Langkah Dasar Penjinakkan Musang | Drh. Fira Sovica

Artikel tentang

menjinakkan musang

memang sudah lama saya publish di blog ini. Namun tetap saja masih banyak para owner musang yang kesulitan dalam menjinakkan musang. Proses penjinakkan musang yang mereka lakukan memang sudah sesuai dengan yang saya tulis di artikel cara agar musang jinak, namun tetap saja musang yang dijinakkan susah untuk jinak. Artikel tentang rahasia penjinakkan musang berikut akan kembali mengulas tentang hal-hal penting dalam proses penjinakkan musang. Artikel ini tentu terkait dengan artikel hal yang keliru dalam menjinakkan musang. Anda juga bisa membaca artikel saya tentang cara menjinakkan musang.


Ada beberapa poin penting yang kerap dilupakan oleh orang yang melakukan penjinakkan terhadap musang. Beberapa poin penting agar musang bisa jinak dengan cepat antara lain sebagai berikut:
Langkah Dasar Penjinakkan Musang
Image taken from kaskus.co.id
  1. Jangan takut, dan jangan terlalu berani. Biasa saja.
  2. Seperti yang saya tulis di artikel hal yang salah dalam proses penjinakkan musang, rasa takut kesalahan pertama dalam menjinakkan musang. Sebaliknya, terlalu berani juga salah dalam menjinakkan musang. Semua hewan dengan mudah bisa tahu perasaan manusia yang ada di dekatnya, termasuk musang. Musang akan selalu tahu jika anda takut atau berani kepada dia: jika anda takut, maka dia akan semakin mengintimidasi anda, juga jika anda berani, maka dia akan terus 'menjajal' keberanian anda. Cara terbaik untuk menghadapi musang yang galak adalah bersikap biasa, santai, juga sebaiknya tenang. Jika anda takut, hilangkan rasa takut itu terlebih dahulu. Cara menghilangkan rasa takut dalam menghadapi musang yang galak tentu dengan membiasakan diri. Adalah wajar jika anda takut kepada musang, namun jika anda sudah terbiasa menghadapi musang galak dan sudah biasa juga digigit oleh musang tersebut, maka ketakutan anda akan sedikit demi sedikit menghilang. Membiasakan diri digigit adalah cara terbaik dalam menghilangkan rasa takut. Agar efek gigitan tidak terlalu parah, anda bisa membungkus tangan anda dengan kaus bekas pakai anda, lalu menyodorkan tangan anda ke musang tersebut. Anda mungkin akan kaget saat pertama musang anda menyerang tangan anda, maka jangan kaget dan jangan menarik tangan anda. Lakukan terus langkah penting dalam proses penjinakkan musang ini selama beberapa minggu hingga rasa takut anda hilang samasekali.
  3. Lakukan pendekatan secara emosi.
  4. Langkah kedua dalam menjinakkan musang adalah lakukan pendekatan secara emosi. Hal ini juga yang dilakukan kakak-kakak saya dalam menjinakkan BOP milik mereka masing-masing. As you know, saya berasal dari keluarga falconer. Kecuali ibu dan saya, semua anggota keluarga kami memiliki peliharaan berupa burung pemburu (BOP, bird of prey). Dalam menjinakkan BOP, mereka melakukan penjinakkan secara pendekatan emosi. Dan saya menerapkan hal yang sama dalam menjinakkan musang. Caranya, anda harus menanamkan rasa sayang terhadap musang yang akan dijinakkan, meski musang tersebut beberapa kali melukai anda. Saya sendiri lebih suka menganggap bahwa diri saya dan musang yang akan dijinakkan setara, sama-sama makhluk Tuhan. Yang terpenting adalah, jangan menganggap musang yang dijinakkan sebagai hewan peliharaan. Anggaplah mereka sebagai teman, sebagai partner, sebagai sahabat. Kedekatan emosi dengan musang yang sedang dijinakkan juga bisa dilakukan dengan sering mengajaknya bermain.
  5. Pahami karakter musang.
  6. Setelah kedua poin dalam rahasia penjinakkan musang di atas dilakukan, maka memahami karakter musang adalah hal selanjutnya yang bisa anda lakukan. Memahami karakter musang penting dilakukan karena masing-masing hewan, dalam hal ini musang, memiliki karakternya masing-masing. Ada yang mudah dijinakkan, ada yang tidak. Ada yang suka iseng, ada yang penurut, ada yang pemarah, ada yang suka becanda, ada yang kalem, ada juga yang galak, dan seterusnya. Pahami karakter musang anda secara menyeluruh agar anda bisa memahami dia sepenuhnya. Bagaimana cara memahami karakter musang? Jangan memaksakan kehendak anda kepada musang peliharaan, itu hal pertama agar anda mengetahui karakter musang sebenarnya. Seperti halnya burung hantu, musang memiliki karakter dasar 'ingin bebas' dan 'tidak mau diatur'. Anda tidak bisa memperlakukan musang seperti halnya memperlakukan kucing atau 'memaksa' musang anda bisa kayak kucing, jinak seperti kucing. Karena kalau anda ingin musang anda jinak seperti kucing, lebih baik pelihara kucing aja sekalian. Musang akan tetap jadi musang, dia akan tetap memiliki insting membunuh dan melukai, mau sejinak apapun musang tersebut. Anda harus memahami insting dasar dari musang ini untuk memahami karakternya. Agar dia paham juga dengan karakter anda. Dari sini,

