Cara Agar Musang Mau Makan Apa Saja | Drh. Fira Sovica

Cara agar musang mau memakan makanan apa saja

perlu diketahui karena sdakalanya musang yang dipelihara hanya bisa memakan satu jenis makanan saja (monofeed). Musang yang terbiasa makan buah biasanya tidak mau jika diberikan jenis makanan yang lain seperti daging ayam rebus dan sebagainya. Pun begitu jika musang terbiasa diberi makan hanya daging saja, dia cenderung tidak mau makan jika diberi buah. Maka artikel ini dibuat sebagai pedoman bagi para musang lover yang memiliki musang monofeed, yaitu musang yang hanya bisa makan satu jenis makanan saja, agar musangnya bisa memakan makanan lain yang dibutuhkan. Artikel lain tentang musang adalah cara membedakan jenis kelamin musang dan jenis makanan kurang baik diberikan kepada musang.


Ada beberapa trik dan tips agar musang tidak monofeed, yaitu agar musang bisa makan buah atau nasi. Namun perlu saya tegaskan bahwa trik ini hanya berlaku jika musang monofeed tersebut sudah berusia diatas 3 bulan dan sudah bisa makan sendiri. Sebaiknya janga menggunakan cara berikut pada musang monofeed dibawah usia 3 bulan.
Cara Agar Musang Mau Makan Apa Saja
Image taken from chillhour.com
Dan berikut adalah cara agar musang bisa makan apa saja selain yang biasa diberikan:
  • Cara agar musang mau makan makanan selain yang biasa diberikan adalah dengan mempuasakannya di satu waktu pemberian makanan. Agar lebih jelas, saya berikan contoh berikut ini.
  • Anda biasa memberikan makanan untuk musang anda sebanyak 3 kali sehari, yaitu pagi, siang, dan malam hari.  Ubahlah pola pemberian makanan menjadi dua kali sehari, yaitu pagi dan malam. Pagi hari anda bisa memberikan jenis makanan yang biasa diberikan, lalu biarkan musang 'puasa' pada siang hari, dan berikan jenis makanan yang berbeda pada malam hari. Jika musang anda hanya mau makan nasi dan anda ingin membiasakannya makan buah, maka anda bisa memberikan buah-buahan pada malam hari. Begitu pula sebaiknya. Lakukan perubahan pola makan ini selama satu minggu penuh dengan jenis buah yang bervariasi. Saya menyarankan agar anda memberikan potongan pepaya matang atau pisang beraroma seperti pisang lampung atau pisang sunpride sebagai buah yang diberikan untuk musang. Anda bisa membaca artikel saya tentang cara membedakan buah hasil karbitan dengan yang tidak.
Keseimbangan gizi tentu dibutuhkan musang, maka dari itu penting agar musang mau makan apa saja, tidak hanya satu jenis makanan.  Untuk tujuan inilah artikel

cara agar musang mau makan apa saja

ini saya buat. Semoga artikel ini bisa menjadi acuan bagi anda semua. Terima kasih. (FS)

149 Responses to "Cara Agar Musang Mau Makan Apa Saja"

  1. Dok cara melatih musang biar pipis dan pup dikamar mandi judul artikelnya apa ?

    ReplyDelete
  2. Dok musangku sukanya makan nasi mix trasi gpp kn dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih boleh.
      cuma sesekali minimal seminggu sekali, kasih buah ya mas. biar sistem pencernaannya bagus...

      Delete
  3. Buah pepaya kalo agak pahit gak mau dok trus kalo pisang kadang mau kadang gak kadang ampe bingung.jd nasi mix trasi mix pisang dok caranya gmn sih dok agar musang doyan buah2an??

    ReplyDelete
  4. Buah pepaya kalo agak pahit gak mau dok trus kalo pisang kadang mau kadang gak kadang ampe bingung.jd nasi mix trasi mix pisang dok caranya gmn sih dok agar musang doyan buah2an??

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara agar musang doyan buah-buahan bisa dibaca di artikel di atas.. :D

      makanya pilih pepaya yang matang sempurna dan bukan karbitan, mas. soal pisang, pilih pisang yang matang sempurna dan bukan karbitan juga. ada kok artikel cara membedakan pisang karbitan dengan yang tidak

      Delete
  5. alhamdulillah dok musang saya sudah mulai mau makan buah/ pisang biarpun masih sedikit-sedikit..

    ReplyDelete
  6. oya dok tanya lagi biar makin paham tentang musang hehe

    1. kenapa ya musang saya kalau pup ga pernah mau dikandang atau sekitaran rumah padahal saya freeroom juga, kalau saya ajak kekebun (bukan area rumah saya) musang nya baru mau pup jadi seakan-akan pup nya ditahan dan baru mau dibuang kalau sudah dikebun (rumput/tanah).

