Mengobati Kura-kura Mogok Makan | Drh. Fira Sovica

Semua jenis kura-kura bisa mengalami mogok makan, baik itu kura-kura darat seperti pardalis dan sulcata, kura-kura semi akuatik seperti kura-kura brazil, dan kura-kura full akuatik seperti labi-labi, common snapping, dan alligator snapping.

Mengobati kura-kura yang mogok makan

merupakan keharusan yang mesti dilakukan setiap pemilik kura-kura agar kura-kuranya selalu sehat.
Kura-kura Mogok Makan

Image taken from en.wikipedia.org

Ada beberapa sebab kenapa kura-kura mogok makan. Sebab dan cara mengobati kura-kura mogok makan bisa diketahui sebagai berikut:
  • Kura-kura sedang pilek atau sedang sakit.
  • Penyebab mogok makan pada kura-kura yang pertama adalah kura-kura tersebut sedang pilek atau sedang sakit. Anda bisa membaca mengenai cara mengobati kura-kura yang pilek di artikel cara mengobati pilek pada kura-kura.
  • Kura-kura sedang masa adaptasi.
  • Adakalanya, kura-kura yang baru tiba di rumah (baru dibeli) akan mengalami susah makan atau mogok makan. Hal ini wajar karena setiap hewan membutuhkan waktu sekitar 2 hingga tiga hari untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan atau kandang barunya. Kura-kura yang baru dibeli biasanya mogok makan atau tidak mau makan karena sedang mengalami adaptasi. Diamkan kura-kura tersebut di dalam kandangnya selama 2 atau 3 hari, baru kemudian diberi makan. Jika setelah 2 atau 3 hari kura-kura tidak juga mau makan, maka kemungkinan ada faktor lain yang menyebabkan kura-kura tersebut mogok makan. Mungkin bisa saja sedang sakit atau flu. Nah untuk menghindari penipuan saat membeli kura-kura, ada baiknya anda datang langsung ke lokasi tempat penjualan kura-kura atau ke rumah pemilik kura-kura sebelumnya. Coba berikan makan ke kura-kura yang akan dibeli, apakah nafsu makannya bagus atau tidak. Serta cek kelengkapan fisik seperti kuku, tempurung kura-kura, hidung dan mulut kura-kura (apakah berbusa/basah atau tidak). Jangan membeli kura-kura yang memiliki nafsu makan yang kurang atau tidak mau makan, jangan membeli kura-kura yang memiliki luka atau cacat fisik yang mengganggu kesehatannya, dan jangan membeli kura-kura yang mulut dan hidungnya terlihat basah, berbusa, atau berair karena hal tersebut merupakan ciri kura-kura yang pilek.
Demikian adalah

cara mengobati mogok makan pada kura-kura

. Semoga artikel diatas bisa menjadi penambah wawasan anda para pecinta hewan bertempurung ini. Terima kasih. (FS)

276 Responses to "Mengobati Kura-kura Mogok Makan"

  1. Dok saya mau nanya , beberapa minggu kemaren kura kura saya hilang ,tapi sekarang sudah ketemu.. tapi dia gak mau makan terus matanya agak bengkak dan ber air gitu dok..gimana ya dok solusinya

    ReplyDelete
  2. Dok mau nanya nih , beberapa minggu kemarin kura kura saya hilang , tpi udah ketemu. Tapi sekarang gak mau makan , matanya agak bengkak dan berair.SSolusinya gimana ya dok ?
    Oh ya hilangnya pas saya temukan dalam lemari 2 mingguan gak makan , gak minum
    Terima kasih dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru balas, mas. soalnya saya baru pulang dinas dari kalimantan. sekarang gimana keadannya?

      kalau emang urgent, langsung bawa ke dokter hewan aja mas.. soalnya agak susah juga menentukan apa penyakitnya. mas juga gak ngasih tau gimana warna dan bentuk fesesnya... :)

      Delete
    2. pagi dok saya nemu kura kura kecil baget. Gak tau jenis apa . dah dikasih makan gak mau peletnya juga dah diancurin tapi tetep gak mau . Kura kura nya gak tau jenis apa . Kira kira jenis apa ya? Trus gimana cara tau itu kura darat ato air?


      Nb : kura kuranya kok suka sembunyi entah dimana ya ? Oh iya saya lepas kura kuranya di taman belakang , baru nemu, dah 3 har gak makan (saya gak tau dia makan ato kagak pokoknya dia gak pernah ngabisin peletnya ) dan dah 2 hari kuranya gak tau dimana

      Delete
    3. coba mas baca artikel saya CARA MEMELIHARA KURA-KURA BRAZIL. Seperti itu bukan kura-kuranya? Kalau bukan, coba mas fotoin, terus kirim kesini. Caranya, baca di bagian PERHATIAN...

      Delete
  3. Dok saya baru beli kura2 brazil seekor dan masih kecil, awalnya saya gabungin bersama ikan hias saya di aquarium,tentunya sdah saya siapkan tempat berjemurnya,tapi kura2 saya tidak aktif dan gak mau makan.saya pindahkan dia ke tempat sendiri krn saya kuatir mungkin dia takut ma ikan hias saya, tapi tetap sama dia tidak mau makan dan cendrung pasif n tidur saja. Saya belinya udah 3 hari, dan saya kasih makanan yg biasa dimakan ikan hias,pernah saya coba kasih sayuran kangkung,tp tetap tidak ada respek. saya hampir putus asa,tolong dibantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan stress akibat perubahan lingkungan atau suhu air. harusnya emang jangan disatuin ama ikan, mas.

      sekarang udah dipisahin kan? coba airnya kasih garam ikan. dikit aja. setengah sendok teh. coba juga cek idungnya. mas angkat dari air, mas keringkan bagian sekitar hidungnya, lalu perhatikan, apakah keluar air atau gelembung dari dalam lubang hidungnya? kalau iya, ada kemungkinan pilek. cek artikel saya penyakit pada kura-kura

      Delete
    2. kasi makan Pellet Tp merek Takari untuk makanan kOi smua kura kura ppalg ska pelet it tp jgn d kasi makan yg banyak krna makanan pellet bnyak mengandung protein yg bakal mengakibatka Pyramiding. cba sering jemur pagi hari .. tp jangan lama lama. ckup 15 menit utk bayi untuk dewasa 30 menit

      Delete
    3. kasi makan Pellet Tp merek Takari untuk makanan kOi smua kura kura ppalg ska pelet it tp jgn d kasi makan yg banyak krna makanan pellet bnyak mengandung protein yg bakal mengakibatka Pyramiding. cba sering jemur pagi hari .. tp jangan lama lama. ckup 15 menit utk bayi untuk dewasa 30 menit

      Delete
    4. terima kasih mbak dewi atas share infonya. :D

      Delete
  4. Maaf dok kemaren gak nyertain tentang fases dan warnanya...udah kayak dulu lagi dok...cuma matanya sering keluar air gitu dok...sering kedip2 matanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya. kemungkinan emang begitu, mas. dia mengeluarkan air mata dari matanya karena sedang membersihkan matanya dari debu dan kotoran...

      jenis kura2nya apa mas? kura2 darat apa air apa semi akuatik?

