Cara Mengurangi Bau Musang Biul | Drh. Fira Sovica

Seperti yang saya tulis di artikel cara memelihara musang biul, musang biul adalah sejenis musang tanah yang memiliki bau lebih menyengat daripada keluarga musang yang lain. Baunya mirip bau ban terbakar, dan musang biul memiliki bau alami yang kerap susah dihilangkan.
Cara Mengurangi Bau Musang Biul
Image taken from mimpibali.org

Cara mengurangi bau musang biul

bisa dengan beberapa cara berikut ini. Tips dan trik cara mengurangi bau musang biul ini penulis tulis berdasarkan pengalaman sendiri dalam memelihara musang biul. Dan berikut adalah cara mengurangi bau musang biul:
  1. Memandikan musang biul
  2. Cara pertama untuk mengurangi bau musang biul adalah dengan memandikannya. Mandikan musang biul dengan menggunakan shampo bayi yang tidak pedih dimata jika bau musang biul mulai menusuk hidung, dan jemur musang biul sambil diangin-anginkan setelah dimandikan agar bakteri di tubuh musang biul bisa mati.
  3. Menaburkan bedak bayi
  4. Cara kedua dalam tips cara mengurangi bau musang biul adalah dengan menaburkan bedak ke tubuh musang biul anda setelah dimandikan. Setelah dimandikan, pastikan badan musang biul anda sudah benar-benar kering sebelum menaburkan bedak bayi ke tubuh musang biul anda karena sisa air yang masih menempel di tubuh musang biul akan menjadi kerak jika terkena bedak.
  5. Beri makanan non-protein
  6. Cara ketiga untuk mengurangi bau musang biul adalah dengan tidak memberikan makanan non-protein seperti kepala ayam rebus atau daging-dagingan kepada musang biul. Anda bisa memberikan potongan buah seperti pepaya dan pisang sebagai makanan musang biul agar baunya sedikit berkurang. Berikan juga air minum berupa air mata atau air mineral sebagai minumannya.
  7. Menjaga kebersihan kandang
  8. Menjaga kebersihan kandang juga merupakan cara efektif dalam mengurangi bau musang biul. Kandang yang kurang terjaga kebersihannya akan membuat bau menyengat muncul dari kotoran musang biul. Bersihkan kandang minimal 3 hari sekali. Anda juga bisa menyemprotkan pengharum ruangan di ruangan tempat kandang musang biul ditaruh.
Demikian adalah cara mengurangi bau musang biul. Artikel diatas diharapkan bisa menjadi artikel yang bisa membantu anda dalam memelihara musang biul. Saran, komentar, dan kritik bisa ditulis di bawah ini. Terima kasih. (FS)

19 Responses to "Cara Mengurangi Bau Musang Biul"

  1. doc saya baru bayarin BOP dari warga kampung, kasian gk bisa terbang cara nyembuhinnya gmna ya doc, klo di bawa k doc, brapa biayanya ??/

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya mas gak ngasih penjelasan lagi, apakah ada luka atau nggak di sayapnya. apakah dia keliatan kesakitan atau nggak kalau sayapnya dipegang. apakah ada perilaku burung yang aneh (misal: sayapnya turun dll)....

      iya, bawa aja ke dokter hewan. bilang aja mau konsultasi dulu. sekalian check up. sekalian nanya biaya. murah kok biasanya... toh kalau gak ada biayanya, bilang aja mau check up aja dlu... :)

      lokasi mas dimana?

