Obat Alami Untuk Menjaga Kesehatan Kura-kura | Drh. Fira Sovica

Menjaga kesehatan kura-kura peliharaan

adalah salahsatu kewajiban bagi owner kura-kura. Nah, daftar suplemen dan obat untuk kesehatan kura-kura berikut diharapkan bisa memberikan anda referensi mengenai apa saja merk suplemen kesehatan bagi kura-kura anda, khususnya kura-kura darat. Artikel ini berkaitan dengan artikel jenis penyakit kura-kura.
Obat Alami Untuk Menjaga Kesehatan Kura-kura
Image taken from boxturtleworld.com
Berikut adalah beberapa suplemen dan obat untuk kura-kura peliharaan anda:



  1. Air rebusan daun sirih.
  2. Air rebusan daun sirih berguna sebagai antibiotik alami untuk kura-kura yang sedang pilek. Kura-kura yang menderita pilek bisa dipindahkan ke dalam ruangan yang bersuhu stabil (tidak naik turun), lalu diminumkan air rebusan daun sirih setiap pagi dan sore hari. Jangan lupa untuk rutin memberi makan kura-kura yang sedang pilek.
  3. Bubuk tulang ikan sotong.
  4. Bubuk tulang ikan sotong berguna sebagai asupan kalsium bagi kura-kura peliharaan anda. Selain murah (bahkan mungkin gratis, jika anda tinggal di dekat pantai), cara menggunakan bubuk tulang sotong terbilang gampang. Cukup tumbuk bubuk tulang sotong hingga benar-benar halus menyerupai bedak, masukkan secukupnya ke dalam toples, masukkan makanan kura-kura ke dalam toples itu, lalu kocok-kocok toplesnya hingga bubuk kura-kura menyempel sempurna di makanan kura-kura anda. Setelah itu, baru berikan makanan kura-kura tersebut ke kura-kura peliharaan anda.
  5. Larutan air jahe.
  6. Harap ditekankan bahwa yang saya maksud "larutan air jahe" ini adalah air jahe yang sudah tidak terasa panas lagi di mulut. Anda bisa mencoba larutan air jahe yang akan diberikan kepada kura-kura peliharaan anda dengan cara mencobanya dahulu di mulut, jika sudah tidak terasa panas/hangat lagi di mulut, maka larutan air jahe itu bisa dikatakan aman untuk kura-kura anda. Larutan air jahe berguna sebagai antibiotik alami, juga sebagai penetralisir bakteri di sistem pencernaan kura-kura anda, serta sebagai radang. Kura-kura yang pilek atau sedang sakit bisa diberikan larutan air jahe setiap pagi dan sore.
Demikian adalah obat atau

suplemen alami untuk kura-kura peliharaan anda

. Baik kura-kura darat maupun kura-kura akuatik. Semoga artikel singkat ini bisa membantu anda dalam menjaga kesehatan kura-kura. Terima kasih. (FS)

78 Responses to "Obat Alami Untuk Menjaga Kesehatan Kura-kura"

  1. untuk membuat larutan daun sirih dan jahe mohon dijelaskan perbandingan banyak air dan daun sirih atau jahe dan berapa lama merebusnya dok.terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 10 menit dalam air mendidih. jadi nunggu airnya mendidih dulu.
      airnya segelas, daun sirihnya 5 lembar besar aja.
      untuk jahe, 10 senti aja. digeprek dulu.

      Delete
  2. Bu dokter , kura2 saya ngeluarin pas pup kaya batu putih kecil2 gitu , itu kenapa ya ? https://s28.postimg.org/hjjr6xsq5/IMG_20170225_082959.jpg

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas kasih makan apa?
      makanannya mengandung banyak zat kalsium atau zat kapur itu mas.

      biasa mas kasih makan apa?

      Delete
    2. Sawi ijo ama mazurinya 2butir di campur dok , emang bagusnya makanan baby istar apa ya ?

      Delete
    3. oh, pantes....
      coba mazurinya satu aja, mas... jangan dua... dan agak banyak sawi nya... :)

      maaf karena baru balas. kabari lagi

      Delete
  3. Larutan jahenya murni jahe aja atau gmn dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicampur pake air sampe nggak terasa nggak terlalu panas di mulut.... mbak bisa cobain sendiri, dikira-kira aja... :)

      Delete
  4. Saya mau bertanya dok,bagaimana menghilangkan kerak pada tempurung kura kura karena mineral deposit?kadar kapur pada air di tempat saya tinggi sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas bisa gosok pake sikat gigi yang dibasahi cuka. tapi harus rutin, minimal sehari 2x. abis digosok, basuh lagi pake air....

      dan jangan sampe cukanya kena matanya. kena mata kura-kuranya.

