Tidak Ada Vaksin Untuk Musang, Benarkah? | Drh. Fira Sovica

Beberapa saat yang lalu ada sebuah pertanyaan yang diajukan kepada saya via komentar. Inti pertanyaannya adalah

benarkah tidak ada vaksin untuk musang

. Maka artikel ini saya susun berdasarkan pertanyaan tersebut. Benarkah musang tidak perlu divaksin? Atau mungkin lebih jelasnya: benarkah tidak ada vaksin untuk musang? Anda bisa membaca artikel saya mengenai musang lainnya yaitu cara agar musang anteng dan cara memelihara musang bulan. Artikel ini saya sarikan dari buku Fowler’s Zoo and Wild Animal Medicine Volume 8 karya R. Eric Miller dan Murray E. Fowler.


Tidak Ada Vaksin Untuk Musang, Benarkah?
Image taken from en.wikipedia.org
Balik lagi. Benarkah tidak ada vaksin untuk musang?
Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah salah.
  • Musang bisa terjangkit penyakit distemper, sama halnya seperti kucing. Ada beberapa pendapat bahwa distemper pada kucing sama halnya dengan distemper yang menjangkiti musang, dan saya cenderung setuju dengan pendapat tersebut. Penyakit distemper pada musang bisa dicegah dengan cara memberikan vaksin untuk mengobati canin distemper pada anjing dan kucing.
  • Selain distemper, alasan kenapa musang butuh vaksin yang kedua adalah karena musang bisa terkena penyakit SARS. Penyakit akibat virus ini memang beberapa waktu lalu pernah heboh di indonesia. Penyakit SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) atau sering disebut sindrom saluran pernafasan ini ditandai dengan susah bernafas. Menurut laman wikipedia, virus ini diyakini berasal dari China.
    Banyak orang yang tidak tahu kalau musang bisa terkena SARS. Pemberian vaksin SARS pada musang bisa mencegah musang dari terkena atau terjangkit SARS.
  • Penyakit ketiga yang menjadi alasan kenapa musang butuh vaksin adalah karena penyakit rabies. Iya, musang bisa terkena penyakit rabies, dan penyakit rabies bisa dicegah dengan cara memberikan vaksin pada musang. Patut saya ingatkan bahwa rabies pada musang bisa menyebar ke manusia. Menjaga kebersihan kandang musang, tubuh musang, dan menjaga daya tahan tubuh musang adalah cara efektif mencegah rabies pada musang.
  • Penyakit terakhir yang menjadi alasan benarkah musang butuh vaksin adalah penyakit influenza atau flu. Iya, musang bisa juga terjangkit avian flu. Meski bernama avian flu (flu burung), namun flu ini juga bisa menjangkiti musang. Namun dampak flu burung pada musang bisa dikatakan tidak separah flu burung pada unggas.
Nah, itulah beberapa penyakit yang menjadi alasan kenapa musang butuh vaksin sebagai alasan pertanyaan

apakah benar tidak ada vaksin untuk musang

. Semoga artikel ini bisa menjadi jawaban bagi anda semua. Terima kasih. (FS)

101 Responses to "Tidak Ada Vaksin Untuk Musang, Benarkah?"

  1. harga vaksin kisaran berapa ya dok ? dan apakan dokter hewan semua nya bisa Suntik Vaksin ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. semua dokter hewan kayaknya bisa.
      atau mungkin mas bisa telp dlu, tanyain bisa apa nggak. alamat dokter hewan sepulau jawa ada kok artikelnya....

      harganya biasanya sekitar 200 hingga 300rbu. tergantung dokter hewannya... :)

      Delete
  2. Dok muspan saya umur 1th.sya perhatikan musang sya pernah mmkan feses na sendiri ap gpp dok??sya ksih mkan gk pernah klwat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuma sekali begitu apa sering mas?
      nanti saya publisg\h artikelnya. mas bisa cek di artikel terbaru saya...