      Delete
  5. Kura kura pipi putih dok :)
    Terus sekarang agak keriput gitu kulitnya dok :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya, piput. emang agak riskan sih kalau pipi putih.
      saran saya sih mending bawa ke dokter hewan sesegera mungkin, mas. yah sekalian check up aja... :)

      Delete
    2. Oh ya dok , kalo diobati pake garam ikan gimana ?
      Hehehe maklum dok , anak kostan

      Delete
    3. dikasih ke airnya aja. 1mg per liter air. (kalau airnya 1 liter, garam ikannya 1mg). dikira2 aja mas kalau emang gak tau, hehehe. asalkan jangan terlalu banyak.....

      saya juga dulu waktu pelihara si errol mulainya waktu masih di kosan, mas.. :)

      Delete
  6. Kan tempurung kura-kura brazil saya jatuh terus pecah, itu bisa balik seperti semula lagi gak dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti akan terganti dengan tempurung baru.

      yang penting jaga kesehatan kura2nya. apalagi sekarang lagi pancaroba...

      Delete
  7. Dok maaf beberapa minggu kmrn saya baru beli kura kura kuping kuning dan sampe sekarang masih blm mau makan knp ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada gejala lainnya misalnya berenangnya miring? atau matanya keliatan menutup?
      fesesnya gimana?

      biasa mas kasih makan apa?

      jaga kestabilan suhu air, itu sih utamanya. kalau suhu airnya naik turun, kura2nya rentan sakit karena daya tahan tubuhnya menurun...

      Delete
  8. Dok..mau tny kok kura2 brazil saya udh 3 hr trakr nie lemas n makanny agak brkurang knp ya??beda pas bru2 sya beli..tp kl tax taruh dit4 datar lari kenceng..udh q liat di mulut n hidung g berair.tai ny jg sperti biasa..agak gede2 wrnany coklat2 muda gt..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada banyak hal, sebenernya.
      kalau di dalam air, dia berenangnya miring2?

      bisa jadi pneumonia. coba cek artikel saya cara mengobati pneumonia pada kura-kura

      Delete
  9. Dok...maaf mau tny,saya beli kura2 brazil 2...skrg kok tiba2 lemes n g mau mkn knp ya dok??tema ksh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan cek artikel saya penyakit pada kura-kura, artikel mengobati pilek pada kura-kura... oh ya, artikel cara mengobati pneumonia... :)

      Delete
  10. Dok, kira - kira kura - kura yang baru beli berapa lama ya adaptasinya? Saya khawatir juga dia gak makan seharian. Takut kenapa - kenapa.

    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. matanya sering merem gak? jenis kura2nya apa? kalau jenisnya kura2 air, cek apakah dia berenangnya miring atau nggak.

      silakan baca artikel saya penyakit pada kura2 dan artikel cara mengobati pneumonia pada kura-kuta

      Delete
    2. Enggak miring kok dok, dia res. Matany gak merem... Skrg lagi di jemur.. Dia juga gak pilek.


      Trims

      Delete
    3. udah coba dikasih makan? :)
      coba aja kasih makan... :)

      saya kira sih kalau dia gak menunjukkan tanda2 sakit seperti yang saya sebutkan di atas, bisa dikatakan kura2nya sehat... :)

      Delete
    4. kura kura klo d kasi makanan 1 jenis dy bakal bosan. cba d ganty dg makanan yg lain. pelet. sayur sawi. wortel. ato apa ?

      Delete
  11. Dok mau nanya , kalau kura2 piput ukuran 7cm masih bisa jinak gak ya dok. Soalnya udah setengah tahun saya pelihara tapi kok belom jinak ya ?
    Terima kasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. jarang mas ajak main ya? bener? cuma dikasih makan diakuariumnya aja?
      coba sesekali ajak main. taruh aja deket masnya. :)

      kalau saya malah seneng dulu pas punya sulcata. kemana2 saya bawa pake container box... :)

      Delete
  12. Dok saya punya kura kura kecil sudah seminggu dia gk mau makan dan dia sehat kok dok kenapa ya?

    ReplyDelete
  13. Permisi mau tanya kalo kura kura brazil saya ko gak mau makan tapi 2 hari yang lalu masih makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak sebab yang bikin kura2 gak mau makan. feses/tahinya gimana? usia kura2nya berapa? bisa mas lebih jelaskan lagi?

      coba baca artikel saya juga cara mengobati pneumonia pada kura2....

      Delete
  14. dok saya mau tanya saya beli kura2 brazil sudah 2 minggu tapi dia gk mau makan, pertama kali saya kasih makan pelet dia gk mau trus saya kasih makan cacing dia mau lalu hari kedua
    saya kasih cacing lagi gk mau sampai skrang dia belum mati padahal gk pernah kasih makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas ingin dia mati? :(
      terlalu general. mas naro dia dimana? di air? terus usianya berapa? kalau mas taruh dia di air, apakah dia bisa berenang dengan lurus (gak miring2)? mending cek artikel saya penyakit pada kura-kura dan artikel cara mengobati pneumonia pada kura2....

      Delete
  15. Dok,waktu itu kura kura saya lg di atas batu saya lohat punggung kura kura saya kering sekali warnanya kuning kering segera saya rendam air hangat beberapa menit. Lalu saya liat lg punggungnya sudah normal tdk keliatan kering lalu saya ajak main deh :)gk lama punggungnya kering lg :(itu kenapa ya dok? Kura kura saya yg satunya gk kaya gituuuu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek airnya. apakah bebas kaporit atau tinggi zat besi?
      saya kira kalau dia masih mau makan dan aktif bergerak, dia masih sehat....

      Delete
    2. Maaf tapi ini beneran tidak apa apa dok? Gk mengganggu kesehatan kan? Oh ya mandiin kura kura boleh gk pake sabun? Makasih ya dok dah mau menjawab :)

      Delete
    3. saya kan bilang cek airnya. :p

      maaf sebelumnya, kura2 mbak jenisnya apa?

      Delete
    4. Kura kura air dok boleh gk? Kukunya juga boleh di potong gk?, hehehe dah saya cek kok airnya dok :p

      Delete
    5. kalau kura2 air ngapain dimandikan, mbak? hihihi... nggak sekalian aja mandiin ikan? :D
      kalau belum ada pengalaman motong kuku kura-kura, mending jangan. nanti aja, mbak...