      Delete
  5. Permisi dokter mau tanya, kura" saya salah satu lubang hidungnya tertutup, itu kenapa ya dok? Trus penanganannya bagaimana ya? Setiap hari sudah saya jemur juga. Makasih dok atas responnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya mas gak bilang jenis kura-kuranya apa.
      kalau jenis kura-kuranya kura-kura air, mending pastikan suhu airnya stabil. jangan sampe kedinginan.

      terus airnya dikurangi aja. kalau jenis kura-kuranya adalah kura-kura brazil, mas bisa kurangi airnya sampe airnya setinggi leher kura-kuranya.

      dan coba mas kasih air seduhan daun sirih ke dia. info lengkap baca artikel saya OBAT ALAMI UNTUK KURA-KURA

      Delete
  6. kura2 saya sekarang sebesar piring makan, semenjak bertelur sekarang maunya masuk kolong lemari dan hanya keluar jika ingin makan. apa itu tidak apa- apa dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama dia masih mau makan, saya kira dia masih sehat.
      mbak bisa liat juga fesesnya. biasanya kura-kura yang sakit, fesesnya agak mencret....

      Delete
  7. Dokter , perlu ga sih membersihkan bekas makanan yg ada di mulut baby istar , soalnya di mulutnya warna ijo efek makan sawi ,,, kalo perlu pake alat ama pembersih apa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, kalo menurut saya sih gak usah, mas. :)
      kecuali kalau emang ada gejala lain, misalnya fesesnya jadi mencret atau lainnya....

      Delete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Dokter kura kura saya mau makan aktif hidung dan mata tidak berair tapi masalahnya dok sudah mau 4 hari belum poop, dan tidak ada keanehan ketika dia berjalan kaki normal tidak menendang2 apa itu normal atau tiodak dok? jenis kura kura saya sulcata

    ReplyDelete
  10. Kalo untuk bubuk tulang sotong apa bisa diganti bubuk cangkang telur ayam? Saya pernah liat di fb kalo ada teori cangkang telur itu termasuk sumber kalsium alami

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas... :(

      sejujurnya saya belum pernah riset, jadi saya gak bisa nentuin bisa apa nggak. tapi secara teori, emang bisa sih.... :)

      nanti saya riset dulu aja...

      Delete
  11. Selamat sore maaf mengganggu bu dokter, saya Danny dari malang jatim, Kalau boleh saya mau konsultasi menanyakan soal tortois saya. Kura kura saya jenisnya manouria emys emys panjang 40cm beratnya 10kg dan saya sudah pelihara lama warisan dari kakek dan selama pelihara tidak pernah cacingan terus minggu kemaren hari selasa tiba tiba waktu buang air besar keluar cacingnya karena panik dan kurang pengalaman soal cacing akhirnya saya ke apotik saya belikan combantrin cair dan saya berikan selasa, rabu dan kamis, tapi waktu buang air besar mas belikan combantrin cair dan saya berikan selasa, rabu dan kamis, tapi waktu buang air besar masi keluar cacingnya saya tambah panik akhirnya saya ke apotik saya belikan yang pil buat dewasa combantrin 250mg saya berikan hari jumat dan 250mg saya berikan sabtu. Dan sampai hari ini sudah mulai makan lg tapi kok belom buang air besar ya? Terus kencingnya keluarnya kok tidak seperti biasanya, berbau mirip combantrin, yang saya Takut kan cacingnya masi ada dan berkembang. Sementara saya searching Google harusnya pakai panacur, bagi saya panacur terlalu mahal 900ribu.mohon bantuan saran dan masukannya kalau bu dokter ndak repot, ada waktu dan berkenan terimakasih sebelumnya maaf kalau saya dianggap mengganggu sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa mas kasih obat cacing buat manusia? :)
      sebaiknya beri obat stop worm aja, mas.

