Cara Merawat Luka Akibat Gigitan Musang | Drh. Fira Sovica

Digigit musang adalah resiko yang mau tidak mau harus diterima oleh orang yang memelihara musang karena pada dasarnya, musang adalah hewan buas.

Cara mengobati luka akibat gigitan musang

perlu diketahui oleh pecinta musang. Artikel ini berkaitan dengan artikel resiko memelihara musang sebagai hewan peliharaan.
Cara Merawat Luka Akibat Gigitan Musang
Image taken from calacademy.org


Mengobati luka karena digigit musang bisa dilakukan dengan cara berikut.
  1. Siapkan wadah berisi air bersih dan tuangkan cairan dettol antiseptik dengan takaran yang tepat untuk luka. Bisa dilihat di kemasan dettol antiseptik.
  2. Bilaslah luka dengan air keran yang mengalir hingga darah yang keluar dari luka berkurang. Setelah itu, bilas lagi luka dengan larutan air dan dettol antiseptik.
  3. Taruh beberapa gumpal kapas di atas luka, lalu bebat dengan kain kasa khusus luka. Biarkan selama 3-4 hari hingga darah dari luka gigitan musang berhenti.
  4. Rajinlah mengganti kapan dan kain kasa, maksimal 4 hari sekali.
Ada cara ampuh agar musang tidak gigit. Anda bisa membaca artikel saya cara agar musang tidak gigit atau cara agar musang anteng.
Demikian adalah

cara merawat luka akibat digigit musang

. Semoga artikel singkat ini bisa membantu para pecinta musang yang kena gigit musang. Saran, komentar, dan kritik masih saya tunggi di sini. Terima kasih. (FS)

34 Responses to "Cara Merawat Luka Akibat Gigitan Musang"

  1. dok. apakah gigitan musang berbisa? bop sya digigit musang trus gak kuat lagi berdiri, cuma kakinya gak berdarah, gimana perawatannya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak. musang gak berbisa.
      ada kemungkinan cedera tulang? mungkin patah atau fracture? retak.....

      agak susah sebenernya karena saya nggak bisa liat langsung bopnya. bisa mas kirim gambar via chat? saya tunggu ya...

      Delete
    2. Ini dok. Saya barusan digigit, sampek mati rasa jari saya

      Delete
    3. dirawat, mas, lukanya....
      emang udah resikonya pelihara musang sih kalo di gigit... :(

      Delete
  2. Met malam Dokter,
    Kura2 darat saya digigit musang keempat kakinya, kaki depan cukup besar bolongnya. Sekarang saya sudah bersihkan pakai detol, pake betadine, dan sekarang pake titayocin ditempel kavan lukanya.
    Hari pertama ini dia belum mau makan.
    Apakah ada saran Dokter?
    Dan apakah boleh saya kasih Bioplacenton?
    Terima kasih Dokter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa bisa kejadian sampe digigit gitu mas?
      itu kura2nya kesakitan, makanya dia nggak mau makan. mending bawa ke dokter hewan terdekat biar bisa dapet obat penghilang rasa sakit, mas.... sekalian dicek lukanya...

      Delete
  3. maaf mau nannya dok, sya digigit musang hingga mndapat 4 jahitan dilukanya. apakah perlu meminta tambahan vaksin TT pada luka saya. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. dokter yang jahit lukanya nggak ngasih opsi itu?
      kalo menurut pendapat saya, selama musangnya sehat, nggak perlu sih. kecuali kalau musangnya musang liar...

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Pertanyaan 1.
    Dok mau tanya apakah Bekas luka gigitan musang yang berdarah cukup saya bersihkan dengan air keran dan saya kasih betadin dan Apakah saya juga wajib pergi kedokter buat periksa.?
    Pertanyaan 2.
    Dokter mau tanya musang saya umur 4 bulanan biasa gigit bercanda. Tapi 1 minggu lalu saya digigit bercanda tapi berdarah.apakah berbahaya buat saya dok..?

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Dokter mau tanya. musang saya umur 4 bulanan biasa gigit bercanda. Tapi 1 minggu lalu saya digigit bercanda tapi berdarah.apakah berbahaya buat saya dok..?
    Lukanya sudah saya bersihkan dengan air yang mengalir dan saya kasih betadin obat merah dok.
    Apakah saya masih harus kedokter untuk memastikan apakah berbahaya gigitan bekas musang tersebut dokter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas.
      yang mas lakukan sudah cukup kok. sekarang gimana keadaan lukanya?

      kabari lagi

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Dok, kucing saya digigit musang apakah merawatnya sama seperti manusia? Atau bagaimana?
    Terimakasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. parah nggak?
      iya, secara singkat sama seperti pada manusia. tapi kalo emang parah banget, mending bawa ke dokter hewan terdekat...

