas lagi dong :'(

      Delete
    3. lebih baik di bawa ke dokter hewan aja mas. harap jangan memberikan obat secara semena-mena tanpa resep mas.... :)

      Delete
  13. Saya kasih cefixime 100mg dan nicombion drops dok , saya baca di artikel musang lovers katanya begitu, cuma kok bwlum ada perubahan,
    berdampak buruk gmn dok maksudnya?

    ReplyDelete
  14. Musang saya ko 2 hari in bersin" ya dok,minumnya dah ak kasi dikit" pdhal biar gk kena hidung
    Nafsu makannya jga menurun dok,sblumnya lahap makan pisang,skrang gk mw
    Saya coba kasi makan sun,telur rebus jga gk mw
    Skrang jga cuma mau minum air gula sama kdang kasi madu. .
    Ad solusinya gk dok biar gk bersin" lagi dan nafsu makannya kembali pulih,Tkb Dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ada matahari pagi, coba jemur mas. seminggu 2 kali jemur. pindahkan kandangnya ke dalam ruangan yang lebih hangat. cek juga bentuk fesesnya. silakan baca artikel cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya.... :)

      Delete
  15. Dok mau nanya nih.
    Musang saya tiba2 mogok makan buah, maunya hanya daging ayam dan roti itu pun roti baru. Bagaimana mengatasi nya?? Kalo untuk vitamin saya kasih scott emulsion 1 sdt setiap malamnya.. Tapi udah 3 hari ini dia mogok makan buah. Semua buah sudah saya coba tetapi tetap tdk mau..
    Untuk fesesnya berwarna coklat dan agak cair.. Mohon bantuannya ibu dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, untuk saat ini, coba gak usah dikasih scott emulsion dulu. makan oke kasih daging ayam saja.
      untu pemberian buah, bisa mas akali dengan cara memberikan jus buah campur madu. dibuat agak manis jus buahnya... :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Madu nya harus yg murni atau madurasa juga bisa?? Sekarang sih udh mau makan tapi roti doang trus kdng saya sepetin Bubur Cerelac yg rasa beras merah, salah ga??Klo roti juga ga masalah kan yaa?? Dan pola makan musang tuh gmm sih dok?
      Pagi - Siang - Malam atau
      Pagi - Siang - Sore - Malam atau bagaimana??
      Kalo di sepetin pake suntikan itu kira2 berpengaruh ke psikologi nya ga? Misal, dia jadi galak atau jadi ga mau sama saya selaku owner nya??

      Anus nya juga agak memerah gitu dok..
      Knp ya?? Makasih dan Maaf Banyak Bertanya..

      Delete
    4. saya malah seneng jika ada yang bertanya. :)
      kalau ada madu murni, lebih bagus. minimal madu TJ. madu rasa HANYA jika madu TJ gak ada.... )
      kalau roti sebenernya gak masalah. soal pemberian makan bisa 3 kali sehari untuk musang dewasa, 4 kalo untuk anakan musang. musang hewan nocturnal, jadi makanan waktu malam sebaiknya agak dibanyakin....

      kalau disepet secara hati2 gak masalah. jangan sampai tersedak.

      soal anus memerah, silakan baca artikel cara mengobati ambeien pada musang. mungkin ada hubungannya dengan pemberian roti mas. :)

      Delete
    5. Berarti harus di sepetin jus pepaya yaa.. Biar lancar pup nya..
      Makasih banyak dok..
      Nanti klo ada apa2 lagi saya nanya disni lagi ya? Boleh kan? :p

      Delete
    6. betul mas. atau kalau tidak, taruh aja jus pepayanya di kandang. ditambah madu agar terasa manis.
      saya malah seneng kalau ada yang bertanya. saya tunggu. :)

      Delete
    7. Ohh iya dok nanya lagi nih.. Hehe
      Kalo kasih bubur bayi cerelac tapi yg rasa beras merah boleh tidak? Dan apakah susu penting untuk musang?

      Delete
  16. Dok musang saya mogok makan saya coba paksa kepala nya di geleng-gelengin jadi makanan yg udah di mulut keluar lagi itu kenapa ya dok,tolong dok musang saya sekarang kurus banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kasih jus pepaya kasih madu, lalu taruh di kandangnya. biarkan saja selama beberapa jam (5-6 jam). biasanya musang tertarik untuk memakan yang manis2....

      Delete
    2. oh ya. warna fesesnya gimana mas? coba mas cek artikel cara mengetahui kesehatan burung hantu...

      Delete
    3. *coba mas cek artikel cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya. maaf salah ngetik. :D

      Delete
    4. Kan dia gak mau makan dok jadi sering saya kasih air gula aren jadi feses nya encer,kalo feses nya yg dulu kayak nya agak sedikit pucet deh warna nya

      Delete
    5. Kalo kondisi musang nya masih aktif aja dok masih lari" setiap malam saya ajak main ko

      Delete
    6. sementara ini jangan kasih air gula aren dlu mas. :)
      sebenernya saya agak bingung jawabnya. soalnya mas gak ngasih tau umur musang mas berapa.... agak lengkap lagi mas ngasih infonya... :)

      Delete
    7. Oh iya maaf dok lupa umur nya sekitar -+ 3 bulanan dok

      Delete
    8. oh ya. :D
      sebaiknya hentikan pemberian air gula dulu. kasih bubur bayi promina aja coba mas. disepet aja kalau dia gak mau makan, tapi jangan disepet terus. disepet sekali sehari aja, selebihnya taruh di kandangnya agar dia mau makan sendiri... :)
      sehat terus D

      Delete
    9. Terimakasih doc atas nasihat nya

      Delete
  17. dok mau nanya lagi nih..
    musang saya sudah berhasil saya sepetin tapi ternyata sudah hampir beberapa hari dia tetap tidak mau makan buah juga..
    pertanyaan nya adalah, adakah cara agar si musang mau makan buah dengan sendiri tanpa di sepetin oleh saya..
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masih di spet gak usah dipaksa makan buah dulu. :)
      nanti aja kasih buahnya kalau dia susah bisa makan sendiri, umur di atas 3 bulan...

