Mengobati Musang Yang Makan Feses Sendiri | Drh. Fira Sovica

Penyebab atau

sebab kenapa musang sering makan feses

bisa berarti beberapa hal. Istilah hewan sering makan feses disebut coprophagia . Hal ini tidak saja terjadi pada musang. Hewan lain seperti sugar glider sering makan tahinya sendiri, atau kucing yang sering makan tainya sendiri.
Mengobati Musang Yang Makan Feses Sendiri
Image taken from youtube.com


Fenomena musang sering makan tahinya sendiri tidak bisa dibilang baik. Ada beberapa sebab yang menyebabkan musang sering makan tahinya sendiri. Berikut adalah beberapa penyebab yang bisa menyebabkan musang sering makan tahinya sendiri:
  1. Malnutrisi dan kurang vitamin atau mineral. Musang yang kekurangan gizi bisa saja makan fesesnya sendiri. Bisa dikatakan, ini adalah naluri dasar hewan. Penyebab ini juga yang menyebabkan kucing dan sugar glider kadang makan fesesnya sendiri.
  2. Parasit dan bakteri. Secara alami, musang akan memakan feses atau tahinya sendiri saat dia merasa ‘ada yang salah’ dengan organ cernanya. Biasanya, hal ini disebabkan karena adanya bakteri atau parasit yang bercokol di sistem pencernaannya. Musang biasanya akan memakan feses sendiri agar menetralisir bakteri dan parasit dalam saluran cernanya.
  3. Stres tingkat tinggi.
  4. Penyakit. Beberapa jenis penyakit seperti diabetes dan penyakit pada kelenjar tiroid membuat musang kerap memakan makanan sendiri. Jika musang sering memakan tahinya sendiri, tidak hanya sekali, kemungkinan besar memang musang tersebut mengidap diabetes atau mengalami masalah di kelenjar tiroidnya.
  5. Sebab lain. Banyaknya penyebab lain yang bisa menyebabkan musang makan tahi sendiri, maka dari itu saya menambahkan poin terakhir yaitu sebab lain.
Cara pengobatan musang yang suka makan feses sendiri.
Ketepatan diagnosa tetap diperlukan untuk mengobati musang yang suka makan feses sendiri. Dan saya lebih menyarankan agar anda membawa musang yang mengalami gejala aneh seperti sering memakan tai sendiri ke dokter hewan terdekat agar mendapatkan diagnosa yang cukup tepat daripada anda melakukan tindakan asal yang berdasarkan opini ‘katanya’. Ingat, memelihara hewan (atau dalam hal ini: memelihara musang) berarti siap dengan resiko, termasuk mengobati musang peliharaan saat dia sakit. Demikian adalah cara mengobati musang yang sering makan feses sendiri. Semoga artikel ini bisa membantu para pecinta musang dalam

mengobati musang yang suka makan tahi

sendiri. Terima kasih. (FS)

33 Responses to "Mengobati Musang Yang Makan Feses Sendiri"

  1. Maksih dok ats informasi na sngat membantu..dok ap musang lgi birahi suka hairlos ya???

    ReplyDelete
  2. Dok, saya punya sg jantan joey umur kurang lebih 3 bulan. Apa boleh saya kasih joey jantan juga? takutnya berantem

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja satuin. kalau berantem, ya pisahin. kalau gak berantem juga tetep liatin selama 2 jam. menjaga2 aja.. :)

      lebih bagus sih kalau sepasang, mas... :)

      Delete
    2. Kasih betina gak apa-apa kan dok?

      Delete
    3. gak apa2.. :)
      malah bagus, jadi sepasang.. :)

      Delete
  3. Dok mau tanya dong. Musang saya kok kalo abis dimandiin suka garuk garuk gitu ya ? Padahal sebelum mandi gak pernah garuk garuk ?
    Makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sabunnya bersih gak? kadang bekas sabun atau sampo bisa bikin iritasi juga. mas campur apa air mandinya?

      setelah bulunya kering, coba mas cek kulitnya. apakah ada bintik2 atau tidak. saya tunggu balesannya ya mas.. :)

      Delete
    2. Shampoonya pake yang buat bayi dok. Airnya juga nggak dicampur apa apa. Abis mandi saya elap dibawah sinar matahari dok

      Delete
    3. Shampoonya pake yang buat bayi dok. Airnya juga nggak dicampur apa apa. Abis mandi saya elap dibawah sinar matahari dok

      Delete
    4. abis mas keringin, ada bekas bintik2 merah gak di kulitnya?

      Delete
    5. Gak ada kok dok bersih soalnya tiap hari saya mandiin

      Delete
    6. kayaknya masih sehat....

      sekarang gimana keadaan musangnya? :)

      Delete
    7. Alhamdulillah dok sehat makan kelewat lancar. Oia dok nanya lagi dong biar musang bonding / anteng gimana ya soalnya kalo pake harness keliatan banget gelisan gitu

      Delete
    8. itu karena dia belum terbiasa pakai harness mas. gak apa2, sambil dibiasakan. coba pas dia pakai harness mas taruh aja dia di pundak (digendong)... :)

      atau mas bisa baca artikel saya cara agar musang anteng....