      Delete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Dok.. Kaki saya digigit musang saya sampai taringnya menancap.
    Musang saya sehat. Sesaat stlh digigit, saya segera cuci lukanya dgn air bersih.
    Saya sudah minum antibiotik & anti nyeri tapi skrg kaki saya bengkak dan tidak bisa berpijak.
    Kira2 bagaimana ya penanganannya?
    Trims dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakein dettol antiseptik aja lukanya.
      dan kalo masnya udah minum antibiotik, tinggal tunggu aja sampe 3 hari ke depan, antibiotik bisa terus diminum... 3x sehari aja...

      ada demam juga gak?

      Delete
  13. Mlm dok smlm sy digigit Kukang,apakah luka sy bs di obatin atau tdk,apa benar racun gigitan Kukang berbahaya buat manusia,makasih dok.

    ReplyDelete
  14. Dok. Saya digigit musang di kuku. Trs cara mengobatinya gimana ya?. Soalnya nyeri banget

    ReplyDelete
  15. Malam dok. Dok saya digigit musang di kuku sampe kuku saya patah. Itu cara mengobatinya gimana ya dok?. Soalnya nyeri banget. Mksh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih betadine aja mas lukanya.... :(
      kalau emang sakit banget, mas bisa beli paracetamol di apotik terdekat. minum 3x sehari.

      kalau dalam 3 hari masih belum sembuh, bahkan mungkin ada bengkak, mending segera ke dokter, mas...

      Delete
  16. Dok bagaimana cara mengatasi gigitan musang saya, saya digigit diatas mata saya, dan sekarang matasaya bengkak, bagaimana cara mengatasinya dok?

    ReplyDelete
  17. Permisi dok mw nanya kemarin saya digigit musang 4jahitan, udah disuntik tetanus tapikok tangan saya kebas gitu yadok?

    ReplyDelete
  18. Maaf dok saya mw nanya kemarin, saya digigit musang peliharaan saya luka 4jahitan, Dan disuntik tetanus tapi sekarang tangan saya rasa pegel dan kebas apakah itu gejala rabies do?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin akan lebih baik jika mas berkonsultasi lagi ke dokter yang kemaren. saya kira bukan rabies sih. tapi buat jaga2 aja... :)

      kok bisa sampe parah gitu mas? emang musangnya masih buas? udah berapa lama pelihara?

      Delete
    2. Assalamualaikum dok.. tangan saya bengkak setelah digigit musang peliharaan tadi siang apa itu berbahaya apa tidak

      Delete
  19. ass , izin bertanya dok , saya punya barn owl sepasang umur 3 bulan , yang jantannya sudah bisa terbang tapi yang betina nya belum dok , kmaren sudah sempat terbang tpi mngkin ada accident yang membuat sayap kiri betinanya turun , badannya tidak seimbang , saya belum tau pasti sayapnya patah atau gimana , ada solusinya dok ? trims

    ReplyDelete
  20. halo dok maaf menggangu,ijin bertanya,saya baru beli celepuk,burung hantu mini,usia saya kurang jelas tapi bulu sayap sudah tumbuh dan bulunya semua masih seperti kapas,saya mau bertanya ,ada yg aneh tentang celepuk saya,dia kebanyakan tidur,tidak bersuara dan sekalinya di isengin matanya terbuka sedikit seperti ngantuk begitu tapi hanya sebelah saja yg terbuka,mata kiri jarang di buka,kecuali saya suka ajak main dua mata terbuka tapi yg kiri lebih suka mau di tutup atau suka kedip kedip sendiri yg kiri,sedangkan yg kanan tidak,apakah ada yg aneh dok,mata sepertinya tidak bengkak dan berair sepertinya normal ,bagaimana menurut dokter? makan jangkrik saja selama ini ,sudah hari ke 2 saya coba pelihara ini,di tunggu balasan nya dokter,, terimakasih 🙏

    ReplyDelete
  21. Selamat petang dok.mau nanya saya siang tadi kena gigit musang peliharaan alhasil sobek sedikit engga dalam dibagian pergelangan tangan dan dibagian tangan juga digigit apa itu ada rabiesnys dan penanganan

    ReplyDelete
  22. Selamat petang dok.mau nanya saya siang tadi kena gigit musang peliharaan alhasil sobek sedikit engga dalam dibagian pergelangan tangan dan dibagian tangan juga digigit apa itu ada rabiesnys dan penanganannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikutin aja langkah2 di atas, mas/mbak.. :)
      jelas kok di atas...

      kalo rabies, kayaknya kecil kemungkinan...

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.