Resep Ramuan Kesehatan Untuk Musang | Drh. Fira Sovica

Jujur saja, saya agak sedikit kebingunan untuk menentukan judul artikel ini. Tadinya, artikel ini akan saya beri judul jamu kuat untuk musang, suplemen kesehatan musang buatan sendiri, dan ramuan kesehatan musang, sampai akhirnya saya putuskan untuk memberikan judul resep ramuan kesehatan musang. Mungkin agak sedikit absurb, begitu kata suami saya. Tapi ya udahlah. Mari kita kesampingkan judul artikel ini, dan lebih fokus ke esensi artikel ini. :)
Resep Ramuan Kesehatan Untuk Musang
Image taken from http://florafaunaweb.nparks.gov.sg
Kembali lagi ke fokus kita, yaitu

ramuan kesehatan untuk musang

. Ramuan ini adalah hasil eksperimen dan riset saya selama beberapa bulan ke belakang, dan baru hari inilah saya memutuskan untuk mempublikasikan ramuan ini. Ramuan ini akan terus saya kembangkan, dan kemungkinan nantinya akan ada penambahan formula dari yang sudah ada.
Sebenarnya, jamu kesehatan untuk musang ini memiliki bahan yang sangat sederhana.
Cukup sediakan air kelapa muda dan sari kurma. Kedua bahan ini adalah bahan utama dalam membuat ramuan kesehatan musang. Tuang air kelapa muda di suatu wadah, campurkan 5 hingga 8 sendok makan sari kurma, lalu aduk hingga merata. Berikan ramuan tersebut kepada musang. Khasiat dari ramuan kesehatan untuk musang ini adalah menambah nafsu makan, memperbaiki sistem pencernaan, dan menambah daya tahan tubuh.


Harap perhatikan bahwa ramuan tersebut hanya bertahan selama 4 hingga 6 jam, sesuai dengan daya tahan air kelapa hingga air kelapa itu berubah jadi berubah rasa. Pastikan ramuan tersebut sudah habis dikonsumsi musang sebelum jangka waktu 6 jam. Buang ramuan yang masih tersisa jika dalam waktu 6 jam masih ada sisa ramuan yang belum terkonsumsi.
Itulah resep ramuan

suplemen kesehatan untuk musang

peliharaan anda. Sekali lagi, ramuan jamu kesehatan musang itu masih dalam tahap pengembangan. Kemungkinan ada penambahan formula dari yang telah ada sekarang. Terima kasih. (FS)

50 Responses to "Resep Ramuan Kesehatan Untuk Musang"

  1. Dokk musang saya umur 3 blan, kulitnya dari leher sampek pangkal ekor pada merah, terus ngak berapa hari pada nonjol2 kering, , kecil2 gitu dokk, , ngobatinya gimana, ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. suka garuk2? kutuan kayaknya mas. mandiin aja.
      coba baca artikel cara memandikan musang. kalau umur segitu, pake air anget....

      ikutin aja cara di artikel cara memandikan musang

      Delete
  2. Engak kutuan, bulunya pda rontok dok, , kayak bekas luka kering gitu dok, tapi kecil2, apa gudik gitu ya dok, , blakang telinga,leher, yampek pangkal ekor dok, , mw dibawa kedokter hewan sini ngak ada, rumahnya desa, , ngobatinya pke apa dok, ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja mandiin mas. ada artikel cara memandikan musang, coba baca dlu. abis dimandikan, coba jemur, caranya baca di artikel cara menjemur musang...

      baca dlu semua artikel yang saya sarankan ya mas. semoga sembuh...

      Delete
  3. Dok, ramuannya dikonsumsi berapa hari sekali?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sehari 2x, pagi dan sore... :)
      jangan diinapkan, artinya kalau sampe besok masih sisa, buang. bikin lagi yang baru. :)

      Delete
  4. Itu ramuannya di kasih setiap hari apa cuma beberapa hari sekali dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. sehari dua kali, pagi dan sore... :)
      jangan dimalamkan. sehari ganti, sehari ganti...

      Delete
    2. Dok amankah bila muspan dikasih ramuan kunyit sama jahe?

