Mengobati Musang Keracunan Secara Alami | Drh. Fira Sovica

Cara mengobati musang yang keracunan

memang menjadi hal serius jika musang peliharaan kita mengalami keracunan dengan berbagai sebab. Cara mengobati musang keracunan dengan cara alami berikut saya intisarikan dari pengalaman sebagai owner musang dan pengetahuan sebagai dokter hewan. Selain mengobati musang yang keracunan, anda juga bisa membaca artikel tentang ciri musang yang keracunan dengan membaca artikel saya cara mengetahui kesehatan musang dari tahinya.
Cara Mengobati Musang Keracunan Secara Alami
Image taken from kaskus.co.id


Cara mengobati musang keracunan adalah sebagai berikut:
  1. Siapkan satu buah kelapa berukuran kecil yang sekira-kira belum ada bagian daging buah kelapanya.
  2. Buah kelapa berukuran kecil yang belum ada daging buahnya biasa disebut cengkir, atau itulah sebutan saya untuk menyebut jenis kelapa seperti itu. Ada juga yang menyebut jenis kelapa berukuran kecil yang belum ada daging buahnya ini dengan sebuat baby coconut. Terserah bagaimana sebutan andam Jenis buah kelapanya sendiri saya sarankan yang jenis kelapa hijau, namun jika tidak ada, anda bisa menggunakan jenis kelapa yang lain.
  3. Keluarkan air kelapa cengkir tersebut dan tempatkan dalam wadah. Minumkan ke musang yang mengalami gejala keracunan dua kali sehari. Anda juga bisa menambahkan dua sendok teh madu asli ke air kelapa tersebut. Jangan menggunakan madu selain madu asli. Jika tidak ada madu, cukup berikan air kelapa saja.
  4. Lakukan langkah pengobatan kepada musang yang keracunan tersebut selama seminggu penuh, dibarengi dengan pembatasan pola makanan mengandung protein. Cukup beri buah-buahan seperti pepaya matang atau pisang kepada musang yang keracunan. Enzim dalam pepaya dan pisang dibantu dengan enzim penetralisir racun dalam air kelapa bisa memperbaiki sistem pencernaan musang yang terganggu akibat racun yang masuk ke dalam tubuh musang.
Jika dalam seminggu belum ada perubahan yang berarti, saya menyarankan agar musang yang sakit dibawa ke dokter hewan secepatnya. Biasanya, musang yang sembuh dari keracunan akan memiliki feses yang berbeda dari saat ia masih mengalami keracunan. Cara mengecek kesehatan musang dari fesesnya bisa anda baca di link di atas.
Demikian adalah

mengobati musang yang keracunan

yang saya tulis berdasarkan pengalaman sendiri sebagai dokter hewan. Semoga artikel singkat di atas bisa membantu para pecinta musang di seluruh indonesia khususnya, umumnya dimanapun anda berada. Terima kasih. (FS)

24 Responses to "Mengobati Musang Keracunan Secara Alami"

  1. Dear Dr. Fira,

    musang pandan saya - Olive/female/3 bulan. kemarin main kodok di rumput dekat rumah, habis itu kepalanya goyang-goyang sperti mulutnya kemasukkan sesuatu (Olive gigit kodoknya-tapi kodoknya lari). katanya kodok ada racunnya? apa ada pencegahan biar ga keracunan? sekarang sih dia sehat-sehat aja. cuma lebih banyak tidur daripada aktifnya..

    oya, gimana caranya biar muspan nya tau namanya olive?

    makasih banyak.