    proses penjinakkan musang

    akan lebih cepat. Terima kasih.

43 Responses to "Langkah Dasar Penjinakkan Musang"

  1. Mau tanya dok, masih bingung soal takaran makan untuk muspan ini dok,
    Dalam sehari itu berapa x di kasih makan, misalkan saya pake nya ni nasi+kecap biasanya 2entong nasi ama kecap semalem abis,
    Trus hari berikutnya ane kasih pepaya siang2 gitu dia ga mau makan
    Nah, baiknya aturan pola makan muspan ini seperti apa dok ? biar ga kebanyakan ga juga kurang gitu, dan cara biar kita tau kalo musang itu uda kenyang gmn dok?

    Terimkasih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas tahu kalau musang itu hewan nocturnal (lebih banyak aktif pada malam hari)? :)
      kalau soal banyaknya makanan, mas bisa coba cara 'tambah dikit-dikit'. misalnya gini.
      hari senin mas kasih 2 centong nasi. kalau habis, hari selasanya tambah jadi 2 setengah centong. kalau habis, rabunya kasih 3 centong. begitu terus. kalau misalnya 3 centong tidak habis, berarti porsinya 2 setengah centong aja...

      perlu saya ingatkan bahwa minimal seminggu sekali musang harus dikasih makan buah agar sistem pencernaannya bagus/sehat. kalau dia gak mau makan selain nasi+kecap, mas bisa baca artikel cara agar musang mau makan apa saja... :)

      Delete
  2. Tau dok hehe, udah baca artikel bu dokter sebelum membeli musang soalnya wkwk
    ow gitu brarti harus d kira2 sendiri ya dok, oke dah siap kalo gitu haha
    malah saya suka mix gitu dok yg aga bingung itu sehari harusnya makan brp x dia hehe
    soalnya saya biasa kasih mlm soalnya pasti di makan kalo kasih makan pagi mau buah mau nasikecap ga di makan tapi kalo telur puyuh uiii lahap dia ahahaa

    berarti sehari 1x makan misalkan seminggu 3x dia d ksh buah yg banyak biar pencernaannya lancar trus 1-2x seminggu di ksh kepala ayam biar gendut gitu ya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitu juga bisa... :)
      bagus malah kalau kayak gitu... :)

      Delete
  3. Asslmkum... permisi Bu Dokter, mwu tnyak ne
    Saya baru beli Anak Musang Rase, umurnya skitar 5bln, sudah 12 hari dirumh, dn Alhamdulillah skrng dia udh sdkit jinak gk bringas kyak bru prtma kali beli. hanya saja dia takut skli ktika mlihat ada orang lain dateng, mwu kabur dn sembunyi teruuzz... saran Bu dokter gmna agar dia gk tkut dgn orng lain ?? trimksih ... :) oh iya Bu... namanya Chester, hehe... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana chesternya? :)
      sebenernya nanti bisa dibiasakan. sering2 diketemukan aja dengan orang lain selain mas. bertahap aja. misalnya untuk minggu ini cukup 3 orang. minggu besok 6 orang, dan begitu seterusnya. :)
      mas bisa gabung juga ke komunitas musang di kota mas...

      maaf baru balas, saya baru pulang dinas keluar kota.