      Delete
  5. Dok..baby musang saya tidurnya kok membungkuk seperti orang sujud gitu.Fasesnya normal,makannya bubur sun tambah pisang.Umurnya saya gak pasti mgkn 1,5 bulan masih makan pake spet.Makan harus di bangunin dulu,trus siap makan tidur lagi gak seperti dulu suka main gigit2 tangan saya.Dia pun suka kejar kejaran sama kucing.Pokoknya lucu dehh,hilang stress saya kalau liat hewan2 tu main.Apa ada pengaruh kalau saya kasih dekat2 kucing?

    ReplyDelete
  6. Dok saya mau tanya, tolong dijawab. dok saya punya muspan, dia itu kok ga pernah aktif malah diem di kandangnya terus ga mau di ajakin main, trus tiap di pangku/angkat itu pasti buang kotoran, kalo gak pipis pasti buang hajat, itu kenapa ya dok? kok sekarang musang saya ga mau aktif lagi gak kayak dulu. tolong dibantu dok, saya takut mati musangnya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama fesesnya gak mencret, dan warnanya sama kayak apa yang dimakannya, dia masih sehat....

      jangan dikasih susu ya mas. susu bikin sistem pencernaannya terganggu... :)

      Delete
  7. Dok ramuan itu bisa buat kucing jg g ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. jujur, saya risetnya ke musang aja. kucing belum saya coba. :D

      Delete
  8. Dok ramuan itu bisa buat kucing jg g ya dok

    ReplyDelete
  9. Dok,kalo pake air kelapa yang ada d supermarket itu boleh?

    ReplyDelete
  10. Dok,kalo pake air kelapa yang ada d supermarket itu boleh?

    ReplyDelete
  11. Dok terimakasih infonya, akan saya coba... Doakan musang saya ya dok 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip. kabari terus.
      jangan sungkan kalau mau nanya2 ya mbak... :)

      Delete
    2. Dok untuk makanannya dikasih apa ya? Supaya matanya GK sering muncul kotorannya gimana ya dok?

      Delete
    3. Dok mata musang saya kok membesar ya? Sampe kalo tidur mata kanannya melek terus, makanannya apa dok biar nafsu makannya nambah

      Delete
    4. maaf karena baru balas.
      mungkin sementara hentikan asupan protein buat musangnya dulu. kasih pepaya matang yang dihancurin atau pisang aja dulu.

      lakukan selama seminggu ke depan. dan kabari terus.

      oh ya, matanya sering2 dibersihkan pake tisu kering aja. :)

      kabari terus ya mbak.

      Delete
  12. Maaf dok.udah seminggi ini musang saya ga mau makan .lemes keliatanya
    .
    Saya binggung .knapa ya dok.mohon kasih saranya dok.makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur musangnya berapa?
      dan mas fesesnya/tahinya gimana? mencret?

      mas kasih susu ya? jangan dikasih susu. stop susunya. kasih bubur bayi promina aja.

      kabari lagi

      Delete
  13. Dok mau nanya, musang saya kok gak nafsu makan ya dok sampek badan nya kurus, trus klo tdur membungkuk nyembunyiin kepalanya. Umur musang saya 3bln, kotoran nya juga normal

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas kasih susu ya? jangan dikasih susu.
      kasih makan bubur bayi aja mas. promina.

      oh ya, kasih obat yang saya tulis di artikel SUPLEMEN PENAMBAH DAYA TAHAN TUBUH MUSANG.

      Delete
  14. Dok mau tanya muspan saya ko makan fesesnya sendiri ya? Normal ga dok? Cara ngatasinnya gimana? Kandang pake kandang musang yg ada tatakannya sementara dia makan feses yg belum jatuh ke tatakannya dok. Makasih:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang semua hewan kadang makan fesesnya sendiri, meski kalau untuk musang, mending mas periksa gizinya.... coba, mas selama ini kasih makan apa dia?

      iya, mending pake kandang yang ada tatakannya aja. dan infokan mengenai makanan yang mas berikan ya. dan umur musangnya juga.

      Delete
    2. emang semua hewan kadang makan fesesnya sendiri, meski kalau untuk musang, mending mas periksa gizinya.... coba, mas selama ini kasih makan apa dia?

      iya, mending pake kandang yang ada tatakannya aja. dan infokan mengenai makanan yang mas berikan ya. dan umur musangnya juga.