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Klo sya liat c baru bgitu tpi gk tau klo pas lgi mlm" sya tdur...trus dok ap musang lgi birahi suka hairlos ya??mhon pncerahn na dok

      Delete
    4. kalo lagi birahi gak sampe makan fesesnya mas.
      dah dibaca artikelnya? kalau sering makan feses, kemungkinan kena diabetes atau kelenjar tiroidnya bermasalah.

      ciri musang birahi ada kok artikelnya... :)

      Delete
  3. Umur brpa musang boleh di vaksin dok

    ReplyDelete
  4. Mau nanya lagi ni dok...si lily (muspan umur 2blan) baru 2 hri sma sya..knpa y dok klu jalan bdanx gemeteran..trus setelah diksih makn dan mnum dmasukin kkndangnya krjaannya tdur aj trus krjaannya apa itu normal dok utk lily yg masih umur 2 blan..fasesnya agak keras kadang dibntu dgn dtarik fasesnya bru mau kluar..sya ksih makan pisang mateng yg di penyet dok..tolong bntuannya dok..sblumnya makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya mas gak ngasih tau lily dikasih makan apa.
      coba kasih makan pepaya matang dengan cara diblender dulu pepayanya (tanpa air), lalu campur sari kurma, aduk, dan coba berikan. kalau dia belum bisa makan sendiri, disepet aja... :)

      Delete
  5. Si lily makanx pisang sama pepeya yg sya penyetkan..dikasih makan kadang disuapin pke tngan kdang makan sndiri lily dok...
    Oh y lily kirim salam buat erol...

    ReplyDelete
  6. Dok, saya mau nanya bisa gak lily di kasi minum madu, tapi di campur air sdikit. Tlong infonya dok
    mksi dok....

    ReplyDelete
    Replies
    1. muntahnya agak berbusa ya?? itu kemungkinan karena madu yang diberikan, mas. jangan dikasih madu. cukup buah2 aja...

      kalau mau kasih suplemen, kasih sari kurma...

      sekarang gimana keadaan lily?

      Delete
    2. Dok musang yg boleh di vaksin umur berapa ? Maap pemula dok

      Delete
  7. Ass..met mlem dok...sya mau nanya dok..lily setelah dikasih makan pepaya beberapa menit kemudian lily muntah..itu sbabnya apa dan apa si lily lgi skit dok...apa yg hrus sya lakukan dok...mhon bntuannya dok...

    ReplyDelete
  8. 1.Silily skrang jdi pemalas alias g aktif sperti musang pada umumx...kbnyakan tdur dok dripada main..apa sebabx dok..


    2.soal dikasih madu..bru 1x itu jg sya kasih sebelum dia muntah disertai busa dri mlutx

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana?
      mending kasih sari kurma agar nafsu makannya pulih dan dia aktif lagi. makanan harus tetep dikasih. dengan cara dipipet atau disepet. :)

      kasih saya kabar lagi ya mas... :)

      Delete
  9. Fasesnya sama sperti pepaya dok..
    Sekarang si lily kuat makan..dlam sehari smalam si lily makan pepaya 5x dok dan klu lagi di kasih makan dia seperti orng yg g makan berhari-hari.. yg sya ingin tanyakan apa itu wajar dok dan ada pengaruh g dok sama kesehatannya klu silily makan trlalu sering dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dia makan buah, malah bagus kalau dia banyak makan. apalagi mas bilang kalau warna fesesnya sama kayak warna buahnya. itu sehat artinya. :)

      si lily banyak makan kemungkinan dia ngerasa ada yang salah ama pencernaannya. merasa gak enak sama perutnya. biasanya musang kayak gitu. mereka banyak makan buah jika merasa ada yang salah di perutnya. dan itu bagus kok... :)

      cek terus fesesnya ya mas. selama warna fesesnya sama dengan warna buahnya, its fine... :)

      Delete
  10. Ok dok.... makasih atas saran dan infonya dok..sangat membantu..

    ReplyDelete
  11. Ass...
    dok mau nanya..muspan umur 2,5 bulan diberi makan pepaya matang tiap hari nggsk apa2 kah dok...pengaruh nggak ama kesehatan dan pertumbuhannya????

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu malah bagus kok. saya malah lebih seneng kalau ada yang kayak gitu. :)
      sesekali kasih kepala ayam rebus gak apa2. seminggu sekali aja.

      nama musangnya siapa mas?

      Delete
  12. Namanya loly dok...

    dok mau tanya lagi..
    1. Kepala ayamnya di ganti hati ayam boleh apa nggak dok?

    2. Anak muspan yg masih bayi ciri2nya warnanya hitam polos telinga masih tertutup..kira2 umurnya sekitar berapa bulan dok???