    2. Musang saya kalau saya ajak main keluar rumah tanpa harnes trus saya lepas musangnya pasti pulang kerumah, jarak rumah ketempat main - +200 meter dan ber gang. itu bisa disebut apa ya dok, imprint kah atau ada sebutan lain dok?

    terimakasih dok :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih atas pertanyaannya. saya coba jawab lagi. dan sebelumnya maaf karena baru balas. saya masih di perjalanan mau pulang kampung, skrng aja di rest area... :D 1. wah, itu bagus mas. coba mas baca artikel saya cara melatih musang berak di toilet. jadi gini, mas ajak dia ke kebun atau tempat yang sekira dia bisa pup di situ. nah kalau mas liat dia udah mau siap2 pup, buru2 angkat ke toilet, biar dia pup di toilet, mas. emang, awalnya pasti repot, dan perlu kesabaran biar dia tau 'oh, aku harus pup di tempat ini nih'. tapi kayaknya musang mas punya bakat bisa dilatih potty training. ajarin aja mas. silakan baca artikelnya.... 2. itu malah lebih bagus lagi. artinya musang mas udah mengenali tempatnya atau rumahnya. dan itu sangat amat bagus. dulu musang saya si bruno juga gitu. malah dia jadi 'kuncen' kamar saya. kalau ada orang lain yang mau masuk, biasanya dia langsung serang, hehehe. kecuali kalau saya. nah musang mas juga kayaknya begitu deh. artinya dia selalu tahu tempatnya pulang. imprint? lebih bisa disebut 'imprinted to place', artinya musangnya udah tau jalan pulang. mas beruntung punya musang kayak gitu, mas... :) kabari lagi ya mas. siapa nama musangnya? :)

      Delete
  7. Dok,musang saya kok gak mau makan buah buahan ya maunya cuman makan ayam rebus, kalo ayam rebus saya mix sama nasi yang dimakan cuman ayamnya. Gmana ya dok? Umurnya 2 bulana

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk umur 2 bulanan, yang terpenting dia mau makan aja dlu mas. jadi sementara ini cukup kasih aja makanan yang dia mau. nanti kalau udah diatas 3 atau 4 bulan, silakan praktekkan artikel di atas... :)

      Delete
    2. Tapi kok jarang buang pup ya dok? Apa harus dikasih makan jus pepaya??

      Delete
    3. boleh kasih jus pepaya campur sari kurma... :)

      Delete
  8. pagi dok, pulang kampung jangan lupa oleh-oleh nya ya dok hihihi

    nama musang saya Kake dok :D (sedikit agak aneh ya dok) padahal masih muda

    iya dok saya lagi coba ajarin pup di toilet tapi masih blm mau dok,malah manjat ketangan minta digendong,mungkin masih dianggap benda asing kali ya dok hehe
    imprinted to place ya dok,dari 3ekor musang yg saya punya yg paling pinter yg ini dok si kake,digendong sama orang lain mau tapi kalau masih ada saya disitu pasti minta pindah pernah sampe lompat kebadan saya dok.
    pernah saya tinggal 2hari ga saya handle sama sekali, sekalinya saya pulang dan saya keluarin dari kandangnya dia langsung gigit tangan saya tapi ga serius gigitnya,feeling saya minta diajak becanda soalnya tiap hari pasti saya ajak becanda dok saya kelitikin badannya sampe dia guling-gulingan hehe (cuma tangan saya pada basah dok masuk mulutnya :D )
    salam buat bruno ya dok dari kake :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bruno dan dan istrinya udah saya lepas liarkan di alam, mas. biar mereka berkembang biak di alam. :) oh iya, berarti bener dugaan saya. kayaknya sih kalian berdua emang udah ditakdirkan bareng. selain imprint sama tempatnya, dia juga udah kenal sama auranya mas. mungkin udah terhubung, yah siapa tahu. tapi sepengetahuan dan sepengalaman saya sih begitu. latih aja terus mas potty training. pasti bisa... :) salam buat si kake.. :D

      Delete
  9. Dok...cara agar musang mau makan gimana ... musang aku susah di kasi makan cuma mau susu doang.... dikasi pisang sama pepaya dia gak mau makan gimana dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya mas gak ngasih tau umur musangnya berapa? dia biasa makan sendiri atau disuapi? dan jangan lupa cek fesesnya (tahinya) karena sehat atau nggaknya musang bisa diliat dari fesesnya. cek artikel saya cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya.... maaf baru balas, saya habis sakit kemaren... :)

      Delete
  10. Dok...cara agar musang mau makan gimana ... musang aku susah di kasi makan cuma mau susu doang.... dikasi pisang sama pepaya dia gak mau makan gimana dok...

    ReplyDelete
  11. Dok. Cara supaya musang saya mau makan buah gimana ya dok... setiap saya kasi dia gak makan. Maunya cuma susu doang.... umur nya kira kira 2bulan gitu deh... tolong dok... bingung saya dok...

    ReplyDelete
  12. dok. muspan saya -+ 1.5 bln tmbh gigi kalo ngasih mkn dipaksa dok.makannya dikit bgt. lha saya ngasih promina pisang+sgm llm+ madu . pup nya encer sampai lengket di badannya. kan kasihan gmn dok solusinya? makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih madu. bagusnya coba kasih sari kurma aja biar daya tahan tubuhnya bagus. saya tebak, madunya bukan madu asli itu. mas pake madu apa?

      ganti pakai sari kurma aja mas.... badanbnya rajin2 di lap ya biar gak lengket ke bulunya...