      Delete
  4. Hallo dok, mau konsul sedikit ttg musang saya.. dia umurnya skrg mau 4bln.. tp kok dia masih blm mau makan sndiri ya? Apa karena trbiasa dot waktu masih babynya? Karena aku slalu dia kasih makan bubur sun lewat dot.. bagaimana cara mengatasinya ya bu dok? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh. bisa jadi karena terbiasa didot terus.
      caranya mas/mbak bisa baca artikel saya cara agar musang mau makan apa saja... :)

      Delete
  5. Hallo dok, mau konsul sedikit ttg musang saya.. dia umurnya skrg mau 4bln.. tp kok dia masih blm mau makan sndiri ya? Apa karena trbiasa dot waktu masih babynya? Karena aku slalu dia kasih makan bubur sun lewat dot.. bagaimana cara mengatasinya ya bu dok? Terima kasih

    ReplyDelete
  6. dok boleh minta info ahli pangkur atau dokter hewan yang bias pangkur gigi musang di Jakarta selatan,thanks dok ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang tau juga mas. namun mas bisa telepon ke dokter hewan di jakarta selatan. daftar nomor telepon dokter hewan di jakarta selatan pernah saya tulis artikelnya di blog ini...

      alternatif lain, mas bisa gabung ke grup pecinta musang. biasanya suka ada tuh yang suka pangkur...

      Delete
  7. Dok minta info ahli pangkur gigi musang saya d cikarang bekasi dok makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas bisa gabung ke grup pecinta musang bekasi. biasanya suka ada tuh yang bisa pangkur...
      kalau dokter hewan sendiri, saya kurang tau.. :)

      Delete
  8. Dok, mau tanya lagi

    1. Tiap hari saya mandiin musang nih, tp kan musang saya msh galak tp ga segalak pas saya beli dulu , nah saya mandiinya posisi dia d kandang saya semprot biasanya kalo ga pake gayung saya guiyur gitu, nah yg mau saya tanyain kan di artikel dokter ada tulisan tuh d sampoin pake sampo bayi kalo ga sampo kucing nah gmn mau mau sampoin kalo masih kek galak gitu ?

    2. Kalo di kasih makanan jangkrik masalah ga dok ? soalnya kalo pas dia tidur siang2 suka saya pancing jangkrik mau makan dia biasanya kalo saya kasih pepaya ga mau kalo siang2 hehe


    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau musangnya masih galak, cara menyampokannya adalah dengan memakai sarungan tangan tebal. bisa juga dengan cara mas memegang pangkal ekornya dengan tangan kiri, lalu menyampokannya/menggosok bulunya pakai sampo dengan tangan kanan... :)

      Delete
  9. Jual muspan nggak? daerah depok

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan gabung ke grup jual beli musang di facebook atau cek artikel saya: penjual musang terpercaya. cari di bagian cari artikel..

      Delete
  10. Tadi dah saya coba dok saya pegang ekornya pake tangan kiri trus mau tak pegang dia nyerang terus tp dok gamau di tarik dari kandang, kalo saya agak paksa kira2 itu ekornya bisa putus ga sakit kan nnti kalo d tarik soalnya saya rasain dia kenceng nariknya ke saya jd kalo saya kencengin juga takutnya putus haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada teknik memegang musang galak tanpa terluka mas. silakan baca artikel saya cara memegang musang galak tanpa terluka (atau mungkin meminimalisir luka)...

      Delete
  11. dokter saya mau tanya , kalo musang ga napsu makan , trus fesesnya encer dan warnanya kuning gimaana cara ngatasinnya . musang nya sekarang kurus dok :(
    apa yang saya lakuin ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas kasih susu ya? susu apa yang mas kasih? susu kental manis?
      biasanya dikasih makan apa? terus musangnya umur berapa?
      saya tunggu jawabannya...