      mas nanya mengenai merk bubur bayi ya? apa aja boleh. dan susu sebaiknya yang non laktosa. susu mengandung laktosa membuat musang mencret... :)

      Delete
  18. Hallo Dok, saya pnya temen baru nih muspan jawa, baru beli kmaren malam, pas smpe drmh dia aktf..suaranya jga kncang, smpai pgi hrnya jga msh aktf.. pas siang, sy msukin kndang dia tidur2an..smpai ini mlam gtu aj krjaannya.. ga ad lg aktfnya dia kya kmaren malam,kepalanya d smbunyikan, di daerah siku ad kya bekas hair loss gitu, nafsu mkan jga ga ada, sdikit skali td pisang yg dmakan, d elus 2 kaya lemes gitu dia.. mhon solusinya dok..ap yg mesti saya lkukan.. ksian liat dia diam lemes gitu ga mkan2.. trima kasih Dok, dr saya dan Looky.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kasih air gula atau air madu mas. harusnya kemaren pas nyampe rumah langsung masukkin kandang agar dia adaptasi dulu... :)
      tidak apa2. sekarang kasih aja air gula dulu. dan diamkan selama 12 jam ke depan. untuk makan, mas bisa kasih pisang berdaging lunak seperti pisang sunpride dan semacamnya. pisang lampung juga bisa, dipotong kecil2 dan tambah madu.... :)
      salam buat looky,,,,

      Delete
    2. Siap Dokter! sudah dilaksanakan.. hasilnya Looky kmbali aktif banget di malam hari, tp klo siang kerjaannya tidur mulu..kya org sakit ( beda banget pas malam hari), mkanannya klo siang ga pernah disentuh.. klo mlam baru dia icip2 pisangnya..(dikit banget..).. di handsfeed makanan dia ga mau.. tpi kalo minuman dia mau.. gimana yah Dok? apa emg gitu sifatnya ? ap temen saya ini sehat2 aja? ap perlu penambah nafsu makan? maf ya Dokter saya banyak nanya..hehe Trimaksih sebelumnya..Salam balik buat Doter dr Looky..

      Delete
    3. musang kan emang hewan nocturnal (aktif di malam hari), kalo siang mereka kebanyakan hanya tidur. sementara ini biarin aja. yang penting kalau malam dia mau makan. tapi sesekali siang juga kasih aja makanan di wadah makannya, taruh di kandang. bisa kasih potongan pisang kalau siang....
      untuk penambah nafsu makan, silakan mas baca artikel cara menambah nafsu makan musang... :)
      sehat terus looky...

      Delete
    4. Mksh Dok.. berkat msukan dr Dokter skrang Looky udh sehat, aktif siang malam..mkan minumnya juga lancar! hehe

      Dok, ad yg mau sya ceritakan dan tanyakan..
      krna saya kadang pulang kerja larut mlam dan skrg suka bgt musang jd saya nambah muspan jawa lg nih, buat nemenin Looky juga.. alhmdulillah udah mau sekandang sekarang mereka. Umur temen saya yg baru ini kira2 satu bulan lebih muda dri si Looky. Uniknya, dr penglihatan saya yang awam ini, hidungnya agak pesek, bentuk wajahnya juga agk beda dri baby muspan yg saya liat2 di internet. pertanyaanya : bentuk wajahnya dia yg unik (mnurut saya) kya gini apa emg bntuk wajahnnya muspan fase baby ( bs berubah kya normal kya yang lain mengikuti umur)?? atau ini sebuah keunikan? atau pula ini suatu ketidak normal an yah Dok (takutnya dia ga sehat)? mhon penjelasannya yah Dok.. saya lampirkan foto-foto nyavia G+, mhon di cek ya Dokter.. (namanya Hooky > salam Kenal Dok.) . mksh sebelumnya Dok..

      Delete
    5. syukurlah kalau begitu.
      mengenai bentuk wajah, sebenarnya sama saja kayak kita mas. tergantung kepada genetiknya. jadi normal2 aja kok. dan selama nafsu makannya bagus, dia bisa dikatakan sehat. mas bisa baca2 artikel saya mengenai musang di blog ini...

      salam buat duo looky dan hooky... :)

      Delete
    6. This comment has been removed by the author.

      Delete
    7. Gt yah Dok.. tanya satu lg Dok.. pgi td pas bersih2in looky sma hooky, saya nemu tonjolan merah gitu dtangan sbelah kanannya hooky(fotonya via G+).. mhon pncerhannya Dok..itu apaan yah? Gimana mngatasinya... mksh bnyak Dok... salam Wangi dr Looky dan Hooky..

      Delete
    8. hooky keliatan sering menggaruk2 badannya? kalau mas tekan tonjolan merahnya, dia keliatan kesakitan gak?

      sering2 dimandikan aja mas pakai air campur dettol antiseptic (cairannya mirip teh), mandikan minimal seminggu sekali..... :)

      Delete
  19. Dok musang pandan saya umur 2 bulan lebih, udah bisa makan pisang kepok dikit-dikit tapi agak susah ngunyah, aku halusin pisangnya terus aku taruh di wadah kok dia gamau makan tapi kalo handfeed dia mau makan walaupun cuma sedikit, apa dia bosan sama pisang dok? atau saya coba kasih buah yang lain? atau bubur?
    sebelumnya terima kasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya taruh pisang kepok yang di halusin dalam wadah pagi pagi sampe sore pun masih bersisa dok, malam gitu juga sampai pagi masih ada sisa, tapi kalo handfeed dia mau walau cuma 2 kali makan habis itu main lagi

      Delete
    2. hmm, untuk saat ini mas bisa pisang berdaging lunak seperti pisang sunpride atau misang lampung (matang pohon). kasih dengan cara handsfeed TAPI jangan keseringan. kalau sibuk, mas bisa taruh pisangnya di mangkuk makan. pisangnya dipotong kecil2.... :)

      Delete
    3. Iya dok saya memberi makan selalu pake cara handsfeed itupun 1 pisang hanya di makan setengah , setengah lagi saya letakan di wadah makan, oh iya dok musang saya tidak saya letak di kandang tapi saya letak di ruangan yang agak luas kira kira masalah ga dok? biar dia aktif main

