Cara Membawa Musang Bepergian | Drh. Fira Sovica

Membawa musang travelling

tentu mengasikkan, terlebih jika perjalanan yang akan ditempuh cenderung berjarak jauh, sehingga bisa menghilangkan penat dan suntuk saat perjalanan. Artikel berikut akan mengupas cara membawa musang bepergian agar musang tetap sehat dan tidak stress saat dibawa travelling. Artikel ini berkaitan dengan artikel cara memelihara musang sebagai hewan peliharaan.
Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar musang bisa tetap sehat dan stress-free saat dibawa jalan-jalan. Dan inilah beberapa tips cara membawa musang bepergian:
Cara Membawa Musang Bepergian
Image taken from kaskus.co.id


  1. Untuk musang dewasa, anda bisa menggunakan travel box yang biasa digunakan untuk membawa kucing dengan ukuran yang disesuaikan dengan ukuran musang yang dibawa. Sedangkan untuk musang yang berusia masih dibawah 3 bulan, anda bisa membawanya dalam dus kecil yang diberi alas kain di dasarnya.
  2. Sebaiknya tidak menempatkan musang di dalam bagasi. Untuk musang yang masih anakan, taruh musang di pangkuan anda selama perjalanan, dan untuk musang dewasa, anda bisa menempatkan musang di bawah kursi anda dengan terus diawasi.
  3. Berikan pakan secara teratur sesuai jadwalnya.
  4. Saat mencapai tujuan, anda bisa memberinya air madu agar stamina musang bisa kembali fit setelah perjalanan. Akan lebih baik jika jenis madu yang diberikan adalah jenis madu asli, bukan madu dalam kemasan sachets.
Demikian adalah

cara membawa musang jalan-jalan

yang penulis tulis berdasarkan pengalaman sebagai dokter hewan. Semoga artikel di atas bisa menjadi acuan bagi anda. Terima kasih. (FS)

37 Responses to "Cara Membawa Musang Bepergian"

  1. Dok muspan saya umur 1bulan klo dibawa jogja pacita naik motor pke pet cargo boleh gk ? Trs makanan yg baik buat dia apa ? Sama klo dikasih air gula/madu boleh gk ?
    Makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau umur segitu lebih baik di box/kardus kecil, kasih lubang 2 atau 3 di dindingnya, dan kasih kain di dalemnya.... biar dia bisa menyusup ke dalam kain itu.... :)

      Delete
    2. Makanan yg baik buat dia apa dok ?boleh dikasoh air madu/gula gk ?

      Delete
    3. selama perjalanan maksudnya? kasih bubur bayi aja.
      minumnya air madu. jangan lupa lap sisa air madu di bulunya kalo abis minum... :)

      Delete
  2. Dok ada tips ninggalin bayi musang sehari 2 hari ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau musangnya belum bisa makan sendiri (masih disepet), lebih baik titipkan sama orang lain (tetangga. teman, dll) sambil diajari kasih makannya gimana...

      kalau udah bisa makan sendiri, tinggalkan saja buah-buahan potong dalam mangkok di kandangnya. pepaya saya sarankan. agak banyak, sekira cukup buat 2 hari..... saya tidak menjamin dia akan tetap sehat selama ditinggalkan, jadi setelah kembali, lebih baik dicek kesehatan musangnya....

      Delete
  3. Dok mau tanya,kalo musang sring d kasih pala ayam,apa itu bisa mpengaruhi karakter musang?misal yg tadinya jinak bisa jadi galak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya buatkan artikelnya
      silakan cek artikel saya Apakah Daging Membuat Musang Jinak Jadi Galak?

      Delete
  4. dok kmarin saya beli musang dari temen usia 2bulan, lalu dibawa pulang oleh saya. musangnya saya masukin kedalam kandang besi dan diikat di belakang motor, setelah sampai dirumah, saya lihat jalannya agak pincang dan sedikit sempoyongan mungkin terkena benturan kandang saat perjalanan, penanganan nya gmna dok agar sembuh??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bawa musang anakan pakai motor, jangan seperti itu mas bawanya. pakai dus karton aja (bekas mie instan). kasih kain di dalamnya, baju bekas.

      coba mas kasih air madu aja selama 2 hingg 6 hari.... kasih saya kabar selanjutnya ya mas... :)

      Delete
    2. sebelumnya saya belum tau cara bawa musang dok jadi gtu deh,,
      kasih madunya takarannya berapa dok?? trus di spet apa dimasukin ke tempat minumnya ajah??