      Delete
  12. Maaf mengganggu lg bu dokter hari ini sudah pup lg tapi kenapa ya masi mengeluarkan cacing merah merah dan ada yan putih tapi dominan merah ,sementara sudah saya berikan obat cacing combantrin 500 mg dan 10 ml mohon saran dan bsntuannya terimakasih

    ReplyDelete
  13. Selamat sore maaf mengganggu bu dokter, saya Danny dari malang jatim, Kalau boleh saya mau konsultasi menanyakan soal tortois saya. Kura kura saya jenisnya manouria emys emys panjang 40cm beratnya 10kg dan saya sudah pelihara lama warisan dari kakek dan selama pelihara tidak pernah cacingan terus minggu kemaren hari selasa tiba tiba waktu buang air besar keluar cacingnya karena panik dan kurang pengalaman soal cacing akhirnya saya ke apotik saya belikan combantrin cair dan saya berikan selasa, rabu dan kamis, tapi waktu buang air besar mas belikan combantrin cair dan saya berikan selasa, rabu dan kamis, tapi waktu buang air besar masi keluar cacingnya saya tambah panik akhirnya saya ke apotik saya belikan yang pil buat dewasa combantrin 250mg saya berikan hari jumat dan 250mg saya berikan sabtu. Dan sampai hari ini sudah mulai makan lg tapi kok belom buang air besar ya? Terus kencingnya keluarnya kok tidak seperti biasanya, berbau mirip combantrin, yang saya Takut kan cacingnya masi ada dan berkembang. Sementara saya searching Google harusnya pakai panacur, bagi saya panacur terlalu mahal 900ribu.mohon bantuan saran dan masukannya kalau bu dokter ndak repot, ada waktu dan berkenan terimakasih sebelumnya maaf kalau saya dianggap mengganggu sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih

    ReplyDelete
  14. Maaf saya kirim pesan lagi maaf sebelumnya,saya mau menanyakan tortois saya sudah saya berikan combantrin jeruk 10 ml untuk anak terus pil dewasa combantrin @250mg x 2 kenapa ya kalau pup masi sama seperti sebelum di kasi obat cacing? Masi keluar cacingnya merah merah? Mohon saran dan masukan bu dokter,sebelum dikasi obat cacing keluar meerah cacingnya tapi meninggal srtelah di kasi obat cacing tetap sama.mohon saran dan masukannya terimakasih

    ReplyDelete
  15. Maaf bu dokter kalau memerlukan foto Feces atau kotoran kura kura saya ,saya kirim ke instagram ibu saja terimakasih banyak saya tunggu kabar baiknya terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan diberi obat macem2, mas. cukup mas beli stop worm aja. lagian, selama nafsu makan kura2nya masih bagus dan gak sampe merubah bentuk feses (gak sampe bikin fesesnya jadi mencret, saya kira masih aman..

      Delete
  16. mau tanya dok, kalau baby ocadia yang ukuran karapas 6cm aman nggak diberi perawatan untuk menghilangkan mineral deposit seperti diatas? terimakasih...

    ReplyDelete
  17. mau tanya dok, kalau baby ocadia yang ukuran karapas 6cm aman nggak diberi perawatan untuk menghilangkan mineral deposit seperti diatas? terimakasih...

    ReplyDelete
  18. Bagaimana caranya memberikan seduhan daun sirih dan rebusan jahe ke kura2 air? Direndam di dalem air rebusannya setelah dingin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. minumkan aja mas... jangan direndam langsung..

      Delete
    2. Dia ga mau buka mulut kalau diminumkan. Oya kalau kura-kura dada merah boleh makan cacing beku tidak Bu dokter?

      Delete
    3. ditetesin aja ke mulutnya. beberapa kali. meski mulutnya gak kebuka juga gak apa2.

      Delete
    4. boleh mas.
      boleh diberkan cacing beku. asalkan diredem dulu biar gak beku lagi...

      Delete
    5. Siap. Makasih banyak Bu dokter

      Delete
    6. kabari terus. maaf karena baru balas.

