Cara Membuat Dot Untuk Bayi Musang | Drh. Fira Sovica

Botol susu atau

dot untuk memberi makan bayi kucing dan musang

memang banyak dijual di toko perlengkapan kucing. Artikel berikut saya buat untuk mengakomodir anda yang ingin membuat sendiri dot untuk memberi makan bayi musang dan kucing. Artikel ini berkaitan dengan artikel cara memelihara bayi musang yang masih merem.
Berikut adalah cara membuat alat makan untuk bayi musang. Gambar langkah-langkah membuat alat sepet untuk bayi musang dan kucing ini saya kutip dari fanpage Bandung Pecinta Kucing. Post ini sekaligus sebagai ungkapan respect saya kepada komunitas tersebut.
Inilah cara membuat dot untuk bayi musang yang belum bisa makan sendiri:
Note: atas nama admin, kru, penulis artikel blog drh fira, dan drh. fira sendiri, kami memohon maaf karena tidak mencantumkan credit asli gambar yang digunakan di artikel ini pada awalnya. selaku tim penulis, kami memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada pemilik asli gambar ini dan mulai hari ini, tertanggal 30 juli 2018, kami menambahkan credit untuk gambar yang ditampilkan. Permohonan maaf ini sudah disampaikan secara langsung, dan drh. fira akan segera menyampaikan permohonan maaf bila pemilik gambar ini bersedia untuk dihubungi. Terima kasih.
Demikian adalah

cara membuat alat loloh untuk musang

. Semoga artikel tersebut diatas bisa membantu anda dalam memelihara bayi musang. Mau yang lebih mudah? Silakan datang ke petshop terdekat dan beli botol susu khusus untuk anak kucing. Terima kasih banyak. (FS)

64 Responses to "Cara Membuat Dot Untuk Bayi Musang"

  1. salam kenal dokter fira, saya newbie pelihara muspan, saya adopsi kira_2 umur 1 bulan( mata udah melek dan sudah bisa makan sendiri pisang yang dikerok) walaupaun sebelum saya tinggal kerja (jam 7 pagi) saya suapi pisang yang dikerok dan pulang kerja(jam 4 sore). pagi hari saya tinggalkan pisang yang dikerok dan makan sendiri. saya belikan susu S*M 0-6 buan dan bubur S*N rasa pisang,tapi gak mau susu dan bubur instannya. maunya makan pisang aja.saya mau menambah gizi makanan muspan saya dengan susu dan bubur, bagaimana caranya kasih dot susu dan buburnya pada musang saya, saya ucapakan terima kasih atas perhatiannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending jangan dikasih susu, mas.
      saran saya sebelum mas berangkat kerja, coba kerok pisangnya dan taruh di wadah. kasih sari kurma sedikit agar dia mau makan dan nafsu makannya bagus. gitu aja.

      jangan dikasih susu karena bisa menyebabkan mencret. kalau dia bisa makan sendiri (meski hanya pisang), kayaknya lebih baik dia makan sendiri aja mas. kalau masih bayi, yang penting dia mau makan dlu. soal gizinya, mas bisa akalin dengan suplemen kayak sari kurma tadi.... :)

      saya tunggu kabarnya

      Delete
  2. Terimakasih infonya ya, sangat membantu

    ReplyDelete
  3. Terimakasih infonya ya, sangat membantu

    ReplyDelete
  4. Susu yg bagus untuk bayi garangan sumatera apa ya dok?
    Soalnya saya baru nemu di asbes rumah.
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih susu, mas. kasih bubur bayi aja buat makanannya.
      boleh aja sih kasih susu, tapi yang non laktosa. kayak sgm non laktosa. itupun kalau garangannya mencret setelah dikasih, stop aja susunya. optimalnya, jangan dikasih susu. :)

      Delete
  5. Sy di kasi teman musang akar umur.y kurang berapa tp belum melek. Klw sy kasi susu S*M itu bisa gak ?
    Terus setiap brp jam sy harus kasi susu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih susu. kasih air mineral + sari kurma aja. lebih aman buat sistem pencernaannya karena kasih susu kadang bikin mencret...

      coba pipet aja pake bubur bayi promina. bagusnya pake promina, jangan sun. bisa kasih sari kurma dikit.

      kabari terus ya mas

      Delete
  6. Saya kasing makan pisang dan air mineral pakai selang pada musang pandan bisa tidatidak

    ReplyDelete
    Replies
    1. musangnya umur berapa?
      kalau musangnya udah bisa makan sendiri, kasih minumnya jangan pakai selang. cukup air mineralnya kasih madu atau sari kurma, agar terasa manis... nanti dia minum sendiri...

