Pengertian Poopology | Drh. Fira Sovica

Pengertian tentang

apa itu poopology

kerap ditanyakan oleh orang yang akan mendalami poopology. Poopology adalah ilmu "membaca" feses hewan untuk mengetahui kesehatan hewan tersebut. Metode ini kerap saya jadikan acuan dalam menjawab pertanyaan yang masuk dari para pembaca semua. Ada beberapa artikel mengenai poopology di blog ini, diantaranya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari tahinya dan artikel cara agar tahu musang sehat atau tidak dari fesesnya.
Pengertian Poopology
Image taken from http://tnresources.org


  • Pada dasarnya, kesehatan hewan bisa dideteksi dari bentuk dan warna fesesnya. Sebagai contoh, feses burung yang sehat umumnya terdiri dari 3 elemen: elemen kehitaman atau kecoklatan, elemen putih susu, dan elemen air. 3 elemen itu tidak menyatu, bisa dibedakan secara visual, serta memiliki volume yang relatif sama satu dengan yang lain. Secara garis besar, burung hantu, BOP, dan jenis burung lainnya bisa dikatakan sehat bisa 3 elemen ini ada di feses hewan.
  • Lain burung, lain pula musang. Poopology pada musang bisa diterapkan dengan cara melihat bentuk, warna, dan bau feses musang. Musang yang sehat biasanya memilkiki feses yang masih berbentuk, tidak cair atau mencret, memiliki bau yang tidak terlalu busuk, serta memiliki warna yang menyerupai atau bahkan sama dengan warna makanannya. Musang yang memiliki ciri tahi dengan ciri seperti disebutkan bisa dikatakan sehat. Penting untuk menjaga kesehatan pencernaan musang agar sistem cernanya bisa bekerja optimal sehingga kesehatan musa juga terjaga. Jangan terlalu memaksa musang untuk gemuk, karena musang gemuk sangat rentan akan penyakit gagal jantung, seperti yang saya bahas di artikel kenapa musang obes rentan mati.
Demikian adalah artikel singkat mengenai

pengenalan poopology untuk pemula

. Semoga artikel singkat ini bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang poopology. Terima kasih. (FS)

1 Response to "Pengertian Poopology"

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.