      Delete
  19. Dokter, mohon bantuannya, sy punya kura2 ambon, sdh 23 thn sy lepas aja di pekarangan belakang. Sepuluh hari yg lalu dia digigit tikus, kaki depannya buntung dan kaki belakangnya keroak. Hari pertama sy temuin sy cb obatin sendiri. Sy bersihin pake larutan antiseptic biodin dan ksh salep antibiotik gentamycin, dan sy dry docking. Besoknya krn tkut dia infeksi, sy cri drh. Drhnya ga bgtu paham kura2 tp mau periksa. Trus disuntik antibiotik sm dikasih salep farsycol sm bubuk enbatic. Dr nya blg lukanya dibersihin pke rivanol trus dksh bubuk sblm dksh salep dua kali sehari. Slm luka ini kura2 sy malas mkn dok, dan sy ga ksh dia ke air krn takut lukanya bonyok. Dia jg ga pup. Trus sy baca2 katanya cb ksh mkn di air, dan betul, stlh 3 hari sy dry docking pas sy ksh air dia mau makan. Tp hbs itu sy dry docking lg. 3 hari yg lalu dia makan ckp banyak paginya, sy ksh ikan teri 5 ekor, tp mlmnya dia ga mau makan tp pup kyk agak encer wrn pink. Trus hbs itu mulai diam. Nafasnya jg keliatan susah dah mulutnya suka berbuih, dan skrg dia diam aja ga gerak2. Klo sy tro air bru dia gerak. Kmrn sy rendam pake air hangat dicampur sirih dan dauh binahong krn sy lihat kulit lehernya kayak kelupas2 gt, klo sy mo salepin susah krn disembunyiin lehernya. Sy mulai putus asa nih dok, krn dia dah ga mau makan dan keliatan lesu. Mohon sarannya dok. Trims

    ReplyDelete
  20. Dokter, mohon bantuannya, sy punya kura2 ambon, sdh 23 thn sy lepas aja di pekarangan belakang. Sepuluh hari yg lalu dia digigit tikus, kaki depannya buntung dan kaki belakangnya keroak. Hari pertama sy temuin sy cb obatin sendiri. Sy bersihin pake larutan antiseptic biodin dan ksh salep antibiotik gentamycin, dan sy dry docking. Besoknya krn tkut dia infeksi, sy cri drh. Drhnya ga bgtu paham kura2 tp mau periksa. Trus disuntik antibiotik sm dikasih salep farsycol sm bubuk enbatic. Dr nya blg lukanya dibersihin pke rivanol trus dksh bubuk sblm dksh salep dua kali sehari. Slm luka ini kura2 sy malas mkn dok, dan sy ga ksh dia ke air krn takut lukanya bonyok. Dia jg ga pup. Trus sy baca2 katanya cb ksh mkn di air, dan betul, stlh 3 hari sy dry docking pas sy ksh air dia mau makan. Tp hbs itu sy dry docking lg. 3 hari yg lalu dia makan ckp banyak paginya, sy ksh ikan teri 5 ekor, tp mlmnya dia ga mau makan tp pup kyk agak encer wrn pink. Trus hbs itu mulai diam. Nafasnya jg keliatan susah dah mulutnya suka berbuih, dan skrg dia diam aja ga gerak2. Klo sy tro air bru dia gerak. Kmrn sy rendam pake air hangat dicampur sirih dan dauh binahong krn sy lihat kulit lehernya kayak kelupas2 gt, klo sy mo salepin susah krn disembunyiin lehernya. Sy mulai putus asa nih dok, krn dia dah ga mau makan dan keliatan lesu. Mohon sarannya dok. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. salahnya adalah, mas kasih dia ikan teri. :(

      dry docking lagi. masukkin ke air kalau dia mau makan aja... :(

      saran dari dokter lakukan terus ya mas...

      dikasih asupan antibiotik nggak dari dokter? maksudnya, dikasih obat?

      Delete
  21. Yahhh... 😱😱😱 Hiksss... Kura2nya dah mati dok...😭😭😭, smlm sy bawa ke dr hewan referensi dr puskeswan, krn sy lihat kok kayaknya tambah payah... kata drhnya kondisinya dah kritis, sdh terjadi pembusukan di lukanya dan dehidrasi... Dsuntik antibiotik n vitamin, sm dksh cairan infus (disuapin)... Paginya malah mati...😭😭😭
    Gara2 sy ksh teri itu ya dok kondisinya jd memburuk... Tlg ksh tau sy dok, sy merasa bersalah bgt ini... Knp ga boleh dksh teri dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kura-kura yang lagi sakit, sebaiknya dikasih makanan yang lembut2 dulu, mas. bisa kasih daging ikan yang sudah dicacah halus....

      sabar ya mas... :(

      Delete
  22. Iyaa dok... Trims responnya... 🙏.. Syg sy telat nih nemu blognya dokter...😢

    ReplyDelete
  23. Iyaa dok... Trims ya dok... Btw, sy mba dok... Bkn mas...😅

    ReplyDelete
  24. dok,maaf apa tortoise boleh makan tanaman binahong hijau dan binahong merah. kalo makan tanaman daun sirih gimana dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejujurnya, saya baru denger daun binahong untuk makanan kura-kura. jadi saya nggak tahu boleh atau nggak... tapi setau saya, daun binahong punya racun etanol di dalamnya....