      Delete
  7. Saya kasing makan pisang dan air mineral pakai selang pada musang pandan bisa tidatidak

    ReplyDelete
  8. Umurnya baru beberapa hari.... sekitar 3 atau 2

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau musangnya udah bisa makan sendiri, kasih minumnya jangan pakai selang. cukup air mineralnya kasih madu atau sari kurma, agar terasa manis... nanti dia minum sendiri...

      kalau belum bisa makan sendiri, bisa pake dot. coba baca cara bikinnya di artikel di atas

      Delete
  9. Saya nemu 4 Ekor Anak kucing yg dibuang di tempat sampah. Perkiraan saya masih umur 1 bulanan gitu.
    Saya coba kasih susu sapi bear brand 2 Hari 1 kaleng. Puji Tuhan berat badannya naik.tpi yg buat saya khawatir susu bear brand cocok tidak yah untuk kucing seumuran itu?.
    Apakah ada suplemen yg bisa buat pertumbuhan dia semakin baik,biar garang besarnya.hihihihihi.
    Dok,biar bulu bulunya tumbuh baik gak rontok gitu di apain yah?.
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah dikasih bear brand, gimana fesesnya, mbak? jadi mencret? kalau iya, mending hentikan dan ganti dengan susu khusus anak kucing.
      yang terpenting sebenernya dari makanan dan kebersihan kandangnya. juga jangan sampe kedinginan, tapi juga jangan kepanasan juga. :)

      kasih aja kain di kandangnya.

      bagusnya sih kasih susu kucing. satuin ke induk kucing lain yang sedang menyusui anaknya... semoga si induk kucing itu mau menyusui anak kucing yang terbuang itu....

      Delete
  10. Baru nemu tulisan ini. 3 atau 4 hari yang lalu anakku nemu anak kucing yang baru saja dibuang. Umurnya mungkin baru sekitar semingguan soalnya belum terlalu bisa melihat. Saya coba pelihara namun tidak tahu caranya. Sudah saya beri susu namun anak kucing tersebut belum bisa minum sendiri. Akhirnya 2 dari anak kucing tersebut mati. Masih sisa satu ekor. Baru tadi sore nemu cara membuat dot bayi kucing. Tapi anak kucingnya tidak mau. Bagaimana solusinya ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. susunya. ada kemungkinan dia gak mau. coba kasih susu khusus untuk anak kucing.
      dan jangan dipaksa ngasihnya. awal2 cukup teteskan aja di depan mulutnya, sekira cairannya masuk ke dalam mulut dan dia mau jilat2nya....

      Delete
  11. Baru nemu tulisan ini. 3 atau 4 hari yang lalu anakku nemu anak kucing yang baru saja dibuang. Umurnya mungkin baru sekitar semingguan soalnya belum terlalu bisa melihat. Saya coba pelihara namun tidak tahu caranya. Sudah saya beri susu namun anak kucing tersebut belum bisa minum sendiri. Akhirnya 2 dari anak kucing tersebut mati. Masih sisa satu ekor. Baru tadi sore nemu cara membuat dot bayi kucing. Tapi anak kucingnya tidak mau. Bagaimana solusinya ???

    ReplyDelete
  12. Saya baru dapat muspan, mgkn umur masih 3 minggu an, mata udah melek. Suka teriak2 terus. Saya kasih minum susu S*M pakai pipet tapi gerak2 terus. ada saran kah bagaimana cara kasih minum, atau makanan yg cocok. terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya sarankan, mending kasih SGM LLM non laktosa biar dia gak mencret. bagusnya mending kasih susu khusus anak kucing.

      kasih makan bubur bayi promina aja mas...

      kabari lagi

      Delete
  13. Oh saya tadi baru beli SGM Ananda Soya 0-6 bulan,sama ndak itu dok ? Oh ya, untuk makannya apa ya? Apa hanya susu aja? Trus berapa kali sehari saya kasih makan?

    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya sih beda, mas.
      untuk makanannya, udah saya bilang di atas... coba baca lagi... :D

      kasih 3 atau 4 kali sehari... :)

      mungkin akan lebih baik jika mas baca artikel saya CARA MEMELIHARA BAYI MUSANG

      Delete
  14. Oh ya lupa, untuk minum nya itu berapa ml ? saya kasih pakai pipet pendek tadi..

