Cara Memelihara Burung Bubut | Drh. Fira Sovica

Burung bubut jawa (Centropus nigrorufus) adalah jenis burung pemakan serangga. Burung bubut berukuran tubuh agak besar. Burung bubut dewasa (juvenile dan mature) bisa memiliki tinggi hingga 45 cm. Burung bubut memiliki warna dominan hitam dengan bulu sayap berwarna oren. Burung bubut adalah burung endemik Indonesia, yang artinya adalah bahwa burung ini hanya ditemukan di Indonesia saja. Burung bubut banyak ditemukan di pulau Jawa dan Sumatra. Jumlah burung bubut di habitat aslinya diperkirakan hanya berjumlah antara 2500 hingga 10000 ekor saja. Burung bubut jawa biasa disebut juga dengan nama javan coucal atau sunda coucal.


Cara Memelihara Burung Bubut
Image taken from id.wikipedia.org
Ingin

memelihara burung bubut

? Sebaiknya pikirkan lagi matang-matang. Menurut status IUCN, status konservasi burung bubut sudah vulnerable atau terancam punah. Penyebab berkurangnya populasi burung bubut jawa adalah habitatnya yang terus berkurang. Burung bubut hidup di hutan mangrove, padang rumput, padang sesemakan, dan rawa-rawa. Jumlah burung bubut juga terus berkurang akibat banyaknya perburuan liar.
Tidak banyak diketahui tentang perilaku burung bubut dan tingkat stressnya. Namun saya berpendapat bahwa tingkat stress burung bubut lumayan tinggi. Mungkin sedikit lebih tingg dari buffy fish owl. Saya mengasumsikan demikian karena postur tubuh burung bubut jawa yang besar, juga pola makannya. Di habitatnya, burung bubut banyak memakan serangga-serangga kecil dan mamalia kecil.
Memelihara burung bubut tidak bisa dilakukan sembarangan, terlebih fakta bahwa burung ini sudah terancam punah. Pastikan bahwa anda siap dengan segala konsekwensi saat memutuskan akan merawat burung bubut jawa sebagai hewan peliharaan.
Demikian adalah cara memelihara burung bubut. Semoga artikel singkat ini bisa menambah wawasan anda tentang cara merawat burung bubut. Terima kasih. (FS)

39 Responses to "Cara Memelihara Burung Bubut"

  1. Dok, saya pelihara burung barn owl,,, 3 hari yg lalu dia hunting katak, habis itu kulit nya kok malah mengembang kayak balon ya, tapi smuanya normal, nafsu makan normal, gerak masih aktif, itu kira-kira gimana ya cara ngobatinnya ???
    Saya tunggu jawabannya dok,,, sebelumnya trima kasih,,,

    Salam pecinta owl jogja selatan (Redhita Ardianto)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena komentar mas terlewat... :(
      maksudnya, burung hantunya bengkak gitu mas? sayangnya saya sendiri perlu melihat langsung owlnya. kemungkinan keracunan sih bisa aja, tapi sepertinya kecil kemungkinan.... mending bawa ke dokter hewan jika memang memungkinkan...

      Delete
  2. Dokter, saya punya anak burung bubut, lupa dikasih makan sejak sore kemarin, sekarang sudah dikasih makan cacing dan diberi minum, tetapi kondisinya belum baik, apa yang perlu saya lakukan dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaan burung bubutnya mas?
      selain cacing, dia makan apa lagi?

      emang agak susah kalau masih anakan. saya sarankan sih force feeding, coba baca artikel saya cara force feeding pada burung... harus ditangani oleh yang berpengalaman sih kalo force feed, jadi sebaiknya mas ke klinik hewan terdekat... :)

      Delete
  3. Dok..baru saja saya nemu burung bubut besar,krna nabrak tembok,sementara saya rawat dan kasi mkan jangkrik sja,
    apakah ga apa" klo trus mkan jangkrik sja? Ato prlu mkanan lain agar kondisi nya cpt pulih?
    krna klo kondisinya sdh pulih,akn saya lpas kmbali ke alam

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih super-n, setetes setiap hari. beli di toko makanan burung. boleh kasih jangkrik, mas. :)

      Delete
  4. CAPTAIN JACK sekarng masih ad gk burung bubut nya?
    kl msh ad mau d jual gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja langsung contact beliau, mas.. :)

      Delete
    2. Saya punya bubut pacar jambul, kalo berminat kontak saya

      Delete
  5. Dok, emg bsa brg bubut skill hunting dan Ff?
    Juga .. Makanannya apa aja ya dok?
    Mksih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya sih bisa mas. CMIIW.
      burung bubut makanan jangkrik, ulat hongkong, dan jenis serangga kecil lainnya...