      Delete
  25. Mbak, anakan kura2 brazil saya kok pemalu banget ya, kalo makan sih biasa aja, tp kudu di suapin, kalo di samperin orng pasti langsung masuk tempurung, pemalu banget lah, masih satu Minggu saya beli, apa sikap seperti itu normal untuk baby Brazil? Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hati2, mas. cuaca sekarang lagi gak bagus buat reptil. mending airnya kurangi, sekira kalo dia berdiri, kepalanya masih bisa nyembul di atas air... :)

      itu normal kok, karena masih baby. selama ini kasih makan gimana?

      Delete
  26. dok mau tanya saya baru beli kura2 ambon 7cm.. tapi dia nyumput terus.. matanya sering nutup.. disodorin makan jg ga mau dimakan.. kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. airnya jangan kebanyakan. kurangi airnya. sekira dia masih bisa berdiri di dasar akuariumnya.

      kasih makan pellet aja coba mas. :)

      semenara itu aja dulu. kabari terus.

      Delete

  27. Dokter, kura kura saya kalau pagi sampai siang tidur terus baru mau aktif sore dok, itu pun nggak lama sekitar 10 menitan dan nggak mau makan. Itu kenapa ya dok?

    ReplyDelete
  28. Kura kura brazil dok, kemarin saya kasih rebusan daun sirih udah mau makan tapi besoknya gak mau makan dan tidur terus. Mohon solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana? air rebusan daun sirihnya diminumkan kan?
      kasih lagi aja mbak.

      cek fesesnya ya. apakah mencret apa nggak.
      saya tunggu kabarnya

      Delete
  29. maaf ganggu dok, Saya dikasih kura2 kecil dari tetangga lalu saya rawat sampai lumayan besar. awalnya dia makan lahap (saya kasih pelet ikan). lama2 dia gamau makan pelet terus saya kasih ati ayam dia makan lahap lagi, tapi udah hampir 3 minggu lebih dia gamau makan, terus saya rendem supaya ga kehausan, sesekali juga saya lepas.
    itu gimana ya dok solusinya sampai sekarang dia belom mau makan juga...makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. jenis kura-kuranya apa mas?
      fesesnya mencret nggak?

      cek artikel di atas, ada resep soal air jahe.
      kasih aja itu.

      kalau kura-kuranya kura-kura air, airnya kurangi. sekira dia masih bisa nyembul di atas air...

      Delete
  30. Dok,anak kura kura brazil saya pilek ,udah saya rendem pake air garam setiap hari trus saya jemur tapi udah 6 hari belum sembuh, trus tidur terus makannya aja susah gimana ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending air kura-kuranya kurangin, sekira dia masih nongol.
      selebihnya coba mas kasih air jahe yang resepnya ada di atas...

      Delete
  31. Dok aku mau tanya, aku beli kura kura brazil anakan kemaren. Pas beli itu yang satu aktif banget, yang satunya pendiem. Nah ini hari kedua dan dua duanya diem diem aja. Ga gerak, ga makan juga. Cuma kalo diemus tempurungnya ngerespon. Gimana ya dok, aku ga ada pengalaman pelihara kura kura. Kalo pupnya sih ga mencret, idungnya juga ga basah. Mohon pencerahannya ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan disatuin. dipisah aja.
      kalo disatuin, susah buat nyembuhinnya.

      coba mas kasih air jahe, resepnya ada di atas.... baca dulu...

      terus airnya jangan banyak2.... sedikit aja... :)

      Delete
  32. Dok cara ngobatin kepala kura kura yang luka gimana, ga tau kenapa kepalanya berdarah kaya yang kegores

    ReplyDelete
    Replies
    1. jenis kura-kuranya apa mas?
      kalau kura-kuranya jenis kura-kuranya semi akuatik kayak kura-kura brazil, sementara taro di daratan aja. jangan ditaro di air.

      terus lukanya kasih betadine...

      opsi lain: mas bisa kasih betadine, terus kasih plester luka anti air.... abis itu, bisa kembalikan ke air... tiap 3 hari sekali, ganti plesternya...