    ReplyDelete
  15. Dok saya jumpa musang pandan WC anakan, kenapa kalok malem dia ribut kali?? penyebab nya apa ya dok??
    Apa bisa dia terbiasa kalok gk ada induknya?😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. ribut kayak mencicit2 gitu?

      secara prinsip sih wajar, karena anakan emang masih suka rame sendiri. kalau galak juga wajar, karena dia kan tangkapan liar... jadi belum terbiasa sama manusia...

      mas merokok? kalau nggak merokok, taro aja kaos bekas pakai mas di kandangnya. biar bau tubuh mas dikenali sama dia...

      Delete
    2. Thanks dok semoga bermanfaat😃

      Delete
  16. Dok musang saya kan suka jilat jilat itu gak ada akibatnya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jilat-jilat apanya mbak?
      jilat2 aja atau sama gigit2?
      maaf karena baru balas. kabari lagi

      Delete
    2. Jilat jilat la dok tapi gak gigit
      Kadang leher saya tangan gitu la dok

      Delete
    3. maaf karena baru balas. saya baru sakit kemaren...

      kalau musangnya anakan, masih wajar kok... :)
      emang masih seneng gigit2 gitu... :)

      Delete
  17. Dok musang saya kan sudah umur 2 bulan terus dia saya kasih pisang sama pepaya gak mau makan biar mau kek mana cara nya dok. Saya cuman kasih minum susu aja biar gak laper dia.tolong solusinya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah coba kasih makan bubur bayi promina?
      coba mbak baca artikel saya CARA MEMELIHARA MUSANG ANAKAN

      Delete
  18. Dah gitu pisang apa saja yang cocok dok??

    ReplyDelete
  19. Dok Musang saya sering sekali garuk garuk tapi dia gak terjangkit scabies dah gitu ada luka kecil dikaki depannya dah gitu pinggirnya berkerak. Menurut dokter itu kenapa ya dok??
    Dah gitu cara pengobatan nya kek mana??
    Tolong solusinya dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas... :(
      dia suka garuk2 bagian kakinya yang berkerak? kalau nggak suka garuk2 bukan scabies...

      selebihnya jagha kebersihan kandangnya ajha. dan coba mandikan pakai air hangat campur dettol cair. abis dimandikan, lap pakai handuk kering... :)

      Delete
    2. Kemungkinan dengan cara itu bisa ilang kan dok

      Delete
    3. Kemungkinan dengan cara itu bisa ilang kan dok

      Delete
  20. Dok Musang saya sering sekali garuk garuk tapi dia gak terjangkit scabies dah gitu ada luka kecil dikaki depannya dah gitu pinggirnya berkerak. Menurut dokter itu kenapa ya dok??
    Dah gitu cara pengobatan nya kek mana??
    Tolong solusinya dok.

    ReplyDelete
  21. Dok, saya punya kucing umur 4 bulanan dan suka nyusu pake dot kucing (merk octa*on). Saking senengnya dia, pentil dotnya di gigit terus ketelen. Itu gimana yaa dok cara ngeluarinnya? :'( saya takut kucing saya kenapa-napa :'(
    Disini vet nya engga bisa rontgen :(

    ReplyDelete
  22. Dok, saya punya kucing umur 4 bulanan dan suka nyusu pake dot kucing (merk octa*on). Saking senengnya dia, pentil dotnya di gigit terus ketelen. Itu gimana yaa dok cara ngeluarinnya? :'( saya takut kucing saya kenapa-napa :'(
    Disini vet nya engga bisa rontgen :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. gede nggak pentil dot yang ketelennya?
      kalo gak gede, cuma serpihan aja, nggak lebih dari 3cm, saya kira aman...

      tapi coba aja observasi dulu, sambil cari2 dokter hewan terdekat. kalau dalam 3 hari dia menunjukkan gejala2 mengkhawatirkan (nggak mau makan, sering mengeong, susah pup), mbak bisa bawa ke dokter hewan biasa. ceritain aja masalahnya apa.... :)

      Delete
    2. Terima kasih dok. Alhamdulillah kemarin sudah keluar barengan sama pup nya 😁

      Delete
    3. fiuh, syukurlah!
      sekarang gimana keadaannya mbak? fesesnya oke? :)
      kalau mau saya cek kesehatannya, kirim aja foto fesesnya. :)

      Delete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. Dok, saya mau tanya.
    Kenapa bayi musang pandan saya susah sekali di kasih makan bubur sun pakai alat suntik yang sudah saya kasih pentil sepeda.
    Saya tidak tau pasti berapa bulan, tapi bayi musang nya sudah bisa melek.
    Mohon penjelasan nya dok

    ReplyDelete
  25. Dok saya punya musang pandan umur masih 2 bulan,tapi kok gak mau ngedot ya?,maunya cuma tak kasih makan pisang yang agak lembut,dan caranya minumnya gimana dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa2, kasih pisang atau bubur bayi promina aja. kalau emang dia gak mau ngedot (nyusu), nggak apa2 kok. dan ingat, kalaupun mau dikasih susu, kasih susu non laktosa. kayak sgm llm. kalau susu biasa, suka bikin musangnya sakit.... bagusnya sih mending jangan dikasih susu aja....

      fesesnya gimana? mencret?