      Delete
  13. dok. muspan saya -+ 1.5 bln tmbh gigi kalo ngasih mkn dipaksa dok.makannya dikit bgt. lha saya ngasih promina pisang+sgm llm+ madu . pup nya encer sampai lengket di badannya. kan kasihan gmn dok solusinya? makasih :)

    ReplyDelete
  14. Dok kalo umur di bawah 3 bulan gimana cara nya supaya mau makan apa saja?

    ReplyDelete
  15. Assalamualaikum ...
    Bu dokter mau tanya nikh dikit kalo musang saya mau makannya cuma malam hari ajjah bikin saya begadang terus nikh gimana caranya supaya dia mau makan dipagi dan siang hari???

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya mas gak ngasih tau umur musangnya berapa. emang dia belum bisa makan sendiri? kalo udah bisa makan sendiri, taruh aja di kandangnya, mas.... :)

      kalau belum bisa makan sendiri, coba ajarin dia makan sendiri. taruh makanannya di kandang, dan liat aja selama beberapa jam ke depan... :)

      Delete
  16. Dok...saya punya musang (Loli) yg dipelihara dr umur 1,5 bln dan sekarang umurnya sudah 3 bln. Tapi sejak bayi saya kasih pisang yg dihancurkan + bubur sun juga sari kurma yg saya masukkan ke botol susu. Nah sampai sekarang Loli itu klo diksh pisang yg dipotong kecil2 ataupun agak dihancurkan dia gak mau makan. Tapi klo saya masukkan botol dia lahap bgt, kaya anak bayi yg memang seharusnya minum susu. Saya herannya pernah coba kasih ayam atau makanan lainnya (catfood), Loli ini malah lahap. Jadi gimana yaa dok supaya Loli mau makan pisang tanpa harus dibotol, soalnya lumayan ribet jg. Terima kasih Dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dibiarkan aja. coba sesekali mbak jus aja pisangnya, terus taruh di kandangnya. tinggal aja abis itu, atau observasi dari luar. observasi selama 3 jam.

      pilih pisang yang ada aromanya, kayak pisang lampung atau pisang sunpride... :)

      Delete
  17. Salam lagi bu ...
    Sudah bisa makan sendiri tapi kalo siang gk mau makan saya puasain semalem tapi malah tetep ajjah gak mau dok tolong pencerahannya..
    Oiy umur sherley 3 bulan jalan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetep lanjutkan treatmentnya sampai dia mau makan sendiri. seenggaknya, diamkan makanannya selama 5 jam. dan jangan diliatin, tinggalin aja. :)

      karena kadang ada musang yang kalau diliatin malah gak mau makan... :)

      saya tunggu kabarnya ya mbak...

      Delete
    2. Ass..dok saya punya musang pandan umuran 3 bulan.sudah 4 hari setelah saya beli ngga mau makan.bagai mana dok biar musang saya bisa makan

      Delete
    3. Ass..dok saya punya musang pandan umuran 3 bulan.sudah 4 hari setelah saya beli ngga mau makan.bagai mana dok biar musang saya bisa makan

      Delete
    4. coba mas tanya sama yang jual, biasanya dikasih makan apa...

      coba kasih makan bubur bayi promina, dibuat kental (jangan terlalu cair/encer). taro aja di kandangnya, terus tinggalin. karena kadang ada musang yang gak mau makan kalau diliatin...

      Delete
  18. Okee bu dokter :D
    Tanya lagi ah bu saya udah jalanin saran yang diatas termasuk mempuasakan tapi si sherley (muspan saya) mau nya makan buang doang bu bahkan setelah saya puasakan sehari semalam dia tetep gak mau makan nasi kecap kecuali buah"n ajjah ada cara lain gk bu selain mempuasakan ....
    Dah maaf saya ini abang bukan mbak :D

    Makasih sebelumnya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh hahaha. maaf, maaf. saking banyaknya yang konsul, jadi suka bingung sayanya... :D

      hmm, saya pikir emang bagusnya sih musang itu dikasih makan buah. gak ada jenis makanan lain yang lebih bagus buat musang selain buah2an, mas. soal pemberian nasi kecap, emang butuh pembiasaan. karena kadang ada musang yang gak mau karena 'terasa aneh'.

      sebenernya gini, kalau kecapnya asli kecap dari kedelai, si musang bisa makan kok. dan jangan terlalu banyak. jangan sampe warna nasinya jadi bener2 berubah jadi item kayak kecap. yah, dikit aja, sekedar berubah warna sedikit nasinya... :)

      saya tunggu kabarnya...

      Delete
  19. Kecap nya asli ko dok merek yang lumayan terkenal juga ...

    Iya dok selain pepaya dan pisang musang itu bagus nya di kasih makan apa dok kan kalo kepala dan hati ayam itu seminggu sekali ??