    3. Muspan ada berapa jenis dok... apa bener muspan ada yg berukuran jumbo???

    Makasih Drh.Fira Sovica

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo. :)
      1. boleh. :)
      2. gak tau. soalnya saya gak bisa liat anakan musangnya langsung. telinga tertutup? kayaknya semua bayi musang telinganya terbuka semua mas. CMIIW. :)
      3. banyak. yang biasa dipelihara orang indonesia yaitu musang pandan, musang rase, musang akar, musang bulan, dan lain sebagainya. ukuran tubuh musang semuanya berdasarkan genetik, sama kayak manusia. ada yang emang bongsor, ada juga yang udah dewasa tapi kayak musang anakan. :)
      kalau yang emang berukuran besar, mungkin maksud mas itu binturong. mas bisa baca artikel saya cara memelihara binturong..

      Delete
  13. Dok mau nanya lagi nih..
    boleh y dok...

    1.bubur SUN rasa pisang di campur ama scott emulsion boleh apa nggak dok (buat makan selingan musang pandan sya)???????

    2.takaran scott emulsionnya ( bentuk cair ) seberapa banyak dok dan berapa hari sekali dikasih???

    Makasih dok sebelumnya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh... saya malah seneng kalau ada yang bertanya :)
      1. kalau saya sarankan sih pakai bubur bayi promina dan sari kurma. itu lebih bagus.
      2. silakan baca artikel saya dosis scott emulsion untuk musang

      Delete
    2. Pemberian scott emulsion pada musang di perbolehkan pada umur brpa dok...

      Delete
    3. silakan baca artikel saya dosis scott emulsion untuk musang. :)

      saran saya sih bagusan pakai sari kurma aja mas, jangan pakai scott emulsion

      Delete
  14. Dok, tadi pagi muspan saya setelah mandi saya kasih minyak kemiri badan nya Trus sama muspan nya dijilat jilat dok badan nya. Itu gpp yaa dok ?
    Trus muspan saya kadang mau makan kadang nggak. Tapi sering bab dok. Itu gpp apa gimana biar mau makan terus dok. Makasih dok sebelumnya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau musang sering jilatin minyak kemiri, gak apa2 kok. :)
      tapi mungkin mas ngasih minyaknya kebanyakan. kurangi aja dikit. :)

      kalau soal nafsu makannya, mas bisa baca artikel saya cara menambah nafsu makan musang dan dosis scott emulsion untuk musang. cari dibagian search. selain itu, mas bisa kasih sari kurma.. bagusan sih sari kurma...

      saya tunggu kabarnya.

      Delete
    2. Musang saya udah ada kemajuan buat makan nya dok. Makasih yaa dok :-)
      Saya baca artikel biar musang bonding kan harus handsfeed dok, saya kasih makan kan sun rasa pisang pake suntikan itu termasuk handsfeed bukan dok ?
      Maaf dok kalo sering nanya nanya.
      Makasih dok :-)

      Delete
    3. saya malah seneng bisa bantu. mas bisa terus nanya kesini. :)

      selama ada interaksi ama musangnya selama kasih makan, itu bisa disebut handsfeed. waktu kasih makan, mas pegangin badan musangnya kan? :)

      kabari saya mengenai fesesnya. coba kasih sari kurma biar musangnya sehat, karena lagi pancaroba....

      Delete
    4. Iyaa dok :-)
      Iyaa saya pegangin musang nya dok. Tapi jarang pup dok musang nya. Kalo pup fases nya warna kayak sun nya gitu dok. Kadang kentel dok fases nya
      Sari kurma kayak gimana sih dok ?
      Pancaroba apa tuh yaa dok ? Hehehe
      Oh iya dok nama musang sayang Michelle :-)

      Delete
    5. pancaroba tuh perubahan musim. dari musim kemarau ke musim ujan, begitu sebaliknya. biasanya di musim pancaroba banyak hewan sakit karena perubahan suhu dan iklim ini. yang paling banyak reptil kayak ular, kura2, dll....

      cari aja di indomart atau alfamart, bilang aja beli sari kurma.
      atau beli di toko obat. jangan cari di toko beras, mas. gak bakalan ada. :D

      gak mencret kan pup-nya? kalau gak mencret (masih berupa krim gitu), masih bisa dibilang sehat. coba kasih sarikurma aja nanti...

      sehat terus buat michele.. :D

      Delete
  15. Dok mau nanya, umur musang saya kurang lebih 4bulan.
    Nah kadang setiap di ajak main kadang kaga dia seoalu terengah engah gitu pernapasannya, kaya anjing gitu yg buka mulut buat ambil nafas.
    Itu dia lg sakit atau tidak yg dok? Tapi kalo nafsu makan dia masih stabil, sama lincah mainnya ga lemes gitu
    Makasih dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia suka gerak aktif ya? bener?
      suka mas ajak jalan2? sama aja kayak manusia, musang akan ngos-ngosan kalau abis jalan atau lari...

      menurut pendapat saya sih selama dia masih mau makan, gak murung, dan fesesnya normal, kayaknya masih sehat. coba mas observasi aja, kalau dia emang tetep ngos-ngosan meski gak lagi berjalan, mohon infokan lagi ke saya...