      Delete
    6. Ok deh dok hehehe XD makasih ya dok :D

      Delete
  16. permisi saya mau menanyakan kenapa kura" saya jenis nya siebenrocki dari seminggu yang lalu baru sampe rumah alias baru beli masih belum mau makan sampai sekarang, dan kalo di air dia jarang gerak, begitu di lepas di darat dia langsung ngacir dan cari tempat sembunyi, apa dia sakit atau memang proses adaptasi?? bagaimana supaya dia mau makan??? sekian terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dia berenang, apakah dia berenangnya miring2?
      coba cek artikel saya cara memelihara kura-kura leher panjang....

      agak susah sebenernya untuk mengetahui apakah dia sakit atau nggak. ada yang perlu saya tanyakan: apakah matanya keliatan merem?
      kalau merem, bisa jadi emang dia sakit. lalu apakah hidungnya keliatan mengeluarkan air? coba lap kering bagian hidungnya, lalu perhatikan selama beberapa menit. apakah keliatan mengeluarkan air/gelembung dari dalam hidung?
      kalau urgent, chat aja mas... :)

      Delete
    2. benar mba, dia berenang miring, mata nya selalu terbuka ketika di air bahkan tidur pun tidak pernah, ketika dia bersembunyi baru dia bisa tidur/di darat tempat kering. kalo dari hidung gk ada keluar air atau apapun. oia siebenrocki saya masih baby. terimakasih atas respon nya mba

      Delete
    3. cek artikel saya cara mengobati pneumonia pada kura-kura... :)

      saya tunggu kabarnya ya mas...

      Delete
    4. Jadi siebenrocki saya positif kena pneumonia kh mba, cara alternatif selain ke dokter hewan adakah mba? soal nya takut pasti mahal kalo ke dokter :(

      Delete
    5. Jadi siebenrocki saya positif kena pneumonia kh mba, cara alternatif selain ke dokter hewan adakah mba? soal nya takut pasti mahal kalo ke dokter :(

      Delete
    6. kalau positif kena pneumonia, ya belum tentu juga mas. kan belum dicek sama dokter hewan.

      mending bawa aja mas, bilang aja mau konsultasi aja.... :)

      Delete
    7. Terimakasih banyak mba atas respon nya, sorry kalau kebanyakan nanya :)

      Delete
    8. saya malah seneng bisa jawab pertanyaan2 di blog ini, mas... :D

      Delete
    9. Ane mau nanya dok,ane beli kura kura 9cm an udah gde lumbayan ,tpi ko dia di air trus pdahal adah ane sediain tempat berjemur.dah 3 hari dia di air trus kira kira knapa ya dok ..?

      Please pencerahan nya

      Delete
    10. udah saya jawab via chatting kemaren ya mas... :)

      saya tunggu kabar kura2 brazilnya... :)

      Delete
  17. Dok mo nanya apa kura2 siebenrocky itu pemalu... Saya baru beli tp kok pemalu bgt lalu makannya susah itu knp ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bisa dibilang kayak gitu.
      matanya suka merem? mas udah pernah pelihara kura2 lain sebelumnya? kura2 siebenrocky emang cenderung susah dipelihara buat pemula.

      jaga kestabilan suhu air. dan coba baca artikel saya penyakit pada kura2, dan artikel lain mengenai kura2 di blog ini....

      chat aja mas kalau urgent.. :)

      Delete
  18. Dok kemaren hari minggu saya beli baby kura2 res, tapi saat taro di aquarium dia masih manjat2 aquarium gitu.. N dia juga 2 hari ini g makan, padahal dia lincah dok..

    Apakah itu sedang adaptasi ya dok.. Saya takut dia mati/strees

    O iya dok apakah setiap aquarium kura2 kotor harus di bersihkan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. cobe cek artikel saya penyakit pada kura2.
      yang paling penting adalah suhu air, jangan turun naik. itu aja dlu. kebersihan hal kedua yang diperhatikan. ketiga pakan. kalau 3 hal itu tepat, kura2nya sehat... :)

      kenapa pilih baby, mbak? kenapa gak pilih kura2 yang agak lebih besar? :)

      Delete
  19. Dok saya punya kura kura ambon jantan sama betina baru beli 2 hari yang lalu tp yg jantan lebih suka diem terus gk mau makan dan klo berenang miring.
    Solusinya gimana ya dok???

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba baca artikel saya cara mengobati pneumonia pada kura-kura

      Delete
  20. Dok,saya baru membeli kura-kura air dewasa 10 hari lalu. Tapi dia tidak mau makan. Ketika saya cek, dia baik-baik saja. Berenangnya baik,dia juga sangat lincah. Kenapa ya, dok?
    Saya takut dia sakit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jujur agak susah sebenernya untuk mengetahui kenapa kura2 mbak nggak mau makan tanpa mengeceknya langsung.

      parameter kesehatan kura2 adalah caranya berenang (nggak miring2); matanya gak sering merem; kalau diangkat dari air dan lubang hidungnya dikeringkan, gak ada lendir atau gelembung yang muncul dari dalam lubang hidung; juga gak ada titik2 putih (white spot) di badan dan tempurung kura2nya...

      jaga juga kestabilan suhu air. kalau bisa sih ruangan tempat memeliharanya jangan yang ber-ac....

      Delete
  21. Dok mau nanya saya baru beli subniger udah 3hari ga mau makan. Sampai td malam saya kasih makan UHK dia makan lahap. Setelah itu muntah. Knapa itu dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana? mencret? lubang hidungnya basah? matanya sering merem? dia nampak susah bernafas?
      masalah di organ dalamnya, tebakan saya sih itu. bisa juga infeksi di saluran cernanya.

      mending bawa ke dokter hewan aja mas, biar dicek...

      Delete
  22. Dok, ciri-ciri kura-kura stress itu gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya matanya merem, malas bergerak, dan gak mau makan, tapi feses masih normal

      Delete
    2. Maaf dok saya mau nanya kura kura RES saya udah 2 minggu tidur trus gk mau makn trus berenangnya kya ngambang...udah diksh teramycin tpi msh aja dok.itu knp ya?

      Delete
    3. airnya kurangin. sebatas bagian atas tempurungnya aja, jadi dia masih bisa berdiri di kakinya.

      kura-kuranya masih anakan banget ya?

      Cek artikel saya: OBAT ALAMI UNTUK KURA-KURA, di sana saya udah nulis tentang air jahe. Cek cara buatnya di sana, praktekkan, dan kasih ke kura-kuranya...

      Delete
  23. Dok, aku baru beli kura kura brazil ukuran 7cm, terus udah 3hari gamau makan, aku taro dia diwadah soalnya aquarium yg aku punya kekecilan, dia sering kabur ngumpet gitu dan lincah bgt kalo udah dikeluarin dari wadahnya,dan kalo ngumpet selalu tidur, di lehernya ada kaya luka gitu 2 kaya daging,kalo di air pun dari hidungnya keluar gelembung,tiap pagi aku jemur, aku baru 3hari melihara kura kura, udah aku kasih pelet,sayuran,ikan kecil tapi ga ada yg dimakan,baiknya harus gimana dok? Aku takut dia mati karna ga makan:(

    ReplyDelete
  24. Dok permisi mau tanya, kura2 saya jenis kura2 brazil dan usianya sudah dewasa, saat ini kura2 saya sedang masa pnyembuhan setelah operasi prolaps dikarenakan ada organ yg keluar saat bertelur, tapi kura2 saya tidak mau makan sama sekali dok, sedangkan obatnya harus d minumkan teratur. Yg saya mau tanyakan bagaiman cara membujuk kura2 agar mau makan lagi ya dok?