      Delete
    4. gak masalah kok. malah bagus kalau dia di freeroom. :)
      untuk makanan, tetap lakukan seperti di atas... :)

      Delete
    5. gak masalah kok. malah bagus kalau dia di freeroom. :)
      untuk makanan, tetap lakukan seperti di atas... :)

      Delete
    6. Oke dok thankyou yaa, tapi dok kalo saya terus handsfeed dan letakan di wadah makanan dia makan hanya sedikit dok, saya takut kurus dan kurang gizi, apa lebih baik sama dispet aja pake suntikan dok? kira kira bpra kali dispet dok untuk sekali makan? maaf dok banyak nanya
      Dapat salam juga dari lucy ni hehe

      Delete
    7. kalau dia masih mau makan (meski sedikit) lebih baik kasih makan dengan cara biasa aja. mas bisa kasih sedikit scott emulsion di makanannya satu sendok teh tiap minggu. jangan kebanyakan.
      salam juga dari errol dan padma untuk lucy... yang punya pasti hobi nonton film ye? :D

      Delete
    8. Dia gamau makan sama sekali dok skrng;( tadi di kasih pepaya pun gak di sentuh terpaksa dispet deh pake bubur sun campur madu, haha iya namanya ikutan film lucy wkwk tau aja dokter :D

      Delete
    9. 1. sementara ini sepet aja dulu pake bubur sun campur madu sedikit. :)
      sehat terus ya mas. salam buat lucy. :)

      Delete
    10. Oke dok, setiap hari saya dispet aja deh hhe tapi tetep saya letakan pepaya atau irisan pisang di wadah makannya hhe, sekali lagi thanks dok, kalo bisa buat live chat dok biar ga nunggu lama jawaban dokter hhe. Iya kirim salam juga buat errol dan padma:D

      Delete
    11. dulu pernah saya bikin livechat, tapi jadi lemot. kasian pengunjung baru... :)

      Delete
    12. Oh okedeh dok hehe terima kasih banyak yaa:)

      Delete
  20. Dok musang rase saya kok sekarang makan'a agak menurun yaa, saya kasih pisang dimakan'a sedikit, saya kasih ati ayam juga sedikit. Jadi gmna nih dok cara biar musang saya nafsu makan'a normal lagi ?
    Thanks ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama dia masih mau makan, saya kira masih normal.
      jangan dipaksa makan (forced-feeding). kalau dia sedikit makan, mas bisa lebih sering kasih makan... :)

      Delete
    2. Yaudah dok saya coba. oiya musang saya kalo malem suka gabisa diem dok kalo dikandang trus kalo saya kelitikin badan'a suka ngegigit sambil tiduran gitu dok. Itu bercanda atau apa yaa dok ?

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. halo mas opang.
      1. itu becanda. lagian mas iseng sih ngelitikin dia, hehehe. tapi saya malah seneng ngelitikin hewan loh. si errol juga waktu masih kecil suka saya acak2 bulunya, abis itu dia gerung2 ke saya kayak marah2... :D

      Delete
    5. Hallo dok ..
      Ohh gitu hehe. Oiya dok musang saya kok kalo saya gendong suka anteng, tapi kalo ada orng lain yg dateng suka berontak kaya ketakutan sampe" tadi malem jatoh pas saya gendong. Itu knapa ya dok ? Saya takut ada luka dalem grgr jatoh itu..

      Delete
    6. mungkin emang karakternya begitu. bisa juga karena dia sudah one-man dengan mas. silakan baca artikel one-man pada musang... :)

      Delete
    7. Bisa jadi sih dok. Tadi pagi juga kalo saya di depan kandang'a kaya tenang gitu di dalem kandang tapi pas saya pergi berisik dok jadi gabisa diem ..

      Delete
    8. iya. kalau saya liat sih emang sacara aura mas dan dia sudah terhubung. malah bagus kalau begitu, kalian bisa jadi sahabat terus.... :)

      Delete
    9. Bisa jadi sih dok. Tadi pagi juga kalo saya di depan kandang'a kaya tenang gitu di dalem kandang tapi pas saya pergi berisik dok jadi gabisa diem ..

      Delete
    10. Tapi kalo saya gendong suka berontak gitu dok kaya ketakutan?

      Delete
    11. coba sering diajak main. makin sering mas ajak main dia, makin bagus. biar kalian makin terikat secara emosional.
      pasti bisa. jangan ragu2 ngangkat dia, jangan takut. kalau mas takut, dia pasti tahu mas takut, jadinya dia nanti ngelawan. kalau mas terlalu berani juga sama, dia akan mengetes seberapa berani mas. jadi biasa2 aja. anggap aja diri mas musang waktu akan mengangkat dia. jadi dia gak ngerasa terancam. dulu saya begitu, bahkan dulu saya meditasi dulu beberapa mening sebelum mengangkat musang saya yang galaknya ampun2an... :D

      sehat selalu dan semoga berhasil..

      Delete
    12. This comment has been removed by the author.

      Delete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. Selamat siang dokter. Saya baru adop musang 4hari lalu umur kurang lebih 7bln an . yang mau saya tanyakan . setiap malam kalau saya kasih makan selalu nggak di makan sampai siang . sore saya ganti menu selalu dimakan. Padahal menu sore dan malam selalu berbeda. Menu yg saya kasih pisang , bubur sun dan kepala ayam. Mohon bantuannya . terima ksih dokter

    ReplyDelete
  23. Selamat siang dokter. Saya baru adop musang 4hari lalu umur kurang lebih 7bln an . yang mau saya tanyakan . setiap malam kalau saya kasih makan selalu nggak di makan sampai siang . sore saya ganti menu selalu dimakan. Padahal menu sore dan malam selalu berbeda. Menu yg saya kasih pisang , bubur sun dan kepala ayam. Mohon bantuannya . terima ksih dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas tanya ke pemilik sebelumnya, biasa dikasih makan apa. :)
      saran lain, coba mas kasih pisang berdaging lunak seperti pisang sunpride. biasanya musang lebih suka... :)

      Delete
  24. dok musang saya umur 2 buln ga mau makan malah mau nya becanda, kenapa yah dok? aoa harus ganti makanannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi harus diganti... emang selama ini dikasih makan apa mas?
      coba mas kasih makan pisang berdaging lunak seperti pisang sunprida yang dipotong kecil2....

