Cara Mengobati Hind Leg Paralysis Pada Sugar Glider | Drh. Fira Sovica

Bisa dikatakan,

mengobati hind leg paralysis pada sugar glider

sama saja prinsipnya dengan mengobati hind leg paralysis pada kucing atau anjing. Diperlukan penanganan yang cepat dan tepat agar kondisi sugar glider yang terkena hind leg paralysis bisa kembali seperti semua.

Apa itu penyakit hind leg paralysis?
Hind leg paralysis adalah penyakit yang disebabkan ketidakmampuan sugar glider, kucing, atau anjing untuk menyerap kalsium buatan. Pada kondiisi parah, hind leg paralysis bisa menyebabkan kelumpuhan, kerapuhan tulang, atau bahkan kematian pada sugar glider, kucing, dan anjing.

Gejala awal penyakit hind leg paralysis
Tanda atau gejala hind leg paralysis pada sugar glider adalah lemahnya daya tahan tubuh sugar glider, sugar glider terlihat lesu, tidak nafsu makan, adanya pembengkakan di buku-buku tangan dan kaki sugar glider, berat tubuh sugar glider menurun dengan cepat, serta kurangnya gerak dan koordinasi bagian tubuh sugar glider.

Cara Mengobati Hind Leg Paralysis Pada Sugar Glider
Kelumpuhan kaki belakang pada sugar glider yang disebabkan oleh hind leg paralysis
Image taken from sugarglidervetinfo.com

Penyebab penyakit hind leg paralysis
Selain disebabkan oleh kurangnya asupan kalsium dan fospor pada makanan sugar glider, faktor lain yang menjadi penyebab penyakit hind leg paralysis adalah adanya infeksi bakteri atau parasit. Bakteri atau parasit ini bisa disebabkan karena kondisi kandang yang kurang terjaga kebersihannya atau bisa juga karena terbawa oleh lingkungan asli si sugar glider (terbawa dari alam). Penyebab terbawanya penyakit dari alam biasanya terjadi pada sugar glider hasil tangkapan liar (wild caught, WC).
Cara mengobati hind leg paralysis pada sugar glider, kucing, dan anjing
Nah, setelah kita mengetahui apa itu penyakit hind leg paralysis, gejala hind paralysis, dan penyebab hind leg paralysis, maka

cara mengobati hind leg paralysis

adalah sebagai berikut:

  • Saat terlihat gejala awal penyakit hind leg paralysis pada sugar glider, perhatikan kembali pola makan yang diberikan kepada sugar glider anda. Berikan buah-buahan yang banyak mengandung fospor dan kalsium seperti pisang dan lain-lain.
  • Pemberian pisang sebagai makanan tambahan pada sugar glider juga bisa mencegah penyakit hind leg paralysis pada sugar glider. Hal ini sudah saya buktikan sendiri kepada sugar glider milik saya sendiri. Pemberian buah pisang kepada sugar glider yang menderita hind leg paralysis juga bisa membantu penyembuhan penyakit hind leg paralysis pada sugar glider.
  • Berikan asupan tambahan berupa kalsium bubuk (repcal) kepada sugar glider anda.
  • Pemberian asupan kalsium ini sebaiknya jangan terlalu sering, cukup berikan satu kali seminggu dengan porsi yang sedikit. Pemberian asupan kalsium berlebihan dari repcal bisa menyebabkan sisa kalsium mengendap di kandung kemih sugar glider yang malah berbalik bisa menyebabkan kematian pada sugar glider itu sendiri.
  • Berikan madu asli kepada sugar glider sebagai penambah daya tahan tubuh sugar glider.
  • Selain untuk menguatkan daya tahan tubuh sugar glider, madu juga mengandung kalsium dan fospor untuk mempercepat penyembuhan hind leg paralysis.

Setelah anda menjalankan diet

cara mengobati hind leg paralysis

di atas, observasi kondisi sugar glider selama kurang lebih 2 minggu setelah pemberian diet tersebut diatas. Jika kondisi sugar glider yang menderita hind leg paralysis tidak kunjung membaik, sebaiknya segera bawa sugar glider tersebut ke dokter hewan terdekat agar mendapat pertolongan lebih lanjut. Saran, kritik, serta komentar bisa ditulis di kolom dibawah ini. Terima kasih. (FS)

20 Responses to "Cara Mengobati Hind Leg Paralysis Pada Sugar Glider"

  1. dok... sugar glider saya kena hind leg paralysis, tetapi si kecil tidak lesu. dia lebih sering menghabiskan waktu di kandang. saya hanya memberikan makan bubur sun secara teratur dok, dan dia tidak mau madu... bagaimana solusinya dok? apakah makanan yang saya beri salah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas tahu dia kena hind leg paralysis dari mana? dari artikel di atas?