      Delete
  6. Dok beberapa minggu lalu saya nemu burung bubut dekat rumah,setelah beberapa hari saya rawat dan pulih saya mau melepasnya...,tp tidak mau pergi,akhirnya saya rawat,tp beberapa hari ini burungnya tidak bersuara sama sekali,padahal sebelumya selalu berteriak saat melihat saya...,untuk fesesnya normal dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas kasih super-n. setetes setiap hari.
      mas kasih makan apa?

      Delete
  7. Ready bubut Jawa. Skill dan nonskill. Makan voer
    Wa: 0877 2869 0113

    ReplyDelete
  8. Dok bisagak bubut liar saya plihara lalu saya kasi makan vor lele... Gmaa caranyakalo bubud dewasa agar mau makan vor

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejujurnya, burung bubut sebenernya gak cocok dikasih makan voer. meski banyak yang kasih burung bubutnya makan pake voer, tapi sejujurnya itu hal yang salah... :)

      Delete
  9. Dok mau tanya ini kami.habis nyelametin but2 kesangkut di senar layangan, kena sayapnya, dah agak lama sptnya. untuk pengobatan sayapnya gmn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sarankan mending bawa aja ke dokter hewan, mas...
      ada lukanya nggak? kalau ada, mending bersihkan, terus kasih betadine. dan perban...

      Delete
  10. Replies
    1. di sini, di blog ini. :D
      alamat real, di bogor, mas... :)

      Delete
  11. Dok sya dapat bubut pacar jambul, gak mau makan jangkrik dan minum solusinya apa ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemudngkinan kasih stress, mas. kasih super-n setetes setiap hari langsung tetes ke paruhnya...
      coba mas karantina aja, cek artikel saya; cara karantina burung hantu. secara prinsip sama.

      Delete
  12. Monggo yg minat bubut jawa skill
    Wa 083845505954
    Lokasi ngale ngawi jatim

    ReplyDelete
  13. Dok makanan burung bubut anakan itu apa iya soalnya aku kasih makan voor ayam, caranya biar burung bubut bisa di buat FS itu gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangkrik kecil, atau ulat hongkong bisa mas. jangan dikasih voor ayam, gak cocok. :(
      FS apa?

      Delete
  14. Dok, ini katarak bukan ya?
    https://i.imgur.com/p2fwqA7.jpg

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo yang saya liat sih bukan mas. tapi coba cek dari angle lain. kalau dari angle lain sama (ada bias putihnya), ada kemungkinan katarak...

      sering dijemur?
      jangan kena sinar matahari langsung, mas..

      Delete
  15. Dok, apakah super-n bisa untuk menjinakan burung bubut?

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Dok saya mau nanya saya baru saja mendapatkan burut butbut pacar jambul, tapi drmh saya burung itu tidak mau makan (saya kasih vour topsong) dan minum pun tidak disentuh2.
    Bagaimana ya dok solusinya yg saya khawatirkan burung takutnya mati, apalagi ini burung jenis yg langka untuk dipelihara

    ReplyDelete
  18. Bagaimana dok menyembuhkan burung bubut stress(penyebabnya sangkarnya jatuh)?.sekarang jadi mogok makan,dan jadi seperti liar!

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. burung bubut dewasa di beri potongan ayam apa tidak masalah ?

    ReplyDelete
  22. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete
  23. Bossku , Dalam Permainan pastinya ada Menang & Kalah nya dong !
    Tapi kalau kalah terus Menang pun Jarang Mungkin Rezeki Bossku gak di sana , kalau udah seperti itu Buruan pindah bosku ke EDENPOKER .
    BERMINAT menambah penghasilan join ke edenpoker(.)XYZ

    # Minimal Deposit IDR 15.000,-
    # Minimal Withdraw IDR 15.000,-
    # Bonus New Member 10.000,-
    # Bonus Deposit 5%,-
    # Bonus Rollingan 0.5%,-
    # Bonus Referral 10%,-

    WA : +855 7863 3569
    LINE : edenpoker

    ReplyDelete
  24. Bossku , Dalam Permainan pastinya ada Menang & Kalah nya dong !
    Tapi kalau kalah terus Menang pun Jarang Mungkin Rezeki Bossku gak di sana , kalau udah seperti itu Buruan pindah bosku ke EDENPOKER .
    BERMINAT menambah penghasilan join ke edenpoker(.)XYZ

    # Minimal Deposit IDR 15.000,-
    # Minimal Withdraw IDR 15.000,-
    # Bonus New Member 10.000,-
    # Bonus Deposit 5%,-
    # Bonus Rollingan 0.5%,-
    # Bonus Referral 10%,-

    WA : +855 7863 3569
    LINE : edenpoker

    ReplyDelete
  25. Saya baru dapat burung bubut, bagaimana ya cara merawatnya supaya jinak?

    ReplyDelete
  26. Dok,, saya baru nemukan anakan burung bubut yang di tinggal, induknya, untuk makananya bisa di kasih vor makanan burung ?.. Mks

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.