      Delete
    2. Aktif ko dok, makan aja normal normal aja, iya kadang ngos ngosan gitu walaupun ga di ajak main, jadi kaya nafas lewat mulut gitu
      Apa itu gapapa dok? Kalo diliat dari gerak, makan, feses si normal,cuman masih nafas kadang dari mulut gitu

      Delete
    3. kepanasan mungkin? karena kadang musang kalau kepanasan kayak gitu...

      treatment dari saya, coba beri ramuan penambah daya tahan tubuh musang aja. resepnya: air kelapa muda, campur sari kurma 6 sendok. terus aduk. kasih aja ke musangnya.... :)
      setelah 4 jam, buang kalau ramuannya masih ada sisa....

      saya sih masih yakin dia sehat, makanya saya cuma kasih suplemen aja... :)

      infokan lagi ya mas...

      Delete
  16. Ohh kalo kepanasan emang suka gitu ya dok :D saya kasih scoot emulsion doang dok akhir akhir ini
    Makasih dok sebelumnya :D sukses selalu dok 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. daripada scott emulsion, sebenernya lebih bagus kasih sari kurma, mas... :)

      Delete
    2. ohh gitu ya dok :D oke dah nanti saya coba cari sari kurmanya :D

      Delete
  17. Assalamualaikum
    dok apakah tidak apa2 klo saya tidak berikan vaksin kepada kucing2 saya , ya kucingnya bukan kucing hias atau apapun, cuman kucing kampung biasa yang saya pelihara
    Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. malah bagus. vaksin aja mbak.
      pastikan kucingnya sehat saat akan divaksin...

      Delete
  18. Maaf dok,mau tanya sedikit...
    Apakah musang pandan wajib dan harus di vaksin...jika harus,vaksin apa saja yg harus/wajib di berikan,terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak harus. kalau musangnya sehat2, pendapat saya sih gak perlu divaksin gak apa2...... IMHO... :)

      Delete
  19. Dok mau tanya sedikit,apakah musang pandan harus dan wajib di vaksin..
    Jika harus dan wajib,vaksin apa yg harus di berikan untuk mencegah penularan penyakit berbahaya.Terima kasih.

    ReplyDelete
  20. dok mau nanya lagi :D kalo musangnya suka keluarin air liur dan suka nafas lewat mulut kaya anjing, setelah diajak lari larian keluar apa itu normal?

    ReplyDelete
  21. Dok vaksin itu sbaiknya d lakukan 1 tahun sekali apa gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung jenis vaksinnya, mas.
      tapi emang rata-rata begitu. :)

      Delete
  22. Dok vaksin itu sbaiknya d lakukan 1 tahun sekali apa gimana

    ReplyDelete
  23. Assallamuallaikum Dok. Saya mau tanya waktu tgl 25 November 2016 saya bawa Musang kesayangan saya buat Suntik Vaksin dan saya baru sadar kalau ada benjolan di dlam kulit yg dlunya terkena jarum suntik di bagian leher waktu suntik vaksin apakah itu wajar atau tidak dan bagaimana cara penyembuhannya apakan bakal ada efek sampingnya juga buat musangnya ke depannya sebelumnya Makasih dok

    ReplyDelete
  24. dok satu lagi ni pertanyaan saya ,, kok muspan saya gak mau makan pepaya ya ,,, selalu aja pisang dan pisang ,, kira kira gima tu dok

    ReplyDelete
  25. Selamat malam dok.saya mau nnya dok.kenapa musang saya .lemah dan sama seklai gak mau makan dan pup nya encer sekali dok setelah di vaksin dok.
    Apakah itu normal,atau tidak.?
    Apakah musang saya terkena distemper dok?
    Tolong balasan nya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas baca artikel saya suplemen penambah daya tahan tubuh musang, kasih obat yang saya tulis di sana.