    ReplyDelete
  25. Dok permisi mau tanya, kura2 saya jenis kura2 brazil dan usianya sudah dewasa, saat ini kura2 saya sedang masa pnyembuhan setelah operasi prolaps dikarenakan ada organ yg keluar saat bertelur, tapi kura2 saya tidak mau makan sama sekali dok, sedangkan obatnya harus d minumkan teratur. Yg saya mau tanyakan bagaiman cara membujuk kura2 agar mau makan lagi ya dok?

    ReplyDelete
  26. dok malam, saya mau tanya..
    saya punya kura-kura jenis brazil sudah hampir 3 tahun umurnya.
    dia tiba-tiba mogok makan, sudah 3 hari dia mogok makan
    tapi dia juga tidak menunjukan gejala flu. kira-kira dia kenapa ya dok? dan apa yang harus dilakukan untuk menanganginya?
    terimakasih...

    ReplyDelete
  27. Dok, saya punya kura2 jenis res 2. Tapi yang satu kenapa ya lebih suka diair? Padahal yang satunya didarat mulu. Yg suka diair, tidurnya juga diair. Bagusan dibiarin saja atau diangkat dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak usah, biarin aja di 'alamnya' masing2...

      mereka kan emang hewan 2 alam...

      maaf karena baru balas. kabari lagi ya mas...

      Delete
    2. Terima kasih dok atas balasannya. Tapi dok, kura-kura satu ini (yang suka diair terus) tidak mau makan pelet kura2 sama sekali dok, doyannya daging saja. Biar dianya mau makan pelet juga gimana ya?

      Delete
    3. itu beneran RES mas? :D
      jangan2 jenis lain. atau bisa jadi juga dia udah kebiasaan dikasih makan daging. daging apa yang biasanya dikasih buat makanan?

      saya tunggu kabarnya...

      Delete
  28. Eh kalo gk kamu tanya aja.buka tab baru tulis`perawatan kura2 brasil(brasil).nanti kamu tanya sama orangnya tapi jawabnya selang berapa hari.panggilnya mbak ya jangan mas dia cewe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihihi, bener mas. rata2 pertanyaan yang masuk, udah ada semua artikelnya... :)

      kasian kalau nunggu jawaban saya terus, eh ternyata udah ada artikelnya, hihihi...

      makasih tanggapannya. :D

      Delete
  29. Eh kalo gk kamu tanya aja.buka tab baru tulis`perawatan kura2 brasil(brasil).nanti kamu tanya sama orangnya tapi jawabnya selang berapa hari.panggilnya mbak ya jangan mas dia cewe.

    ReplyDelete
  30. Eh kalo gk kamu tanya aja.buka tab baru tulis`perawatan kura2 brasil(brasil).nanti kamu tanya sama orangnya tapi jawabnya selang berapa hari.panggilnya mbak ya jangan mas dia cewe.

    ReplyDelete
  31. dok, saya mau tanya, ini saya baru beli kura kura ambon betina waktu senin tanggal 28 agustus, dan sampe skarang jumat 2 september, dia ga mau makan dan ga keliatan buang feses sama skali, itu kenapa ya dok? dan kalo saya jemur pagi pagi dia langsung jalan ke tempat gelap, dtunggu jawabannya dok, thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba tanya sama pemilik lamanya, biasa dikasih makan apa. karena biasanya kalo dikasih makanan yang biasa dikasih, dia mau makan....

      mbak taro dimana? di wadah gitu? kalau malam atau kalo cuaca lagi dingin, jangan ditaro diluar. pindahkan ke dalam rumah.

      Delete
  32. Dok saya mau tanya, saya punya kura2 leher panjang, sudah 2 hari ini dia diam terus, tidak mau makan dan lehernya dtenggelamkan terus dalam air, sesekali bernafas ke permukaan seperti sesak gitu, trus tenggelam lagi dan tidak bergerak, kira2 kenapa ya dok? Terimankasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. matanya suka merem? kalo berenang miring2?
      masih mau makan nggak?

      coba cek artikel penyakit pada kura2... sama artikel pneumonia pada kura-kura...

      Delete
  33. Saya punya res baby dua ekor,yg satu kok tidur mulu,tpi klo lagi waktunya makan,mau makan,itu kalo tidur mulu normal ga si dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada gejala lain? misalnya: berenang miring2, atau suka mangap2 kalau di darat?

      saran saya, mending pisahkan ke akuarium lain. jangan disatuin sama yang sehat...

      Delete
  34. Saya punya res baby dua ekor,yg satu kok tidur mulu,tpi klo lagi waktunya makan,mau makan,itu kalo tidur mulu normal ga si dok?

    ReplyDelete
  35. Dok, 2 hari yg lalu saya menemukan bayi kura2 di depan rumah.. saya ga tau jenis kura2nya apa, tapi warnanya hijau. Saya ga tau harus dikasih makan apa, karena saya coba kasih pelet ikan, ga dimakan, terus matanya sering merem, kira2 kenapa ya, Dok?

    ReplyDelete
  36. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  37. Dok, 2 hari yg lalu saya menemukan bayi kura2 di depan rumah.. saya ga tau jenis kura2nya apa, tapi warnanya hijau. Saya ga tau harus dikasih makan apa, karena saya coba kasih pelet ikan, ga dimakan, terus matanya sering merem, kira2 kenapa ya, Dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di pipinya ada warna merahnya?
      biasanya sih kura2 brazil. kasih pellet kura2 gak mau? dihancurin dulu....

      ukurannya semana? berapa senti?

      agak susah sebenernya kalo masih baby banget, kecuali kalau udah agak gede. infoin lagi coba mengenai jenisnya, kalo bisa kirim gambarnya kemari. upload aja di postimage.org, terus linknya kasih kemari....

      ditunggu...

      Delete
  38. Dok...kura" saya udh 3 minggu gk mau mkan(jnis telinga kuning) saya kasih ikan gk mau dimakan....dikasi mknan kura" juga gk mau mkan...mhon infonya y dok...ksihan kura"ny...

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak sebab, mas.
      kalau berenang dia miring2 nggak?
      terus ada kemungkinan pilek?

      coba baca aja dulu artikel di atas.kalau berenangnya miring2, baca artikel cara mengobati pneumonia pada kura2.

      jangan males baca.

      Delete
  39. selamat siang dok,

    mau tanya tentang kura-kura dada merah ( Emydura Subglobosa).
    saya baru membeli nya 2 hari yang lalu, mau tanya makanan untuk jenis itu apa ya?
    soal nya pakai pellet Brazil cuma di cium aja dok.
    makanan yang cocok buat emydura apa ya dok?

    hari ini saya test dengan cacing sutra dan ikan mas kecil

    (nt: kondisi sehat, aktif, mata segar , aquarium bersama 2 ekor brazilan)

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo.
      jenis makanan yang mas berikan buat kura-kura dada merah mas udah bener kok.

      ukuran kura2nya berapa mas? masih kecil?

      kalau masih kecil, kudu lebih ekstra hati2 karena kura2 yang anakan (baby) lebih rentan penyakit.