      Delete
    3. Selama ini saya kasih makan bubur sun sama nasi kecap dok diselingi pisang sama pepaya kalo diliat dari feses sih normal dok setiap seminggu sekali saya kasih air gula seperti di artikel dokter

      Umur musang 4bulanan dok

      Delete
    4. semua hewan sebenernya ada kecenderungan makan feses sendiri. tapi biasanya mereka makan feses juga karena ada yang dirasa di perutnya, mungkin merasa nggak enak sama perutnya....

      banyakin kasih buah aja mbak... selama seminggu ini, kasih makan buah aja.... :)

      Delete
    5. Tapi dok musang saya kalo dikasih buah makannya cuma sedikit dok nanti dibuang itu juga handfeed dok gimana caranya?

      Delete
    6. kalau buahnya di jus dulu (airnya sedikit), terus dimasukkin ke dot, dia mau? coba aja kayak gitu, mbak... :)

      atau bisa juga karena dia bosan dengan makanannya. coba makanan lain.

      Delete
    7. Dok kalo musang ekornya spiral itu masih ada kemungkinan normal lg ga? Caranya gimana dok? Makasih:)

      Delete
    8. agak susah sebenernya, mas. apalagi kalo udah terlalu lama. kalo baru awal2, bisa aja....

      kayaknya ada deh artikelnya: mengobati ekor musang yang spiral

      Delete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. dok aku mau tanya,udah 2 hari belakangan ini musang ku jadi aga pendiem di kandang,nafsu makannya juga berkurang,jd cuma mau mkan kpla ayam aja dan itu pun ga abis kaya biasanya kalo di kasih kepala ayam,di kasih pisang dan pepaya ga pernah di colek,tapi kalo lagi di lpas di luar kandang dia suka becanda,itu kenapa ya dok
    mohon di bantu dok solusinya
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia juga jadi jarang pup dok *lanjutan

      Delete
    2. tahinya gimana mas? fesesnya? mencret?
      mending mas kasih air kelapa campur sari kurma. air kelapa muda, mas kasih sari kurma, terus minumkan ke dia....

      dan kalau malam, taro di dalam rumah. jangan di luar.

      untuk makanan, sementara kasih bubur bayi promina. harus yang promina. jangan yang lain. :)

      buah, kasih yang manis-manis aja. kayak pepaya matang yang dipotong2... :)

      saya tunggu kabar selanjutnya...

      Delete
  17. Dok aq mau tanya, untuk susu aq pakek sgm llm+ pa itu juga gk baik buat pencernaannya..??
    Pa susu gk baik dok??
    Trus untuk bubur apa harus promina..??
    Soal.e muspanku kalau promina gk terlalu suka, sukae SUN..
    Itu gimana..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah dikasih susu, fesesnya mencret nggak?
      kalau mencret, mending stop....

      kalau mau aman sih, mending ganti pake bubur bayi aja.

      saya sarankan, pake promina. karena sepengalaman saya, hewan lebih suka yang merk promina.

      tapi kalo emang dia sukanya sun, ya udah gak apa2.... :)

      Delete
  18. dia gk mencret sih dok..
    Oh iya jdi gpp ya..
    Makasih dok..

    ReplyDelete
  19. Tanya lagi dok,.. Musang yg makan jangkrik bisa galak lagi gk ya..
    Dia umur 3 blan dok.. Tpi suka bgt ma jangkrik..
    Apa aman atw gk boleh..??
    Trus waktu aq freeroomkan dia makan kecoak, waktu tak paksa ambil dari mulutnya dah gk bisa..
    Pa nanti muspanku sakit..??
    Soal.e dia ketemu kecoak dah 2 ekor..
    Takut masalah kesehatan yg jangka panjang..
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak. udah saya bahas di artikel Apakah Daging Membuat Musang Jinak Jadi Galak?.

      boleh aja sih kasih makan jangkrik... :)

      kalau gak ada perubahan dari fesesnya, gak apa2 dia makan kecoa. tapi mending dihindarkan (jangan lagi-lagi).
      kalau fesesnya berubah, mending kasih air kelapa muda.

      Delete
  20. Dok, saya punya musang umur 6 bulanan kmaren sempet operasi ambeien gtu . Setelah dioperasi ambeien kumat lgi dan operasi lgi setelah itu ini musang saya lgi rawat inap diklinik krena jahitannya infeksi . Musang saya knp ngeden terus ya dok yg mengakibatkan ambeien kumat lgi . Makannya pepaya bubur kadang kepala ayam dihaluskan kadang bubur sun .

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.