      tetep kasih makan. dia harus kasih makan. :)

      kabari saya terus

      Delete
  26. Ada yang mau saya tanyain dok . Musang saya namanya moko . Umur sekitar 2.5 bulan . Awalnya di kasih pisang fine" aja . Tapi skrg malah doyan telur, setelah makan telur malah fesesnya cair dok dan sedikit bau telur . Aku coba kasih pepaya dia sama sekali ndak mau . Minta sarannya dok . Dan takaran sari kurmanya brp sendok dan gimana caranya ngasihnya sedangkan si moko petakilan banget makasih dok sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf banget karena baru balas. saya baru pulang tugas... :D
      mas campur aja ke air minumnya. bisa juga sih diminumkan langsung pake sendok teh atau sedotan/pipet.
      musangnya tangkep dulu, tahan pake kain di sekitar lehernya, tapi pelan2 aja. :)

      Delete
  27. Dok saya mau tanya, kalau musang hairloss di paha cara nyembuhinnya gmna yaa dok, soalnya saya kasih minyak kemiri atau minyak zaitun malah di gigit gigitin dok...apakah wajar seperti itu??

    ReplyDelete
    Replies
    1. jenis musangnya apa mas? :)
      umur musangnya berapa?
      coba cek di kulitnya, apakah ada bintik2 kayak kutuan gitu?

      minyak kemiri atau minyak zaitunnya jangan terlalu basah. pokoknya kalau terlalu basah, lap aja pakai kain atau tisu.....

      saya tanya dulu umurnya ya mas. setelah tahu umur dan jenis musangnya, baru saya bisa kasih sarannya... biar lebih tepat... :)

      Delete
  28. Musang pandan dok...namanya vany
    7 bln dok
    Ada bintik bintik sedikit dok..itu penyebabnya apa ya dok??
    Terus kalo mau di obatin dengan cara yang ampuh gmna yaa dok??
    Makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia suka garuk2 bagian yang bintik2 nggak?

      jujur saya sih takut dia kutuan aja. sering mas mandikan? coba baca artikel saya CARA MEMANDIKAN MUSANG.
      air mandinya campur dettol cair....

      tiap minggu bersihkan kandang dan perlengkapannya dengan cara dicuci dan dijemur. bagusnya sih ada 2 kandang yang tiap minggu dipakai bergantian....

      mas bisa kirim gambar hairlossnya kemari? :)

      Delete
  29. Kan gabisa dikirim di blog dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa.
      coba cek bagian PERHATIAN, tepat diatas form komentar. :)

      Delete
  30. Udah dikirim via gmail dok. Bisa liat gambarnya

    Apakah itu sudah termasuk sembuh atau belum dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, udah saya balas, mas... :)
      dan maaf karena baru bisa sempet bales...

      Delete
  31. Iyaa dok..jadi gmna?apa bisa disembuhin?

    ReplyDelete
  32. Saya udah mandiin sehari sekali tapi gk ada perkembangannya dok?caranya apa lagi yaa dok kalo boleh tau?😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas.
      mas air mandinya pake dettol nggak? :)
      dettol antiseptik...

      abis dimandikan, jangan lupa jemur...

      Delete
  33. okee..makasih dok atas sarannya..
    😊

    ReplyDelete
  34. Mlm dok sy mau tanya muspan sy terkena distemper dan tdk dapat bergerak..pas tgl 12-5-17 sy bawa ke dokter hewan skrg sdh dlm proses penyembuhan feses normal dok yg ingin sy tanyakan musang sy belum dapat berdiri normal... kira2 langkah selanjutnya bagaimana dok... nama musang CIMI umur 6 bulan.. terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanannya mas kasih makan apa? sementara bisa kasih bubur bayi promina.

      dikasih obat kan sama dokter hewannya?

      Delete
    2. Dok,saya mau tanya,
      Musang saya sebelumnya sehat dan lincah,tapi tiba" kemarin tanpa gejala apapun, dia waktu saya keluarin dari kandang setelah beberapa lama langsung tiba" kejang kejang dok,saya langsung takut dan kawatir.seluruh badannya kejang" sampai ekornya tegang,tapi anehnya setelah gak brp lama kejang,dia langsung normal dan jalan lagi,dan gak berapa lama kemudian dia kejang lagi dan berulang terus dok,hingga akhirnya berhenti juga.dan juga waktu kejang" ni musang saya jalannya badannya gak seimbang kiri kanan gemetar banget.trus esoknya musang saya lemas banget,bahkan mulutnya terbuka trus ,dan bernafasnya percis kayak anjing ,lidahnya keluar disertai gemetar.
      1.itu kenapa ya dok?
      2.saya ada baca artikel dokter juga,apa ini ada hubungannya dengan distemper?
      Musang saya sekitar 7 bulan,makan setiap hari pepaya lancar kadang ayam

      Makasih Dokter....