      Delete
    2. tidak terlalu baby dok,
      saya ukur sekitar 9cm..

      iya dok, mungkin kemarin masih adaptasi malu malu sma teman nya, sekarang udh mulai makan-makanan nya dan udh ga takut sma sya juga hehhe,

      waktu awal cuma ngumpet di bawah karang aja soal nya

      Terima kasih dok atas tanggapan dan informasi nya

      Delete
    3. sip, kabari lagi ya mas.
      dipeliharanya di akuarium? usahakan suhu airnya stabil ya mas. :)

      dan coba mas cek artikel cara menjaga kesehatan kura-kura

      Delete
    4. iya mba, di aquarium yang berukuran melebar bukan tinggi jadi lebih luas dan antara air ke dasar hanya sekitar beberpa cm supaya mereka bisa bermain dengan senang.

      semua sudah Aman,Stabil,dan yang penting Happy tanpa stress hehehehe

      sudah saya baca untuk itu, karena saya butuh perbandingan juga mba dari setiap artikel jika semua artikel memiliki arti/penanganan yang maka berarti cara yang lakukan sudah benar.

      saya membaca di artikel mba.Fira ini tidak hanyak kura tapi juga yang lain seperti : musang & iguana
      karena saya punya itu jga jdi harus tau penanganan nya. hehehe

      terima kasih

      Delete
    5. oke. saya seneng dengernya. kabari terus ya mas. :)

      Delete
    6. kura-kura saya aman mba, semua lancar sehat ceria..,

      mba mau tanya ni, mba tau dragon fish Delhezi ?

      nah saya baru memiliki itu, menurut mba supaya dragon fish ini hidup dengan sehat dan tumbuh besar harus bagaimana ya?

      apa sama kya ikan lain nya?

      sekarang kondisi aman, sehat , emosional stabil


      Terima kasih

      Delete
    7. oh, maksud mas ikan palmas? :)
      sebenernya sih inti memelihara dragon fish atau ikan palmas sama aja kayak memelihara ikan lain, yaitu pakan, suhu air, dan kebersihan air. kalau 3 hal itu udah mencukupi, dijamin sehat ikannya... :)

      nanti mungkin saya publish artikelnya...

      Delete
    8. mba firr, kura kura saya kenapa mengapung ya?
      dan dia selalu berjemur tak mau ke air., lalu kadang suka bersuara..

      pola makan menurun dok.


      harus gimana yaa?

      makasih

      Delete
    9. jenis kura2nya kura2 dada merah, mas?
      coba daratkan aja dulu, maksudnya kasih daratan. biar dia manjat ke situ.

      ada kemungkinan pilek gak? suka mangap2?

      Delete
    10. yg brazil mba,
      iya suka mangap dan bersuara gtu

      udh pk obat kuning masih aja :(

      Delete
    11. pake aja obat yang saya tulis di artikel cara mengobati pilek pada ular, mas. sama aja kok. silakan baca artikelnya. :)

      Delete
    12. Terima kasih mba fira..
      untuk informasi nya, saya baru dpt obat nya .

      saya mau tanya klo obat itu saya kasih ke kura2 yang sehat, buat antisipasi biar ga sakit boleh ga dok?

      apa pemberian hanya untuk yang sakit?

      Delete
    13. kalau gak sakit, mending jangan, mas. :)
      karena kan obatnya ditetesin ke lubang hidungnya, takutnya malah ganggu sistem pernafasannya... :)

      Delete
    14. mba fiirr,
      saya sudah coba, cuma ragu tetesan obat Terrac nya masuk atau ga, soal nya lubang hidung nya kan kecil,
      dan klo kesentuh hidungnya malah merotah gtu (kya ga mau)
      saya pk pipet, bukan jarum

      Delete
    15. pake pipet juga gak masalah. setelah ditetesin ke lubang hidungnya, cukup pastikan cairannya masuk ke dalam lubang hidungnya.... :)

      Delete
    16. ok mba , makasih,

      oh iya mba mau nanya klo salamander di gabung sama ikan plasma boleh ga?

      soal nya g ada space buat aquarium lgi.


      Delete
    17. sejujurnya saya belum nyoba sih. tapi berdasarkan pengalaman, dulu pernah ada pelanggan saya yang nyatuin salamander dengan ikan plasma. dan aman2 aja. :)

      Delete
    18. makasih mba fir, pengobatan mengunakan Terracy berfungsi dengan baik, sekarang kura2 saya sudah normal kembali

      :D

      Delete
    19. oh, alhamdulillah. :)
      kabari terus kalo ada apa2 ya mas...

      Delete
    20. siang mba firr,

      mba mau tanya pilek itu (yang suka mangap2) nular atau ga si ke kura2 yang lain?

      kura2 yg kemarin kena pilek sekarang kena lagi masa mba ._.?

      bingung padahal semua terawat baik air dan makanan , soal nya yg lain normal semua

      Delete
    21. iya. jadi sebaiknya, kalau kura2 pilek, mending pisahkan.

      coba aja lakukan lagi treatment yang kemaren lagi. sama mung setelah sembuh, jaga agar suhu ruangan dan air tetap hangat. kura2nya masih anakan?

      kabari lagi

      Delete
    22. iya mba firr sedang proses.

      g terlalu baby mba sekitar 7cm

      Delete
  40. Dok, saya mau nanya. Kura-kura saya kok matanya tertutup terus ya dan jarang gerak

    ReplyDelete
  41. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  42. Dok, saya mau nanya. Kura kura saya kok matanya tertutup terus ya. Terus jarang makan & bergerak.

    ReplyDelete
  43. Kura kura saya baru beli udh 2 hari gak mau makan trus abis dijemur matanya merem trus knp ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jenis kura-kuranya apa mas? terus umurnya berapa?
      kalau masnya baru beli kura2nya, mending jangan dijemur dulu. diamkan aja di ruangan yang agak sepi, biar dia adaptasi dulu...

      sekarang gimana keadaannya? kabari lagi

      Delete
  44. dok mau tanya, kemarin saya baru beli baby sulcata uk 5-6cm dia lemes bgt, makan jarang (cuma beberapa gigit), tidur mulu dan mencret (pupnya sangat cair), matanya saya liat kyk lengket gt dok, dan untuk pakan sejauh ini saya kasih pelet, sawi ijo & wortel. tiap pagi saya jemur & rendam. gimana dok, trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dijemur dulu, mas. kalau saya sarankan, mending bawa ke dokter hewan terdekat aja. kayaknya urgent itu mas...