    Makasih dok maaf banyak nanya karena saya mau yang terbaik buat sherley :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2, saya malah seneng bisa bantu2. :)

      mungkin emang belum terbiasa dikasih makan nasi + kecap, mas. emang harus dilatih kalau belum terbiasa.

      buah sebenernya udah bagus buat musang, baik diberi mingguan atau harian. pala ayam dan hati ayam rebus juga bagus buat asupan proteinnya.
      tapi minimal emang seminggu sekali wajib kasih buah. sehari2 mas kasih kepala ayam rebus juga oke. :)

      Delete
  20. Dok musang boleh di kasih makan quakeroat gak .musang saya umur nya 3 bulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya sih gak masalah musang diberi makan oat, cuma saya belum pernah coba. klo bisa, jangan pakai susu. kasih sari kurma aja + air, biar sehat....

      Delete
  21. dok biar musang terbiasa makan nasi kecap gimana? soalnya kadang persediaan buah habis terus ga sempet beli jadi saya suka bingung mau di kasih apaan..

    ReplyDelete
  22. dok mau nanya, ini muspan saya umur 2 Bulan an, giginya udah pada tumbuh, klo nggigit udah kerasa gigitannya itu gmna cranya biar mau makan sendiri ya dok? selama iki tak Kasih pisang tak penyet" trus tak suapin pake telapak tangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja mas kasih bubur bayi. jangan encer2, sekira bubur bayinya bisa dibentuk pake tangan. :)

      taro aja di kandangnya, terus tinggal. karena kadang ada musang yang gak mau makan kalau diliatin..

      maaf baru balas. kasih kabar lagi ya mas.

      Delete
  23. Dok mau tanya musang saya umur 2 bulan kenapa kalau pup sama kencing nggak di kandang setelah saya angkat saya gendong malah dia langsung kencing terus nggak lama kemudian pup di gendongan

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus. itu artinya dia udah bisa menandai mas sebagai 'miliknya'. :)
      sama aja kayak kucing, yang kerap pipis atau pup di benda yang dia anggap miliknya. istilahnya, marking by scent. menandai menggunakan bau.

      jadi wajar kok..

      Delete
  24. Dok musang saya umur 2 bulan kok bersin bersin terus ya terus nggak mau minum terus cuman mau makan bubur sun yg di kentalin lain nya itu nggak mau

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara ini kasih aja makanan yang dia mau makan.
      kalau soal dia suka bersin2, coba cek kebersihannya. juga ruangannya, apa banyak debu? apa ruangannya ber-ac? mas bisa kasih obat yang saya tulis di artikel suplemen penambah daya tahan tubuh musang

      Delete
    2. Pagi mbk,, mau tanya nih.. Musang saya masih berumur sekitar 0-9 bulan,, boleh tidak makan buah pir

      Delete
  25. Dok kenapa yaa musang saya tidak mau makan buah umur nya masih 2 bulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau umurnya masih 2 bulan, yang penting dia mau makan. itu aja dulu. kasih apa yang dia mau makan aja. setelah 4 bulan, mas bisa praktekkan artikel di atas...

      Delete
  26. Dok maaf tanya lagi ini musang saya umur 2 bulan dia kalau di dalam kandang gitu tak kasih tangan dia langsung gigit2 gitu rasa nya muayan sakit sampe beret2 tangan nya kada stike juga tapi kalau di keluarin dari kandang dia nggak gigit nggak nyerang gitu solusi nya gimana dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia belum begitu kenal sama mas. jadi ya gak ada cara lain selain terus pendekatan dan penjinakkan. sering2 diajak main. tapi setau saya sih sejinak apapun musang, dia pasti akan gigit.
      hmm, coba mas baca artikel saya cara agar musang anteng.... mungkin bisa jadi referensi...

      Delete
    2. Tapi dia kyk gitu cuman malam doang dok habis mahrib kalau dia nya udah tidur tak bangunin dia nya nggak gigit2 lagi kadang gigit cuman nggak sakit kalau habis mahrib itu gigitan nya sampe beret2 nggak sampek berdarah

      Delete
    3. oh, itu wajar kok.
      intinya dia becanda aja gigitnya. biasanya kalau musang kayak musang mas gitu, arti gigitannya cuma ngisengin aja. ngajak becanda. kalau toh dia mau beneran gigit, biasanya arti gigitannya cuma 'ini bisa dimakan nggak ya?'.... kayak gitu...

      tapi secara umum, musangnya sehat kan? yang penting dia sehat dulu... :)

      Delete
    4. Musang nya sih sehat dok tp kalau makan lumayan susah nggak lahap gitu sering nggak habis juga kakau besar kira2 bisa gendut nggak dok pengen musang yg gendut

      Delete
    5. udah saya tulis kok artikelnya, salahsatu artikel terbaru saya bahas apakah semua musang bisa gendut....

      maaaaaaf banget karena saya baru balas... :)

      Delete
    6. Dok kenapa yaa tiba tiba bulu musang ku rontok umur nya 2 bulan setengah padalan keberdihan kandang nya terjaga takandiin setiap hari

      Delete
    7. dia suka garuk2 badannya gak?
      ada kemungkinan kutuan?
      kalo emang dia suka garuk2 badannya, coba cek kulitnya. ada kayak bintik2nya gak.

      mas bisa kasih minyak kemiri khusus musang. udah ada artikelnya.

      minyak kemirinya jangan terlalu basah. pake sisir kecil aja makeinnya. kalo udah terlanjur terlalu basah ke bulunya, lap aja pakai handuk kering...