      Delete
  33. Dok anak kura kura brazil saya kalau ambil nafas gitu ngebuka mulutnya trus lemes banget, matanya juga kaya yang ga ngeliat itu kenapa ya dok

    ReplyDelete
  34. malam dok, kura kura brazil aku baru beli sekitar 3 minggu yang lalu, awal beli masih aktif..tapi di minggu terakhir ini, selalu menutup mata lalu tidak mau berenang sama sekali..berdiam diri di basking area..setiap pagi saya jemur sekitar jam 8.30 - 9.00 pagi..dan saat di jemur, kura kura buka mata dan gerak, tapi disaat dibawa masuk lagi, kura kura mulai diam di basking area dan tutup mata..untuk kondisi lingkungan, indoor di dalam aquarium dan disediakan lampu hangat (philips softone 25watt) dan filter air..sekira nya kura kura ku kenapa ya dok? kasihan juga lihat nya

    ReplyDelete
  35. untuk makanan, selama ini aku selalu beri cacing beku, karena pellet ikan mereka tidak mau..mohon bantuan dokter untuk solusinya, karena kasihan lihat mereka :(

    ReplyDelete
  36. mengobati mata bengkak pada kura kura, boleh ga pake obat tetes mata yang buat orang

    ReplyDelete
  37. Assalamu'alaikum dok... saya punya kura kura sulki matanya sakit sebelah dok.. tapi sdh saya kasih obat tetes sama salep gentamicin trus saya lihat sdh mau melek tapi sekarang kok kura2 saya gak mau makan sama ngeluarin seperti air kencing dok bau gak sedap dan kagetan ... sampek bingung dok gmn ya penangananya .. kalo kaget langsung berjalan nya tanpa arah kebelakang gitu dok... solusinya gmn ya dok😔😔😔

    ReplyDelete
  38. Assalamu'alaikum bu dokter mohon konsultasinya bu dokter lagi bingung takut gak ketolongan

    ReplyDelete
  39. dok mau tanya,
    saya punya kura-kura brazil ukurannya baru setelunjuk, di atas kepala sama kaki depannya kaya ada putih2 itu jamur bukan ya? kalau jamur cara ngobatinnya gimana ya dok?

    oiya dok, kalau kura-kura akuatik itu bisa di daratan berapa lama? kadang saya jemur tapi takut kelamaan hehe

    satu lagi dok, kalau daun ketapang itu bisa buat kura-kura gak?

    makasih dok


    ReplyDelete
  40. Malam dok, saya punya kura-kura Brazil berukuran +/- 8cm dok. Udah bbrp Minggu ini (+/- 2 mingguan ini) gamau makan, tiap disodorkan makanan selalu menolak kadang hanya di"endus" aja. Dan juga kadang" mulutnya mengetlumeng lendir/buih lebih seringnya kalau pagi hari setiap saya mau ganti air + jemur dia. Dan kadang" dia sering lehernya dipanjangkan sambil buka mulut seperti menguap gtu.. udah tnya ke drh dekat rumah, tapi responnya kura-kura saya sehat dr segi fisik dan mukanya juga ngk yg pucat gtu.. kira-kira, kura-kura saya kenapa ya dok? Dan kalau harus dikasih obat, obat apa ya?

    ReplyDelete
  41. dok mau tanya dong. apakah larutan jahe bisa dicampur gula merah untuk sulcata yang mogok makan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung, mogoknya karena apa mas.
      karena banyak penyebab kura-kura mogok makan...

      Delete
  42. Dok, saya mau minta saran..

    Saya beli beberapa bayi kura-kura brasil beberapa bulan yang lalu.. ukuran 3 cm an.. Sejak beli, ada 1 ekor yang makannya ga semangat.. kalau diberi makan, makannya mungkin jumlahny 10-30% dari jumlah makanan temen-temennya..

    Singkat cerita, lewat beberapa bulan, waktu ukuran dia sudah sekitar 3,5 cm an.. Pernah tangannya kegigit temennya dan beberapa kukunya patah.. Tetapi seudah sekitar semingguan, kondisinya pulih.. Ada sempet makannya bertambah nafsunya dan kelihatan lebih semangat waktu makan.. Mau bergabung dengan temen-temennya dan berusaha makan dan lincah..