      Delete
    3. jangan terlalu manis, namun buat agak manis. hehehe.gimana ya ngejelasinnya? ya pokoknya dikira2 gak kemanisan aja.. :D

      dicampur ke tempat minumnya aja mas..

      Delete
    4. dok musang ku sampai sekarang masih sempoyongan klo jalan, gmna nih dok, apa harus dikasih repcal??

      Delete
    5. kalau dibawa ke dokter hewan aja gimana mas? treatment yang kemaren saya anjurkan sudah dilakukan?
      soalnya diperlukan diagnosa juga. saya kan gak bisa liat musangnya. mas juga gak ngasih tau saya bentuk fesesnya, dll.....

      saya jadi bingung buat tahu apa penyakitnya...

      Delete
  5. Dok mau tanya, saya rencana mau pelihara muspan yg anakan umur 2/3 bulan tapi saya itu kerjanya di luar kota dan ngekos disana setiap weekend pulang ke rumah. yg jadi pertanyaan apakah bisa klo setiap saya pulang seminggu sekali musangnya di bawa dengan perjalanan kurang lebih 50 km setiap minngu nya?? mohon pencerahannya ya dok biar saya yakin apa bisa pelihara muspan apa gmn yg bagusnya menurut dokter.. terima kasih dokter,

    ReplyDelete
  6. Dok saya mau nayak ,musapan saya gak mau makan lagi itu kenapa ya dok ,usia nya masih 2bln ,minum air gula ,susu ,madu masih mau tapi makan pepaya atau pisang gak mau dok ,dan bab nya jarang dok ,terimakasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kasih bubur bayi. buah2an cukup seminggu sekali aja.
      dan jangan dikasih susu. hentikan aja pemberian susunya. mas bisa ganti susu dengan sari kurma.

      Delete
  7. dok, karena mau mudik lebaran saya bawa si rase dg perjalanan 7 jam pakai mobil. takutnya dia stres lagi terus hissing kayak waktu saya beli, soalnya masih semi jinak.. gimana dok biar dia nyaman gitu? wkwk bener2 harus sabar kalo bondingin rase
    terus kalo misal air madu diganti sari kurma boleh?
    makasiih

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama perjalanan, taro aja di kardus yang dikasih kain. dan jangan ditaro di bagasi tapi taro aja di dalam mobil. biar dia gak kepanasa.... kardusnya boleh ditutup dengan dibuka atasnya sesekali... dinding kardus dikasih bolong2...

      iya, hehehe. apalagi kalo pelihara rase dewasa. bener2 harus sabar. kalo lebih cepet bonding, pelihara rase anakan aja.... tapi daya tahannya lebih lemah kalo masih anakan... :)

      air madu boleh dikasih sari kurma

      Delete
    2. si kuro (nama rase saya) umurnya sekitar 3-3,5bln dok meski anakan tapi karakternya emang kepala batu dan dia suka stress kalo dideketin orang lain, lari di kandang sambil manjat gitu 😅

      oiya dok, kalau dengan karakter kuro yg gitu bisa dipasang harness kah? jadi maunya saya freeroom di kamar / di dalem rumah sambil dituntun harness

      Delete
    3. mending jangan dipasangin harness dulu, mas... :D

      udah berapa lama pelihara si kuro? :D

      coba aja ajak main terus. masnya merokok? kalau gak merokok, taro aja kaos bekas pakai mas di kandangnya. di atas kandangnya. dilebarin. biar dia bisa cium bau tubuh mas...

      sama kayak rase saya dulu, mas... kayak gitu juga, hehehe...

      Delete
    4. oke dok kalo gitu ngga saya pasang harness dlu..
      masih 2 bln adopt dok, kata yg jual semi, eh ternyata liar 😂
      sudah dok, sudah saya kasih baju bekas pakai, dianya juga uda hapal bau saya, kalo pas saya elus kepala dia kan ga suka, kayak mau gigit gitu tp gajadi. gigit pun cuma mainan aja

      btw dok, saya cewe 😂😂 maaf ya dok saya tanya2 terus 😫 soalnya kemarin saya dapet ilmu yg salah buat bonding si kuro.. untung aja dokter share 😃😃 terima kasih banyak

      Delete
    5. hahahaha. mohon maaf. :D
      saya gak liat foto mbaknya... :D

      rase lebih gampang jinak/imprint/bonding sama cewek, sepengalaman saya kayak gitu. gak tahu kenapa, tapi mungkin ada hubungannya sama aura/chakra cewek. jadi ada hubungannya sama imprint. coba mbak baca artikel IMPRINT PADA MUSANG...