      Delete
    8. Nggak ada bintik2 dok dia nya juga nggak garuk2 dok

      Delete
    9. kemungkinan karena emang lagi ganti bulu aja mas. pergantian bulu. :)

      Delete
    10. Sama itu dok dia sering gesekin pantat nya ke lantai

      Delete
  27. Dok musang saya umur 2bulan setengah apa boleh di mandikan setiap hari tapi udah terlajur tak mandikan setiap hari kalu nggak di mandikan badan nya kotor pagi nya sering kotor soal nya kena makanan nya soal nya aktif banget kalau gerak

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dimandikan tiap hari.
      cukup dilap pakai handuk yang dibasahi air hangat.

      abis makan juga lap aja badannya pakai tisu basah non alkohol, terutama bagian yang kena sisa makanannya...

      Delete
  28. Dok apa boleh musang di kasih makan tempe rebus ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh aja. tempe mentah juga gak masalah. asalkan yang masih fresh. jangan yang udah busuk atau berbau... :)

      Delete
  29. Dok mautanya musang saya hairlos parah banget terus kurus tapi perut dia buncit umur nya 3 bulan jenis musang bulan dok kalau nafas juga sering ngangguk ngangguk tp feses nya padet makan nya juga susah sama jarang gerak

    ReplyDelete
    Replies
    1. lakukan hal berikut ini:
      1. mas ada dugaan hairlossnya karena apa?
      kutu?
      coba cek, dikulitnya ada titik2 hitam yang gerak2 gitu nggak? kalau emang ada, coba beli antitick spray di toko perlengkapan makanan burung. opsi lain, mas bisa mandiin pake air anget + dettol cair. mandikan kalau cuaca lagi bagus, idealnya pagi2.
      2. jaga kebersihan kandangnya. karena percuma kalo musangnya mas bersihkan tapi kandangnya nggak. bisa jadi nanti kutunya balik lagi, balik lagi.
      3. coba kasih minyak kemiri khusus musang. ada kok artikelnya, di sana ada cara belinya.
      cara ngasihnya juga udah ada artikelnya. tinggal dibaca dan praktekkan.

      lakukan ya mas...

      Delete
  30. Dok musang ku gk mau makan kepala ayam???


    Gmna buat mau makan kepala ayam, dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas.
      biar musang bisa makan apa aja, coba baca artikel di atas :p

      Delete
  31. dok kalau musang saya kalau beol cair trs knp yha?? sama dibokongnya setiap hari basah trs

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas kasih susu ya? jangan dikasih susu, mas.
      stop susunya.
      kasih bubur bayi promina aja.

      sayangnya mas gak ngasih tau umur musangnya berapa...

      Delete
    2. sekarang umur 3 bulan, tak kasih pisan sama bubur sun ngak mau makan dok, kenapa yho dok padahal ngak tak kasih susu lagi

      Delete
    3. umurb3 bulan, tak kasih bubur sun sama pisang ngak mau makan sama ngak lincah seperti dulu badanya kurus dan lemas kalau beolnya warnanya coklatt kayak ada itemnyaa Kenapa yha dokk ,gimana caranya biar sehat lagi

      Delete
    4. mas bisa coba kasih bubur bayi promina.
      terus 2x sehari mas bisa kasih air kelapa muda campur sari kurma. karena kayaknya sistem pencernaannya terganggu. :)

      lakukan yang saya perintahkan ya mas. kabari lagi

      Delete
  32. kalau sari kurmanya ngak ada dikasih air kelapa mudah doang gpp ta dokk, tak kasih ngak mau makan dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, kalau mau kasih sari kurma aja, mending mas kasih kurma tahnik, kayak di artikel SUPLEMEN PENAMBAH DAYA TAHAN TUBUH MUSANG

      Delete
  33. Dok musang rase saya gak mau makan nasi am kecap,maunya makan pisang doang,gimana caranxa agar musang saya mau mkan nasi am kecap dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. musang rasenya umur berapa?
      malah menurut saya bagus kalau dia mau makan pisang. kalau mau dibiasakan makan nasi, bisa baca artikel saya cara agar musang mau makan apa saja. itupun kalau musang rasenya udah diatas 3 atau 4 bulan...

      Delete
  34. musang saya umur 3 bulanan la gitu.. tapi kok suka nya cuma pisang aja... kayak pepaya sama bubur gk mau dia

    ReplyDelete
  35. kasih tip nya dok.. soal nya kasian dok.. gk besar2 badan nya

    ReplyDelete
  36. musang saya umur 3 bulanan la gitu.. tapi kok suka nya cuma pisang aja... kayak pepaya sama bubur gk mau dia

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo belum 4 atau 5 bulan, sementara kasih aja yang dia mau, mas.
      kalau udah diatas 5 bulan, mas bisa baca artikel di atas. dan praktekkan.

      Delete
  37. Dok musang saya umur ±1½ bulan( baru tumbuh gigi) ,makan cuma tak kasih susu ,,trus sekarang tak joba pisang di penyet ko ga mau yah dok, maunya cuma minum susu, apa itu wajar dok???