      Delete
  25. dook...musang sy matanya sakit...sebaiknya dikasih obat apa yaaa....????

    ReplyDelete
    Replies
    1. diperjelas lagi apa gejala sakitnya.
      silakan baca artikel cara mengobati musang katarak....

      Delete
  26. DRH,FIRA . saya mau tanya kenapa musang saya lemes sekali. dah gitu gak nafsu makan.tolong di jawab. trimakash

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas bisa baca artikel cara mengobati mogok makan pada musang di atas....

      mas gak menjelaskan lebih lanjut mengenai keadaan musang mas: biasa dikasih makan apa, lalu bentuk fesesnya seperti apa, umur musangnya berapa, dll.... jadi saya hanya menyarankan baca artikel di atas saja... :)

      Delete
  27. saya biasa kash makan pisang tapi skarang ini agak kurang nafsumakan gitu ,umur musangnya kisaran 2 bulan, bulu badannya pada bediri dah gitu lemas.saya harus berbuat apa bu DRH.FIRA

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba disepet aja pakai suntikan kecil yang ada selangnya. beli aja di abang2 mainan yang suka jualan di sd impres. kasih makannya pelan-pelan... :)

      Delete
  28. selamat malam dokter,saya mau tanya.skitar 3minggu kmrn saya adopt musang pandan betina.umur kurleb 6bln up.masalahya dia klo makan sdikit skali.kok gak sprti 2musang pandan saya yg lain(usia hmpir sama).udh saya coba pisang,pepaya,kpala ayam,catfood jg.yg mau cuma hati ayam,itupun hanya sdikit yg dimakan.herannya kalau minum bnyak skali dan sering.kira2 knpa dokter?apa normal?soalnya fisik jg sehat.aktif gak lemes sma skali.terima kasih sblumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas tanya ke ownernya yang lama biasa musangnya dikasih makan apa. mungkin karena belum terbiasa....

      Delete
    2. dari owner sblumnya dikasih catfood.cuman stlah dirmh saya kasih catfood sprti di owner sblumnya g dimakan.saya coba puasakan takut kalo kelaparan..

      Delete
    3. kalo umur 6 bulan taruh saja pisang sunpide yang sudah dipotong2 di kandang. taruh aja. nanti biasanya dia akan makan sendiri.... :)

      Delete
    4. baiklah dokter,terima kasih.saya coba kasih pisang.kalo vitamin penambah nafsu makan sebaiknya dikasih vitamin apa?saya kasih scoot emulsion jg g mau diminum.

      Delete
    5. kasih scott emulsionnya dicampur ke pepaya atau pisangnya. :)

      Delete
  29. Dok musang saya umur 2 bulan dari kemarin sore mogok makan, cuma mau minum air kelapa/air+sari kurma dok. Fesesnya cair karna dia cuma minum dok. Biasa kan saya kasih makan pisang, selain pisang yang boleh untuk musang umur 2bln an apa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih jus pepaya tanpa gula aja. kalau dia tidak mau minum jus pepaya sendiri, bisa pakai pipet atau suntikan kecil yang ada selangnya. beli aja suntikan mainan di depan sd impres, biasanya suka ada, hehehe....

      kalau musangnya sehat (tidak katarak, tidak luka) bisa juga kasih bubur bayi. saya lebih prefered ke promina... :)

      Delete
    2. Dok klo susu yang bagus buat musang apa ya? Udah sempet aku kasi SGM soya sama SGM LLM non laktosa kok dia ga doyan ya. Soalnya dia makannya dikit dok jadi aku takut kekurusan.

      Delete
    3. kalau pake susu sgm llm gak suka, bisa kasih madu. jangan madurasa, kasih air madu aja. madu TJ. sgm llm juga bisa tetap dilanjutkan. dilatih aja... :)

      Delete
    4. Kalau di kasih madurasa emangnya knp dok

      Delete
    5. madurasa banyakan gulanya dibandingkan madunya... :D

      Delete
  30. Dok saya mau tanya musang saya umur 2bulan up 2 hari yg lalu musang qu tiba2 gigit badannya dket ekor smpai berdarah dan setelah itu nafsu makannya turun drastis,yg saya mau tanyakan :

    1.cara menangani lukanya gmna?
    2.mengembalikan nafsu makan pisangnya gmna?
    3.apa bner musang beranjak remaja selalu gtu?

    Kasian musang qu dok makannya dkit bnget ga sperti sebelum kejadi gigit badannya sendiri

    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya akan coba jawab
      1. sering2 dibersihkan lukanya dan kandangnya. sehari sekali boleh oles pake betadine pake kapas. jangan dimandikan dulu, dan usahakan jangan dikasih asupa protein dulu.
      2. coba pilih pisang beraroma harum kayak pisang sunpride dll.
      3. tidak. tidak kayak gitu mas. tebakan saya, ada sesuatu yang membuat dia kayak gitu. entah stress atau apa itu. mas bisa cek artikel cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya...

      Delete
    2. Untuk fesesnya normal dok, berarti pemberian scott bthrnti dlu ya dok
      Biasanya saya kasih pisang kepok mau dok tpi 2 hari in tdak mau dokkk

      Ya udah saya coba dlu belikab pisang sunpride dok

      Delete
    3. baik. saya tunggu kabarnya... :)

      Delete
    4. Sudah makan banyak dok

      Owh iya dok musang qu pngen tak gendutin sedikit gmna caranya ya dok?
      Mau tanya juga kalo dkasih susu sgm llm dtmbahkan gula ato madu yg baik?
      Kadang kalo cman susu aja ga mau minum dia dokk

      Delete
    5. silakan baca artikel saya cara menggemukkan musang. hati2 juga, musang obesitas bisa membuat musang rawan mati. :)
      kalau dikasih sgm llm, gak usah dikasih gula atau madu lagi. kalau gak mau minum, kasih madu aja sedikit gak apa2.. :)

      Delete
    6. Dok mau tanya lagi misal saya buatin susu dan taruh di kandang musang saya, itu susunya tahan brapa jam?