      Delete
  45. Dokter kok kura-kura saya sudah 2 hari nggak mau makan? Kenapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertanyaan mbak terlalu umum. coba diperjelas lagi: jenisnya apa? umurnya berapa? dan fesesnya gimana, apakah mencret atau biasa... dan udah berapa lama... :)

      Delete
  46. dok kura2 saya kena penyakit jamur, krn itu dia jd merem trs, suka mengap2 gtu. tolong ksh solusi dong dok hrs gmn??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kura2 mangap2 artinya dia susah nafas. kemungkinan kena pilek juga. coba baca artikel saya cara mengobati pilek pada kura-kura...

      Delete
  47. Selamat pagi dokter... setelah membaca bebrapa artikel dari dokter ttg penyakit kura", saya menyimpulkan kalau kura"saya terkena flu dan white spot. Dan kata dokter kan garam ikan bisa membantu penyembuhannya. Yg mau saya tanyakan takarannya dok.. berapa takaran yang baik? Terima kasih.
    Oiya kura" saya masih kecil dokter...

    ReplyDelete
  48. Selamat pagi dokter... setelah membaca bebrapa artikel dari dokter ttg penyakit kura", saya menyimpulkan kalau kura"saya terkena flu dan white spot. Dan kata dokter kan garam ikan bisa membantu penyembuhannya. Yg mau saya tanyakan takarannya dok.. berapa takaran yang baik? Terima kasih.
    Oiya kura" saya masih kecil dokter...

    ReplyDelete
    Replies
    1. takaran garam ikan buat kura-kura sepertinya sudah saya bahas di artikel penyakit pada kura-kura dan artikel cara mengobati white spot pada kura-kura.
      mengenai flu pada kura-kura juga udah ada artikelnya. :)

      Delete
  49. Selamat pagi dokter... setelah membaca bebrapa artikel dari dokter ttg penyakit kura", saya menyimpulkan kalau kura"saya terkena flu dan white spot. Dan kata dokter kan garam ikan bisa membantu penyembuhannya. Yg mau saya tanyakan takarannya dok.. berapa takaran yang baik? Terima kasih.
    Oiya kura" saya masih kecil dokter...

    ReplyDelete
    Replies
    1. takaran garam ikan buat kura-kura sepertinya sudah saya bahas di artikel penyakit pada kura-kura dan artikel cara mengobati white spot pada kura-kura. mengenai flu pada kura-kura juga udah ada artikelnya. :)

      sebenernya agak riskan sih kalo kura-kuranya masih kecil...

      Delete
  50. dok kasian kura2 brazil saya. saya baru beli 12 hari. awalnya kura2 saya memang terlihat tidak terlalu aktif, lalu baru2 ini saya baru sadar kalau cangkang dia lembek dan dia tidak pernah makan makanan yang saya berikan. lalu dia juga selalu menutup matanya.. lalu matanya saya bersihkan dengan cotton bud yang di olesi air garam sesuai petunjuk google. lalu di kepalanya juga ada benjolan kecil seperti jerawat. saya sedih dok tidak tahu harus bagaimana lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. soal cangkangnya lunak, saya sudah bahas di artikel kenapa tempurung kura-kura lunak. kemungkinan dia kurang kalsium.
      saya tebak, kura2 brazil mbak masih anakan ya?

      selain kurang kalsium, kayaknya banyak komplikasi penyakit lain pada kura2 mbak. diantaranya mungkin pilek. coba baca artikel saya cara mengobati kura-kura pilek...

      Delete
  51. Siang dok, saya 4 bulan lalu beli 2 kura2 jenis sulcata. Skrng yg 1 sudah lebih besar dok,tapi yg satunya tidak bertambah besar, padahal yg satu ini dulu makannya rakus dan aktif, tapi 1 bulan terakahir ini jadi sering tidur dan makannya sedikit. Kira2 kenapa ya dok ? Terimakakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. belinya bareng tapi yang satu pertumbuhannya kurang ya? betul?
      yang satu (yang kurang gede) kayaknya kalah kompetisi perebutan makanan. mbak satuin dalam satu kandangnya? coba pisahin. hmmm, atau gak apa2 disatuin, tapi pas mau dikasih makan mending pisahin. abis makan, satuin lagi.

      coba kasih tau saya mengenai fesesnya, mencret nggak? kabari lagi

      Delete
    2. Iya benar dok belinya bereng, saya sudah pernah pisahin dok kalo kasih makan tapi ga ada perubahan tetap makannya sedikit, fesesnya tidak mencret dok.

      Delete
    3. kalo saya boleh saran, iya, mending pisahin aja.
      kalo soal pertumbuhannya yang gak sama, postur kura-kura kan emang beda-beda. ada yang bongsor, ada juga yang nggak....

      Delete
    4. Ok dok, mulai hari ini saya pisahin kandangnya hehe. Terimakasih dok atas sarannya 😊😊

      Delete
    5. Dok kura2nya sudah saya pisahin kandangnya, skrng yg kecil udh 2 hari ini gak makan, tidur terus sama ga buang air dok. Gimana ya dok ?

      Delete
    6. jaga suhu airnya, agar tetap hangat. karena cuaca emang lagi gak bagus buat reptil.

      ada gejala pilek nggak?

      maaf karena baru balas... :(

      Delete
  52. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  53. Dok,sejak saya beli 3 hari yang lalu kedua kura2 saya tidak mau makan pelet sama sekali.Hari ini saya beli cacing beku juga tidak dimakan. Apa yang sebaiknya saya lakukan terhadap 2 kura-kura saya? Trmkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya mbak gak ngasih tau jenis kura-kuranya apa dan umur kura-kuranya berapa....

      kalau kura-kura baby emang rentan banget gak mau makan (mogok makan), biasanya karena perubahan suhu (suhu yang terlalu dingin). jadi mending pindahkan kandangnya ke ruangan yang lebih hangat,,,

      Delete
    2. kura-kura brazil dok. kira2 panjang 3 cm. iya...selamaa ini saya masukan ke ruangan ber-AC dok

      Delete
    3. kalau bisa sih pindahkan ke ruangan non ac, atau mbak bisa taro lampu di atas akuariumnya biar suhu airnya stabil....

      Delete
    4. Tepat hari ini, swminggu saya membeli RES saya. Sesuai saran doktersaya sinari lampu uvb selama saya kerja, kemudian tidak saya masukan ruangan ber-AC.Skrg mereka rakus banget kalo diberi cacing beku, sampai2 ikan goopy dikejar2 kalo dia lapar. Terima kasih dok

      Delete
    5. alhamdulillah, saya seneng dengernya.
      jaga terus suhunya. apalagi cuaca lagi gak bagus... :)

      Delete
  54. Dok, saya baru beli kura-kura ambon 2 ekor. Pas sampe di rumah, 1 ekor langsung lahap makan, yg 1 lagi kepalanya gak mau keluar dari tempurung. Sekarang sudah hari kedua, kepala kura-kura gak mau keluar tempurung, padahal yang 1 lagi sudah aktif. Oiya, kandangnya dipisah, gak disatukan. Mohon petunjuknya. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hari ini kura-kura nya mati ;-(

