Jenis-jenis Interaksi Pada Pada Musang | Drh. Fira Sovica

Interaksi pada musang

mutlak dibutuhkan agar musang tersebut bisa terikat dengan ownernya. Ada beberapa jenis interaksi yang biasa terjadi pada musang yang dipelihara. Artikel ini terkait dengan artikel imprint pada musang dan pengertian musang one-man.


Jenis-jenis Interaksi Pada Pada Musang
Image taken from kaskus.co.id
Berdasarkan jenis interaksinya, musang terdiri dari dua jenis interaksi, yaitu one-to-one interaction atau one-man interaction dan one-to-many interaction.
  • Seperti namanya, one-to-one interaction atau one-man interaction adalah jenis interaksi yang hanya bisa terjadi pada seekor musang ke satu orang. Interaksi one-man interaction biasanya terjadi karena ikatan yang terlalu kuat antara musang dengan ownernya, atau bisa juga karena karakter musang itu yang terlalu posesif. Iya. Seperti yang saya sering katakan, masing-masing musang memiliki sifat dan karakter uniknya masing-masing.
  • Musang dengan jenis one-man interaction biasanya akan menyerang musang lain yang mendekati ownernya. Hal ini sebenaranya pernah terjadi pada musang bulan peliharaan saya dulu. Musang dengan jenis one-to-one interaction akan jinak pada satu orang saja dan cenderung akan menggigit atau galak kepada orang lain.
  • One-to-many interaction adalah jenis interaksi pada musang yang tidak hanya terjadi pada satu orang saja, seperti pada musang one-to-one interaction, tapi juga terjadi pada orang lain. Artinya, musang dengan interaksi one-to-many biasanya akan jinak kepada siapapun. Ringkasnya, one-to-many interaction pada musang adalah kebalikan dari one-to-one interaction pada musang yang dibahas sebelumnya.
Demikian adalah artikel tentang

jenis interaksi yang terjadi pada musang

. Semoga artikel di atas bisa menambah wawasan anda tentang cara memelihara dan merawat musang dengan sebaik-baiknya. Terima kasih. (FS)

38 Responses to "Jenis-jenis Interaksi Pada Pada Musang"

  1. Dok tomtom kalo dikasih makan pala ayam kok mencret ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan terbesar ada bahan kimia yang masih nempel di kepala ayamnya....

      Delete
  2. Oh iya dok makasih
    Soalnya si tomtom klo makan buah juga gak mencret. :)
    Dapet salam dari tomtom dok hehe

    ReplyDelete
  3. Dok apakah musang yg diajak interaksi dalam sehari 20 menit Dan ada yang bilang
    sewaktu - waktu dia akan menjadi buas lagi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebuas2nya musang namun kalau dia sudah mengenal kita sebagai masternya, dia akan tetep jinak kepada kita meskipun kadang menggigit iseng..... intinya sih sebenernya paham karakter musang kita masing2 mas. dan yang namanya musang, ya pasti dia menggigit.... :D

      beda loh gigitan musang yang memang sudah mengenal kita dengan musang yang buas, jadi gak bisa disamakan. intinya pendekatan dengan musang peliharaan kita... itu aja... :)

      Delete
  4. Iya dok kadang dia suka mengigit , tapi saya biarin :-D thanks dok atas jawaban nya :)

    ReplyDelete
  5. dok saya mau breeding tapi kadang masih suka sama2 nyerang ya dok? tapi skrang udah berkurang intens mereka nyerangnya,,itu kemungkinan berhasil ga dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masnya yakin berhasil, pasti berhasil. intinya sih yakin aja mas. kalau masnya ragu2, si musang malah makin sering nyerang. mereka bisa tahu perasaan kita. semua hewan juga kayak gitu kok.. :)

      Delete
  6. Dok mau tanya, kemarin saya beli musang umur 5 bulan, kata penjualnya musangnya semi jinak dan masih kagetan, yg mau saya tanyakan, setiap musangnya saya dekati pasti mengeluarkan suara seperti orang meludah, itu gimana cara mengatasinya dok???, sebelumnya trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas, saya kemaren habis sakit...

      itu namanya strike, mbak. coba baca artikel saya, cara menghilangkan hissing pada musang. secara prinsip sama kok.
      baca juga artikel cara menjinakkan musang. :)

      sekali lagi, mohon maaf karena baru balas...

      Delete
    2. Oo. Trus kalo jinakin musang tanpa handsfeed bisa nggak dok, soalnya kemarin saya baru digigit trus saya takut ngasi makan lewat handsfeed, makasih sebelumnnya

      Delete
    3. mereka bisa baca pikiran kita loh mbak, hihihi.
      dan kalau kita takut, dia malah makin seneng 'ngisengin' kita. :)

      kalo tanpa handsfeed juga sebenernya gak masalah juga. cuma akan lebih bagus memang jika handsfeed. biar dia kenal masternya... :)

      emang umur berapa musangnya mbak? coba baca2 aja artikel saya di blog ini. terutama tentang musang. :)

      Delete
    4. UMur 5 bulan dok, trus kalo musangnya coba saya gendong tapi pake sarung tangan ga papa kan dok???, trimakasih,

      Delete
    5. gak apa2... :)
      sekarang gimana keadaan musangnya? :)

      Delete
    6. Masih suka strike dan masih kagetan dok,

      Delete
    7. coba jinakkan dulu, mbak. ada kok artikelnya, cara menjinakkan musang....

      maaf karena baru balas...