      Delete
  12. Dok musang saya. Nggak mau makan pisang dok maunya roti terua . kalo musang saya tak kasih roti terus akibatnya apa dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terus biar bulu lrbat lagi gimana caranya

      Delete
    2. silakan mas baca artikel saya cara agar musang mau makan apa saja dan cara melebatkan bulu musang

      Delete
    3. Dok kalo kasih makan cuma roti efeknya apa bu dokter. Terus cara ngasih scott emolsen itu gimana bu dokter apa dengan cara di kasih di minumanya apa gimana takaranya berapa infonya dong bu dokter

      Delete
    4. silakan mas baca artikel saya cara agar musang mau makan apa saja dan artikel cara melebatkan bulu musang.
      cara pemberian dan dosis scott emulsion bisa mas baca di artikel dosis pemberian scott emulsion untuk musang.

      silakan cari di bagian search dan baca dulu

      Delete
    5. Nggak mudeng bu dokter? Maksudnya cara ngasih scoot emulsion itu dengan air apa campur makanan? Makanan apa bu dokter tolong bantuanya bu?

      Delete
    6. Nggak mudeng bu dokter? Maksudnya cara ngasih scoot emulsion itu dengan air apa campur makanan? Makanan apa bu dokter tolong bantuanya bu?

      Delete
    7. iya mas saya mudeng.
      apa yang mas tanyakan udah ada di artikel dosis pemberian scott emulsion untuk musang.

      udah mas baca baik2 belum artikelnya?

      Delete
  13. Bu dokter kalo musang saya kasih roti saja efeknya apa bu dokter?

    ReplyDelete
  14. Bu dokter kalo musang saya kasih roti saja efeknya apa bu dokter?

    ReplyDelete
  15. Bu dokter kalo musang saya kasih roti saja efeknya apa bu dokter?

    ReplyDelete
  16. Buk dokter, kok tiba2 karakter musang saya berubah ya... kemaren2 pas saya gendong dia anteng2 aja... sekarang saya gendong malah dia gak mau... kepingin turun trrus... kenapa ya dok?? Sama sekarang juga sering gigit dok... mohon solusibya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya penyebab perubahan karakter pada musang.. :)

      Delete
  17. Musang ane kena katara, kornea mata ny memutih pertama2 mata yg kiri kelanjutan ny yg kanan juga kena. Cara terbaik buat penangan ny gimana dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mas baca artikel saya cara mengobati katarak pada musang....

      Delete
  18. Musang ane kena katarak, pertama2 mata yg kiri kelanjutan ny yg kanan, kornea mata ny memutih. Cara penanganan supaya sembuh gimana dok.

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. k yang di maksud bermain dengan musangnya yang gimana yah?
    bisa beri contohnya k?

    ReplyDelete
  21. dok mau nanya,kalo dikasi susu bendera frisian flag yang coklat bubuk sachetan,sama campur sun tambah pisang tambah airnya air Vitamin buat hewan yang warna ijo ? apa bagus buat kesehatan si bucu? soalnya sibucu makan nya cuma makan pisangnya aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan, mas.
      mending jangan.

      maaf karena baru balas. saya abis sakit kemaren.

      Delete
  22. LIGA108 & WIN323 - Merupakan Situs Online Betting NO.1 Di Indonesia.
    Dengan WIN RATE tertinggi 97% + Bonus Bonus Super Heboh yang bisa
    anda dapatkan setiap hari nya!!

    Bonus Bonus Super Heboh Dari LIGA108
    ~ Bonus New Member : 20%
    ~ Bonus Next Deposit : 5%
    ~ Bonus Cash Back : 5%

    Minimal Deposit : Rp.25.000
    Minimal Withdraw : Rp.25.000

    Tunggu apalagi mari langsung bergabung bersama LIGA108 dan jadilah
    pemenang di setiap taruhan yang Bossku lakukan :)

    Contact Person LIGA108 :
    BB : 55A567BC
    LINE : LIGA108
    WA : +855 78 633 425 ( LIGA108 )
    WA : +855 78 633 430 ( WIN323 )

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.