Sifat dan Karakter Musang Rase | Drh. Fira Sovica

Memahami

karakter dan sifat musang rase

wajib diketahui orang yang ingin memelihara musang rase sebagai hewan peliharaan. Karakter musang rase sendiri bisa dikatakan sangat unik dan berbeda dengan jenis musang yang lain, untuk itulah artikel ini saya buat. Artikel mengenai cara merawat musang rase sudah pernah saya bahas di artikel cara memelihara musang rase.
Sifat dan Karakter Musang Rase
Image taken from kaskus.co.id


Berikut adalah beberapa sifat serta karakter musang rase yang penulis tulis berdasarkan beberapa buku referensi:
  • Musang rase memiliki sifat ingin tahu yang besar.
  • Dari semua jenis musang lain, musang rase adalah jenis musang yang kerap menggigit. Arti gigitan musang rase terbagi kepada 2 jenis, yaitu gigitan dengan niat menyakiti dan gigitan ingin tahu. Ciri dari gigitan musang rase tersebut bisa diketahui dari akibat yang ditimbulkan. Gigitan dengan niat menyakiti biasanya memiliki akibat yang lebih fatal dibandingkan gigitan ingin tahu. Logikanya, tentu beda jenis gigitan yang artinya, "ah!! Orang ini bikin aku kesal saja!!" Dengan gigitan yang artinya, "ini bisa dimakan nggak ya?"
  • Daya tahan tubuh musang rase lebih lemah dibandingkan jenis musang lain.
  • Daya tahan tubuh musang rase cenderung lebih rentan dibandingkan jenis musang lainnya, terutama musang rase yang masih berusia muda. Musang rase tidak tahan lapar, artinya anda harus selalu menyediakan makanan tepat waktu.
  • Bulu musang rase mudah rontok, kulit musang rase sangat sensitif.
  • Dari segi bulu, musang rase memiliki bulu yang mudah rontok. Anda harus membersihkan sisa makanan yang menempel pada bulu musang rase karena sisa makanan yang menempel pada bulu rase akan membuat bulu rase rontok. Kulit musang rase juga sensitif. Anda harus rajin-rajin memandikannya dengan teknik tertentu, yang berbeda dengan memandikan musang pandan. Cara memandikan musang rase sudah pernah saya bahas di artikel cara memandikan rase.
  • Meskipun termasuk hewan karnivora, musang rase juga kerap memakan buah-buahan.
  • Hal ini juga pernah saya bahas di artikel musang rase suka makan pisang, normalkah?
Demikian adalah

karakter dan sifat musang rase

. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan anda dalam memelihara rase. Terima kasih. (FS)

31 Responses to "Sifat dan Karakter Musang Rase"

  1. dok saya heran banget dok kok saya ngambil musang saya trus saya itu lagi pake masker trus pas di pegang musangnya takut nah disitu kok musang saya tiba tiba ngeluarin bau darah/besi nyegat banget saya coba cek gak ada luka sama sekali itu kenapa ya dok apa pertahanan nya kayak gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya mas gak ngasih tau jenis musang mas apa.
      memang, beberapa jenis musang memiliki kelenjar bau, tapi biasanya tidak terlalu menyengat. bisa mas sebutkan jenis musang milik mas apa?

      Delete
    2. saya lupa musang saya rase usia 8 bln

      Delete
    3. oh.... memang, kadang tingkat kelenjar bau dari masing2 rase berbeda tiap individunya, ada yang emang baunya rada menyengat, ada yang biasa aja. rata2 sih sama mas baunya....

      tebakan saya sih karena rasenya udah siap kawin, makanya baunya agak sedikit lebih menyengat dari rata2 rase biasa....

      gak mau nyoba breeding rase mas? :)

      Delete
  2. Satu lg dok rase trmasuk piaraan yg paling setia stlh anjing juga pintar.. Pengalaman saya dia bbrp kabur sampai paling lama 2hari krna dia loncat keluar rumah lewat jendela kamar belakang.. Logikanya sih dia gabakal bisa balik krna posisi dia loncat ada d blkng rmh kalaupun mau pulang harus muter komplek. Tp tau2 dia udh ada d dpn rmh. Trus untuk kesetiaanny meski dia freeroom d rmh dia hanya mau dkt sama saya yg udh urus dia dari baby. Sampai2 saat saya keluar kota bbrp hari dia gapernah keluar dari tmpt tdurnya sampe saya datang baru mau keluar. Dia keluar cma untuk makan selebihnya diem d tmpat tidurnya. Sedikit sharing dari saya dok..thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya balik lagi ke karakter rase dan cara mas memelihara dia. saya sih salute dengan mas yang sudah menjalin kedekatan sedemikian erat dengan rasenya. keren.

      salam buat rasenya mas.. dari errol dan padma, burung hantu saya... :)

      Delete
    2. Iya kadang suka lucu liat tingkah rase itu.. Salam balik bu dokter :)

      Delete
  3. Sama sekalian tanya dok untuk karakter hunting bwk itu seperti apa y? Soalny saya ada cg udh skill bisa hunting ground dan fly. Tapi untuk bwk sprti apa y? Mengingat dia kn bisa hovering dan jarang sekali info di youtube. Mungkin hanya org indo atw thai yg upload itupun hanya soaring. Beda dengan cg yg udh booming d inggris. Mohon infonya mengingat bwk saya baru belajar terbang

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh kebetulan soal karakter hunting bwk udah saya buatkan artikelnya, nanti saya publish... :)

      Delete
    2. Pas banget dok.. Tolong yg lengkap ya dok soalny jarang banget informasi dari international falconer ttng burung yg satu ini. Entah krna endemik asia aja atw memang jarang disukai sama org luar krn gaya terbang yg mirip2 kite

      Delete
    3. nunggu antrian publish sebenernya mas... :)
      sip, nanti saya buatkan artikel2nya lebih sering..