      Delete
    6. iya dok gpp.. :D
      sudah dibaca tuntas dok artikelnya :D
      kata temen saya juga termasuk cepet, malah awalnya temen saya saran dipangkur aja kalo ga jinak2.. cuma saya ga tega, jadi coba deketin pake feel aja kayak yang dulu saya lakuin sama kura2 saya. hehe

      oiya dapat salam dari si kuro dok :D
      https://postimg.org/image/joeoaohxl/

      Delete
    7. rase nggak boleh dipangkur. malah stress nantinya.

      dan emang bener. mungkin mbak dan kuro udah imprint.

      dan bener, cara pendekatannya pake feel. (y)

      kabari terus ya mbak

      Delete
    8. oke dok, terima kasih banyak :D

      Delete
  8. Dok saya ingin tanya,apakah musang bulan aman bila di beri stimuno syirup pada saat perjalan mudik,thx

    ReplyDelete
  9. malam dok, alhamdulillah mudik kemarin kuro ngga rewel :D pas uda balik rumah, dia tidur mulai subuh sampe maghrib, siang dibangunin makan cuma ngelirik aja trs tidur lagi. tapi malem uda balik pecicilan lagi

    cuma tadi pas saya abis bersihin kandang, dia bersin2 dok. pupnya abis normal terus encer. dari pulang mudik, setiap pagi dia dijemur soalnya kayak kedinginan gitu dok, terus sekarang jalannya malah kayak agak merangkak. nafsu makannya tetep lahap, tetep main2 juga sama saya. apa dia kecapean ya dok?
    mohon bantuannya ����

    ReplyDelete
  10. dok terima kasih sebelume pertanyaan saya selalu dijawab..
    Mau tanya lagi dok..
    Poopnya muspan aq pertama kluar(sisa makan siang) sih warnanya sama kayak buburnya..
    Trus kalau malem warna poopnya kadang kuning, coklat bahkan hitam..
    Tpi kalau kuning n coklat kehitaman itu waktu makan bubur..
    Klw kehitaman gitu waktu makan palyam..
    Kadang disekitar poopnya ada airnya kayak poop sekaligus pee..
    Apa gpp dok..
    Biasanya dia makan klw siang : bubur + sari kurma
    Malam : kadang bubur atau palyam
    Baunya sih kadang kayak (maaf) tai ayam yg hitam yg bau ituloh. (jawanya : telek lentong)
    Dia sih tetep aktif..
    Trus knapa ya dok muspanku klw dah tak mandiin mesti dia ngambek, makannya jadi sedikit, trus klw ngliat aq, dia kayak mau bilang "aq itu gk mau dimandiin, kmu jahat, awas kmu"😁😁..
    Jadi bingung mau tak mandiin seminggu 2 kali..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa2, itu masih sehat kok. :)
      seenggaknya gak mencret. itu udah bagus. :D

      nah, itu dia. hehehehe. dia males mandi kayaknya. dan biasanya sifat jelek kita itu tercermin ke musang kita. beneran. mbak dulu waktu kecil juga males mandi, bener? :D

      cukup seminggu sekali aja kalo gitu. pake air hangat + shampoo bayi yang tidak pedih di mata... :)

      Delete
  11. Ih dokter suka bicara bener deh..😂😂😂😂
    Dibongkar deh sama dokter..😂😂😂
    Oke dok terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, saya juga gitu. :D
      kalo saya, dulu sama burung hantu saya. si errol. :D

      sekarang gimana keadaan musangnya, mbak? :)

      Delete
  12. Dok maaf mau crht dan tnya
    Dok muspan saya kalau mandi. setlt" nya aja 3hr sekali.. trus 2hr sekali saya sibin mengingat cuaca.. tkt nya flu...
    Dan makan juga tidak pernah kosong di tmpt nya

    Pertnyaanya...knpa muspan saya suka jilatin bulu nya ya dok bagian perut n ekor...? Itu pun sampe basah semua dok
    Tp yg perut g rontok.. cmn kuning wrnanya..
    Mhn saran nya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuaca emang lagi gak bagus buat hewan. banyak hewan sakit akhir2 ini karena cuaca. mending jangan dimandikan dulu.

      soal musang mas yang suka jilat2 perutnya, mungkin ada kaitannya karena dia gak dimandikan. sama aja kayak kucing, mereka menjilati bulunya untuk membersihkan bulunya (grooming). jadi wajar kok. :)

      Delete
  13. Dok, apa cara bawa berpergian otter sama dengan musang?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.