Memelihara Burung Tengkek Buto | Drh. Fira Sovica

Burung tengkek buto (Eurystomus orientalis) biasa disebut burung cekakak. Orang barat menyebut burung ini dollarbird karena ada pola bulat seperti coin di sayapnya. Cara merawat burung tengkek buto berikut diharapkan bisa memberikan informasi singkat mengenai burung unik ini. Artikel ini berkaitan dengan artikel saya tentang burung lainnya, yaitu cara memelihara burung kacer.



Memelihara Burung Tengkek Buto
Nah, berikut adalah cara memelihara burung cekakak
  • Tempatkan burung tengkek buto anda di dalam sangkar, dan tempatkan sangkar di area yang tidak banyak suara mengagetkan agar burung tidak stress. Pindahkan sangkar ke dalam ruangan jika malam atau jika cuaca sedang hujan/dingin.
  • Di habitat aslinya, makanan burung cekakak adalah serangga dan ikan kecil. Anda bisa menggunakan jangkrik, katak kecil, belalang kecil, ulat hongkong, dan ikan mas kecil sebagai makanan tengkek buto peliharaan anda.
  • Tingkat kesulitan memelihara burung tengkek adalah medium: tingkat stress burung ini relatif sama seperti burung lovebird. Kuncinya adalah ketenangan tempat. Burung tengkek buto mudah stress akibat suara keras atau jika ada suara yang mengagetkan.
  • Untuk menjaga kesehatan burung tengkek buto atau burung cekakak peliharaan anda, anda bisa memberikan suplemen Super-n ke burung cekakak peliharaan anda. Dosis super-n untuk burung tengkek buto adalah satu tetes setiap hari dengan cara diteteskan langsung ke mulutnya. Jangan lupa untuk rutin membersihkan kandang juga.
  • Kesehatan burung cekakak atau tengkek buto bisa diketahui dari fesesnya. Seperti halnya burung lain, feses burung yang sehat terdiri dari 3 elemen: elemen feses (berwarna hitam, coklat, dan sejenisnya), elemen urate (warna putih susu), dan elemen urine (warna bening seperti air).
  • Burung tengkek yang sakit biasanya memiliki warna feses yang tidak terdiri dari ketiganya, berbau aneh (lebih busuk dari biasanya), disertai nafsu makan yang menurun dan perilaku burung yang murung. Segera karantina burung tengkek yang sakit ke ruangan yang kedap suara, dan berikan suplemen super-n dengan dosis 2 tetes setiap hari (pagi dan sore), lalu observasi selama 3 hari. Jika dalam 3 hari kondisi burung belum juga sembuh, sebaiknya bawa burung cekakak atau tengkek peliharaan anda ke dokter hewan terdekat.
Demikian adalah artikel mengenai cara memelihara burung cekakak. Semoga artikel singkat ini bisa memberikan pengetahuan, terutama bagi anda yang punya peliharaan burung cekakak. Ada pertanyaan? Silakan ajukan di bawah ini. Nanti pasti saya balas. Terima kasih. (FS)

0 Response to "Memelihara Burung Tengkek Buto"

Post a Comment

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.