      Delete
  2. Dok, mau tanya nih, baby musang biul kan tidak boleh dimandikan, nah supaya baunya gak menyengat apa boleh langsubg dikasih bedak bayi tanpa dimndikan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok. anakan musang biul bisa dikasih bedak tanpa dimandikan.
      asalkan musang biulnya bersih.

      gini aja,
      spray aja pake spray burung. spraynya isi dengan air hangat, lalu semprotkan ke anakan biulnya beberapa kali, abis itu lap pake handuk bersih. diamkan hingga bulunya bener2 kering, setelah itu baru taburkan bedak bayi... :)

      maaf baru balas. kabari lagi... :)

      Delete
  3. Boleh di kasih parfum g dibandannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, jujur agak riskan sih.
      saya pengen berpendapat BOLEH, tapi pastikan bahwa parfumnya non alkohol. cirinya: gak terasa dingin di kulit kalau diteteskan. kan suka ada tuh parfum atau minyak wangi yang gak ada alkoholnya.
      NAMUN, itupun saya gak jamin aman ya. kalau mau aman, pake bedak bayi aja mas... :)

      maaf banget karena baru balas. kabari lagi. :)

      Delete
  4. Dok,mau tanya ...gimana caranya biar bau mulut musang gak amis?soalnya musang saya suka jilat sana sini di badan trus agak risih kalo baunnya amis..apa musang bisa disikat giginya biar gak bau amis?musang saya jenis rase dok umur 3 bulanan

    ReplyDelete
  5. dok, sya bbrapa kali pelihara musang pandan. semuanya jantan. baunya persis kya pandan. menurut saya wangi hhh. sama klali gk ganggu. nah bru kmrin sya d kalih mudang pandan betina, knapa ko baunya agak sdikit kurang sedap ya, baunya mirip pandan tpi agak apek. sudah sya mandikan tpi masih bau, apa memang karskteristik musang pandan betina kya gtu baunya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, emang bedanya begitu. musang pandan jangan baunya lebih mirip pandan asli, beda sama musang pandan betina yang baunya lebih apek. soalnya kan yang jantan buat scent marking juga. menandai daerah kekuasaan mereka. :)

      Delete
  6. Dok mau tanya ada ga obat/suntik buat menghilangkan bau biul di dokter hewan?

    Klo ada perkiraan harganya berapa dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, kayaknya nggak bisa deh mas. mungkin bisa dengan pengangkatan kelenjar, tapi itupun lewat operasi. harganya saya kurang tahu ya....

      kenapa nggak lewat pembatasan makanan seperti trik di artikel atas, mas? :)

      Delete
  7. Sudah dok..

    Masih bau dok. Klo lg di ajak main baunya membekas di tangan dan baju..

    Klo di oprasi kasihan..
    😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga ngerasain kok, hehehehe. saya pelihara biul juga soalnya dulu. malah saya dari biulnya bayi sampe tua. akhirnya di pergi sendiri pas mau ajalnya.....

      kalo saya dulu saya kasih pisang dan pepaya mulu mas. gak dikasih makanan lain. lumayan agak berkurang. udah coba cara di atas berapa lama?

      Delete
  8. Udah sebulan dok..
    Baunya si ga terlalu, tapi membekas di tangan dan pakaiannya itu saya suka risih maknnya sekarang jarang saya maenin hehheehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha. iya, iya, mas. bener banget. saya dulu sampe punya kaos khusus kalo mau ajak main. dan ajak main kalo sabtu dan minggu pagi aja, pas libur dan belum mandi pagi, hehehehe. jadi abis ajak main, langsung mandi deh. :D

      mungkin mas bisa coba tips itu...

      iya, cukup seminggu dua kali aja ajak mainnya. sabtu minggu.

      Delete
  9. Lebih bau mana si dok jantan atau betina?
    Soalnya pinya saya betina

    Hewan ini klo ga bau pasti jd hewan mahal hhehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya sih lebih bau jantan. punya saya dulu jantan.

      soal bau sebenernya soal selera sih. saya malah anggep bau biul enak... atleast, nggak sebau sigung :)

      Delete
  10. Bau nya dah makin berkurang dok. Setelah saya kasih pasir beraroma(buat pup kucing)

    Dy seneng maen di pasirnya. Jd aroma badannya berkurang
    Tiap sore sekarang saya maenin hahhaha ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya. itu oke.
      bisa juga kasih bedak bayi juga mas. :D

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.