      Delete
    2. sebelumnya maaf karena saya baru balas. kemaren sibuk banget, ngunjungin 3 negara dalam 2 hari. ini juga baru buka blog lagi.... :(

      kalo kura2 ambonnya masih anakan, emang masih rentan mati, mas. biasanya karena suhu airnya yang terlalu dingin, alias 'kaget suhu'. reptil kayak kura2 dan ular emang rentan banget sama yang namanya suhu.... :(

      Delete
    3. Baiknya gimana ya, Dok? Saya hawatir yang 1 lagi ikutan mati. Apakah dilakukan penjemuran? Atau suhu airnya dinaikkan (tambahin air hangat)? Mohon sarannya.
      Terima kasih

      Delete
  55. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  56. Dok, saya kemaren baru beli kura2 RES, terus hilang 5 hari, ketemu di bawah kasur. Sekarang RES saya ndak mau makan dan suka mengambang di air tapi posisi badannya agak miring. Gimana ya dok, biar mau makan lagi ? Apa posisi dia yg mengambang miring itu penyakit ? Terima kasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya udah pernah bahas di artikel cara mengobati pneumonia pada kura-kura.
      dan maaf banget karena baru balas, saya baru sampe indo tadi malam setelah tugas ke eropa, mbak... :(

      kabari lagi...

      oh ya, kasih salahsatu obat yang saya tulis di artikel obat alami untuk kura-kura

      Delete
  57. Dok mau tanya
    kura-kura saya nafsu makannya turun, suka berjemur, suka tidur juga, kadang suka buka mulut dan lehernya suka memanjang itu kenapa ya dok, bisa kah dibantu untuk penanganannya ?
    sebelumnya terimakasih dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas.
      dia suka memanjangkan lehernya karena susah bernafas. coba mbak baca artikel obat alami untuk kura-kura. kasih air jahe, TAPI jangan asal bikin. cara buatnya saya tulis di artikel itu obat alami untuk kura-kura

      maaf karena baru balas. jangan lupa kabari lagi

      Delete
  58. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  59. Dok, saya baru 5 hari memelihara kura kura RES masih anakan dok. Dia sepertinya sehat dok, sering saya jemur kalau pagi dan sore. Dia juga aktif. Saya rajin ganti air juga. Kadang sehari 2 atau 3x. Tapi herannya dia dari awal saya beli sampai sekarang nggak mau makan dok, saya kasih dia pelet khusus kura kura. Terus feses dia itu agak bening gitu dok. Itu kenapa dok? Penyakit kah?😢 trimakasih ya dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener2 gak mau makan?
      coba aja taro pelletnya di air, terus tinggal. karena kadang ada kura2 yang gak mau makan kalau diliatin.

      berenangnya gimana? normal? miring2 gak berenangnya?

      maaf karena baru balas, saya baru pulang tugas.

      Delete
  60. Dok urgent. Gimana saya bisa menghubungi dokter? Kura kura saya ada timbul bercak putih menonjol kecil kecil di beberapa bagian tubuhnya. Di pangkal ekor ada benjol seperti bengkak. Lemes sekali dok. Cuma merem, nggak mau makan, nggak mau berenang. Itu kenapa dok? Sudah saya sertakan foto nya via email dok😢

    ReplyDelete
  61. selamat pagi dokter, saya hary, saya punya torto emys (kurang lebih 1 minggu lalu sy beli),sampai hari ini makan nya ga terlalu banyak dok (dia makan pepaya & sawi putih) apakah itu wajar dok?? kl mau penambah nafsu makan unt torto dikasih apa ya dok...


    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, mas.
      fesesnya/tahinya gimana? mencret nggak?
      ukuran tortonya berapa? masih anakan ya?

      yang penting sebenernya torto jaga suhu kandang aja.
      dan juga, mas bisa baca artikel saya obat alami untuk kura-kura

      Delete
  62. Sore dok,saya mau tanya saya baru beli kura2 brazil 2 ekor di ace hardware 3hr lalu, smpe skrg dia ga mau makan sudah saya coba kasih sayur2n, pelet, pisang jg tdk dimakan. Klo brenang diair agak dlm dia hanya jalan dibwh tidak ngambang, fasesnya blum ada saya lihat, setiap hr saya slalu ganti airnya, skrg dia lbh suka ngumpet dihiasan pohon dok. Trima kasih mohon bantuannya dok saya takut dia mati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kura-kuranya masih kecil ya mbak? :)
      sebaiknya airnya nggak usah diganti. boleh diganti kalau keliatan kotor aja. karena kalo airnya sering diganti2, suhu airnya otomatis berubah2. yang namanya reptil biasanya sensitif terhadap perubahan suhu. kalo suhu di sekitarnya naik, suhu tubuhnya juga naik, kalo turun juga gitu. jadi lebih baik airnya gak usah diganti2.

      juga, ruangan tempat mbak naro akuariumnya juga sebaiknya jangan terlalu dingin. bagusnya sih non-ac. kalau pun ada ac, set agar nggak terlalu dingin...

      coba kasih pellet ukuran kecil aja buat makanannya dia.

      dia masih suka bergerak? matanya nggak merem, kan?

      kabari lagi...

      Delete
  63. malam dok, saya mau tanya,saya punya kura-kura brazil umur sekitar 3blanan, sudah hampir 2minggu ini saya pelihara,tapi dia ga mau makan dok,saya sudah beri makan pelet kura-kura,cacing sutra beku,sawi putih saya cincang kecil2 tapi tetap saja tidak mau makan dok,makanan apa lagi yg musti saya kasih dok?
    aquariumnya selalu saya bersihkan stiap hari dan air jg rutin diganti (saya gunakan air galon untuk konsumsi, serta saya rutin jemur stiap pagi. dan saya sudah cek tidak ada gejala2 pilek, dia aktif skali jika saya bawa main dan saya ajak kluar rumah dok.

    saya takut banget dok,soalnya sebelumnya 2kura-kura saya mati gara2 tidak mau makan. saya mnta sarannya dok, makanan apa yg harus saya beri ke kura-kura saya supaya dia mau makan?.terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. airnya jangan diganti setiap hari. cukup ganti aja kalau udah keliatan kotor.

      penyebab kura-kura anakan cepat mati biasanya karena ketidakstabilan suhu. reptil (termasuk kura2) sangat sensitif terhadap suhu. kalau suhu disekitarnya naik, suhu tubuhnya ikut naik. mbak bayangkan kalau suhu airnya naik turun secara cepat, dia bisa stress karena perubahan suhu tubuhnya secara mendadak. biasanya kura2 mati karena itu, terutama kura2 anakan/bayi.

      kedua yang menjadi faktor kematian kura2 anakan dan bayi adalah suhu air yang terlalu dingin. selain suhunya stabil,suhu air juga sebaiknya tidak terlalu dingin. suhu ruangan aja, 24 sampe 28 derajat celcius. maka sebaiknya akuarium kura2 berada di ruangan non ac, atau kalau pun ada ac-nya, sebaiknya diset agar tidak terlalu dingin

      silakan praktekkan beberapa poin saya tadi, lalu coba mbak kasih makan pellet aja. :)