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih susu. gak cocok buat sistem pencernaannya.
      mending mas kasih bubur bayi promina rasa beras merah. itu lebih bagus...

      Delete
  38. Ooooo gitu ya dok, nanti tak ganti bubur deh, lah kalo masalah nggamau makan pisangnya tu gimana dok apa emang wajar kalo masih baby musangnya

    ReplyDelete
  39. Kalo pake bubur promina beras merah yg buat umur berapa dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bubur bayi beras merah, mas. umur berapa aja. :)

      kalau soal dia gak mau makan pisang, kayaknya karena belum terbiasa aja... :)

      Delete
  40. Oo gitu yah dok, caranya biar terbiasa gimana dok, masa masih baby di suruh puasa ya kasian, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan udah dijelasin di atas, trik diatas cuma buat musang 3 bulan ke atas, hehehe...

      jadi kalau masih bayi, kasih aja makanan yang dia mau dulu. apa aja. yang penting dia mau makan...

      Delete
    2. Oiiiya maaf dok kurang teliti,, ,saya kasih makannya bubur promina dok, buburnya saya seduk cair(encer) gak kentel dok kalo kentel kaya bubur dia ga mau dok itu ngga papa dok???

      Delete
    3. Oiiiya maaf dok kurang teliti,, ,saya kasih makannya bubur promina dok, buburnya saya seduk cair(encer) gak kentel dok kalo kentel kaya bubur dia ga mau dok itu ngga papa dok???

      Delete
    4. nggak apa2. :)
      sekarang gimana keadaan musangnya? yuk lapor.. :D

      maaf karena baru balas... kabari lagi...

      Delete
  41. Dok Saya punya musang pandan Umur 1 thm an Cara biar suka Makan Apa saja gimana ya?soalnya Makan nya suka pilih pilih

    ReplyDelete
  42. Saya kembali dok, makasih banyak dok, dok musang saya udah ngga gatel" lagi trus bintik" merahnya juga udah ilang

    ReplyDelete
  43. Trus ada yg mau saya tanyakan lagi dok, dok musang saya si mona umur 3 bulan saya rawat dr merem sekarang gigi udah tumbuh tapi makannya jadi susah dok biasanya saya suapin bubur pake pipet sekarang susanh dok di kasih makan malah pipetnya yg di gigitin dok trus dia juga suka gigit tapi nggigitnya itu agak sakit dok ngga kaya pas belum tumbuh gigi apa itu wajar dok?? trus dia juga udah ga bonding lg dok tadinya bonding ,apa itu wajar dok bagi musang yg mau dewasa???

    ReplyDelete
  44. dokter, mw tnya....
    knpa musang ku gmw makan" yaaaa ... wes 3hari ini saya adops ....
    tk kasih pisang, bur sun , pepaya , kpla ceker rebus , ttep gmw mkan cman td siang tk tinggalin pisang 2buah habis ...
    tpi klo di suapin kok gmw ya , aku taku sakit aja, kondisi tetap jinak dan suka tempat gelap dan males".an menurut dokter enak.e di apain .... sdh saya blikan scot emulsion barusan, smpai" smw mkanan dan minuman.nya saya campuri scot emulsion ....
    apa perlu d bwa k dokter hwan ????

    makasih para dokter ...
    dan yg mendengarkan ....

    ReplyDelete
  45. dokter, mw tnya....
    knpa musang ku gmw makan" yaaaa ... wes 3hari ini saya adops ....
    tk kasih pisang, bur sun , pepaya , kpla ceker rebus , ttep gmw mkan cman td siang tk tinggalin pisang 2buah habis ...
    tpi klo di suapin kok gmw ya , aku taku sakit aja, kondisi tetap jinak dan suka tempat gelap dan males".an menurut dokter enak.e di apain .... sdh saya blikan scot emulsion barusan, smpai" smw mkanan dan minuman.nya saya campuri scot emulsion ....
    apa perlu d bwa k dokter hwan ????

    makasih para dokter ...
    dan yg mendengarkan ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur musangnya berapa?
      coba tanya ke yang jual, biasanya dikasih makan apa?

      dan coba kasih bubur bayi promina, dibuat agak kental. taro aja di kandangnya, terus tinggalin. jangan diliatin.

      Delete
  46. Dok musang saya umur sekitar 3,5 bulan, udah bisa makan sendiri tapi dia pengen nya daging sama kuning telor rebus doang. Di kasih buah dia ga mau malah ngumpet.
    Minum nya juga ga suka air putih. Air gula/bubur bayi encer baru dia mau minum di ndot, klo ga di ndot dia ga mau. Cara bikin minum sendiri gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara kasih aja makanan yang dia mau dulu. gak apa2. nanti setelah 5 bulan, mbak bisa praktekkan artikel cara agar musang mau makan apa saja...