      Delete
    3. sebelumnya maaf banget karena baru balas... :(

      besar kemungkinan emang distemper, mas. biasa disebut parfovirus juga...

      sekarang gimana keadaan musangnya? kalau masih bertahan, segera bawa ke dokter hewan terdekat...

      Delete
  35. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  36. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  37. Dok tanya lagi nih..
    Muspanku umur 3 blan, klw aq liat sih gk ada gejala yg diatas, cuma waktu saya liat selimut tidurnya kayak ada lendir gitu war a bening ada kekuningan.. Itu apa ya dok..
    Pa masih normal, dia masih makan bubur sun campur pisang, trus kadang pepaya, aq tambah curcuma plus dikit.. Apa itu gpp dok..??
    Takut itu mutahannya soalnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. curcuma plus jangan sembarangan, ada artikel mengenai dosis curcuma plus kok di blog ini...

      coba pastikan dulu, itu lendir kekuningan sebenernya apa. cek aja dulu.

      sementara observasi dulu musangnya...

      Delete
  38. Dok Kira2 diusia berapa musang dikasih vaksin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo emang mau vaksin, mas bisa langsung bawa aja anakan musang mas ke dokter hewan... ada beberapa vaksin yang bisa diberikan ke anak musang... :)

      Delete
    2. Assalamualaikum

      Dok kan saya mau beli musang ya dok tapi saya masih bingung itung berapa bulan nya

      Delete
    3. masnya udah siap repot? kalo udah siap repot, mending pilih yang masih anakan. tapi jangan yang bayi banget. segede anak kucing gitu. usia sebulanan. jangan yang belum bisa jalan samasekali.

      anakan, tapi udah bisa jalan. segede anak kucing.:)

      Delete
  39. Dok.. muspan saya usia 4,5 bulan.. sebelumnya pernah disuntik kutu,dan disaat bersamaan muspan saya kurang sehat. lalu dokternya menyarankan utk divaksin begitu sudah sehat bugar lagi. Dan hari ini divaksin, pulang² malah lemas dan gak mau makan sampai sekarang. Wajar gak dok? Lalu saya harus gimana? Saya takut kenapa² krn belum makan sejak divaksin dari siang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaan musangnya, mbak?
      sebelum vaksin kemaren (pas mau divaksin), dokternya gak periksa2 dulu?
      mungkin observasi aja dulu selama dua hingga tiga hari, kita liat perkembangannya dulu.... kalau besok atau lusa masih sama, mending bawa lagi ke drh yang kemaren vaksin dia...

      Delete
  40. Dok kalo musang tidurnya murung sehat apa tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nafsu makannya gimana? masih mau makan?
      fesesnya gimana? mencret nggak?
      umur musangnya berapa?
      biasanya mas kasih makan apa?

      Jangan dikasih susu. stop susunya. kasih makanan bubur bayi promina aja.

      Delete
    2. Nafsu makan sih baik² ajh...feses percis seperti apa yang dimakan....4 bln dok... Saya suka kasih sun+madu
      Makanan pokok pisang...
      Tidak saya kasih susu dok..

      Delete
    3. kalo parameter feses tidak mencret, makan masih mau, dan nggak mas kasih susu, saya kira dia masih sehat. kalau malem gimana? aktif? karena musang kan hewan nocturnal (aktif di malam hari)

      mungkin madunya aja yang ganti pake sari kurma, mas. :)

      Delete
  41. Dok saya baru aja adopt muspan, alhamdulillah sehat n makan nya lancar. Yang mau saya tanyakan, kapan sebaiknya musang di vaksin. Saat ini umur muspan saya kurleb 3 bulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. mulai sekarang bisa divaksin, mas. tapi mending konsul dulu ke dokter hewan, biar dokter yang memutuskan kapan divaksinnya. soalnya harus liat kondisi musangnya langsung juga sih...

      kalo menurut jadwal, beberapa minggu setelah lahir bisa langsung vaksin...