      bisa jadi emang kena hind leg paralysis, bisa juga nggak. tapi saran saya, coba mas ganti merk bubur bayinya dengan merk promina, kandungan kalsiumnya lebih tinggi. selain itu, coba kasih sari kurma ke bubur bayinya. sari kurma ya mas, jangan madu. aduk aja ke bubur bayinya....

      lalu observasi selama 2 minggu ke depan. kalau masih sama, kabari lagi... :)

      Delete
  2. apakah pemberian madu dengan merk Madu TJ murni / Madu TJ dengan sari kurma boleh diberikan kepada SG ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh. madurasa atau madutj boleh dikasih ke sg. cuma kalo menurut saya a lebih bagus kasih sari kurma... :)

      Delete
  3. kondisi sg:
    - semua kaki terlihat lemas, saat ingin memanjat pegangannya kurang kuat

    - terkadang kaki saat berjalan mengangkat berkali2 & trlihat seperti kejang

    - saat dipegang kaki terasa dingin

    - tapi untuk nafsu makan normal, kondisi jalan masih normal, hidung tidak pucat (asumsi saya hidung pucat menandakan sakit)

    mungkin bisa ada penjelasan ny dok untuk kasus ini? apa bisa dbilang mengidap HLP?

    keterangan
    morph SG: leucistic
    indukan : pure leu
    umur: 3 bulan
    mulai terlihat keanehan: bbrapa hari yg lalu (saat lepas sapih joey normal & tidak terlihat kejanggalan seperti diatas)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas... saya sibuk sekali kemaren2...

      iya, kemungkinan besar kena hind leg paralysis itu mas... coba beri asupan kalsium... biasa diberi makan apa?

      Delete
  4. Dok ini sg saya, kakinya bengkak, dan bulu d kakinya hilang.apa termasuk hlp. Saya batu tau malam ini dok. Saya cemas dok tolong bantu saya terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada artikelnya, cara mengobati sugar glider yang kakinya bengkak. silakan dibaca.

      Delete
    2. Iya dok, nafsu makannya juga berkurang dok tidak mau makan bubur, ini saya kasik madu n buah. saya juga mau memberi sg saya amoxicylin dg dosis sangat kecil sekali, apa boleh dok? Maaf dok mengganggu

      Delete
    3. udah dibaca kan artikelnya? :)
      oke. menu makannya udah bagus. (y)
      amoxicillin boleh diberikan... :)

      kabari terus ya mbak

      Delete
    4. Dok alhamdulillah sg saya mulai bisa berjalan lagi, walapun masih belum tumbuh bulu d kakinya, kakinya mulai bisa d tekuk n bengkaknya sudah hilang. Terimakasih dokter sudah membantu saya

      Delete
    5. saya seneng dengernya. :D
      kabari terus kalo ada apa2.. :)

      Delete
  5. Dok, temen saya ada Joey SG, udah 2bulan tapi badannyq kecil sekali (seperti joey usia 3minggu) kurus sekali badannya, dan sepertinya dia kena Hind leg paralysis, karena dia sangat gemetaran, dan saya ad a rencana buat adopsi joey tersebut, tapi kata pemiliknya kemungkinannya joey tersebut mati, apakah menutut dokter joey tersebut msih bisa disembuhkan? Dan cara penanganannya bagaimana dok? Sebab dia kecil sekali badannya. Mohon segera dibalas dok. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending jangan. mending suruh pemiliknya pelihara sgnya sebaik mungkin. biasa dikasih makana apa? suruh aja dia baca2 artikel saya di sini, mbak...

      maaf karena baru balas. kabari lagi.

      Delete
  6. Dok,saya baru adopt sugar glider umur 4 bulan,yang mau saya tanya, kok nafsu makannya berkurang dan aktifitasnya juga berkurang, lebih kebanyakan tidur, itu penyebabnya apa ya dok? Terimakasih dok

    ReplyDelete
  7. Dok kalau sg saya susah untuk mengonsumsi buah gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya mas kasih makan apa?
      coba kasih buah yang rasanya manis. kayak lengkeng atau buah naga... :)

      Delete
  8. Dok. Sg sy kena hind leg paralysis. Boleh x bg dia mkn epal atau pear?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hy. :)
      boleh bagi apple or pear, tak masalah.
      give him more calcium supplements.

      berapa usia sg-nya? :)
      salam...

      Delete
  9. dok kalo sg saya ga suka makan pisang kira" buah pengganti pisangnya apa ya?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.