      Delete
  47. Dok kok musang saya gak mau makan nasi, buah ma daging mulu,saya pengen kasi nasi agar dy mau gimana dok
    Muskar 4 bulan

    ReplyDelete
  48. Dok mau tanya pada umur berapa musang berhenti nggigit,,musang saya umur. 3,5 bulan dia masih seneng gigit jari kaki, tangan nggitnya rada getet,, saya pelihara dr kecil padahal dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama aja kayak manusia, mas. ada yang usil, ada juga yang gak usil. musang juga gitu. rata2 kalau dari kecil dipelihara, biasanya cuma ngajak main doang. bukan gigit serius....

      agak susah sebenernya biar musang gak gigit. mau sejinak apapun, musang pasti gigit... minta musang biar gak gigit sama aja minta ikan yang bisa hidup di darat...

      Delete
  49. Trus mau tanya lago dok sekarang umur musangnya udah 3½ bulanan dok dulu pas kecil tak kasih pisang doyan trus saya ganti pake bubur promina karna kalo di kasih makan pisang pupnya keras,, trus nyampe sekarang malah Doyanny bubur aja dok nasi buah ga suka,, apa udah boleh dok di pake cara di atas, biar musangnya mau makan nasi/buah

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas...
      nanti aja, tunggu sampe umur 4 bulan, baru praktekkan cara di atas... :)

      biar pas pup gak susah, udah mas coba kasih buah pepaya matang yang dijus (airnya dikit)?

      Delete
  50. *Kerasnya nyampe jungkir ke depan kalo lg pup dok ,,,,kalo pake bubur kan lancar

    ReplyDelete
  51. Ass.dok saya punya musang pandan umuran 3 bulan.sudah 4 hari ini saya adopsi tidak mau makan.dan saya tanya kepada majikan dulunya pun bingung.bagai mana dok tipsnya aga musang biar mskan kembali

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas tanya sama yang jual, biasanya dikasih makan apa...

      coba kasih makan bubur bayi promina, dibuat kental (jangan terlalu cair/encer). taro aja di kandangnya, terus tinggalin. karena kadang ada musang yang gak mau makan kalau diliatin...

      Delete
  52. Dok, musang saya giginya baru tumbuh, kira" umur brp ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel SIKLUS HIDUP MUSANG dan artikel CARA MENGAWINKAN MUSANG.

      Delete
  53. Assalamualaikum dok numpang tanya. Saya ada musang giginya sudah berasa si di gusi tp dia belum mau belajar makan sendiri dok maunya nyusu. Apa nanti sesuai perkembangan umurnya dia bisa makan sendiri ya? Atw emang harus diajarin? Trus juga kalo nyush itu gk habis sebotol paling cuman seperempat abis itudia tidur trus ada kali 1 jam dia bangun ngiuk ngiuk gtu trus saya ksh susu lg abis itu tidur lg itu wajar gk ya dok nyusunya bertahap gtu? Makasih dokter yg sudah mau jawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. taro aja bubur bayi promina di kandangnya, nanti dia makan sendiri...
      dan jangan dikasih susu, mas... cukup kasih bubur bayi promina aja sebagai makanannya...

      kabari lagi...

      Delete
  54. Dok musang saya umur 5 bulan , kueh-buah-nasi dia doyan tapi harus di suapin. Kalo di taro dikandang malah ga dimakan. Cara biar bisa makan sendiri di apain ya?

    Malah Tempat makan nya suka di pup in 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetep taro aja makanannya di kandang, mas... jangan dibiasain disuapi terus... :)

      Delete
  55. Dok mau tanya.musang pandan anakn dok.umurnya 3 bulan keatas dok.
    Saya kasih makn bubur sun sama pisang dok.tiap hari makny itu dok dan sekarang kurang nafsu maknya dok.
    Jadi gemana solusinya dok. Terimakaskh dok atas waktunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana? mencret sampe kayak air?

      mungkin ganti aja bubur bayinya pake promina. sun emang kadang bikin nafsu makannya kurang. anakan musang lebih suka bubur bayi promina....

      mas bisa kasih sari kurma tetes merk tahniq. coba mas baca artikel saya: suplemen penambah daya tahan tubuh musang.

      Delete
  56. Assalamu'alaikum dok,
    Minta solusi dan Masukannya, musang saya sudah mau hampir umuran 3 bln dok, tapi dia tetep masi gak bisa makan sendiri, masi demen ngedot ajh, gimana cara ngajarin supaya bisa makan sendiri, Hatur Nuhun Sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. taro aja makanannya di kandang, mas.
      kasih bubur bayi promina aja.

      Delete
  57. Dok, musang saya umur 3bulanan, udah doyan ngigitin barang, tp mkanny harus dicekoki ke tenggorokanny pake spetan, klo ngak, dia gamau mkan,apalgi buah2an atau tumbuhan, klo mknan daging daging ikan atau catfood, dia dimkanny dkit, klo mknann ditaro dikandang gk pernah dimkan, malah dihambur2in, kira2 ada solusiny gak dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dipuasakan. bisa ikutin cara di atas.
      biarin aja taro makanannya di kandang, coba pake bubur bayi promina... buat agak kental, jangan banyak2 airnya... jadi semi padat gitu... :)

      Delete
  58. Tp klo difreeroom suka ngendus2,klo ada tulang ayam bekas mkan kucing, suka digigitinny

    ReplyDelete
  59. Dok, musang saya si cimot umur 2bulanan Lebih, dia maunya makan cat food doang, dikasih pisang gamau,pepaya juga gamau. Soalnya kebiasaan dari owner pertamanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara nggak apa2 kasih makan cat food. nanti setelah usianya diatas 4 bulan, mas bisa praktekkan artikel di atas....