      Delete
  4. dok saya mo nanya lagi nih makanan selain sun,pisang apa lagi ya buat musang rase soalnya musang saya kayanya udah bosen
    trus cara biar musang saya gak suka makan kecoa,tikus meski cuman di matiin doang gimana ya dok

    ReplyDelete
  5. Dok saya mau tanya, saya melihara baby musang rase, dia itu mau makan cuma pala ayam rebus doang. Gamau yg lain, dan minum nya pun cuma mau air putih. Niat saya mah saya mau kasih jenis makanan dan minuman yg berbeda tapi musangnya gapernah mau. Dokter punya cara lain gak dok? Hehe makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk musang rase baby, yang terpenting adalah dia mau makan dulu.... jangan mikir soal pergantian makanan dulu.... yang terpenting adalah dia sehat dulu...

      oke? :)

      Delete
  6. Sore dok sy baru mau melihara musang jenis rase, sy dengar2 musang rase rawan mati ya dibanding dengan musang lainnya?? Oiya kalo musang rase bisa obes juga gk sih ? Thx pencerahannya dok :). Salam buat errol dan padma dari beno (kekep babi) & lucy (barn owl) saya :):)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru bales, saya abis sakit kemarin.... :(

      iya mas, rase emang lebih rentan mati dan bulunya lebih mudah rontok. dan musang rase juga sebenernya bisa obes, meski agak susah. :D

      salam juga buat beno dan lucy dari errol dan padma... :D

      Delete
  7. Saya baru nge keep rase dok..usoa 2bln..mau nanya nih..klo mogok makan itu knp ya..trus kasih apa ya buat ngebangung nafsu makannya..trus rase usia 2bln boleh di free room gk .. klo blom usia berapa kira" bisa di free room..terimakasih dok..

    ReplyDelete
  8. Saya baru nge keep rase dok..usoa 2bln..mau nanya nih..klo mogok makan itu knp ya..trus kasih apa ya buat ngebangung nafsu makannya..trus rase usia 2bln boleh di free room gk .. klo blom usia berapa kira" bisa di free room..terimakasih dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh aja di freeroom, tapi sambil diawasi.
      selama ini dikasih makan apa, mas? jangan dikasih susu.
      coba kasih bubur bayi promina.

      Delete
  9. Dok apakah sesama rase betina itu gk bisa akur ya? Saya punya rase betina sekitar hampir 4 bulanan, dari kecil mereka akur tapi tiba tiba suka berantem.. tiap dikandang yang sama mereka selalu berantem, akhirnya saya pisah.... saya harus gimana ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending amannya, pisahkan tapi taro kandangnya sebelahan.
      jadi mereka masih bisa liat-liatan dan masih bisa interaksi...

      seminggu sekali bisa ajak main bareng di luar kandang

      Delete
    2. Ini saya freeroom dok, akur.. tapi kadang bunyi kayak tawon gitu dok... kalo udah gitu saya pisahin lagi..

      Delete
    3. pas disatuin saling serang nggak?

      kalo gak saling serang nggak apa2, satuin aja. tapi jangan ditinggal. tungguin. kalo mbaknya mau pergi, baru pisahin lagi...

      Delete
  10. Dok rase saya umur 3 bulan dari baby rukun tp sekarang kalo malem suka berantem sampe berdarah2 gtu dok apa mereka ga bisa rukun? Dua2nya betina dok sekarang tiap malem saya pisah kandangnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang musang, apalagi rase, kalau malam lebih agresif. mbak betul, kalau malam dipisah aja.

      fesesnya gak mencret? :)

      kabari terus

      Delete
    2. Iya dok ini jg pisah kalo udah mulai berantem.
      Anak2 saya fesesnya normal dok, kalo mereka habis berantem terus saya pisah kandangnya suka pada nangis dok nyariin sodaranya

      Delete
    3. sementara pisah aja terutama kalo udah mulai berantemnya kelewatan. tapi kandangnya berdekatan, jadi mereka bisa saling liat... :)

      makan lancar? maaf karena baru balas...

      Delete
  11. Buruan gabung dan menangkan jutaan rupiah
    Hanya di
    QQACE96 .COM
    WA +62823-6229-3153

    ReplyDelete
  12. WIN323 - Merupakan Situs Online Betting NO.1 Di Indonesia.
    Dengan WIN RATE tertinggi 97% + Bonus Bonus Super Heboh yang bisa
    anda dapatkan setiap hari nya!!

    Bonus Bonus Super Heboh Dari WIN323
    ~ Bonus New Member : 20%
    ~ Bonus Next Deposit : 5%
    ~ Bonus Cash Back : 5%

    Untuk permainan terbaru FAFA SLOT BONUS NEW MEMBER 100% dengan minimal deposit Rp 100.000,-

    Minimal Deposit : Rp.25.000
    Minimal Withdraw : Rp.25.000

    Tunggu apalagi mari langsung bergabung bersama WIN323 dan jadilah
    pemenang di setiap taruhan yang Bossku lakukan :)

    Contact Person WIN323 :
    BB : E3E94F65
    LINE : win323a

    WA : +855 78 633 430 ( WIN323 )

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.