      Delete
  42. Maaf dok. Musang saya umur 1.3thn dan dia udh 4 hari gamau makan, minum juga jarang, trs sering muntah ada busanya, klo jalan juga sempoyongan kaya org mabok trs jalan sebentar cma beberapa langkah udh berenti kecapean, trs nafasnya jga kaya ketahan gtu, kira kira itu kena penyakit apa ya? Trs cara sembuhinnya dan supaya makannya lahap lgi gmna? Apa harus di vaksin atau ke dokter hewan dulu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih air kelapa muda, mas. minumkan pagi dan sore.
      sementara kasih makanan yang lembut dulu, kayak bubur bayi promina....

      jangan dikasih makan dan minum selain itu....

      Delete
  43. Promina gamau dok, saya kasih cerelak jga ga di makan. Air kelapa jga dia gamau minum. Apa harus di bantu spet dok? Cma ga berani soalnya selama sakit jdi rada galak dok musang saya. Trs ya takut robek tangan klo kena gigit dia😞

    ReplyDelete
    Replies
    1. spet aja air kelapanya.
      mas pake sarung tangan dulu sebelum spet dia...

      mang dia masih galak? kalau untuk pemula, mending pelihara yang anakan aja sih mas. kalo udah tua dan galak, biasanya agak susah buat jinakinnya...bukannya nggak bisa, cuma butuh waktu dan kesabaran lebih...

      Delete
  44. Udh jinak sebenernya dong, di gendong di elus" pun diem ga gigit. Cma semenjak sakit makin lama makin ilang jinaknya trs sering def jga. Obesitas jga sih musangnya udh lama di rawat jga

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh gitu. mungkin karena stress akibat sakit aja. sementara jangan diajak main dulu. obatin aja sakitnya.

      kasih makan yang lembek2 dulu kayak bubur bayi promina. terus usahakan minum air kelapa...

      Delete
  45. Dok saya baru adopt musang 1 pasang umur 1.5 bulan sudah makan pisang potong dadu, untuk kedepannya saran terbaim untuk pertumbuhan musang dan nafsu makannya gemana ya dok

    ReplyDelete
  46. LIGA108 & WIN323 - Merupakan Situs Online Betting NO.1 Di Indonesia.
    Dengan WIN RATE tertinggi 97% + Bonus Bonus Super Heboh yang bisa
    anda dapatkan setiap hari nya!!

    Bonus Bonus Super Heboh Dari LIGA108
    ~ Bonus New Member : 20%
    ~ Bonus Next Deposit : 5%
    ~ Bonus Cash Back : 5%

    Minimal Deposit : Rp.25.000
    Minimal Withdraw : Rp.25.000

    Tunggu apalagi mari langsung bergabung bersama LIGA108 dan jadilah
    pemenang di setiap taruhan yang Bossku lakukan :)

    Contact Person LIGA108 :
    BB : 55A567BC
    LINE : LIGA108
    WA : +855 78 633 425 ( LIGA108 )
    WA : +855 78 633 430 ( WIN323 )

    ReplyDelete
  47. Dok, musang saya ada 2 jenisnya musang rase dari satu induk dan dua2nya betina. Sekarang usianya 1 tahun 3 bulan dan ga pernah di vaksin. Kalo sekarang di vaksin apa boleh dok? Dan yg satu musangnya panikan dan galak banget kalo sama orang lain, nanti nyuntiknya gmn ya?

    ReplyDelete
  48. Asalamualaikum dok mau tanya. Musang pandan saya umur kurleb 3bln. Namanya hana. Saya udh adopt hampir 2bln. Sudah di handsfeed dari masih baru beli berdiri masih gemetar, skrg sudah petakilan dan sering manjat ke gorden dan tiang jemuran. Awalnya klo dikandang saya elus dia tidak strike. Tapi skrg suka strike kenapa ya dok? Tapi dya suka manjat dari kaki saya. Kadang suka tiba tiba lari ngejar dan gigit kaki saya. Apa itu masih semi jinak? Atau dia emang iseng ya dok? Mohon pencerahan. Terimakasih.

    ReplyDelete
  49. Saya freeroom hana dirumah. Tadinya klo diluar rumah dia suka ngikutin saya, tapi sekarang klo dilepas sudah tidak ikut lg. Tapi suka cium cium rumput dan main ke rumah orang. Itu kenapa ya dok? Terimakasih

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.