      Delete
    8. Ya dok, sekarang si olip sudah mulai jinak makasih dok atas sarannya
      O ya mau tanya lagi dok (maaf banyak tanya), kemarin saya dapat musang tangkapan liar dok trus pas sampe dia tuh anteng banget dok tapi kadang srike, trus tubuhnya kurus banget dan ada luka dimukanya dok, trus dia juga tidak mau makan, itu gmna cara ngatasinya,

      Delete
    9. seberapa parah lukanya?
      bersihin aja lukanya pakai air + dettol cair, terus keringkan, dan setelah kering, kasih betadine...

      bisa kasih fotonya? upload aja di postimage.org, terus linknya kasih kemari...

      Delete
    10. Ya dok, sekarang si olip sudah mulai jinak makasih dok atas sarannya
      O ya mau tanya lagi dok (maaf banyak tanya), kemarin saya dapat musang tangkapan liar dok trus pas sampe dia tuh anteng banget dok tapi kadang srike, trus tubuhnya kurus banget dan ada luka dimukanya dok, trus dia juga tidak mau makan, itu gmna cara ngatasinya,

      Delete
    11. Ya dok, ntar saya kasih linknya, Saya masih takut pegang dia dok, ktanya musang liar ada virus rabiesnya, trus tanda2nya musang kena virus rabies apa saja dok???

      Delete
    12. oh ya, belum saya post artikel mengenai rabies pada musang. belum sempet,soalnya sibuk sekali minggu2 ini...

      musang liar ada rabiesnya? nggak, kecil kemungkinan musang liar kena rabies, mbak...

      Delete
    13. O gtu, berarti kalo digigit gpp ya dok, trimakasih penjelasannya

      Delete
    14. Bagaimana dengan musang yg sudah dipelihara sejak kecil apakan bisa kena rabies dok???

      Delete
    15. kalau musangnya 'gaul' dengan kucing, anjing, musang, atau hewan lain yang kena rabies, bisa aja kena... selama gak ada kontak sama hewan yang rabies, saya kira dia aman... :)

      Delete
    16. Oo,makasih atas penjelasannya dok, kalo mau tanya2 lagi boleh ya dok

      Delete
    17. saya tunggu. :D
      kabari lagi kalau ada apa-apa...

      Delete
  7. dok musang saya umur 3bln manja bngt dok maunya mkn sereal trus. gmn caranya biar mau mkn mknan yg lain sendiri? tolong dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas baca artikel saya: cara agar musang mau makan apa saja...

      Delete
  8. Dok, musang saya jantan umur 2 tahun, tapi sekitar 1 bulan ini salah satu jari di tangannya ada yg bengkak gk kempes" gimana ya dok? Mau dibawa kdokter hewan agak ganas kalo ketemu org lain..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bengkaknya karena apa? apakah jatuh atau gimana?
      ada lukanya nggak?
      kalo ada lukanya atau ada nanahnya, mending jangan dikasih makanan lain selain buah2an. pokoknya makanan yang mengandung protein stop dulu, kasih buah2an aja.

      kalau bengkaknya karena insiden, misalnya jatuh dll, dan gak ada lukanya, dan jalannya jadi pincang, mending bawa ke dokter hewan terdekat... :)

      Delete
  9. Dok, musang saya jantan umur 2 tahun, tapi sekitar 1 bulan ini salah satu jari di tangannya ada yg bengkak gk kempes" gimana ya dok? Mau dibawa kdokter hewan agak ganas kalo ketemu org lain..

    ReplyDelete
  10. Dok musang saya sudah 2minggu tak kunjung sembuh dok tetep gak bisa jalan kata dokter sih karena ginjalnya tpi pas saya liat kakinya sepertinya ada jamur karena bila di sentuh langsung galak gitu dok saya harus gimana untuk penangananya bila bisa kirim gambar sy ada foto kakinya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana? tahinya? mencret ya? bener?
      coba kasih makan buah-buahan aja, terutama jus pepaya (airnya dikit).
      coba kirim gambar kakinya: upload di postimage.org, terus linknya taro di sini...

      sementara kasih betadine aja di kakinya...

      untuk suplemen, kasih obat yang saya tulis di artikel: suplemen penambah daya tahan tubuh musang.

      kabari terus

      Delete
  11. Ini link utk foto https://s3.postimg.org/6v56rp2qr/P_20170303_123521_1.jpg


    Fasesnya normal dok padat berbentuk cuma untuk makan memang agak sedikit aku gak tau berat badan musangku pas di klinik kmaren gak ditimbang dok..dari kemarin aku dah coba kasih minyak tawon sih dok di kakinya itupun galak dan kasian dok mukanya aku halangin kain sampe kainnya digigit2in kayanya perih banget habis aku kasih minyak tawon aq kipas2in kakinya terus elus2 sampe tenang cuma belum berani gendong dok takut salah pegang kakinya
    Makasih ya dok udah follow up aku 😊😭😭😔😔

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk obatnya, kasih obat yang saya tulis di artikel: suplemen penambah daya tahan tubuh musang. :)

      biar sistem pencernaannya bagus, coba kasih jus pepaya. :)

      kabari terus ya mbak

      Delete
  12. baik dok untuk kakinya gimana ya dok diobatinnya sudah saya kirim gambarnya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih kesakitan kalau kakinya disentuh?
      coba aja kasih minyak tawon selama 1 atau 2 minggu ke depan. sambil dikasih obat yang saya tulis di artikel suplemen penambah daya tahan tubuh musang juga.

      kalau emang dalam 1 minggu gak sembuh juga kakinya, tetep kesakitan kalau disentuh, saya menyarankan mending bawa ke dokter hewan terdekat aja biar dicek. takutnya ada yang patah di tulangnya.... namun semoga aja nggak... :)

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.