      Delete
    7. susu tahan antara 3 sampai 4 jam... :)

      Delete
    8. Dok mau nanya mata musang saya kok yang satu nutup stengah ya dok?

      Apa karena sakit mata dok?

      Delete
    9. banyak kotoran matanya nggak mas? coba liat matanya, keliatan agak keruh/putih?
      kalau iya, silakan baca artikel saya cara mengobati katarak pada musang... :)

      Delete
  31. Dok mau nanya
    musang saya mau makan, cuma pas lagi ngunyah itu giginya kemungkinan sakit, jd dia ga kuat kunyah makanan itu, jd makan dkit bgt, kemungkinan ada masalah sama rahangnya atau gmn ya dok? Sbelumnya defense pas di ajak gath di tempat ramai, trs strike sampe mulut musangnya penuh darah
    Kalau di rumah biasanya ga pernah strike dok , aman2 aja kalau di handle . Mungkin blm biasa di tmpt ramai
    musang saya umur 10bln up dok , gigi di pangkur dari owner sblumnya , saya adopt dari umur 3blnan
    mohon pencerahannya dok , kasian si mawar :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi memang dia ngerasa sakit. coba kasih buah pepaya matang selama seminggu. potong2 kecil aja. setelah seminggu lapor lagi kemari ya mas... :)

      Delete
    2. Sudah saya kasih potongan pisang kecil2, makannya dikit bgt dok
      Klo untuk penyembuhannya di kasih apa ya dok

      Delete
    3. udah berapa lama mas kasih buah?
      mas bisa kasih paracetamol. beli aja di apotik. satu tablet ditumbuk, lalu campur dengan segelas air mineral... taruh aja di kandangnya... :)

      Delete
  32. Baru 2 hari dok, paracetamol yg dosis brp ya dok?
    Kalau obatnyadi campur ke makanannya gpp kan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. satu tablet (satu butir) ditumbuk, dicampur dengan segelas air...

      Delete
    2. Ok2 dok makasih infonya :)

      Delete
  33. Dok musang saya ko gamau/jarang makan buah2an , kalo dikasih pala ayam lahap bgd mkan nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya cara agar musang mau makan apa saja...

      Delete
  34. Dok ane baru adop muspan -+3 bulan , ko dia belom mau makan ya dok maunya nyusu mulu , gimana caranya dok biar dia nafsu makan yaa dok , kata owner sebelumnya dia makannya pisang sama palyam tapi pas ane kasih ga mau makan juga dok maunya susu terus apa musang saya sakit dok ? Atau ada kendala lainnya ? Mohon bantuannya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mas baca artikel cara agar musang mau makan apa saja...

      Delete
  35. Saya mau tanya,,,kalau musang gk d kasih makan 1 hari,,efek nya jadi gmana dok??tapi dia lebih suka minum dari pada makan,,
    Umur nya 3 bulann

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau umur 3 bulan sebenernya masih sangat membutuhkan makanan mas.
      jadi usahakan, tetap kasih makan. kalau mau ditinggal, taruh aja buah yang dipotong kecil2 (pepaya matang) di kandangnya...

      Delete
  36. bu dokter, saya baru adop musang skitar usia 8bln,dia hanya mau makan kepala ayam dan ceker ayam saja dok. Bagaimana cara mengatasi musang yang hanya mau makan kepala dan ceker ayam saja? agar dia mau makan buah, seperti pisang dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya cara agar musang mau makan apa saja :)

      Delete
  37. Ass.. dok musang saya umurnya kurleb 2 bulan.. kemarin2x sih makannya lahap dok.. tetapi belakangan ini gk mau makan maunya minum terus dok, saya coba pake vitamin curcuma plus biar nafsu makan dok, tapi yg saya bingung curcuma plus nya itu langsung dikasih ke mulutnya atau di campur ama pisangya. kotorannya juga cair.. itu kenapa ya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya dikasih makan dengan cara gimana? makanannya ditaruh langsung di kandangnya atau dipipet? kalau memang biasa makan sendiri dengan cara makanan langsung ditaruh di kandangnya, kalau dia emang gak mau makan, coba dipipet sekali sehari, selebihnya cukup ditaruh di kandangnya... :)

      hati2 ngasih curcuma plus buat bayi musang umur 2 bulan mas. salah dosis, malah bisa bikin mencret. dosis curcuma plus atau scott emulsion untuk musang pernah saya buat artikelnya... :)

      Delete
    2. makanannya tidak saya pipet kadang handfeed kadang saya taruh di tempat makannya. kata pemiliknya yang dulu sih udah bisa makan sendiri. cuma jarang dimakan dok, klo kasih curcuma plus itu berapa kali sehari ? ama dosisnya brapa dok ?.. Terima Kasih

      Delete
    3. dosis scott emulsion ada artkelnya di blog ini. cari di bagian cari artikel.
      coba mas baca juga artikel cara agar musang mau makan apa saja. :)

      semoga bisa jadi referensi.. :)

      Delete
  38. Bu saya barusan adopsi muspan umur 2bln saya kasih pisang gak mau terus saya kasih minum minumnya banyak banget paginya saya lihat di kandangnya kencingnya banyak banget terus kotorannya ada yang encer ada yang enggak apakah itu bahaya???. Kalo boleh sekalian minta pin bb biar gampang hubunginya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tidak menyediakan jalur komunikasi lain selain di blog. :)
      kalau dia mencret dan banyak pipis karena banyak minum, kayaknya normal. coba mas tanya ke pemilik sebelumnya sebelumnya kasih makan apa. untuk makanannya, mas bisa kasih bubur bayi promina. kalau belum bisa makan sendiri, mas bisa pipet

      Delete
    2. Kata pemiliknya pisang bu tapi kok di kasih pisang enggak mau di makan ya?

      Delete
    3. Apakah mungkin pengaruh stress dlaam perjalanan dan nafsu makan?