    Best,

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa coba untuk berikan minum air kelapa muda.
      agar sistem pencernaannya baik, coba berikan buah-buahan macam pepaya selama seminggu ini. jangan berikan makanan lain selain pepaya.

      tidak semua kodok beracun. rata2 kodok yang ada di sekitar rumah manusia tidak beracun.... :)

      Delete
  2. dok tdi musang saya ngeluarin busa dari mulutnya,, itu knapa ya dok,,saya takut musang saya knapa2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur musangnya masih bayi?
      coba ikutin langkah cara mengobati musang keracunan yang saya tulis di atas, mas

      Delete
  3. musangnya umur 3 bulan dok,,,ok dok

    ReplyDelete
  4. Dok ini musang saya sepertinya keracunan soalnya mulutnya berbusa terus, kaki depannya agak kaku tapi masih bisa di gerakkan terus mulutnya kayak mangap mangap terus gitu , pertolongan pertama sudah dilakukan seperti di atas , kejadianya setelah di free room, mohon bantuannya dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek fesesnya. dan tetap lakukan treatment di atas...

      kalau dalam waktu 3 hari belum mendingan juga, mending bawa ke dokter hewan terdekat... mulai dari sekarang, cari info dokter hewan yang deket2 situ...

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. dok maaf ganggu,pengen tanya musang saya umur3bulanan kurang lebih ,problem nya ada kecoa masuk ke kandangnya lalu sama dia dimakan tapi dimuntahkan lagi dok tapi posisi tubuh kecoa aga ancur saya takut musang saya keracunan dan ada hal yang tidak diinginkan,terus saya kasih buah buahan nasi dan vitamin apa saya harus gimana lagi ya biar mencegah musang nya keracunan???tapi musang saya baik baik aja sekarang lincah dan galak juga dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau fesesnya normal2 aja, gak mencret, dan dia masih mau makan dan masih aktif, saya kira dia masih sehat.
      atau kalau emang mas worried, mas bisa baca artikel saya di atas...

      Delete
  8. malam dok,
    saya minta saran dok
    musang saya 3hri ini stiap saya
    keluarkan stiap mlam dya makan kecoa tpi di muntahin lg tpi tetpi lgnsg sya ksh kelapa ijo,
    semenjak it dya udh g mau makan dok,
    didalam mulutnya jga luka truz pucat dan agk membiru dok,
    saya mnta tlng ya dok apa yg hruz saya lakukan

    ReplyDelete
  9. malam dok,
    saya minta saran dok
    musang saya 3hri ini stiap saya
    keluarkan stiap mlam dya makan kecoa tpi di muntahin lg tpi tetpi lgnsg sya ksh kelapa ijo,
    semenjak it dya udh g mau makan dok,
    didalam mulutnya jga luka truz pucat dan agk membiru dok,
    saya mnta tlng ya dok apa yg hruz saya lakukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu dia makan kecoa, mbak diamkan aja?
      harusnya jangan.
      jika di rumah banyak kecoanya, dan kalau dia dilepas (freeroom) di ruangan kemungkinan dia makan kecoa, lebih baik diamkan aja di kandang.

      sebenernya sih kalau cuma makan kecoa, gak masalah. saya takutnya cuma kemungkina kecoanya membawa kuman dan penyakit. kalo cuma sekali atau dua kali mungkin gak masalah. emang seberapa sering dia makan kecoanya mbak?

      lebih baik dicegah jangan sampe makan kecoa lagi....

      sekarang gimana keadaan musangnya? fesesnya gimana?

      bisa kirimin saya foto fesesnya? biar saya analisa kesehatannya. upload aja ke postimage.org, terus linknya ditaruh di sini...
      oh ya, umur musangnya berapa?
      saya tunggu...

      Delete
  10. Malam dok, dokmusang saya diare sudah 2 hari trus liur nya banyak, itu kenapa ya dok..? Trus bagaimana cara mengatasi nya..? Terimakasih dokter

    ReplyDelete
  11. Malam dok, dokmusang saya diare sudah 2 hari trus liur nya banyak, itu kenapa ya dok..? Trus bagaimana cara mengatasi nya..? Terimakasih dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih susu. stop susunya.
      terus kasih minum air kelapa. sehari 2x, pagi dan sore.
      dan kasih obat yang saya tulis di artikel suplemen penambah daya tahan tubuh musang. sekali sehari.

      oh ya, kasih makan bubur bayi aja.