      Delete
  60. Dok, musang saya udh 4bln lebih, tp msih saja gmau mkan yg saya ksih, waktu itu saya puasakan,malamny saya ksih makan, msih gak dmkanny, bsokny sama aja, sampe jdi ganas musangny, frustasi gua

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak mau makannya karena apa dulu?
      penyakit bukan?

      coba cek dulu fesesnya.

      Delete
  61. Emng dr kecil susah dksih makan, gamau makan buah2an, jdi dr mejem smpe skrng mkanny dicekokin,soal feses ny bagus2 aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi masalahnya karena sangat terbiasa disuapin terus ya mas.
      mending taro aja makanannya di kandang. tiap 6 jam sekali ganti. coba pake bubur bayi promina.

      kita biasakan biar dia bisa makan sendiri...

      Delete
  62. Dok kenapa Musang saya tidak mau makan buah, padahal suda saya puasakan 1hari full, tetep aja dia tidak mau makan buah
    Solusinya gimana dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja di loloh pake jus buah pepaya dulu, mas... biar dia nyobain... abis itu, coba dipuasakan lagi...

      Delete
  63. Dok klo minyak tawonnya diganti minyak kayu putih bisa gk, musang saya pincang gara-gara keinjak, umur 2bulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa bisa keinjek sih mas? cek, apakah ada tulang retak atau patah....

      karena kalau sampe patah atau retak, percuma diobels minyak tawon juga.... kalau cuma terkilir mungkin masih bisa....

      maaf karena baru balas...

      Delete
  64. dok gimana ya musang saya umur 3bln belom bisa makan sendiri, masih pau di padd itu juga harus di paksa,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya dipad gimana mas? disuapin gitu?

      jenis musangnya musang apa? kalau bukan musang rase, mas bisa coba taro aja makanannya di kandang, terus tinggal. jangan diliatin.

      Delete
  65. Dok musang rase saya ada 2, mereka ±umur 2 bulan,kalo hanya mau makan bubur rasa ayam dan biasanya saya campur telur puyuh mentah. Sekarang sdh tumbuh gigi, apa sdh boleh di ajarkan makan ati ayam atau nasi?
    Dan salah satu dari mereka ada yg pup berdarah. Fesesnya tidak mencret hanya agak lembek di banding feses saudaranya bagaimana cara mengobatinya?
    Terimakasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih madu lagi. setelah dikasih madu, eek-nya jadi mencret ya bu? bener? cukup kasih bubur bayi promina aja.

      untuk sementara kasih bubur bayi aja dulu bu. nanti setelah giginya udah lengkap, baru kasih blenderan hati ayam... :)

      rase emang sangat rentan di sistem pencernaannya.... :(

      maaf karena saya baru balas. kabari terus.

      Delete
  66. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  67. Saya juga miaranya musang rase umurnya sekitaran 2-3 bulanan

    ReplyDelete
  68. dok saya baru 3/4 hari piara musang, kira kira umurnya 4 blnan kurang lebih kalo ga salah, hasil tangkapan liar,terus mau makannya hanya pagi sama sore aja dok itu juga hanya setengah dari potongan pepaya apa porsi makannya emang segitu dok?,
    dan saya juga jarang liat dia minum dok, udah di kasih air+sari kurma juga saya jarang liat dia minum,susu,air mineral,teh juga jarang/bahkan saya ga pernah liat dia minum, gimana sokusinya dok?

    ReplyDelete
  69. sangat ditunggu jawabannya dok :)

    ReplyDelete
  70. Dok muspan saya umur 2 bulan sehari makan pisang ga ada setengahnya..
    Keliatan kurus..
    N cara obatin luka biar cpt kering gimana y???
    Saya beli sma orang n dia dpt nembak kena dibagian paha bgaian belakang tp ga ngenai tulang mungkin nyeremepet tulang jd agak pincang...pa masih bisa sembuh ya dok???

    ReplyDelete
  71. Dok kenapa musang saya tidak mau makan buah buahan... Dia maunya makanan hidup. Saya kasih pisang dia nggak mau. Tp pas saya kasih cicak dia langsung nyamber dok .. Mohon pencerahan dok

    ReplyDelete
  72. Susu yang pas buat musang susu apa dok umr 3bln ke ats

    ReplyDelete
  73. Dok mau tanya musang saya umur -+8bln, makanny kok dkit2 ya, sering dikasih nasi mix telur/ daging ayam, klau nasi saja kurang lahap.
    Saya ngasih mknny pagi & sore tp ga pernah habis, cm mkn dkit2, tp klau bubur bayi + gula merah dibkin encer doyan banget, gmna ngatasiny biar mkn nasiny lahap

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo nasi aja, kadang emang dia kurang begitu suka mas. campur dengan jenis makanan lain aja, misalnya nasi mix sama telur, nasi mix daging ayam, atau nasi mix ikan....

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.