Bagusan Mana: Musang Biul atau Musang Pandan? | Drh. Fira Sovica

Banyak orang yang bertanya kepada saya,

"dok, kalo mau pelihara musang, mending musang pandan apa musang biul, dok?"

. Jujur, untuk menjawab pertanyaan bagus mana antara musang biul dengan musang pandan, saya agak bingung jawabnya. Karena masing-masing punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Artikel berikut berkaitan dengan artikel cara merawat musang biul yang tempo hari saya publish.



Bagusan Mana Musang Biul atau Musang Pandan
Image taken from dutchbirding.nl
Nah berikut adalah kekurangan dan kelebihan musang biul dan musang pandan.:
  • Kelebihan musang biul: cenderung lebih kalem. Meski dinamakan 'musang' biul, namun sebenarnya hewan ini bukan musang. Musang biul berasal dari keluarga ferret. Dan berbeda dari kebanyakan ferret lain yang cenderung pecicilan, musang biul lebih kalem. Dalam beberapa kasus, musang biul juga lebih kalem dari musang pandan, namun tentu tidak semuanya seperti itu. Ada juga musang biul yang pecicilan. Jadi, tergantung karakternya seperti apa. Selain itu, kelebihan musang biul juga lebih mudah dilatih dan lebih mudah bonding (mengenali tuannya) karena lebih cerdas dibanding musang pandan.
  • Kekurangan musang biul: memiliki bau alami yang lebih tajam dari musang pandan. Dan baunya agak mirip bau ban terbakar. Meski saya sudah menuliskan trik cara mengurangi bau musang biul, namun tetap saja, anda tidak bisa menghilangkan 100% bau ini. Sebagai referensi, anda bisa membaca artikel saya: cara mengurangi bau musang biul.
  • Nilai plus musang pandan dibanding musang biul: aroma musang pandan, yang seperti aroma pandan, jelas lebih enak tercium dibandingkan bau musang biul yang seperti ban terbakar. Bau musang pandan juga tidak setajam musang biul.
  • Kekurangan musang pandan dibanding musang biul: relatif lebih susah dilatih dibanding musang pandan. Saya bilang 'relatif' karena tidak semua musang pandan susah dilatih. Tidak semuanya. Semuanya kembali ke karakter musang itu sendiri. Musang biul lebih mudah dilatih karena lebih cerdas, semua musang biul seperti itu. Namun musang pandan yang mudah dilatih biasanya karena memang karakternya mudah menerima manusia sebagai partnernya, jadi tidak semua musang pandan seperti itu.
Demikian adalah

kelebihan dan kekurangan musang pandan dengan musang biul

. Semoga artikel singkat ini bisa membantu anda dalam menentukan musang apa yang ingin anda pelihara. Terima kasih. (FS)

27 Responses to "Bagusan Mana: Musang Biul atau Musang Pandan?"

  1. mba maaf oot. CHE saya napsu makannya menurun, skill huntingnya jga males. biasanya berisik tpi sekarang jarang bersuara, trus idungnya kadang keluar air. kadang jga sering menggaruk leher.skill fttfnya turun drastis. kira kira gejala apa ya ? sebelumnya sya kira jetlag karna saya bawa perjalanan darat 5jam tpi sampe lbih 3hri blum normal jg. sya udah coba kasih obat burung untuk infeksi pernapasan dan pencernaan udah 3hari sampe hari ini. sama saya sering jemur . (pakan variasi, tiput, daging sapi, daging ayam, emprit, usia juve) makasih mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya kemaren udah saya bales deh mas. nggak mas klik notify me/ingatkan saya ya?

      coba mas baca artikel saya cara mengobati burung pilek. dan untuk treatmentnya, mas bisa kasih super-n.

      makanannya juga dicacah dulu...

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Dok saya kan baru beli musang ya umur ya 2,5 , nah sudah 2 minggu ini saya pelihara , waktu saya keluarin dari kandang dok barusan ini dia suka gesek gesekin telapak kaki ya itu di tempat yang kasar , kayak gatal gitu , pas saya liat ada kek koreng warna hitam gitu , itu kenapa ya ? waktu saya beli gak ada gitu dan kandang saya bersihin terus dari kotorannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja sering2 dibersihkan dengan cara dibasuh kakinya pakai air hangat + dettol cair (yang cairannya kayak teh).
      Kalau korengnya itu dikopek, ada lukanya gak?