      Delete
  64. Iya dok masih kecil2 uk.3cm dan sepertinya sepasang. Kmrn sudah mau makan dok. Saya pikir dgn sering mengganti airnya supaya tidak mudah ternjangkit penyakit dok. Karena mudah kotor karena peletnya. Utk Aquariumnya saya pakai bak plastik besar yg saya letakan diteras rmh dan didalamnya saya taruh bebatuan kecil besar utk daratnya dan dia lebih suka disitu ketimbang di air hanya makan saja dia ke air, utk airnya tingginya 1/2cm. Perna merem si dok saya pkir dia tidur wkt diangkat si melek lagi hehe. Kira2 gmn dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah agar airnya gak cepet kotor, kalau ada sisa makanannya yang gak kemakan, mending langsung angkat aja dari air. :)

      untuk baknya, mending jangan ditaro di luar. biar suhu airnya stabil. :)

      Delete
    2. Dok.. Saya baru minggu lalu beli 3 ekor kura lagi sejak kmrn yg 1 matanya nutup terus kyk gelembung itu knp ya? Dan apa yg bs saya lakukan? Makasih sebelumnya...

      Delete
    3. jaga agar suhu airnya tetap stabil.
      kalo mau, pisahkan aja ketiganya. terus masing2, airnya jangan banyak2. sekira kalau dia ngejulurin kepalanya ke atas, kepalanya masih nyembul.

      umur kura-kuranya berapa?

      lakukan saran saya tadi. dan kabari lagi.

      Delete
  65. Malam dok. Kura brazil saya tidur terus tidak mau makan trus gelembung idungnya.itu knp ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pilek itu mas.
      Kura-kura nya masih anakan? Coba mas baca artikel saya cara mengobati kura-kura pilek. Oh ya, baca juga artikel saya obat alami untuk kura-kura. Kasih salahsatu obat yang saya tulis di artikel itu

      Kabari terus

      Delete
  66. Dok saya mau tanya,4 hari yg lalu saya beli kura2 Brazil umur +-5 bulan,,tapi sampai saat ini kura2 ku nggak mau makan,pelet gak mau,ikan kecil gk mau,tiap pagi udah aku jemur,pilek juga enggak,mata nya juga normal.kira2 kenapa ya? Atau adaptasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan tiap hari di jemur. :(
      yang penting, pastikan aja ruangan tempat memeliharanya gak terlalu dingin. kalo bisa non ac.
      oh ya, untuk ketinggian airnya, cukup sebatas bagian atas tempurung kura-kuranya aja. jangan tinggi2... :)


      kalo ada ruangan yang sepi suara, mending taro di situ. biar dia adaptasi dulu.

      coba kura-kuranya mas taro di telapak tangan, terus mas foto... cara kirim foto cek kolom PERHATIAN...

      Delete
  67. Dok saya mau tanya,4 hari yg lalu saya beli kura2 Brazil umur +-5 bulan,,tapi sampai saat ini kura2 ku nggak mau makan,pelet gak mau,ikan kecil gk mau,tiap pagi udah aku jemur,pilek juga enggak,mata nya juga normal.kira2 kenapa ya? Atau adaptasi?

    ReplyDelete
  68. Oh iya dok cara nemuin kura yang suka main petak umpet di halaman belakang gimana ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya main petak umpet gimana mas?
      kabur maksudnya? atau gimana?

      jenis kura-kuranya apa?

      coba aja liatin pas waktu ujan. biasanya kura2 yang diliarin di suatu tempat terbuka suka lebih aktif kalau hujan turun...

      Delete
  69. dok kura kura cst saya awalnya mau makan tapi gara gara saya kasi ikan mujair mati dan sempat digigit lalu dikeluarkan lagi, jadi g mau makan . penyebabnya apa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa dikasih mujaer mati, mas? :)
      coba sekarang kasih anakan ikan yang masih hidup, dia masih mau makan nggak?

      aktifitasnya gimana? dia masih aktif?
      mas pernah liat dia pup/berak? fesesnya gimana? masih padat atau cair (langsung menyatu gitu di air)

      sementara pancing aja pake pakan hidup...

      Delete
  70. Dok, saya baru beli kura istar ukuran 6cm. Dari siang sampai malam ga mau gerak, kakinya lunglai, matanya merem terus. Kalo disenggol ga ada refleks dan ga mau makan. Blum ada feses yg keluar.
    Kata penjualnya ini proses adaptasi, tp menurut saya ini kayak sekarat ;-(
    Soalnya kepala sama kaki depannya suka kayak kejang lemah gitu dok.
    Saya udah coba rendam air panas dan dikasih lampu, tp ga ada reaksi positif. Mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya setuju dengan pendapat masnya. :(
      mending segera bawa ke dokter hewan terdekat.

      mas juga bisa baca artikel saya OBAT ALAMI UNTUK KURA-KURA. kasih air jahe yang resepnya saya tulis di sana.

      kura2 anakan emang rentan mati. udah pernah saya bahas di artikel HEWAN PELIHARAAN YANG GAMPANG MATI

      Delete
  71. Dok saya mau tanya kura2 brazil saya masih kecil trus dia gk mau makan pas saya lihat kukunya hilang satu gimana cara mengatasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. terlalu banyak kemungkinannya. dan mas juga gak menjelaskan lebih lanjut...
      coba lebih dijelaskan lagi: apakah dia keliatan sakit? apakah berenangnya miring2? apakah kalo diangkat dari ai, dia kayak ingusan gitu??

      mending kurangi airnya aja, jangan terlalu tinggi. sekira dia masih bisa berdiri di dasar akuariumnya....

      Delete
    2. Berenang nya stabil dan gk ada yg ingusan dok

      Kukunya itu luka semenjak kukunya luka alias hilang dia gk mau makan dan saya pisahkan kura2 yg sehat sama yg sakit

      Kura2 yg sakit saya turuh di aquarium yg lain tpi gk saya kasih air aquariumnya

      Delete
    3. udah coba kasih makan lagi, mbak? coba aja cemplungin ke air, terus coba kasih pellet kura-kura...

      keluhannya di dia gak mau makan dan kukunya?

      soal kukunya, ada luka? kalau ada, kasih betadine pake cotton bud aja. diemin di drydoc (daratan).
      kalau sampe besok belum makan juga, coba mas baca artikel saya OBAT ALAMI UNTUK KURA-KURA

      yang lain gimana?

      Delete
  72. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  73. Klau di kasih makan takari yg buat ikan gpp kan dok

    Itu kura2 yg sehat sama yg sakit dipisah atau di jadikan satu

    ReplyDelete
    Replies
    1. dipisah, mas. kura-kura yang sakit harus dipisah dengan yang sehat.

      udah berapa lama dikasih takari? agak terlalu tinggi sih proteinnya. mungkin boleh, tapi jangan tiap hari aja mas... :)

      Delete
  74. Dok klau kura2 brazil aquariumnya gk di kasih air selama 1 minggu apa yg akan terjadi

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.