      Delete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Dok musang saya pernah makan kecoa.. Sudah disuntik antibiotik 2 minggu lalu. Semenjak makan kecoa itu dia sering "ndeprok" (tersungkur seperti gak niat). Sudah ditelateni air klapa muda jga blm ada perubahan. Sering menghela napas dan bernapasewat mulut. Pnanganannya gmn ya dok? :(

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Selamat mlm om maaf menggangu saya kurang tau persis kenapa musang saya seperti ini,mungkin om dapat membantu atau memeberi solusi penanganan yg tepat jika suatu saat ini ter ulang lagi,jadi begini kronoginya :saya memiliki musang betina umur kurang lbh 2 bln yg saya baru beli kemarin mlm.
    Tadi siang sekitar jam 2 siang karna bulunya lengket dan kotor banyak bekar kotoran yg menempel di bulunya akhirnya saya memutuskan untuk memandikan musang saya tersebut,tp hanya saya siram dengan air langsung dari keran menggunakan selang,tidak saya sabunin atau beri shampo,setelah saya siram saya rasa bersih akhirnya saya sudahi memandikannya dan saya lap pakai handuk agar kering,setelah saya pikir cukup akhirnya si muspan saya jemur di bawah matahari,sekitar kurang lbh 30 menitan dan saya pindahkan ke dlm rumah yg gak terkena sinar matahari tp selang 5 menit kemudian musang saya seperti memakan sesuatu saya liat mulutnya menganga kecap lecep sampai akhirnya mengeluarkan busa dan kejang kejang kemudia karna panik saya ambil dan busa bercampur liur kental di mulutnya saya lap trus trusan sampai dia tdk kejang kejang dan berhenti mengeluarkan busa,akhirnya saya liat cukup tenang tinggal lemasnya aja akhirnya musang saya masukan kandang saya kasih air madu,dan saya taro di dlm rmh,karna saya harus melanjutkan pekerjaan,dan setelahnya saya kembali dari kerja,sekitar jam setengah 6 sore saya lihat dia msh tidur,dan sekitar jam 7 saya coba kasih potongan pisang dan dia terbangun dan tiba tiba hal yg sama pun terjadi lg seperti kejadian td siang,dan hal yg sama saya lalukan saya lap versihkan terus busa dan liur yg kluar dari mulutnya,dan akhirnya kembali normal,saya kasih air kelapa masukan yg saya daoat dari grup musang lovers.tp dari jam 8 atau setengah 9 td dia sdh mulai bergerak aktif lagi dan jam 9 dia tidur lagi akhirnya stengah 11 an barisan saya sepet pakai pisang yg saya campur air kelapa,karna kasian dia blm mkn,nah pertanyaan saya apa lah hal serupa akan terjadi lagi?? Dan bagaimana cara tepat agar muspan saya tidak mengalami hal ini lagi,dan apa yg paling tepat yg harus saya berikan agar musang saya kembali sehat dan tidak kambuh lagi.terima kasih dan mohon bantuan saran & bimbingannya.
    Maaf mengganggu dan terima kasih sebelumnya.🙏🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih air kelapa campur sari kurma, mas. dan untuk makanannya, jangan dikasih pisang. kasih bubur bayi promina aja.

      air kelapa muda campur sari kurma nya dikasih tiap pagi dan sore serta malam, dan makanan dikasih sesuai jadwalnya.....

      Delete
  16. Dok, saya mau tanya, musang saya bru berusia skitar 1 bln, biasa nya sehat, lincah gtu, tpi tiba" dia diare, mata berair, berjalan mundur sma kpala nunduk terus, tidur nya kyak ngorok sma badanya kyak gemetaran gtu, mkan nya saya kasih bubur sun bayi, musang sayang knapa ya dok, trus cara penanganan nya gmna ya dok ? Makasii

    ReplyDelete
  17. Sore dok
    Musang saya sepertinya susah bab
    Baru satu hari ini makannya susah tapi minum masih mau
    Kalau di kasih makan paha ayam dan dimakan sampai ketulang tulangnya apa bisa membuat dia susah bab dok

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.