      Delete
    2. gak berani nge kopek dok dia langsung ngeronta langsung jatoh lagi tadi jadi kasian , tadi saya coba mau kasih dettol pas dia kek nge cium bau dettol itu dia lari dok

      Delete
    3. oh ya udah pakai air anget aja kalo gitu, mas... :)

      gimana korengnya? kalau boleh dan gak nyusahin masnya, coba foto. upload ke postimage.org, terus linknya taro di sini...

      Delete
  4. oke dok
    dan ini dok photo nya https://postimg.org/image/fim1m3c0n/ maaf kurang jelas berontak dia dok , tapi keliataan kok dok kek ada koreng hitam hitam nya gitu keras di pegangnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. di telapak kakinya itu, mas?
      kalau emang keras dan bakalan luka kalau dikopek, mending sering2 bersihkan aja pakai air anget... :)

      Delete
    2. iya mbak di telapak nya , di pegang juga dia ngamuk dok lari di kerasain gpp dok?

      Delete
    3. gak usah dikerasin, gak apa2. biarin aja kekopek sendiri.

      cukup sering2 bersihkan aja, mas... :)

      Delete
    4. oke dok , dan juga dok ini kan harinya masih kena musim hujan nih dok terus saya bingung mandiin dia ya ini klo masih kondisi hujan gini terus gmn jadinya dok ?

      Delete
    5. kalau lagi ujan gini, mending jangan dimandiin dulu mas. semprot aja pake spray air (yang buat mandiin burung) beberapa kali...terus lap pakai handuk kering...

      Delete
    6. Oke mbak makasih atas jawabannya

      Delete
  5. Dokter fira, apa kabar?, mau tanya dok tadi saya habis main sma musang sy, nah dia malah sembunyi dibawah rak sepatu, kayaknya dia abis makan sesuatu dok, trus kepalanya digeleng2in trus, trus sy kasih minum, masih geleng2 gitu, gmn cara mengatasinya dok, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kabar baik. :)
      fesesnya gimana? coba aja cek fesesnya. atau kalau mbaknya worried, langsung aja kasih ramuan kesehatan musang

      Delete
    2. FEsesnya ky biasanya dok, oh ya feses musang memang ada bintik2 hitam ya dok?, trus kalo musang dikasih makan jangkrik itu boleh gak?,

      Delete
    3. FEsesnya ky biasanya dok, oh ya feses musang memang ada bintik2 hitam ya dok?, trus kalo musang dikasih makan jangkrik itu boleh gak?,

      Delete
    4. gak masalah dikasih jangkrik. emang dia mau makan jangkrik?
      bintik hitam kayak gimana? banyak gak? mungkin protein yang gak ikut tercerna, atau bisa juga dari makanannya.

      Delete
    5. Suka banget dok, bintik hitamnya kadang ada kadang tidak, o ya. Tandanya musang sudah mulai mens itu apa?

      Delete
    6. soal musang mens, coba aja baca artikel saya: menstruasi pada musang.
      kalau emang suka, gak apa2 kasih jangkrik. :)

      Delete
  6. Assalamualaikum wr.wb dok,maaf saya mau nanya, saya kan pelihara musang pandan umur 2,5 bulanan,jitot bangett dok,hehehe,tapi sayangnya ,dri dulu beli ekornya ada yg sedikit hairloss dok,tp hairlossnya aneh dok,kayak dikulitnya udh biru2 pucat agak hitam dok,trus agak keras klo dipegang, gtu dok,kata pemilik sblmnya dulu waktu kecil akibat gigitan musang lain,dia jg bilang ngga jamin bisa tumbuh kembali,kira2 bisa tumbuh lagi ngga ya dok? kata dia sih punya temen yg musang nya kyk gtu tp ngga bisa tumbuh lagi dok sampe dewasa,mohon pencerahan nya dong,matur nuwun.hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya sih semua hairloss itu bisa tumbuh lagi. ini sepengalaman saya loh ya. asal area hairlossnya sering dibersihkan, dan makanannya dijaga, serta dikasih treatment agar merangsang bulu baru, saya kira bisa tumbuh lagi....

      coba foto area yang warna birunya....

      Delete
  7. Siang dok,mau tanya cara bedain jekel musang biul kaya gimnna ya. Trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada artikelnya, mas. cara membedakan jenis kelamin musang. secara prinsip sama kok... :)

      Delete
  8. mba saya mau nanya. Saya punya musang umur 2,5 bln jitot. namun setelah saya pindah ke rumah baru dalam beberapa hari dia tidak mau diam di dalam kandang. saya coba keluarkan pun dari kandang selalu gigit. mohon pencerahan nya. terimakasih

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.