      Delete
    4. pisangnya pisang apa? kadang beda jenis pisang, dia juga gak mau makan. coba tanya ke yang punya dulu jenis pisangnya apa. lalu pastikan pisangnya bebas bahan kimia (bukan pisang karbitan). cara membedakan pisang hasil karbitan pernah saya bikin artikelna... silakan dicari di bagian cari artikel...

      kayaknya bukan karena stress dalam perjalanan. mas bisa coba kasih air madu agar daya tahan tubuhnya bagus...

      Delete
    5. Anusnya agak memerah juga dok terus sampe sekarang gak mau makan gak mau minum

      Delete
    6. Terus fasesnya item apa pengaruh dengan palyam yang saya berikan tadi malam??

      Delete
    7. Kotorannya hitam apakah pengaruh dengan palyam yang saya berikan tadi malam terus poopnya agak encer tapi bukan kaya air gitu

      Delete
  39. selamat sore mba dokter
    saya punya musang sekitar umur 3bulanan
    kmarem galak bangt trus ta kasih kpala ayam langsung jinak banget dok
    tpi pas pagi hari musang ga mau diem... nyerang buat nggigit sich engga cmn di kandang muter terus... dan ga mau makan sama sekali.
    harus di gemanain ya dok
    trus jenis musangnya baunya pandan tpi warnanya agak hitam hampir mirip musang bulan
    tpi bulunya lembuut banget kya bulu kucing.....
    musang jenis apa ya dok musangku

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas.
      udah berapa lama pelihara si musang? atau baru?
      coba aja observasi dulu selama beberapa hari. saran saya, kasih buah aja dulu. pepaya atau pisang potong2 kecil. apakah perilakunya tetap sama atau tidak. cek juga kesehatan musangnya lihat dari fesesnya. cek artikel saya cara mengetahui kesehatan musang daro fesesnya...

      musang bulan biasanya memiliki bulu putih di sekitar pipinya. musang pandan tidak memiliki bagian bulu kayak gini.... atau mas bisa kasih saya fotonya.... share aja di imagepost atau di facebook, mas share public....

      kalau mas pelihara musangnya udah lama dan selama ini baik2 aja (masnya sehat2 aja), kayaknya gak masalah deh. kalau suara menangisnya, kadang emang ada yang kayak gitu... :)

      Delete
  40. satu lagi dok musangku ko klo tidur ngluarin suara mirip anak kecil menangis, mrintih....
    tu sehat ga dok musangku n suara menangis itu lzim ga sich misang ngluarin suara bgitu....
    dan bahaya buat yg mliara ga so klo tidur suka ikut tidur di slimutaku dok

    ReplyDelete
  41. ok mksih banyak dok

    atas penjelasanya....
    nti saya coba kirim fto musangku

    ReplyDelete
  42. ok mksih banyak dok

    atas penjelasanya....
    nti saya coba kirim fto musangku

    ReplyDelete
  43. Siang dok, saya mau tanya..
    beberapa hari lalu kan saya beli musang pandan usianya 3 bulanan..
    saya beli dari mas BOB cibitung rekomendasi dari penjual terpercaya di blog yang dokter buat.
    musangnya jinak sudah mau naik pundak dan ngegigit lucu ciri2 musang jinak..
    kendalanya disini,
    sudah saya beri makan bervariasi dari pisang, pepaya, jus pepaya plus madu, nasi kecap , kepala ayam, bubur sun, tapi tidak ada yg mau dimakan sama sekali, pernah juga saya berikan berjejer makanan tersebut bermaksud agar saya bisa tau apa yg disukainya, tapi hasilnya tetap sama tetap gk mau di makan juga...
    musang saya hanya mau minum air gula dan susu sesekali saya beri (frisianflag) dia lahap minumnya,
    kemudian saya cari2 info di blog2 dan dapat info dari teman sesama muslov katanya dia suka beri makan musangnya nasi+telur rebus, alhasil saya coba terapkan tapi tidak pakai nasi,, musang saya baru mau makan telur rebus (putihnya saja yg dimakan) tapi itu pun tidak lahap hanya sedikit yg dimakannya..
    sudah saya cek seperti kotorannya bagus tidak cair, anusnya juga tidak berciri2 penyakit sprti yg dokter sebutkan di blog.
    saya mandikan setiap hari musang saya dengan tisu basah lalu saya keringkan (mengikuti saran dari owner sebelumnya)
    setiap pagi dan sore selalu saya ajak main keluar mengenalkan dengan lingkungan dan orang2 disekitar saya, dia tidak berontak tapi selalu ingin turun dan pasti berjalan kesemaksemak ..
    yang mau saya tanyakan :
    1. Apa yang harus saya lakukan agar si musang mau makan buah?
    2. Makanan apa yg harus saya berikan jika si musang tidak mau buah?
    3. Bolehkan setiap hari saya berikan telur rebusnya saja (putihnya saja)?
    4. Bolehkah saya berikan susu setiap harinya?
    5. Bolehkah saya berikan daging2 mentah seperti ikan lele dsb?

    oh iya dok musang saya sudah bisa makan sendiri terbukti dengan telur rebus yg saya berikan dia makan dengan sendirinya,, saya suapin juga dia tidak menolak...
    kondisi sekarang sangatsangat kurus karna sebelum saya kasih telur rebus dia tidak pernah mau makan, sekitar 4 hari tidak ada asupan makanan keperutnya selain air gula karna hanya itu yang dia mau...

    sebelumnya mohon maaf jika terlalu banyak pertanyaan saya, saya hanya pemula yang bingung harus melakukan apa terhadap musang kesayangan saya..