      Delete
  26. Selamat Siang Dokter Fira,
    saya mempunyai Bayi Musang pandan berusia 1,5 bulanan. Saya sering tinggal kerja pada jam normal, dan saya hanya memberi makan pisang lembut dan letakan pada tempat makanya. Dengan intensitas saya dan musang seperti itu apakah bisa nurut nantinya setelah dewasa dengan saya? Terimakasih Dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. berapa menit sekali mas main sama dia? minimal 10 atau 15 menit setiap hari mas ajak main dia... minimal elus2 sambil mas pangku... :)

      Delete
  27. dok, saya mau tanya nih, berapa tetes susu asupan bayi kucing yg usianya 3 hari? karena saya mengadopsi anak kucing tanpa induk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih aja 10ml, mas. pake pipet.
      selain pake pipet, bisa juga pake botol susu khusus bayi kucing... :)

      maaf baru balas... saya baru keluar kota kemaren ini... :(

      Delete
  28. Dok, saya punya baby rase umur 1,5 bulan dikasih pisang terus gak apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak kurang cocok sih mas. kenapa nggak dikasih bubur bayi promina aja?
      pisang juga boleh dikasih asalkan dihaluskan/dikerok dulu

      Delete
  29. Selamat Pagi..

    Saya nubie dirumah ada musang umur kurang lebih 2 bulanan selama ini makanan saya kasih sufor dicampur bubur instan takaran nya 1 sendok takar susu dan satu sendok takar bubur dicampur air 30 ml apakah bagus untuk musang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. susu formula sebaiknya tidak diberikan untuk musang. tapi ada syarat dan kondisinya. lebih baik mas baca dulu artikel saya, susu untuk musang. :)

      mas kasih susu aja?
      lebih bagus sih kasih bubur bayi promina

      Delete
  30. Halo dok Fira. Ini artikel sumbernya dari mana?

    ReplyDelete
  31. Bukankah aslinya ini:
    https://m.facebook.com/notes/milza-permatasari/cara-membuat-dot-untuk-bayi-kucing/470873997807/

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini dulu staff saya yang bikin, mbak.
      katanya dia sudah izin.

      mbak yang punya artikelnya?

      Delete
  32. Atau Anda dapat menghubungi blogger disini https://agheelzgoblog.blogspot.com/?m=1

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf mas, komentar mas yang ada nomor teleponnya saya hapus. takutnya disalahgunakan sama orang yang tidak bertanggung jawab. karena sudah sering ada orang yang menelepon, mengaku dari tim blog drh fira, bahkan ada yang mengatasnamakan saya sendiri..... :(

      kemaren salahsatu tim admin sudah menghubungi mas via facebook? karena saya masih diluar kota karena ada pekerjaan.

      mungkin mas bisa kirim chat di fanpage https://www.facebook.com/CaraMemeliharaHewan berupa nomor telepon dan wa. nanti admin fanpage akan follow up nomor tersebut kepada saya.

      saya harap mas bisa menerima permintaan maaf kami terkait dengan insiden ini. tidak ada maksud apapun, karena dari sejak awal kami sudah minta izin.

      saya langsung suruh admin fanpage untuk menerima nomor mas yang akan mas kirim via fanpage ya. saya tunggu. semoga dengan kejadian ini, kita masih terus bisa contact-an ke depannya... :)

      Delete
  33. Dok ijin tanyak... Q baru saja adopsi musang umur 2 bulan... Tadinya kan masih menyusu induknya.. Ini dia nggak mau minum dari dot gimana solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas beli dot susu khusus buat anak kucing.

      atau kalau mau gampang, pake sedotan aja mas. kasih makan pake bubur bayi dibikin agak encer. Nah, mas sedot bubur bayinya pake mulut mas. Setelah masuk ke dalam sedotan, tahan pake jari sehingga bubur bayi yang sudah masuk nggak keluar lagi. Abis itu arahin ke mulut musangnya, dan lepas jari mas sehingga bubur bayi di dalam sedotan mengalir ke mulut musangnya.....

      Jelas, mas? kabari lagi

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.