    Sekarang, ukuran dia sudah 4,5 cm an dan ukuran teman-temannya sudah 6-8 cm an.. Akhir-akhir ini, dia makannya kembali lagi jadi tidak bersemangat.. Ogah ogahan.. Lebih sering mojok.. gerakan tidak lincah.. Kadang 1 hari makan, besoknya ga mau makan..

    Kondisi dia akhir-akhir ini, kelihatannya baik.. rutin dijemur, diberi makan rutin sehari 2x dan dipisah dengan temen-temennya waktu diberi makan (walo dimakan dikit atau tidak dimakan sama sekali), poop ada dan tidak mencret (tetapi hanya sedikit, mungkin karena makannya sedikit), hidung tidak tertutup lendir, lingkungan hidup sekarang d aquarium besar ( bersama teman-temannya, air 30cm 28C dan ada basking di seperempat aquariumnya) dan rutin dibersihkan..

    Saya mau tanya..
    Apakah ada cara untuk meningkatkan nafsu makannya kembali Dok?? Apakah air rebusan sirih atau larutan jahe dapat mwningkatkan nafsu makan??

    Apakah dia normal atau ada sakit ya Dok?? Kondisinya dia makan sangat sedikit dari dulu dan tidak lincah tetapi teman-temannya normal dan lincah.. Pertumbuhan dia sangat amat lambat dibanding teman-temannya yang lain (mungkin gara-gara makannya sedikit sekali)..

    Apakah ada saran dari dokter untuk dia untuk ke depannya??

    Terima kasih Dok sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. meski dilahirkan bersmaan dengan kura-kura lain, pertumbuuhan kura-kura biasanya memang berbeda. ada yang besar lebih cepat, ada yang emang lambat. faktornya macem2, salahsatunya karena faktor nafsu makan.. pendapat saya, selama dia mau makan dan tidak menunjukkan tanda2 sakit, saya pikir oke-oke aja sih. air rebusan sirih bisa diberikan seminggu sekali... saran saya sih coba mbak kasih reptile booster aja

      Delete
  43. Beberapa bulan yang lalu saya beli beberapa bayi kura-kura brasil.. Ukuran 3cm an.. Sejak dari beli, ada 1 ekor yang nafsu makannya kurang bagus.. Jika diberi makanan, dia kelihatannya tidak semangat makan, berbeda dengan teman-temannya.. Jumlah makanan yang dimakan sekitar 10-30% dari jumlah makanan yang dimakan teman-temannya..

    Singkat cerita, beberapa bulan kemudian, waktu sudah membesar sedikit, nafsu dan semangat makan sempat bertambah.. Dia mau bergabung makan dengan teman-temannya.. Jumlah makanan yang dimakan tetap tidak sebanyak teman-temannya, tetapi lebih banyak dibanding sebelumnya.. Gerakan juga lebih lincah..

    Namun, akhir-akhir ini, semangat dan nafsu makannya kembali menurun (cukup drastis menurut saya).. Saat ini, ukurannya sekitar 4,5cm an, sedangkan teman-temannya sudah 6-8cm an.. Gerakan tidak lincah dan seperti tidak bertenaga.. Makan juga sangat amat sedikit atau terkadang tidak dimakan makanannya.. Poop ada dan tidak mencret, tetapi kecil.. Hidung tidak berlendir / tertutup.. Kondisi lingkungan rutin dibersihkan.. Dia juga rutin dijemur tiap pagi 15-20 menit..

    Dok, saya mau tanya..
    Apakah kondisi seperti itu normal?? Mengingat, pertumbuhan dan nafsu semangat makannya sangat berbeda dengan teman-temannya..

    Apa yang harus saya lakukan untuk meningkatkan nafsu makannya?? Saya dapat info kalau air rebusan daun sirih dapat digunakan untuk kasus kura-kura saya, apakah itu benar Dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. meski dilahirkan bersmaan dengan kura-kura lain, pertumbuuhan kura-kura biasanya memang berbeda. ada yang besar lebih cepat, ada yang emang lambat. faktornya macem2, salahsatunya karena faktor nafsu makan..
      pendapat saya, selama dia mau makan dan tidak menunjukkan tanda2 sakit, saya pikir oke-oke aja sih.
      air rebusan sirih bisa diberikan seminggu sekali...

      saran saya sih coba mbak kasih reptile booster aja.

      Delete
    2. Terima kasih Dok untuk balasannya..

      Sarannya akan saya coba..

      Delete
    3. baik pak. kabari terus. jangan lupa follow blog ini, klik follow di bagian atas... :)

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.