    Terimakasih banyak bu dokter, mohon pencerahannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya saya makasih banyak atas penjelasannya. :)
      tebakan saya, si musang termasuk mono-feed, artinya musang yang hanya bisa (atau terbiasa) memakan satu jenis makanan aja. selengkapnya silakan mas baca artikel Pengertian Musang Monofeed dan Polifeed. Cara agar musang tidak mono-feed dan menjadi musang polifeed bisa mas baca di artikel saya cara agar musang mau makan apa saja. ini menjadi jawaban dari pertanyaan nomor 1 dan 2.
      pertanyaan nomor 3, bolehkan setiap hari saya berikan telur rebusnya saja (putihnya saja)? sebenernya gak masalah namun jelas gizinya gak seimbang nantinya. coba aja ajarin makan makanan lain dulu, mumpung dia masih bisa dilatih. atau gini aja. mas campurkan telur rebus (putihnya aja) sama nasi. telur rebusnya dihaluskan, dan diaduk ama nasi. :)
      Pertanyaan nomor 4, bolehkah saya berikan susu setiap harinya? boleh aja. namun pastikan susunya non laktosa. jangan susu kental manis karena bisa menyebabkan musang mencret karena mengandung laktosa. contoh merk susu non laktosa: SGM LLM non laktosa.
      Pertanyaan nomor 5, bolehkah saya berikan daging2 mentah seperti ikan lele dsb? boleh aja meski sebaiknya tidak terlalu sering. makanan terbaik untuk musang jelas buah2an. :)

      nama musangnya siapa mas? semoga jawaban2 saya bisa membantu mas. :)
      saya tunggu kabarnya...

      Delete
    2. Terimakasih dok atas responnya..

      Saya senang sekali membaca artikel yang bu dokter buat, dari sebelum membeli musang saya selalu menjadikan tulisan bu dokter sebagai acuan agar saya tidak salah langkah.
      saya hanya berfikiran bahwa dari artikel Drh.Fira ini saya bisa mendapat penjelasan yang benar dan akurat. dari latar belakang ibu sebagai dokter hewan meyakinkan saya bahwa saya hanyalah bisa percaya kepada ahlinya yang benar-benar tau cara penanganan si musang saya hehehehe

      semalam si RAWAN (nama musang saya) saya berikan nasi di campur putih telur rebus senang hati rasanya melihat baby pet saya ini makan makanan yg saya berikan. walaupun hanya sedikit yg dimakannya.

      semalam saya juga mendapati ada cacahan buah pepaya dibawah kandangnya buah yang saya berikan waktu pagi harinya saya rasa sudah mulai di makannya.
      ah mungkin musang saya pemalu hehehe
      waktu saya gendong saya dipipisin dok 2x dibagian lengan, lalu dia pup dan pupnya itu pepaya murni.
      *jika saya lupa mencuci tangan atau mengganti pakaian saya yg sehabis di pipisin atau bekas dilalui kaki-kakinya apakah ada efeksampingnya buat saya dok?
      **apakah wajar jika musang pup yg isinya pepaya murni tanpa kotorannya samasekali? (betul dugaan saya pepaya yg saya tinggal kerja pagi hari di kandangnya akhirnya dimakan juga :D)

      mengetahui hal itu saya tarik kesimpulan bahwa memang si RAWAN sudah mau memakan buah, saya coba cari2 toko buah untuk membeli pisang sunpride kemudian seperti biasa saya potong kecil2 lalu saya berikan kepada si RAWAN, dan walhasil si RAWAN lahap makannya, lewat handsfeet oke makan sendiri oke :)
      *Apa memang ciri2 musang itu suka pilih2 buah ya dok? karna sebelumnya saya kasih pisang yang saya beli di tukang buah pinggir jalan tidak mau dimakannya.
      tetapi pagi tadi saya kasih dia pisang sunpride langsung lahap makannya.

      oh iya 1 lagi dok, boleh saya minta referensi pemberian makanan untuk musang yang baik setiap harinya seperti apa? misal senin pagi-malam apa? selasa apa hingga minggu gitu dok hehehe buat jadi acuan saya.. saya pingin sekali musang saya jadi gemuk kaya musang2 temen2 yg lain hehehe..
      kemudian jadwal mandi berapa kali seminggu waktu pagi atau siang yang baiknya ..juga jadwal pembersihan kandangnya dok. hehehe

      *apakah boleh setiap hari memandikan musang usia 3bulanan dengan tisue basah?
      saya biasa melakukannya 2x sehari pagi dan malam dok.
      *apakah musang usia 3bulanan sudah boleh dimandikan dengan air dan sabun bayi? seperti memandikan bayi gitu dok :)

      oke sementara itu dulu dok, mohon maaf ya dok jika terlalu banyak pertanyaan saya,, hehehehe

      Terimakasih banyak bu dokter :)

      Delete
    3. oh saya ikut senang jika ada yang terbantu dengan blog saya ini. :)
      hmm, lebih baik ganti pakaian dan bersih2 badan sehabis bermain dengan musang, mas. setidaknya, cuci tangan pakai sabun setelah bermain. kalau ada, setelah cuci tangan pakai sabun, keringkan tangan mas lalu pakai hand sanitazer juga.
      apakah wajar jika musang pup yg isinya pepaya murni tanpa kotorannya samasekali? wajar. malah bagus. artinya pencernaannya gak bermasalah. saya malah lebih seneng memberikan buah2an sebagai makanan utama musang, diseling kepala ayam sebagai makanan tambahan.

      Apa memang ciri2 musang itu suka pilih2 buah ya dok? karna sebelumnya saya kasih pisang yang saya beli di tukang buah pinggir jalan tidak mau dimakannya.
      musang bisa mendeteksi adanya bahan kimia dalam buah. pisang hasil karbitan biasanya gak mau dia makan karena musang pasti tau pisang yang emang matang beneran sama yang tidak. kalau boleh tau, mas kasih makan pisang apa? coba kasih pisang lampung. pisang lampung aromanya lebih kuat dibanding yang lain. silakan baca artikel cara membedakan pisang karbitan dengan yang tidak.

      saya minta referensi pemberian makanan untuk musang yang baik setiap harinya seperti apa? misal senin pagi-malam apa?
      udah saya tulis, nunggu giliran publish. tunggu aja mas.. :)
      musang yang gemuk juga hati2 loh mas. silakan baca artikel saya kenapa musang obesitas rentan mati dan artikel cara agar musang obesitas tetap sehat.

      apakah boleh setiap hari memandikan musang usia 3bulanan dengan tisue basah? boleh. gunakan tisu basah non alkohol ya mas. :)
      sebaiknya jangan memandikan musang umur dibawah 5 bulan dengan cara mengguyurnya langsung dengan air dan digosok sampo. sementara dilap pakai tisu basah aja dulu.