      Delete
  4. mau tanyak dok
    musang saya usia sekita 4 - 5 bulanan nih dok, jenis musang nya MUSANG PANDAN kelamin BETINA.
    keluhan nya yaitu : udah hampir 1 bulanan lebih musang saya itu bulu nya rontokan di bagian kepala dan badan nya, terus dok cuman mulai tumbuh sih di bagian kepalanya aja, yang lebih parah malah di bagian badan sama bagian kaki paha dok.
    udah saya beri scoot emulsion, susu bebelac, minyak kemiri (kata teman sih disuruh pake minya kemiri biar cepat tumbuh bulunya) sama makanan nya bubur sun rasa pisang susu, tapi malah susah betul buat belajar makan dok, selalu mau di suapin terus, padahal gigi nya udah pada tumbuh semua.
    mohon saran iya dokter Drh. Fira Sovica
    terima kasih

    ReplyDelete
  5. Dok,Apakah musang umur 3 bulan masih dikasih susu?? Trus klo masih Susu apa yg cocok Untuk musang umur 3 bulan ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh. tapi kasih susu non laktosa aja mas.
      karena kalau yang menngandung laktosa, bisa mengobati mencret.

      saya rekomendasikan sih pake sari kurma aja. jangan kasih susu...

      Delete
  6. Dok, SG saya usia 2 bulan lebih jantan. Fesesnya warna cokelat padat. Kalau mau pup suka hissing dok. Saya sudah beri pepaya dan dikasih madu tp dia tidak suka pepaya. Sukanya semangka jd kadang syaa kasih air semangka pakai bubur sun. Saya pengen ganti buburnya tidak sun tp dia gamau dok. Sampe saya udh beli semua jenis bubur bayi tp dia cuma mau makan sun pisang harga mati. Nah akhir2 ini saya sering pergokin dia ngunyah sesuatu sambil jilat2 anusnya sampe saya sadar dia makan pupnya sendiri. Pdhl dia sehat dok ceria, hidung merah, aktif dan makan rakus. Knp ya dok? Saya khawatir :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru balas...
      mbak udah search artikel saya di blog ini? udah ada kok artikelnya...

      Delete
  7. Iyaa
    Makasih banyak ya dok^^
    Skrg udh engga gt lg dok

    ReplyDelete
  8. Dok musang saya fases nya warna kecoklatan gitu dok kenapa ya? Trus setelah saya kasih nasi kecap..besok nya di malas gerak gitu..trus dikasih makan cuma di endus doang
    .itu kenapa dok..solusinya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending stop, jangan dikasih nasi kecap lagi.
      mas baru sekali ngasih dia nasi kecap ya?

      umur musangnya berapa, dan jenis musangnya apa?

      untuk pengobatan, mas bisa kasih dia air kelapa. dan jangan dikasih nasi kecap lagi.

      Delete
    2. Iya saya baru sekali kasih dia nasi kecap..2,5 bulan jenis muspan ada 2 ekor 1 kandang..mereka jadi males makan juga dok..muspan nya sama saya baru 5 hari sihh..masih nge deff gitu trus suka tidur terus dari pagi sampe malem..kalo di tungguin baru dia bangun gitu dok

      Delete
    3. Trus saya jarang pegang dia..kalau saya pegang pake hand glove gpp kan?

      Delete
    4. kalau pas pegang, jangan pake glove, mas.
      biar cepet bonding dan jinak...

      coba lebih sering diajak main lagi mas. :)

      masnya merokok nggak?

      Delete
    5. Saya ga merokok dok...ok dok..tapi kalo pake glove sampai dia jinak ga ngegigit bisa ga dok? Trus suka ngacir gitu dok

      Delete
    6. sementara buat jinakin, dan biar masnya terbiasa dengan gigitannya, sementara bisa pake gloves... tapi nanti kalau mas udah terbiasa digigit dan gak kaget lagi digigit, lepas aja ya....

      kalau masnya takut, malah dia yang makin berani sama mas. prinsipnya gitu. makanya salahsatu yang harus dihilangkan adalah rasa takut dan kaget saat digigit....

      Delete
    7. Oke dok..makasih saran nyaaa membantu bangeet

      Delete
  9. LIGA108 & WIN323 - Merupakan Situs Online Betting NO.1 Di Indonesia.
    Dengan WIN RATE tertinggi 97% + Bonus Bonus Super Heboh yang bisa
    anda dapatkan setiap hari nya!!

    Bonus Bonus Super Heboh Dari LIGA108
    ~ Bonus New Member : 20%
    ~ Bonus Next Deposit : 5%
    ~ Bonus Cash Back : 5%

    Minimal Deposit : Rp.25.000
    Minimal Withdraw : Rp.25.000

    Tunggu apalagi mari langsung bergabung bersama LIGA108 dan jadilah
    pemenang di setiap taruhan yang Bossku lakukan :)

    Contact Person LIGA108 :
    BB : 55A567BC
    LINE : LIGA108
    WA : +855 78 633 425 ( LIGA108 )
    WA : +855 78 633 430 ( WIN323 )

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.