      Salam ya buat rawan dari errol yang lagi siap2 terbang cari tikus... :)

      Delete
  44. dok,knp muspan sya kok gk mu mkn yaa..mau'a minum susu trus dok.klo di ksh sgla jenis buah apa sja,kpla ayam,trus nasi,pkok'a yg sran doktr sdh sya praktekan,tp tetap sja muspan sya tdk mu mkn.muspan sya kurg lbh bru usia 2 bln'a dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia udah bisa makan sendiri? kalau belum bisa, ya coba dipipet aja. kasih makan pakai suntikan yang ada selang kecilnya, biasanya dijual di abang2 mainan di depan sd, hihihi. pelan2 kasih makannya, pakai bubur bayi promina... pelan2 ya kasih makannya, jangan sampai dia tersedak...

      Delete
    2. bgni dok..sy kn pmula dok,wkt beli muspan sdh 2 an usia'a..& sdh hmpr 2 mggu sya rwat.skrg muspan sya sdh tdk mnggit lg alias bru jinak,tp msh kagetan klo lpas dr kndang.ap muspan sya kebiasaan di beri susu x ya dok,jd tdk mu mkn.klo sya beri mkn mllui pipet yg ada bklan berontk dok,sdg kn sya bru PDKT nie,,hehe..tkut muspan'a liar lg dok,gimn dok,mhon sran'a..txs dok

      Delete
    3. berontak mah wajar. gini aja. mas pdkt terus, lalu bisa coba dipipet kalau dia sudah mulai dekat ama mas...
      untuk supplemen, saya menyarankan memberikan sari kurma dikasih air agar nafsu makannya naik... itu aja dlu...

      Delete
  45. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. txs ya dok saran'a..Tp dimn sya hrs beli sari kurma'a dok,di indomrt/alfarmrt ada gk ya dok?..mklum dok,msh pmula..sari krma itu sprti apa dok,

      Delete
    2. banyak dijual di toko2 obat atau apotik.
      di indomart atau alfamart kayaknya ada deh. tanya aja. :)

      Delete
    3. dok,sran doktr sdh sya praktekn.sya cmpur sari kurma dgn susu,tp knp jg mkn'a blm rakus,sprti mnusia yg cm mencicipi kdng mkn jg cm 2-3 suap klo lg mkn,sprti biasa'a.knp ya dok,kok blm ada prubhan jg,txs ya dok ats saran'a.

      Delete
    4. coba aja terus mas. emang butuh waktu, gak bisa pas dikasih sari kurma dia langsung makan banyak. gak gitu mas. :D

      yang penting dia sehat dulu. kalau masalah nafsu makan, bisa diakalin kok... :)

      Delete
  46. Dok saya mau tanya, penanganan untuk binturong yg nggk mau makan sama sekali + fesesnya cair gmn ya dok udah 2 hari dia tdk mau masuk makanan apa2, maunya minum air putih aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya dikasih makan apa? maksudnya sehari2nya dikasih makan apa?
      coba kasih makan buah, mas. kasih buah aja. gak beres itu sistem pencernaannya. kasih pepaya matang aja mas... :)

      Delete
  47. Dok biul pnya sya gk mw makan sma sekli and feses na jga cair trus murung..gmna tuh dok cara penanganan nya...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama ini dikasih makan apa?
      coba kasih buah mas. pepaya atau pisang aja. untuk memperbaiki sistem pencernaannya....

      Delete
  48. Saya ksih pisang dok tpi gk abis cuma dkit doank...skrang mlah lemes kya gk ad gairah gtu

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba air minumnya kasih air sari madu. coba aja itu dulu. untuk makanan, bisa kasih pepaya. sesekali bisa kasih ati ayam rebus....

      Delete
  49. Kalo di ksih penambah nafsu makan ap gpp dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh namun dengan dosis tertentu. silakan baca artikel dosis scott emulsion untuk musang...

      Delete
  50. Dok, musang betina umur sekitar 2 bln yang baru saya beli, sampai saat ini masih belum mau makan, musang tersebut saya beli dari daerah kuaro, kab paser kal-tim dan dikirim pakai bus ke daerah saya di banjarbaru kal-sel lama perjalanan sekitar 10 jam. menurut info penjual (akun facebook RAMLI Borneo) makanannya pisang dan bubur sun (dan masih minum susu, pemberian makanan dengan cara disuapi. saya juga memyuapi makanan yg sama dan susu SGM LLM tetapi tetap tidak mau makan sampai sekarang (musang datang sekitar pukul 05.30 WITA). hal ini sangat kontras jika dibandingan dengan musang jantan saya yang berumur sekitar 1 bln yang ketika datang sudah langsung mau makan dengan lahap (disuapi), beli dari penjual yang sama dan beda satu hari lebih dulu pembeliannya. mohon sarannya dok karena saya masih pemula :-). terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaannya? saya tebak sih musangnya masih stress karena perjalanan jauh..
      coba mas kasih air sari kurma (sari kurma diberi air). taruh aja di kandangnya. kalau gak ada sari kurma, bisa ganti pakai madu murni campur air. lalu taruh dia di ruangan sepi (minim suara). biarkan dia adaptasi dulu.

      taruh juga potongan pisang di kandangnya. gak usah disuapi, taruh aja di mangkuk. kemudian tinggalkan musangnya... :)

      Delete
    2. sekarang lumayan dok setelah sorenya saya beri air kelapa muda, fesesnya sudah nggak mencret lagi dan badannya sudah nggak lemes, cuma warna fesesnya kombinasi kuning dan coklat. sekarang sudah bisa makan bubur SUN pisang, tapi tidak suka minum susu dan buah pisang segar, jadi saya suapi secara paksa dan akhirnya tetap dimakan. sepertinya musang betina ini agak pilih-pilih kalau makan dan minum, beda banget sama yang jantan apa aja rakus. musang betina saya juga punya kebiasaan menjilati bekas feses disekitar anus musang jantan, soalnya saya jadikan satu kandang

      Delete
    3. syukurlah kalau udah mendingan. mending sementara ini pisahkan aja kali mas.

      dari fesesnya sih dah mulai ada perbaikan. mas bisa tambahkan sari kurma di minumannya... agar memperbaiki daya tahan tubuh dan melapisi sistem pencernaan... :)

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.